DAGING KEONG RACUN

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  black_cocks on Mon Jan 04, 2010 10:46 pm

arif wrote:
ipul wrote:nah kalo keong mas sama ngga kandunganya sama bekicot coalnya sering saya cacak2 buat ayam

Beberapa sumber menyebutkan keong mas juga bernutrisi cukup tinggi dan bisa digunakan untuk campuran pakan beberapa hewan dan ikan. Tetapi informasi lainnya belum saya ketahui.

Kalau bisa dimanfaatkan tentunya akan berguna karena keong mas merupakan hewan yang dianggap hama pada daerah pertanian, khususnya padi.

mungkin yang lain sudah mencoba memanfaatkan keong mas. Bisa dibagi pengetahuannya.

salam

Smile

mantaaf mas arif.....maju terus.......he he thanks

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 131
Join date: 28.12.09
Age: 29
Lokasi: sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Hery on Mon Mar 29, 2010 11:30 am

arif wrote:
ipul wrote:nah kalo keong mas sama ngga kandunganya sama bekicot coalnya sering saya cacak2 buat ayam

Beberapa sumber menyebutkan keong mas juga bernutrisi cukup tinggi dan bisa digunakan untuk campuran pakan beberapa hewan dan ikan. Tetapi informasi lainnya belum saya ketahui.

Kalau bisa dimanfaatkan tentunya akan berguna karena keong mas merupakan hewan yang dianggap hama pada daerah pertanian, khususnya padi.

mungkin yang lain sudah mencoba memanfaatkan keong mas. Bisa dibagi pengetahuannya.

salam

Smile


di tempat saya sudah sangat jarang keong racun (bekicot). saya pernah iseng2 mencoba ambil beberapa keong mas untuk pakan ayam. aku buka/pecah cangkangnya, isinya kebanyakan cairan berwarna hitam, baunya sama2 amis. begitu dikasih ke ayam ga mau makan.

Hery
kopral
kopral

Jumlah posting: 28
Join date: 01.06.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  black_cocks on Fri Apr 02, 2010 4:17 pm

Hery wrote:
arif wrote:
ipul wrote:nah kalo keong mas sama ngga kandunganya sama bekicot coalnya sering saya cacak2 buat ayam

Beberapa sumber menyebutkan keong mas juga bernutrisi cukup tinggi dan bisa digunakan untuk campuran pakan beberapa hewan dan ikan. Tetapi informasi lainnya belum saya ketahui.

Kalau bisa dimanfaatkan tentunya akan berguna karena keong mas merupakan hewan yang dianggap hama pada daerah pertanian, khususnya padi.

mungkin yang lain sudah mencoba memanfaatkan keong mas. Bisa dibagi pengetahuannya.

salam

Smile


di tempat saya sudah sangat jarang keong racun (bekicot). saya pernah iseng2 mencoba ambil beberapa keong mas untuk pakan ayam. aku buka/pecah cangkangnya, isinya kebanyakan cairan berwarna hitam, baunya sama2 amis. begitu dikasih ke ayam ga mau makan.





ya paling kl saya daging bekicot itu tak potong jadi dua trus dilolohkan mas...lama2 ntar mau sendiri..kl ndak mau ya diloloh terus....

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 131
Join date: 28.12.09
Age: 29
Lokasi: sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Tamu on Sun Apr 18, 2010 2:35 am

Permisi....
Ikutan nimbrung nich, Kalau ditempat sy keong racun ma bekicot kok beda ya.
yg disebut keong racun tu keong dg warna kuning cerah "disebut keong emas"
dan benar2 dianggap beracun hingga tdk da yg mau coba mengkonsumsi, takut Qoid kalieee....he7.
tp klw bekicot ma hewan kaki seribu sy dari dulu srg coba kasihkan ke ayam. mulanya iseng2 ja Sich....
ga tahunya lumayan juga efeknya bwat kesehatan ayam. lbh fit .....!
bahkan pacek sy yg nafsu kawinnya krg gara2 sy beri "kaki seribu" malah lbh bergairah....yach mgkin jg ni kebetulan sich ya?
maklum org kampung asal ja nyimpulin....klw da yg mau coba2 blh ja. tp resiko ditanggung penumpang lho z? he..9

Bwat mas arif dan semua salam dari sy.
Salut utk mas arif...setiap detil katanya "ilmiah bgt". bravo masssss...!
utk menambahkan dan memperkuat jwbn mas arif soal bekicot, ni sy post-kn artikel yg sy ambil dari http://www.ristek.go.id

"Bekicot berasal dari Afrika Timur, tersebar keseluruh dunia dalam waktu relatif
singkat, karena berkembang biak dengan cepat. Bekicot tersebar ke arah Timur
sampai di kepulauan Mauritius, India, Malaysia, akhirnya ke Indonesia.
Dua contoh jenis bekicot yaitu spesies Achatina fulica dan Achatina variegata. Ciri
bekicot jenis Achanita fulica biasanya warna garis-garis pada tempurung/cangkangnya tidak begitu mencolok.
Sedangkan jenis Achatina variegata warna garis-garis pada cangkangnya tebal dan berbuku-buku.
Bekicot sejak tahun 1933 telah ada disekitar Jakarta, sumber lain menyatakan bahwa
bekicot jenis Achatina fulica masuk ke Indonesia pada tahun 1942 (masa
pendudukan Jepang). Dan sampai saat ini, bekicot jenis Achanita fulica banyak
terdapat di Pulau Jawa.
Selain untuk pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu
tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap.
bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena
ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati
berbagai macam penyakit. Bahkan kulit bekicot konon sangat mujarab untuk penyakit tumor.
Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot dinamakan Maulie yang dapat menyembuhkan berbagai
penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, leher membengkak, dll."

Sumber:
Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  ulumudin on Fri May 04, 2012 8:43 pm

yang aneh lagi kalo di daerah saya kata botoh disini keong racun dapat membuat tubuh ayam menjadi merah setelah di berikan rutin seminggu satu kali, apakah memang benar begitu? saya sebener nya aga takut memegang keong racun nya itu.

ulumudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 98
Join date: 05.12.11
Lokasi: jatiasih-bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Andi Babe on Fri May 04, 2012 10:22 pm

GAk apa apa mas dikasih aja.............lanjut Question Question

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3527
Join date: 08.04.12
Lokasi: Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  TotoAryo on Fri May 04, 2012 11:22 pm

Andi Babe wrote:GAk apa apa mas dikasih aja.............lanjut Question Question
keong racun sama dgn bekicot, keong mas beda lg & keong sawah/tutut yg paling kecil biasanya utk empan itik/bebek. semua kandungan proteinnya tinggi, meski ga setinggi belut. hanya saja utk yg beracun harus terlebih dahulu dibersihkan baru diberikan ke ternak.

Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar 12,2 g/100g, protein pada belut (18,4 g/100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g). keong & belut sama2 kaya akan kalsium akan tetapi kadar lemak di belut cukup tinggi 27g/100g hampir setara daging babi 28g/100g (bahaya kolesterol).

Upaya untuk mengurangi kadar lemak pada belut adalah dengan cara dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, menetes ke bara api. Sebaiknya belut tidak diolah dengan cara digoreng, agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Bedanya bagi saya sih belut susah dicari klo keong buanyak.

Setau saya begitu, maaf klo salah

Salam Smile

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1214
Join date: 30.01.12
Age: 32
Lokasi: Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Andi Babe on Fri May 04, 2012 11:54 pm

TotoAryo wrote:
Andi Babe wrote:GAk apa apa mas dikasih aja.............lanjut Question Question
keong racun sama dgn bekicot, keong mas beda lg & keong sawah/tutut yg paling kecil biasanya utk empan itik/bebek. semua kandungan proteinnya tinggi, meski ga setinggi belut. hanya saja utk yg beracun harus terlebih dahulu dibersihkan baru diberikan ke ternak.

Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar 12,2 g/100g, protein pada belut (18,4 g/100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g). keong & belut sama2 kaya akan kalsium akan tetapi kadar lemak di belut cukup tinggi 27g/100g hampir setara daging babi 28g/100g (bahaya kolesterol).

Upaya untuk mengurangi kadar lemak pada belut adalah dengan cara dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, menetes ke bara api. Sebaiknya belut tidak diolah dengan cara digoreng, agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Bedanya bagi saya sih belut susah dicari klo keong buanyak.

Setau saya begitu, maaf klo salah

Salam Smile
Benar betul mas totoAryo.... Smile Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3527
Join date: 08.04.12
Lokasi: Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Bundung on Sat May 12, 2012 10:02 pm

arif wrote:Wah saya kena lagi..hehe.. Ok saya share yang saya tahu saja. Bekicot, khususnya daging bekicot mengandung protein dengan kadar yang tinggi. Angka pastinya saya tidak cantumkan karena berbagai sumber menyatakan dengan jumlah yang berbeda-beda (saya kurang tahu dengan basis/dasar apa mereka menyatakan kadar tersebut). Protein tersebut disusun oleh asam amino yang hampir lengkap jenisnya (ada juga protein yang disusun oleh asam amino dengan jenis tertentu).

Selain kandungan protein asam amino daging bekicot juga mengandung unsur lain yang cukup tinggi yaitu kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin. Penggunaan daging bekicot untuk makanan tambahan pada hewan sudah dilakukan khususnya pada campuran pakan itik. Pemberian pada ayam pun tidak masalah, karena kandungan nutrisi yang tinggi tersebut.

Ada hal yang perlu diperhatikan yaitu adanya bakteri salmonella dan kadang telur cacing parasit pada daging bekicot. Salmonella adalah keluarga bakteri patogen/beracun, yang salah satunya adalah Salmonella typhosa yag menyebabkan penyakti tipus pada manusia.

Mengenai lendir bekicot.. saya belum tahu isi dalamnya. Beberapa sumber memperkirakan berisi senyawa atau enzim yang bisa bersifat sebagai antibakteri atau antioksidan. Antibakteri akan menghalau bakteri dari kemampuan untuk berkembang biak di luka, sehingga menghindari terjadinya infeksi. Sedangkan antioksidan akan berperan sebagi anti peradangan jaringan yang terluka.

salam

Smile


Kalau keongnya langsung dilolohkan beserta lendirnya gimana efeknya mas?

Bundung
kopral
kopral

Jumlah posting: 36
Join date: 26.12.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Jampang Biru on Fri May 10, 2013 12:51 pm

Salam Papaji, Mhon maaf sy user baru gabung ikut nimbrung. Mau brbagi pengalaman sj. Lancuran sy pernah matanya berbusa sampai matanya bengkak dan mengeluarkan bau busuk dari pernafasannya,jarak 1M sj bisa tercium. Sampai muka ayam pucat dn tidak bergairah. Lalu teman menyarankan dikasih daging bekicot bagian kepala, tembolok, dan kaki perutnya. Sedangkan bagian perut, usus, kelenjar jantung (pkonya jeroannya) sy buang. Setelah sy berikan dng cara dilolohkan, keesokan harinya ayam langsung sehat, matanya sdh tdk berair lagi, nafasnya tidak berbau busuk lagi, mukanya jd merah, dn nafsu kawinnya kembali bergelora Very Happy Very Happy . cheers cheers . Tp untuk pakan harian/mingguan blm prnh coba, bekicotnya jg susah nyarinya.. Salam

Jampang Biru
kopral
kopral

Jumlah posting: 23
Join date: 14.02.13
Age: 31
Lokasi: Kota Tasikmalaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  SENGGOL BACOK on Tue May 14, 2013 1:09 am

saya dari kota kediri. sekedar info dan saling berbagi. Kalo bekicot dan saudara2 nya disini banyak sekali. Bahkan ada pabrik besar pengolahannya sampai di ekspor. Terima kasih.

-=< Loe Asik, Gw Santai, Loe Usik, Gw Bantai (SENGGOL BACOK)

SENGGOL BACOK
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 792
Join date: 27.04.13
Lokasi: KOTA KEDIRI RAYA

Kembali Ke Atas Go down

Re: DAGING KEONG RACUN

Post  Brontok on Fri Jun 14, 2013 10:52 pm

Numpang saran mas.. Di kasih sering aja juga ga pp mas.. Sya sndiri pake bekicot udah lama.. Utk lancur efek ny jdi lbh energik, klo d ksh k pacek jd doyan kawin, d kasih k babon tlor ny jd gde .. Hehe.. Slain itu mnrut pnglman sya.. Klo pke dging bkcot lbh bagus drpd belut
. Klo d ksh belut gampang bocor drah ny (ke jalu, d patok).. Klo pk bkicot luka luar (yg brdrah) cpet kring.. Hehe.. Untuk lndir ny juga bsa d jadiin P2KJ (prtlongan pertama kena jalu).. Salam

Brontok
kopral
kopral

Jumlah posting: 17
Join date: 27.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik