menjinakkan ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

menjinakkan ayam

Post  mas anto klaten on Sun Jan 03, 2010 9:51 pm

saya punya ayam lancuran umur 6-7 bulan 2 ekor, tetapi kedua ayam tersebut liar (kesit:jawa) alias tidak jinak. walau telah beberapa kali saya mandikan tapi tetap saja liar. kalau mau dipegang ayam tersebut lari (diumbar), bila didalam kurungan ya maunya juga ingin lari. mohon pencerahannya rekan-rean papaji bagaimana cara menjinakkan ayam aduan?............ maturnuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 748
Join date: 26.11.09
Age: 43
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  Administrator on Sun Jan 03, 2010 10:34 pm

Di gebrak aja pak... Agak lama sedikit, kalau perlu sampai agak luka2 banyak. Tapi jangan sampai bonyok dan hancur ya...
Very Happy
Tambahan :
- Sering2 dipegang di malam hari.
- Kasih makan dgn tangan.
- Kalau mau nangkep ayam yg lagi di kandang umbar, jangan sambil berdiri. Sebaiknya sambil jongkok perlahan2 sambil bawa makanan dan pegang bagian dadanya. Jangan pegang ekor atau sayap, apalagi leher.
hehehe...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6154
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  black_cocks on Mon Jan 04, 2010 5:32 am

saya juga punya yg seperti itu pak hadi, mas ary. dah saya rawat sekitar 1,5 bulan ini. karena awalnya ayam saya ini memang tidak pernah dipegang dan diumbar total sejak kecil....

solusinya ya :
1. makan 1 kali sng tangan kl bisa.
2. rajin mandiin teratur.
3. sering2 aja kita pegang atau dibelai-belai.. he he ati2 kl istri cemburuan cara ini harus dilakukan tanpa sepengetahuan istri he he....
4. ......kesabaran ( dah 1,5 bln jg blm total jinak)
mohon revisinya

saya kira untuk ayam yg sejak kecil dah dikandang hasilnya akan lebih cepat terlihat...

ayam saya ini dahtiga kali saya abar... tiap hari jemur dan makan satu kali pukul 3 sore..

sampai sekarang kl lepas ya masih kesit cm kl dah ketangkap ya jinak...kl terlepas ya liar lg, nangkepnya susah bgt...biasanya saya pancing pake jago lain he he

bahkan pada awalnya suka matuk tangan ampe berdarah2........

tapi kata orang2 ayam suka kesit meski dah lama dirawa suka ada istimewanya tersendiri...makanya saya nunggu pertarungan pertamanya untuk melihat apa ayam ini bisa bawa nama dan kebanggaan buat saya...........

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 131
Join date: 28.12.09
Age: 29
Lokasi: sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  Hendro on Mon Jan 04, 2010 8:11 am

Administrator wrote:Di gebrak aja pak... Agak lama sedikit, kalau perlu sampai agak luka2 banyak. Tapi jangan sampai bonyok dan hancur ya...

Tambahan :
- Sering2 dipegang di malam hari.
- Kasih makan dgn tangan.
- Kalau mau nangkep ayam yg lagi di kandang umbar, jangan sambil berdiri. Sebaiknya sambil jongkok perlahan2 sambil bawa makanan dan pegang bagian dadanya. Jangan pegang ekor atau sayap, apalagi leher.
hehehe...

Yup...benar yang disampaikan mas Arry...tapi khusus item " sering dipegang2 di malam hari ".....
sebaiknya diperjelas bagian mana yang dipegang atau siapa yang dipegang2 itu....?...he...he...he....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5943
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  nurkhotim on Mon Jan 04, 2010 9:50 am

Hendro wrote:
Administrator wrote:Di gebrak aja pak... Agak lama sedikit, kalau perlu sampai agak luka2 banyak. Tapi jangan sampai bonyok dan hancur ya...

Tambahan :
- Sering2 dipegang di malam hari.
- Kasih makan dgn tangan.
- Kalau mau nangkep ayam yg lagi di kandang umbar, jangan sambil berdiri. Sebaiknya sambil jongkok perlahan2 sambil bawa makanan dan pegang bagian dadanya. Jangan pegang ekor atau sayap, apalagi leher.
hehehe...

Yup...benar yang disampaikan mas Arry...tapi khusus item " sering dipegang2 di malam hari ".....
sebaiknya diperjelas bagian mana yang dipegang atau siapa yang dipegang2 itu....?...he...he...he....

Salam

Yang pasti,.. paha,...betis,... dada,....diusap punggungnya yang mulus,....sama bulu-bulunya,....yang alus,... lol! lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  Kumbang on Mon Jan 04, 2010 12:15 pm

Pak Hadi...
Sperti yg dah di katakan teman2 lain... klo dah biasa di pegang jg nantinya akan jinak, lagipula klo dah mulai di rawat pasti akan sering di pegang, sperti mandiin & ngorokin.
Tp jg jng heran seandainya dah sering di pegang msh tetap 'giras' krn ada beberapa ayam yg karakternya seperti itu, ada ayam sy yg sudah rawatan lama & dah biasa di adu tetep 'giras' klo mo di tangkep, malahan bulu kepalanya sampe 'jegrik' klo kita dekatin.

salam,

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 158
Join date: 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  arif on Mon Jan 04, 2010 6:31 pm

Kumbang wrote:Pak Hadi...
Sperti yg dah di katakan teman2 lain... klo dah biasa di pegang jg nantinya akan jinak, lagipula klo dah mulai di rawat pasti akan sering di pegang, sperti mandiin & ngorokin.
Tp jg jng heran seandainya dah sering di pegang msh tetap 'giras' krn ada beberapa ayam yg karakternya seperti itu, ada ayam sy yg sudah rawatan lama & dah biasa di adu tetep 'giras' klo mo di tangkep, malahan bulu kepalanya sampe 'jegrik' klo kita dekatin.

salam,

Benar mas.. Memang karakternya gitu.. Ada yang bahkan saking jinak dan berani .. sama orang yang benar2 baru dilihat juga ga takut.. cuek2 saja.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 447
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  santoso on Sun Jan 24, 2010 12:06 am

terkadang ayam kesit atau tidak itu tergantung keturunan nya loh mas seperti ayam bangkok saya yangsatu di box dari kecil yang satunya di liarin gak pernah di urus sampek umur 6 bulan eh ternyata yang gak pernah di urus itu ikut bapak nya maksud nya kalo mau di tangkep hanya diam saja tanpa reaksi yang di bok malah sebalik nya kalo mau di tangkep kayak nangkep angin susah banget persis kayak bapak nya

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 133
Join date: 14.10.09
Age: 43
Lokasi: palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  naoki on Sun Nov 27, 2011 10:25 am

ada yg bilang cara menjinakan ayam harus sering dikurung dan di mandikan malam2, yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dan para senior, apakah mandi malam bisa berakibat rematik... Hehehe..

naoki
kopral
kopral

Jumlah posting: 19
Join date: 18.12.10
Age: 26
Lokasi: pekalongan indonesia

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  naoki on Sun Nov 27, 2011 10:28 am

ada yg bilang cara menjinakan ayam harus sering dikurung dan di mandikan malam2, yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dan para senior, apakah mandi malam bisa berakibat rematik... Hehehe..

naoki
kopral
kopral

Jumlah posting: 19
Join date: 18.12.10
Age: 26
Lokasi: pekalongan indonesia

Kembali Ke Atas Go down

Re: menjinakkan ayam

Post  siyoko on Sun Nov 27, 2011 8:30 pm

ada yg blg jg di kasih keringat ketek. Neutral ktnya jg mujarab mas. Very Happy cpt nurut sm tuan nya. afro

siyoko
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 122
Join date: 20.10.11
Age: 23
Lokasi: Banjarmasin Kalimantan-Selatan

Kembali Ke Atas Go down

menjinakkan ayam

Post  Rozaqna-wahyu on Sun Nov 27, 2011 8:51 pm

mas anto klaten wrote:saya punya ayam lancuran umur 6-7 bulan 2 ekor, tetapi kedua ayam tersebut liar (kesit:jawa) alias tidak jinak. walau telah beberapa kali saya mandikan tapi tetap saja liar. kalau mau dipegang ayam tersebut lari (diumbar), bila didalam kurungan ya maunya juga ingin lari. mohon pencerahannya rekan-rean papaji bagaimana cara menjinakkan ayam aduan?............ maturnuwun

mungkin masih ada bulu jarumnya bang. punya saya jg gt, umurnya 6 bulan pas. awalnya sy jg bingung kalau mau di pegang & waktu di pegang pinginnya lari terus.
katanya pakDenya saya sih nanti bisa jinak sendiri tu ayam kalau bulunya sudah lengkap smua.

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 645
Join date: 09.10.11
Age: 22
Lokasi: karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo)

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik