lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  lukman_hidayat37@yahoo.co on Tue 13 Mar 2012, 23:49

saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?

lukman_hidayat37@yahoo.co
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 103
Join date : 24.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  Administrator on Wed 14 Mar 2012, 01:23

Prinsipnya betul. Tapi sedikit itu berapa jumlahnya ?
4, 5, 10, 20 ??
Pastinya harus disesuaikan dgn lahan kandang, kondisi ekonomi, kemampuan dan jumlah perawat.

Bayangkan kalau pak Herman Barus yg punya perawat 20 orang dan kandang seluas 1 hektar. Punya ayam 100 ekor masih terhitung sedikit lah...
hehehe...

Smile

Mungkin yg benar bukan jumlah ayam yg sedikit. Tapi jumlah ayam yg efisien dan optimal sesuai dgn kemampuan.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  Hendro on Wed 14 Mar 2012, 07:44

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?

Saya kira itu harapan semua orang mas "ayam selalu menang", tapi dalam bermain ayam tidak ada rumus "pasti" karena mau sedikit atau banyak ayam yang dipelihara tentu masih ada rasa kurang puasnya dan kalimat "selalu menang" tidak berlaku dalam dunia hobi ayam aduan karena tidak seorangpun penghobi ayam aduan yang tidak pernah merasakan kekalahan............

Kalah dan menang dalam sebuah pertarungan adalah hal yang wajar, kalo ayam kita kalah tidaklah perlu bersungut2 merasakan kekecewaan mendalam dan mencari kambing hitam untuk disalahkan, lebih baik berdiam diri, instrospeksi dan evaluasi untuk perbaikan kedepan............

Jika ayam kita menang juga tidak perlu terlalu berbangga hati terlebih sampai jumawa dan merendahkan orang lain, cukup menahan diri, evaluasi dan berusaha selalu belajar menjadi lebih baik karena lawan juga melakukan hal yang sama.............

Hobi identik dengan pengeluaran uang maka seorang penghobi harus bijak dan mampu mengukur kemampuan masing2 sehingga tidak perlu memaksakan diri hanya untuk sebuah hobi/gengsi semata, sedikit atau berapapun jumlah ayamnya, jika dikelola dengan baik dan benar akan menghasilkan tidak hanya kebanggaan dan kepuasan tetapi juga materi..............

Salam Hobi..... Very Happy I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  amrogen on Wed 14 Mar 2012, 08:15

Hendro wrote:
lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?

Saya kira itu harapan semua orang mas "ayam selalu menang", tapi dalam bermain ayam tidak ada rumus "pasti" karena mau sedikit atau banyak ayam yang dipelihara tentu masih ada rasa kurang puasnya dan kalimat "selalu menang" tidak berlaku dalam dunia hobi ayam aduan karena tidak seorangpun penghobi ayam aduan yang tidak pernah merasakan kekalahan............

Kalah dan menang dalam sebuah pertarungan adalah hal yang wajar, kalo ayam kita kalah tidaklah perlu bersungut2 merasakan kekecewaan mendalam dan mencari kambing hitam untuk disalahkan, lebih baik berdiam diri, instrospeksi dan evaluasi untuk perbaikan kedepan............

Jika ayam kita menang juga tidak perlu terlalu berbangga hati terlebih sampai jumawa dan merendahkan orang lain, cukup menahan diri, evaluasi dan berusaha selalu belajar menjadi lebih baik karena lawan juga melakukan hal yang sama.............

Hobi identik dengan pengeluaran uang maka seorang penghobi harus bijak dan mampu mengukur kemampuan masing2 sehingga tidak perlu memaksakan diri hanya untuk sebuah hobi/gengsi semata, sedikit atau berapapun jumlah ayamnya, jika dikelola dengan baik dan benar akan menghasilkan tidak hanya kebanggaan dan kepuasan tetapi juga materi..............

Salam Hobi..... Very Happy I love you

gw setuju banget neh..sama yg ini, kekeke
karena banyak/sedikit ayam itu relasi tidak ada korelatif-nya dengan sesuatu.

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  amrogen on Wed 14 Mar 2012, 08:29

Administrator wrote:Prinsipnya betul. Tapi sedikit itu berapa jumlahnya ?
4, 5, 10, 20 ??
Pastinya harus disesuaikan dgn lahan kandang, kondisi ekonomi, kemampuan dan jumlah perawat.

Bayangkan kalau pak Herman Barus yg punya perawat 20 orang dan kandang seluas 1 hektar. Punya ayam 100 ekor masih terhitung sedikit lah...
hehehe...

Smile

Mungkin yg benar bukan jumlah ayam yg sedikit. Tapi jumlah ayam yg efisien dan optimal sesuai dgn kemampuan.
Smile

3 ekor ktnya bang.

untuk yg ini gue setujuh. nanti setelah 2 tahun jumlah ayam jadi 30 ekor.
sok klo gak percaya. Cool

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

sedikit tp kualitas

Post  lukman_hidayat37@yahoo.co on Wed 14 Mar 2012, 14:10

yang saya maksud di sini adalah jumlah ayam yang sedikit tp bermutu dan kualitas,dalm arti tarungnya bagus dan ada unsur kemenanganya,memang mas dalam arena menang kalah dalm harena adalah hal yang biasa ,itu pernah saya alami juga,pacek yang bagus belum tentu menurunkan anakan yang bagus pula ,harus adanya seleksi kandang,nah yang saya maksud adalah ayam jumlah sedikit tp kualitas

lukman_hidayat37@yahoo.co
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 103
Join date : 24.01.12

Kembali Ke Atas Go down

LEBIH BAIK PUNYA AYAM LENGKAP: trah, ukuran, gaya, dan ules

Post  dalange on Thu 15 Mar 2012, 22:55

kalo saya suka dengan kelengkapan koleksi ayam, baik dari berbagai trah, warna, gaya tarung dan ukuran.....
rasaya asyiiiiiiikkk gitu loh.........

dalange
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 349
Join date : 02.11.11
Lokasi : Tulungagung - Bantul - Yogyakarta 087839303588

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  maz_no on Tue 20 Mar 2012, 04:27

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:yang saya maksud di sini adalah jumlah ayam yang sedikit tp bermutu dan kualitas,dalm arti tarungnya bagus dan ada unsur kemenanganya,memang mas dalam arena menang kalah dalm harena adalah hal yang biasa ,itu pernah saya alami juga,pacek yang bagus belum tentu menurunkan anakan yang bagus pula ,harus adanya seleksi kandang,nah yang saya maksud adalah ayam jumlah sedikit tp kualitas
semakin bnyk materi u.diseleksi,dibreeding semakin menambah tajam naluri mengenali ,pembiakan ayam kualitas...yg buruk,sedang &baik.

maz_no
kopral
kopral

Jumlah posting : 16
Join date : 30.10.10
Age : 40
Lokasi : berbek,nganjuk...raya.

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  didik adi on Tue 20 Mar 2012, 08:23

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?
lha miaranya untuk ternak atau untuk aduan, mas bro?...... Smile

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  dalange on Tue 20 Mar 2012, 09:41

masalah ini sudah pernah dibicarakan...... LIHAT TOPIK "QUALITY OVER QUANTITY" oleh Galihmoko
kesimpulannya adalah......
terserah yang mau pelihara...
mau banyak??????? mau sedikit???????
silahkan!!!!!!!!!
yang tahu kebutuhan dan kesenangan anda adalah ANDA SENDIRI.........

dalange
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 349
Join date : 02.11.11
Lokasi : Tulungagung - Bantul - Yogyakarta 087839303588

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  Rizki on Tue 20 Mar 2012, 10:34

Kuat menang atau tdak tetap sama keputusan awal,. kalo ayam ttap kalah sama ayam, bukan sama itik kekekekeeee.. peace Cool Cool Cool

Rizki
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 460
Join date : 14.11.11
Age : 36
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

hmmm

Post  aris papaji on Tue 20 Mar 2012, 16:47

cita2 ku piara ayam banyak dan menang terus...hehe..bisa tiap hari ke kalang.. Very Happy

aris papaji
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 536
Join date : 28.07.11
Age : 33
Lokasi : lippo cikarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  rino lampung on Wed 25 Apr 2012, 14:23

jika hanya sekedar turun gelanggang atau kalangan mungkin jumlah ayam yang optimal bagus,tapi jika orientasinya juga ternak maka jumlah ayam pasti akan banyak begitu juga biaya yang di keluarkan.salam hangat

rino lampung
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 367
Join date : 24.08.10
Age : 37
Lokasi : kalianda

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  surya27 on Wed 25 Apr 2012, 16:40

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?

setuju...sedikit tapi berkualitas...apalagi banyak tapi tetap berkualitas.... Very Happy Very Happy Very Happy

surya27
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1771
Join date : 16.12.09
Age : 39
Lokasi : JAKARTA BARAT

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  Andi Babe on Wed 25 Apr 2012, 19:12

Saya banyak ayam,paceknya 8 n babon 35 ekor semua bertelur,umur dari
Mulai 1thn sampai 5thn,blm anakan emang agak repot tapi itulah HOBBY,hampir SETENGAHNYA
Dikandang dari ternakan SENIOR PAPAJI,dan setengahnya IMPORT,karna banyak inilah
Saya gak beli ayam lagi,ternak dah.........
Kebetulan saya gak ngadu ayam lagi di PRO,cuma ikutan LATBER aja.makin banyak ayam makin
Berpariasi tipikal ayamnya ini lah kepuasan kalau banyak ayam.......hobby....jadi Heppy.. Very Happy Very Happy Very Happy






Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  coki on Wed 25 Apr 2012, 21:17

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:saya mempunyai suatu pandangan dalam perawatan ayam aduan,lebih baik mempunyai ayam sedikit tapi bagus,dari pada mempunyai ayam banyak tapi gak kualitas,ayam sedikit perawatanya gampang mudah terkontrol,dari segi pakan dan lain2ya,sehingga kita bisa merawat dengan maksimal,ambil contohlah,belilah ayam yang bagus yang sudah pernah menang maksimal 3 aja,kita tinggal nyari babon yang bagus ,syukur dapat babon cetak,satu di jadikan pacek tentunya yang sudah afkir,dan dua ayam yang masih layak bertarung,ayam yang mash layak bertarung kita rawt dengan maksimal ,tentu kita tidak akan kecapaian merawatnya,kecuali yang mempunyai modal besar mungkin bisa nyari tukang rawat ayam sendiri,benarkah kawan2?
Benar.........
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: lebih baik merawat ayam sedikit tapi selalu menang

Post  Sponsored content Today at 12:52


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik