Mencabut bulu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mencabut bulu

Post  zin494 on Sun 10 Jan 2010, 22:37

Saya punya ayam muda umur 10 bln, bulu sayapnya banyak yg rusak, padahal ayam rajin menimpuk. Kira2 kalo bulu sayap yg patah dicabuti salah nggak ya? Menyambung bulu agak sulit juga, udah nyoba tapi gagal. Kira2 kalo dicabut berapa lama baru bisa tumbuh lagi, mohon pencerahan dari para senior. Salam

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Hendro on Mon 11 Jan 2010, 05:59

Saran saya untuk bang Sinaga dan rekan2 lain...jangan sekali2 mencabut bulu sayap ayam terlebih jika kondisi bulu belum tua dan berbatang besar ( bulu utama ), akibat dari mencabut bulu sayap sering kali terjadi bulu baru yang tumbuh menjadi rapuh/melintir...sebaiknya bulu sayap yang patah disambung/sulam saja dengan cara yang telah diilustrasikan oleh mas Arry di postingan tentang " sambung bulu ", jika tidak bisa menyambung sendiri biasanya di pasar ada orang yang jual jasa penyambungan bulu dan biaya tidaklah mahal, berkisar 10 - 25 rb bergantung banyaknya kerusakan pada bulu....
Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  zin494 on Mon 11 Jan 2010, 06:44

Makasih mas hendro buat sarannya

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Kumbang on Mon 11 Jan 2010, 13:15

Hendro wrote:Saran saya untuk bang Sinaga dan rekan2 lain...jangan sekali2 mencabut bulu sayap ayam terlebih jika kondisi bulu belum tua dan berbatang besar ( bulu utama ), akibat dari mencabut bulu sayap sering kali terjadi bulu baru yang tumbuh menjadi rapuh/melintir...sebaiknya bulu sayap yang patah disambung/sulam saja dengan cara yang telah diilustrasikan oleh mas Arry di postingan tentang " sambung bulu ", jika tidak bisa menyambung sendiri biasanya di pasar ada orang yang jual jasa penyambungan bulu dan biaya tidaklah mahal, berkisar 10 - 25 rb bergantung banyaknya kerusakan pada bulu....
Salam

Sorry yg mas Hendro ... aga laen dikit nih.
Klo sy & teman2 dah sangat terbiasa pake cara cabut bulu tp kondisinya sperti yg mas Hendro bilang... di saat2 bulu sudah memang 'tua' & usang, syukurnya sampe saat ini sudah sering kali di lakukan tp gak masalah.
Pernah saat pertama kali coba cabut bulu hasilnya gak bagus krn pada saat tumbuh, bulu sayapnya aga cupat ato gak spanjang saat awalnya.
Yg mesti di perhatikan saat cabut bulu :
1. Pastikan bulu sadah cukup 'tua', hal itu bisa terlihat dari batang2 bulu yg sudah kering & besar2.
2. Jangan cabut bulu yg msh muda.
3. Saat mencabut bulu sayap dng sekali cabut (jng ragu2) dan jangan tergoyang2.
4. Pastikan membilas seluruh tubuh ayam dng air hangat setelah pencabutan & jg olesin arak obat klo ada.
5. Ayam jng di pegang2 saat msh 'gundul' ato bulu jarum & baru mulai di siram2 dng air saat bulu jarumnya sudah mulai pecah.
Jd menurut sy boleh2 aja klo mo melakukan asal dng benar saat mencabut & jangan sembarangan tapi klo punya stok ayam banyak rasanya gak perlu jg pake cabut2 bulu... istirahatin aja dulu trus pake deh jagoan yg lain buat mainan.

Salam

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  opik_98 on Tue 12 Jan 2010, 21:30

Kumbang wrote:
Hendro wrote:Saran saya untuk bang Sinaga dan rekan2 lain...jangan sekali2 mencabut bulu sayap ayam terlebih jika kondisi bulu belum tua dan berbatang besar ( bulu utama ), akibat dari mencabut bulu sayap sering kali terjadi bulu baru yang tumbuh menjadi rapuh/melintir...sebaiknya bulu sayap yang patah disambung/sulam saja dengan cara yang telah diilustrasikan oleh mas Arry di postingan tentang " sambung bulu ", jika tidak bisa menyambung sendiri biasanya di pasar ada orang yang jual jasa penyambungan bulu dan biaya tidaklah mahal, berkisar 10 - 25 rb bergantung banyaknya kerusakan pada bulu....
Salam

Sorry yg mas Hendro ... aga laen dikit nih.
Klo sy & teman2 dah sangat terbiasa pake cara cabut bulu tp kondisinya sperti yg mas Hendro bilang... di saat2 bulu sudah memang 'tua' & usang, syukurnya sampe saat ini sudah sering kali di lakukan tp gak masalah.
Pernah saat pertama kali coba cabut bulu hasilnya gak bagus krn pada saat tumbuh, bulu sayapnya aga cupat ato gak spanjang saat awalnya.
Yg mesti di perhatikan saat cabut bulu :
1. Pastikan bulu sadah cukup 'tua', hal itu bisa terlihat dari batang2 bulu yg sudah kering & besar2.
2. Jangan cabut bulu yg msh muda.
3. Saat mencabut bulu sayap dng sekali cabut (jng ragu2) dan jangan tergoyang2.
4. Pastikan membilas seluruh tubuh ayam dng air hangat setelah pencabutan & jg olesin arak obat klo ada.
5. Ayam jng di pegang2 saat msh 'gundul' ato bulu jarum & baru mulai di siram2 dng air saat bulu jarumnya sudah mulai pecah.
Jd menurut sy boleh2 aja klo mo melakukan asal dng benar saat mencabut & jangan sembarangan tapi klo punya stok ayam banyak rasanya gak perlu jg pake cabut2 bulu... istirahatin aja dulu trus pake deh jagoan yg lain buat mainan.

Salam
mas kira2 brapa lama ayam bisa tumbuh bulunya klo dicabutin kaya gitu soale sy punya ayam yg dipinjem ma temen trus dicabutin tampa ngomong sy dl ayam lantas sy ambil lg

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Hendro on Wed 13 Jan 2010, 05:47

Ayam yang mabung atau dicabutin bulunya dalam 1-2 minggu sudah tumbuh bulu jarum untuk menunggu bulu tua/kering biasanya sekitar 2 bulan dan akan tuntas semua sekitar 3 bulan...ayam sudah bisa mulai dirawat/digebrak ringan.....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  zin494 on Wed 13 Jan 2010, 12:05

Makasih buat respon para senior, tinggal dipraktekkan nih.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Kumbang on Wed 13 Jan 2010, 12:22

Keseluruhan proses mabung sangat cepat kurang lebih sperti yg mas Hendro tulis, itulah salah satu keuntungannya sbb klo mabung alami aga lama, malah mungkin teman2 pernah mengalami bulu ayamnya rontok bergantian dng beda waktu yg cukup lama wah... bisa istirohat lama banget tuh jagoan.
Klo praktekin mesti di ingat yg paling rawan itu bulu sayap...

Salam,

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Jhon Gultom on Wed 13 Jan 2010, 15:39

nyabutin bulu sih kalo bisa ayamnya di mandiin kuyup dulu sampe kedingininan supaya bulu yang akan di cabut lebih mudah lepas dan kalo kedinginan ngurangin sakitnya sedikit,...

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  nurkhotim on Wed 13 Jan 2010, 15:46

john wrote:nyabutin bulu sih kalo bisa ayamnya di mandiin kuyup dulu sampe kedingininan supaya bulu yang akan di cabut lebih mudah lepas dan kalo kedinginan ngurangin sakitnya sedikit,...

Masukin Kulkas,.. biar tambah josss,.. kedinginannya,..kwak.kak.kak...

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  ipul on Wed 13 Jan 2010, 16:01

sebelumnya potong dulu mas,.. baru masuk kulkas buat nanti malam buat bakar2 baru joss lol! lol!

mas nur ini becanda mulu Very Happy Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Jhon Gultom on Wed 13 Jan 2010, 16:11

setelah keluar kulkas tinggal di panasin aja lagi buat sarapan pagi ya, wakakakakakakakka,.........

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencabut bulu

Post  Sponsored content Today at 21:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik