Ciri sisik kaki yang digemari

Halaman 5 dari 16 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Thu Oct 22, 2009 10:41 pm

wakkakakakakaa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,inilah seni ayam aduan setiap peternak memiliki variasi ide yg hebat dituangkan dalam meramu ayam aduan, itu sudah sifat alami manusia

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Joko on Fri Oct 30, 2009 4:36 pm

azis sutanto wrote:[quote="Joko
betul sekali pak joko itu jadi acuan bagi saya untuk belajar mengenali katurangga untuk menilai kualitas ayam ,terutama dari kualitas pukulan.
Karena klo saya perhatikan ayam2 yang kualitas pukulnya bagus suka ada keanehan di sisik kakinya dibanding dengan ayam yang biasa2 saja.
tapi klo dah tahu kualitas ibu bapaknya kita agak lebih tenang untuk memilih tentunya.
Salam

Jagoan kita mengalahkan musuh 90% melalui pukulan artinya senjata utama jago kita ada di kaki, amat sangat jarang jago2 kita menang hanya karena solahnya luar biasa licik, ngelock, lari, dsb. Nah ... model kaki yang bagaimanakah yang bisa diandalkan untuk menjatuhkan lawan, itu yang harus dipelajari. Apakah hanya cukup dengan kakai sajah??? ... Tidak lah yau. Ada banyak unsur untuk menentukan bahwa seekor jago benar2 layak untuk diandalkan sebagai petarung yaitu Kualitas mata, bulu, daging, tulangan, pegangan, panjang pendeknya badan, bentuk badan, posisi taji, bentuk taji, kualitas taji, bentuk paruh, kualitas paruh, panjang pendek kaki, bentuk ekor dan masih banyak lagi. Nah lu... kalau panjenengan2 sudah tahu diposisi yang bagaimana sih masing2 kriteria di atas disebut bagus maka panjenengan tidak usah kuatir milih jago di pasar burung. Kalau mau main aman belilah ayam jago di peternak yang terkenal mengeluarkan jago2 jawara.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 266
Join date: 25.08.08
Age: 48
Lokasi: 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Fri Oct 30, 2009 6:14 pm

Joko wrote: Nah lu... kalau panjenengan2 sudah tahu diposisi yang bagaimana sih masing2 kriteria di atas disebut bagus maka panjenengan tidak usah kuatir milih jago di pasar burung. Kalau mau main aman belilah ayam jago di peternak yang terkenal mengeluarkan jago2 jawara.

Salam JK


Wah mas Joko ini aneh bener masak mau nyari ayam di pasar burung ? ya pasti tidak ketemu...he...he...he... kalo mau nyari ayam ya dipasar ayam atau di peternakan ayam....he..he..he... tapi memang benar jika ingin mendapatkan ayam dengan kualitas yang mumpuni ya harus rajin bersafari dari kandang ke kandang terutama kandang dengan reputasi yang bagus dan sudah teruji.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5542
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Sat Oct 31, 2009 8:02 pm

Administrator wrote:
aji wrote:saya ingat kata kawan sekaligus senior saya, waktu itu dia bilang kalau mau cari ayam untuk pake gak perlu bagus tetapi harus kuat menang, saya waktu itu tidak berpikir kepada ayam yang punya ciri seperti sisik kaki yang bertuah.

Mas Aji, menurut saya, kita harus definisikan dulu, apa itu ayam bagus? Apakah ayam dgn teknik solah indah sudah bisa dikatakan bagus? Kebanyakan orang memang berpikir demikian.

Lalu apa itu kuat menang? Apakah dicirikan dgn katurangganya?
Menurut saya, menang itu tergantung dimana kita tarung, siapa lawannya, bagaimana tandingan, rawatan, bebotohnya, hoki, dll. Banyak sekali faktor kemenangan yg melibatkan manusia sebagai pemiliknya. Jadi, menang itu bukan semata2 tanggung jawab ayam dan katurangganya belaka. Manusia sangat berperan.

Ditinjau dari sisi ayamnya :
Saya rasa, kasus ayam milik teman mas Aji itu bukan ayam jelek. Buktinya ia punya mental (dari keturunan) yg bagus. Tahan pukul (tulangan kokoh) dan punya pukulan yg baik. Kebetulan didukung oleh katurangga yg bagus juga. Hanya saja tekniknya yg kurang bagus. Dari beberapa point tsb, cuma satu kekurangannya (teknik solah). Saya rasa ini bisa dimaklumi krn ayam tsb punya banyak kelebihan yg lain. Sehingga bisa dikategorikan ayam bagus juga.

Bandingkan dgn musuhnya. Teknik solah bagus, tapi pukulan kurang mematikan (pukul 5:1 tdk bisa ngabisin), daya tahan tubuh kurang (dipukul oleng), dan mentalnya jelek (kabur sendiri). Terbukti, lebih bagus ayam milik teman mas Aji khan..??

Ditinjau dari pemiliknya :
Tentu pemilik sudah merawat ayamnya dgn benar. Dicarikan musuh yg kira2 lemah, dan ditunjang dgn bebotoh yg berpengalaman. Klop sudah... Ayam bagus, pemiliknya apik. Banyak menangnya deh...

Kembali ke topik...
Bukannya saya tidak percaya katurangga lho mas...
Kalau saya, pilih ayam yg utama adalah kualitas (Teknik, pukul, tulangan, keturunan). Yg terakhir baru dipilih katurangga yg baik.
Kemudian 'bahan' tersebut kita olah dgn rawatan yg 100% fit, dicarikan tandingan yg sebisa mungkin lebih lemah, dan minta bebotoh kawakan untuk ngairi.

salam hangat.

bener mas ary ternyata yg terakhir itu bener22 ngaruh gede

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Joko on Sat Oct 31, 2009 8:43 pm

Wah mas Joko ini aneh bener masak mau nyari ayam di pasar burung ? ya pasti tidak ketemu...he...he...he... kalo mau nyari ayam ya dipasar ayam atau di peternakan ayam....he..he..he... tapi memang benar jika ingin mendapatkan ayam dengan kualitas yang mumpuni ya harus rajin bersafari dari kandang ke kandang terutama kandang dengan reputasi yang bagus dan sudah teruji.....salam[/quote]

hehe..si solo klo hari minggu kita main ke pasar burung Depok di sana ada tempat khusus jual beli ayam adu... lha klo ke pasar ayamnya yang berlokasi di silir takut berubah arah???. di bandung klo mo nyari ayam adu datang saja ke pasar burung sukahaji di sana juga ada tempat khusus. Klo di semarang memang di pasar ayam adu njoarlah tempatnya. Jadi suka ke bawa2 pasar burungnya hehehe.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 266
Join date: 25.08.08
Age: 48
Lokasi: 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Sisik ayam versi plamboyan cock

Post  plamboyan cock on Sat Oct 31, 2009 10:51 pm

Ga prlu kasar,alus aja,yg pnting kl kena air wrna brubah merah bgt,lbh bgus lg yg warna kuning ajalah....pukul'y ngwantuk.... Sleep

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 317
Join date: 30.10.09
Lokasi: KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871/23516fae

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Fri Nov 20, 2009 2:26 pm

salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting: 41
Join date: 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Sat Nov 21, 2009 5:11 pm

Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5542
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Sat Nov 21, 2009 6:35 pm

Hendro wrote:Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......

tahu darimana mas hendro itu ayam muda???????????????????

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Sat Nov 21, 2009 8:05 pm

Hendro wrote:Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......
salam bang hendro. Ya memang ayamnya umur 7 bulan. Ayamnya d jaga dgn rapi dri semenjak baru netas. Skrg memang dlm keadaan sehat dan sangat aktif.
Sy mau nanya aja klu sisik kakinya punya pengertian yg spesial ato sebaliknya. Secara jujur, sy memang fanatik dgn bacaan sisik kaki tpi ilmunya sangat sedikit sekali. Makanya nanya d sini, memohon pencerahan dri temen2 yg lebih mahir.
Ayam ini blum abar krn bulunya blum complete. Mungkin ada kebenaran dlm kata2 bang hendro yg mana pukulannya keras dan panas krn bapaknya mempunyai pukulan sbgitu. Mungkin bulan depan bisa d abar dan dpt d liat gimana pukulan dan polar mainannya.
Hehe bang, sy bukan pak cik hehe masa umur 36 d panggil pak cik hehe

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting: 41
Join date: 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Sitang on Sun Dec 06, 2009 3:50 pm

Ponka wrote:salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Salam papaji...

Cuma saya di sini sebenarnya amat pening kepala apabila bersoal pasal sisik ayam.macam org buta huruf!! hehehehe
Dari awal sampai akhir topik ini,saya cuma baca saja.kurang2 dpt jugak sedikit ilmu tentang sisik ayam.Contoh gambar yg dihantar oleh Ponka cukup bagus.
Adalah lebih baik rasanya kalau diselang seli dgn sedikit gambar2 tentang sisik ayam,jenis2 sisik agar bisa saya atau forumer yg lain lebih
memahami/mengenali dgn lebih detail lagi pasal sisik ayam ni.

tima kasih papaji..

Sitang

Jumlah posting: 5
Join date: 12.11.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  nurkhotim on Mon Dec 07, 2009 9:58 am

Sitang wrote:
Ponka wrote:salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Salam papaji...

Cuma saya di sini sebenarnya amat pening kepala apabila bersoal pasal sisik ayam.macam org buta huruf!! hehehehe
Dari awal sampai akhir topik ini,saya cuma baca saja.kurang2 dpt jugak sedikit ilmu tentang sisik ayam.Contoh gambar yg dihantar oleh Ponka cukup bagus.
Adalah lebih baik rasanya kalau diselang seli dgn sedikit gambar2 tentang sisik ayam,jenis2 sisik agar bisa saya atau forumer yg lain lebih
memahami/mengenali dgn lebih detail lagi pasal sisik ayam ni.

tima kasih papaji..

Banyak orang yang pengen tahu bagaimana susunansisik dan nama serta apa artinya,... ini sebenarnya hampir sama dengan membaca rajah di tangan.... yang bisa dipastikan, hampir setiap ayam tidak akan sama... hanya saja memiliki beberapa pedoman yang menjadi acuan para botoh..(yang percaya...lho..!?)
Dari primbon jawa 'Betal jemur ada makna',... dikenal beberapa istilah berkenaan dengan susunan sisik kaki ayam ini,.. tapi kebanyakan sisi depan, sisik jari dan beberapa sisik belakang,..seperti photo tersebut,.. istilah istilahnya a.l. : Naga tumurun (sisik belakang susunannya terbalik menghadap ke bawah (umumnya ke atas), yang lainnya yaitu (dari primbon Betal Jemur, adamakna) :
Sisik driji panunggul kiwa tengen pecah, aran Tunjung karang, watake mbingungake mungsuh.
Sisik sikil karo pisan ubet dhempet, aran Nagamangsa, watake ampuh.
Sisik gares kang mburi karo pisan madhep mangisor, aran Nagatumurun, wateke nglamurake mungsuh.
Sisik sikil karo pisan kaya kulit salak, aran Nagabanda, wateke yen wis anggitik mungsuhe lumayu.
Sisik jenthik karo pisan pecah nratas, aran Tunggakwinaranan, watake mungsuhe mendhot banyon.
Sisik driji padha pecah, aran Batukarang, wateke nglamurate mungsuhe.
Sisik kang ana katel sikil karo pisan, aran Batulapak, wateke nglemerake mungsuh.
Sisik melik ana ing tengah bener ubeting sikil karo, aran Putrikinurung, wateke yen nggitik mungsuhe, katempar.
Sisik kang resik mulus tanpa sisik melik aran Satriyasinekti, wateke yuwana tansah ngalahake mungsuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wiring kuning aran Mastinuwuh, watake yuwana ampuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wido aran Mas Sinangling, wateke yuwana ampuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan, yen ulese klawu aran Basunanda, watake yuwana ampuh.

untuk terjemahannya, silahkan mas Hendro suruh terjemahkan.. dia khan orang Semarang,..(kuno....!??) he.he.he..

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Fri Dec 11, 2009 9:48 pm

Please translate the bahasa jawanya kpd bahasa nasional supaya semua bisa ngerti. Thank you sebelum nya for your kind translation santa

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting: 41
Join date: 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

RE : arti katuranggan

Post  yudi kristanto on Fri Dec 11, 2009 10:25 pm

wah susah juga translatenya mas..... bukan apa2 tapi banyaknya itu lho, itu aja belum dihitung dengan hari pengapesannya dan hari baiknya. pernah saya punya kenalan yang sangat percaya pada perhitungan jawanya. kalau mau ngadu harus memperhatikan arah kalangan, hari tertentu unk ngadu bahkan jalan kesanapun ada aturannya. emang banyak menangnya dia, tapi kalau diamati sebenarnya ayamnya bagus dan selalu fit. unk gandengannya dia lebih rumit lagi, masalah kaki ules,asal arah ayam dll. kalau emang bener tentunya dia menang terus, tapi ternyata ada kalahnya juga. saya rasa sudah susah primbon menjadi pedoman baku. tks

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 146
Join date: 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Sat Dec 12, 2009 5:56 am

Ayo cak Nur itu primbonnya diterjemahkan pakai bahasa nasional Indonesia saja jangan pake bahasa gaul/prokem, biar pak cik Ponka dan Sitang bisa faham....haa..5x atau malah diterjemahkan pakai bahasa Jepang saja biar p Stenly yang menterjemahkannya.....haa 5x...

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5542
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 16 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik