Ciri sisik kaki yang digemari

Halaman 3 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Thu 22 Oct 2009, 22:41

wakkakakakakaa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,inilah seni ayam aduan setiap peternak memiliki variasi ide yg hebat dituangkan dalam meramu ayam aduan, itu sudah sifat alami manusia

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Joko on Fri 30 Oct 2009, 16:36

azis sutanto wrote:[quote="Joko
betul sekali pak joko itu jadi acuan bagi saya untuk belajar mengenali katurangga untuk menilai kualitas ayam ,terutama dari kualitas pukulan.
Karena klo saya perhatikan ayam2 yang kualitas pukulnya bagus suka ada keanehan di sisik kakinya dibanding dengan ayam yang biasa2 saja.
tapi klo dah tahu kualitas ibu bapaknya kita agak lebih tenang untuk memilih tentunya.
Salam

Jagoan kita mengalahkan musuh 90% melalui pukulan artinya senjata utama jago kita ada di kaki, amat sangat jarang jago2 kita menang hanya karena solahnya luar biasa licik, ngelock, lari, dsb. Nah ... model kaki yang bagaimanakah yang bisa diandalkan untuk menjatuhkan lawan, itu yang harus dipelajari. Apakah hanya cukup dengan kakai sajah??? ... Tidak lah yau. Ada banyak unsur untuk menentukan bahwa seekor jago benar2 layak untuk diandalkan sebagai petarung yaitu Kualitas mata, bulu, daging, tulangan, pegangan, panjang pendeknya badan, bentuk badan, posisi taji, bentuk taji, kualitas taji, bentuk paruh, kualitas paruh, panjang pendek kaki, bentuk ekor dan masih banyak lagi. Nah lu... kalau panjenengan2 sudah tahu diposisi yang bagaimana sih masing2 kriteria di atas disebut bagus maka panjenengan tidak usah kuatir milih jago di pasar burung. Kalau mau main aman belilah ayam jago di peternak yang terkenal mengeluarkan jago2 jawara.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Fri 30 Oct 2009, 18:14

Joko wrote: Nah lu... kalau panjenengan2 sudah tahu diposisi yang bagaimana sih masing2 kriteria di atas disebut bagus maka panjenengan tidak usah kuatir milih jago di pasar burung. Kalau mau main aman belilah ayam jago di peternak yang terkenal mengeluarkan jago2 jawara.

Salam JK


Wah mas Joko ini aneh bener masak mau nyari ayam di pasar burung ? ya pasti tidak ketemu...he...he...he... kalo mau nyari ayam ya dipasar ayam atau di peternakan ayam....he..he..he... tapi memang benar jika ingin mendapatkan ayam dengan kualitas yang mumpuni ya harus rajin bersafari dari kandang ke kandang terutama kandang dengan reputasi yang bagus dan sudah teruji.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7232
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Sat 31 Oct 2009, 20:02

Administrator wrote:
aji wrote:saya ingat kata kawan sekaligus senior saya, waktu itu dia bilang kalau mau cari ayam untuk pake gak perlu bagus tetapi harus kuat menang, saya waktu itu tidak berpikir kepada ayam yang punya ciri seperti sisik kaki yang bertuah.

Mas Aji, menurut saya, kita harus definisikan dulu, apa itu ayam bagus? Apakah ayam dgn teknik solah indah sudah bisa dikatakan bagus? Kebanyakan orang memang berpikir demikian.

Lalu apa itu kuat menang? Apakah dicirikan dgn katurangganya?
Menurut saya, menang itu tergantung dimana kita tarung, siapa lawannya, bagaimana tandingan, rawatan, bebotohnya, hoki, dll. Banyak sekali faktor kemenangan yg melibatkan manusia sebagai pemiliknya. Jadi, menang itu bukan semata2 tanggung jawab ayam dan katurangganya belaka. Manusia sangat berperan.

Ditinjau dari sisi ayamnya :
Saya rasa, kasus ayam milik teman mas Aji itu bukan ayam jelek. Buktinya ia punya mental (dari keturunan) yg bagus. Tahan pukul (tulangan kokoh) dan punya pukulan yg baik. Kebetulan didukung oleh katurangga yg bagus juga. Hanya saja tekniknya yg kurang bagus. Dari beberapa point tsb, cuma satu kekurangannya (teknik solah). Saya rasa ini bisa dimaklumi krn ayam tsb punya banyak kelebihan yg lain. Sehingga bisa dikategorikan ayam bagus juga.

Bandingkan dgn musuhnya. Teknik solah bagus, tapi pukulan kurang mematikan (pukul 5:1 tdk bisa ngabisin), daya tahan tubuh kurang (dipukul oleng), dan mentalnya jelek (kabur sendiri). Terbukti, lebih bagus ayam milik teman mas Aji khan..??

Ditinjau dari pemiliknya :
Tentu pemilik sudah merawat ayamnya dgn benar. Dicarikan musuh yg kira2 lemah, dan ditunjang dgn bebotoh yg berpengalaman. Klop sudah... Ayam bagus, pemiliknya apik. Banyak menangnya deh...

Kembali ke topik...
Bukannya saya tidak percaya katurangga lho mas...
Kalau saya, pilih ayam yg utama adalah kualitas (Teknik, pukul, tulangan, keturunan). Yg terakhir baru dipilih katurangga yg baik.
Kemudian 'bahan' tersebut kita olah dgn rawatan yg 100% fit, dicarikan tandingan yg sebisa mungkin lebih lemah, dan minta bebotoh kawakan untuk ngairi.

salam hangat.

bener mas ary ternyata yg terakhir itu bener22 ngaruh gede

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Joko on Sat 31 Oct 2009, 20:43

Wah mas Joko ini aneh bener masak mau nyari ayam di pasar burung ? ya pasti tidak ketemu...he...he...he... kalo mau nyari ayam ya dipasar ayam atau di peternakan ayam....he..he..he... tapi memang benar jika ingin mendapatkan ayam dengan kualitas yang mumpuni ya harus rajin bersafari dari kandang ke kandang terutama kandang dengan reputasi yang bagus dan sudah teruji.....salam[/quote]

hehe..si solo klo hari minggu kita main ke pasar burung Depok di sana ada tempat khusus jual beli ayam adu... lha klo ke pasar ayamnya yang berlokasi di silir takut berubah arah???. di bandung klo mo nyari ayam adu datang saja ke pasar burung sukahaji di sana juga ada tempat khusus. Klo di semarang memang di pasar ayam adu njoarlah tempatnya. Jadi suka ke bawa2 pasar burungnya hehehe.

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Sisik ayam versi plamboyan cock

Post  plamboyan cock on Sat 31 Oct 2009, 22:51

Ga prlu kasar,alus aja,yg pnting kl kena air wrna brubah merah bgt,lbh bgus lg yg warna kuning ajalah....pukul'y ngwantuk.... Sleep

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 316
Join date : 30.10.09
Lokasi : KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Fri 20 Nov 2009, 14:26

salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting : 41
Join date : 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Sat 21 Nov 2009, 17:11

Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7232
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Sat 21 Nov 2009, 18:35

Hendro wrote:Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......

tahu darimana mas hendro itu ayam muda???????????????????

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Sat 21 Nov 2009, 20:05

Hendro wrote:Sisik ini yang pasti bermakna bahwa ayam masih muda 6 - 8 bulan, sehat, terawat, bersih, yang punya juga rajin menjaga kebersihan...he...he...he...
Salam pak cik....ayam pak cik punya kaki yang bagus dan biasanya pukulannya juga keras dan berbobot/panas......
salam bang hendro. Ya memang ayamnya umur 7 bulan. Ayamnya d jaga dgn rapi dri semenjak baru netas. Skrg memang dlm keadaan sehat dan sangat aktif.
Sy mau nanya aja klu sisik kakinya punya pengertian yg spesial ato sebaliknya. Secara jujur, sy memang fanatik dgn bacaan sisik kaki tpi ilmunya sangat sedikit sekali. Makanya nanya d sini, memohon pencerahan dri temen2 yg lebih mahir.
Ayam ini blum abar krn bulunya blum complete. Mungkin ada kebenaran dlm kata2 bang hendro yg mana pukulannya keras dan panas krn bapaknya mempunyai pukulan sbgitu. Mungkin bulan depan bisa d abar dan dpt d liat gimana pukulan dan polar mainannya.
Hehe bang, sy bukan pak cik hehe masa umur 36 d panggil pak cik hehe

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting : 41
Join date : 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Sitang on Sun 06 Dec 2009, 15:50

Ponka wrote:salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Salam papaji...

Cuma saya di sini sebenarnya amat pening kepala apabila bersoal pasal sisik ayam.macam org buta huruf!! hehehehe
Dari awal sampai akhir topik ini,saya cuma baca saja.kurang2 dpt jugak sedikit ilmu tentang sisik ayam.Contoh gambar yg dihantar oleh Ponka cukup bagus.
Adalah lebih baik rasanya kalau diselang seli dgn sedikit gambar2 tentang sisik ayam,jenis2 sisik agar bisa saya atau forumer yg lain lebih
memahami/mengenali dgn lebih detail lagi pasal sisik ayam ni.

tima kasih papaji..

Sitang

Jumlah posting : 5
Join date : 12.11.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  nurkhotim on Mon 07 Dec 2009, 09:58

Sitang wrote:
Ponka wrote:salam papajiers.


klu ini apa makna sisiknya ? mohon pencerahan. trims

Salam papaji...

Cuma saya di sini sebenarnya amat pening kepala apabila bersoal pasal sisik ayam.macam org buta huruf!! hehehehe
Dari awal sampai akhir topik ini,saya cuma baca saja.kurang2 dpt jugak sedikit ilmu tentang sisik ayam.Contoh gambar yg dihantar oleh Ponka cukup bagus.
Adalah lebih baik rasanya kalau diselang seli dgn sedikit gambar2 tentang sisik ayam,jenis2 sisik agar bisa saya atau forumer yg lain lebih
memahami/mengenali dgn lebih detail lagi pasal sisik ayam ni.

tima kasih papaji..

Banyak orang yang pengen tahu bagaimana susunansisik dan nama serta apa artinya,... ini sebenarnya hampir sama dengan membaca rajah di tangan.... yang bisa dipastikan, hampir setiap ayam tidak akan sama... hanya saja memiliki beberapa pedoman yang menjadi acuan para botoh..(yang percaya...lho..!?)
Dari primbon jawa 'Betal jemur ada makna',... dikenal beberapa istilah berkenaan dengan susunan sisik kaki ayam ini,.. tapi kebanyakan sisi depan, sisik jari dan beberapa sisik belakang,..seperti photo tersebut,.. istilah istilahnya a.l. : Naga tumurun (sisik belakang susunannya terbalik menghadap ke bawah (umumnya ke atas), yang lainnya yaitu (dari primbon Betal Jemur, adamakna) :
Sisik driji panunggul kiwa tengen pecah, aran Tunjung karang, watake mbingungake mungsuh.
Sisik sikil karo pisan ubet dhempet, aran Nagamangsa, watake ampuh.
Sisik gares kang mburi karo pisan madhep mangisor, aran Nagatumurun, wateke nglamurake mungsuh.
Sisik sikil karo pisan kaya kulit salak, aran Nagabanda, wateke yen wis anggitik mungsuhe lumayu.
Sisik jenthik karo pisan pecah nratas, aran Tunggakwinaranan, watake mungsuhe mendhot banyon.
Sisik driji padha pecah, aran Batukarang, wateke nglamurate mungsuhe.
Sisik kang ana katel sikil karo pisan, aran Batulapak, wateke nglemerake mungsuh.
Sisik melik ana ing tengah bener ubeting sikil karo, aran Putrikinurung, wateke yen nggitik mungsuhe, katempar.
Sisik kang resik mulus tanpa sisik melik aran Satriyasinekti, wateke yuwana tansah ngalahake mungsuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wiring kuning aran Mastinuwuh, watake yuwana ampuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wido aran Mas Sinangling, wateke yuwana ampuh.
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan, yen ulese klawu aran Basunanda, watake yuwana ampuh.

untuk terjemahannya, silahkan mas Hendro suruh terjemahkan.. dia khan orang Semarang,..(kuno....!??) he.he.he..

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Ponka on Fri 11 Dec 2009, 21:48

Please translate the bahasa jawanya kpd bahasa nasional supaya semua bisa ngerti. Thank you sebelum nya for your kind translation santa

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting : 41
Join date : 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

RE : arti katuranggan

Post  yudi kristanto on Fri 11 Dec 2009, 22:25

wah susah juga translatenya mas..... bukan apa2 tapi banyaknya itu lho, itu aja belum dihitung dengan hari pengapesannya dan hari baiknya. pernah saya punya kenalan yang sangat percaya pada perhitungan jawanya. kalau mau ngadu harus memperhatikan arah kalangan, hari tertentu unk ngadu bahkan jalan kesanapun ada aturannya. emang banyak menangnya dia, tapi kalau diamati sebenarnya ayamnya bagus dan selalu fit. unk gandengannya dia lebih rumit lagi, masalah kaki ules,asal arah ayam dll. kalau emang bener tentunya dia menang terus, tapi ternyata ada kalahnya juga. saya rasa sudah susah primbon menjadi pedoman baku. tks

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Sat 12 Dec 2009, 05:56

Ayo cak Nur itu primbonnya diterjemahkan pakai bahasa nasional Indonesia saja jangan pake bahasa gaul/prokem, biar pak cik Ponka dan Sitang bisa faham....haa..5x atau malah diterjemahkan pakai bahasa Jepang saja biar p Stenly yang menterjemahkannya.....haa 5x...

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7232
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cobain on Sat 12 Dec 2009, 16:16

wakkakakakkakakakaa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,akeh wong jowo lho padahal kok ga iso

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

ciri sisik yang digemari

Post  Arifin on Mon 14 Dec 2009, 10:33

tolong terjemahannya!!!!!, please!!!!!

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 38
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  nurkhotim on Mon 14 Dec 2009, 17:06

Arifin wrote:tolong terjemahannya!!!!!, please!!!!!

Bentar dulu,... seingatku,. aku pernah menterjemahkan primbon ini,.. di Papaji atau di Ayamlaga,. aku lupa,..
besok sajalah.. sekarang mo pulang,. sudah sore,.. kehujanan lagi.... affraid

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  opik_98 on Mon 14 Dec 2009, 21:24

nurkhotim wrote:
Arifin wrote:tolong terjemahannya!!!!!, please!!!!!

Bentar dulu,... seingatku,. aku pernah menterjemahkan primbon ini,.. di Papaji atau di Ayamlaga,. aku lupa,..
besok sajalah.. sekarang mo pulang,. sudah sore,.. kehujanan lagi.... affraid
mas tolong ya terjemahanya...btw pasuruannya dmana..?aku pernah training di CSI pasuruan.... Very Happy

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Joko on Wed 10 Feb 2010, 12:41

Mumpung lagi nganggur saya coba terjemahkan peribahasa beikut ini dan klo ada yang salah mohon dibetulkan :
Sisik driji panunggul kiwa tengen pecah, aran Tunjung karang, watake mbingungake mungsuh.
SISIK JARI TENGAH KIRI KANAN PECAH, NAMANYA TUNJUNG KARANG, SIFATNYA MEMBINGUNGKAN MUSUH
Sisik sikil karo pisan ubet dhempet, aran Nagamangsa, watake ampuh.
SISIK KAKI KIRI KANAN NYINCIN RAPAT, NAMANYA NAGAMANGSA, SIFATNYA AMPUH
Sisik gares kang mburi karo pisan madhep mangisor, aran Nagatumurun, wateke nglamurake mungsuh.
SISIK BELAKANG KAKI KIRI KANAN MENGHADAP KE BAWAH, NAMANYA NAGATUMURUN, SIFATNYA MEMBUTAKAN MUSUH
Sisik sikil karo pisan kaya kulit salak, aran Nagabanda, wateke yen wis anggitik mungsuhe lumayu.
SISIK KAKI KIRI KANAN SEPERTI KULIT SALAK, NAMANYA NAGA BANDA, SIFATNYA KALO MUKUL MUSUH LANGSUNG LARI
Sisik jenthik karo pisan pecah nratas, aran Tunggakwinaranan, watake mungsuhe mendhot banyon.
SISIK JARI KELINGKING PECAH SEMUA KIRI KANAN, NAMANYA TUNGGAKWINARANAN, SIFATNYA MUSUH KALAH DI AIR
Sisik driji padha pecah, aran Batukarang, wateke nglamurate mungsuhe.
SISIK JARI PECAH SEMUA, NAMANYA BATUKARANG, SIFATNYA MEMBUTAKAN MUSUH
Sisik kang ana katel sikil karo pisan, aran Batulapak, wateke nglemerake mungsuh.
SISIK MUNCUL DI TENGAH2 JARI BAGIAN BAWAH KIRI KANAN, NAMANYA BATULAPAK, sifatnya membuat musuh lemas
Sisik melik ana ing tengah bener ubeting sikil karo, aran Putrikinurung, wateke yen nggitik mungsuhe, katempar.
ADA SISIK YANG NONGOL ATAU NYLIP DI TENGAH2 KAKI, NAMANYA PUTRIKINURUNG, SIFATNYA KALO MUKUL MUSUH KEJILING
Sisik kang resik mulus tanpa sisik melik aran Satriyasinekti, wateke yuwana tansah ngalahake mungsuh.
SISIK YANG BERSIH TIDAK ADA SISIK YANG NONGOL ATAU NYELIP, NAMANYA SATRIYASINEKTI, SIFATNYA MENANG TANPA MENGALAHKAN MUSUH
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wiring kuning aran Mastinuwuh, watake yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA WIRING KUNING NAMANYA MASTINUWUH, SIFATNYA MENANGAN SEKALI
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wido aran Mas Sinangling, wateke yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA WIDO ATAU JALAK NAMANYA MAS SINANGLING, SIFATNYA MENANGAN SEKALI
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan, yen ulese klawu aran Basunanda, watake yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA KELABU NAMANYA BASUNANDA, SIFATNYA MENANGAN SEKALI

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  cak nur on Wed 10 Feb 2010, 16:46

Joko wrote:Mumpung lagi nganggur saya coba terjemahkan peribahasa beikut ini dan klo ada yang salah mohon dibetulkan :
Sisik driji panunggul kiwa tengen pecah, aran Tunjung karang, watake mbingungake mungsuh.
SISIK JARI TENGAH KIRI KANAN PECAH, NAMANYA TUNJUNG KARANG, SIFATNYA MEMBINGUNGKAN MUSUH
Sisik sikil karo pisan ubet dhempet, aran Nagamangsa, watake ampuh.
SISIK KAKI KIRI KANAN NYINCIN RAPAT, NAMANYA NAGAMANGSA, SIFATNYA AMPUH
Sisik gares kang mburi karo pisan madhep mangisor, aran Nagatumurun, wateke nglamurake mungsuh.
SISIK BELAKANG KAKI KIRI KANAN MENGHADAP KE BAWAH, NAMANYA NAGATUMURUN, SIFATNYA MEMBUTAKAN MUSUH
Sisik sikil karo pisan kaya kulit salak, aran Nagabanda, wateke yen wis anggitik mungsuhe lumayu.
SISIK KAKI KIRI KANAN SEPERTI KULIT SALAK, NAMANYA NAGA BANDA, SIFATNYA KALO MUKUL MUSUH LANGSUNG LARI
Sisik jenthik karo pisan pecah nratas, aran Tunggakwinaranan, watake mungsuhe mendhot banyon.
SISIK JARI KELINGKING PECAH SEMUA KIRI KANAN, NAMANYA TUNGGAKWINARANAN, SIFATNYA MUSUH KALAH DI AIR
Sisik driji padha pecah, aran Batukarang, wateke nglamurate mungsuhe.
SISIK JARI PECAH SEMUA, NAMANYA BATUKARANG, SIFATNYA MEMBUTAKAN MUSUH
Sisik kang ana katel sikil karo pisan, aran Batulapak, wateke nglemerake mungsuh.
SISIK MUNCUL DI TENGAH2 JARI BAGIAN BAWAH KIRI KANAN, NAMANYA BATULAPAK, sifatnya membuat musuh lemas
Sisik melik ana ing tengah bener ubeting sikil karo, aran Putrikinurung, wateke yen nggitik mungsuhe, katempar.
ADA SISIK YANG NONGOL ATAU NYLIP DI TENGAH2 KAKI, NAMANYA PUTRIKINURUNG, SIFATNYA KALO MUKUL MUSUH KEJILING
Sisik kang resik mulus tanpa sisik melik aran Satriyasinekti, wateke yuwana tansah ngalahake mungsuh.
SISIK YANG BERSIH TIDAK ADA SISIK YANG NONGOL ATAU NYELIP, NAMANYA SATRIYASINEKTI, SIFATNYA MENANG TANPA MENGALAHKAN MUSUH
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wiring kuning aran Mastinuwuh, watake yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA WIRING KUNING NAMANYA MASTINUWUH, SIFATNYA MENANGAN SEKALI
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan yen ulese wido aran Mas Sinangling, wateke yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA WIDO ATAU JALAK NAMANYA MAS SINANGLING, SIFATNYA MENANGAN SEKALI
Sisik ubed kang bener jalu karo pisan, yen ulese klawu aran Basunanda, watake yuwana ampuh.
SISIK NYINCIN/sembang SEJAJAR DENGAN TAJI KALO WARNANYA KELABU NAMANYA BASUNANDA, SIFATNYA MENANGAN SEKALI

Salam JK

Good,...good,... good,... wis pinter tenan....!!! cheers

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Hendro on Wed 10 Feb 2010, 21:38

Terima kasih mas Joko atas info dan terjemahannya...hal ini sangat bermanfaat bagi rekan2 yang ingin mempelajari katuranggan ayam unggulan dari ciri sisik kakinya....
Silakan rekan2 mulai berburu ayam dengan ciri2 yang sudah dijabarkan diatas dan buktikan kehandalannya di arena, lalu ceritakan kisahnya di forum apapun hasilnya.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7232
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  aliem on Wed 10 Feb 2010, 21:45

Kalo katuranggan memang warisan leluhur, memang tidak salah bila kita melestarikannya sebagaimana hal2 lain yang merupakan warisan leluhur juga seperti adu ayam (yang gak ada unsur judinya)

Tp yang masih mengganjal adalah diantara ciri2 sisik diatas, yang paling menangan yang mana ya? misalnya sisik ayam yang menangan sekali lawan yang menangan sekali juga.... Question Question Question

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Serpongku on Mon 15 Feb 2010, 10:53

Jawara Ayam Tuban wrote:Saya ada bnyak stok ayam dgn sisik kaki spesial...
Ktnya sich mempunyai kesaktian tersendiri....
contoh yg saya punyai: sisik kaki naga temurun,,, sisik kaki naga mangsa, ubed2..... dan lain sebagainya..


Kl sisik yang ujungnya pecah pada jemari yg panjang ada gak tp kanan kiri dan sisik jari belakang jg pecah, ada gak mas???

Serpongku
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 13.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  janis80 on Tue 16 Feb 2010, 10:21

untuk ayam wiring kuning hari apesnya hari apa,dan hari jayanya kapan....?

janis80

Jumlah posting : 5
Join date : 13.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ciri sisik kaki yang digemari

Post  Sponsored content Today at 20:00


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 11 Previous  1, 2, 3, 4 ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik