Pemalu....

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pemalu....

Post  ebben on Fri 30 Mar 2012, 10:21

Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  W15NUV4 on Fri 30 Mar 2012, 10:30

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy
yang penting ga bikin malu n malu maluin aja!

W15NUV4
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1755
Join date : 01.11.10
Age : 37
Lokasi : serang

http://www.papaji.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  cay on Fri 30 Mar 2012, 11:23

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy

scratch scratch gmn caranya yah
study study tanya ama syeikh google ajah ah Laughing Laughing Laughing
berikut salah satu jawabannya
syeikh google wrote:

7 TIPS MENGATASI SIFAT PEMALU

Orang-orang dengan sifat pemalu secara naluri menyimpan kesadaran kalau diri mereka terlewatkan dari orang lain. Sifat pemalu biasanya membuat seseorang kehilangan kesempatan, kurang mendapat kesenangan dan terkucil dari hubungan sosial. Sifat pemalu dapat membawa banyak kerugian. Tapi bagi Anda yang memiliki sifat ini, tak perlu berkecil hati, karena pada dasarnya ada banyak cara untuk mengusir jauh-jauh sifat yang merugikan ini. Sebenarnya, formula dari rasa malu terdiri dari ‘terlalu berpusat pada diri sendiri’ dicampur dengan rasa gugup. Dan ada paduan yang lebih tak menyangkan, saat rasa malu itu mempengaruhi fisik Anda dengan cara ‘membajak’ ketenangan logis.

Rasa malu adalah sebuah kombinasi dari kegugupan sosial dan pengkondisian sosial. Untuk mengatasi rasa malu ini, yang Anda butuhkan adalah belajar bersikap rileks dalam pergaulan sosial. Dibutuhkan usaha untuk mengarahkan diri Anda jauh dari terlalu berpusat pada diri sendiri, serta memberi diri Anda ruang untuk mempraktekan kemampuan bercakap-cakap. Dalam kebanyakan kasus, emosi yang memuncak dalam bersosialisasi membuat orang menanggapi berbagai kejadian dengan rasa takut. Untuk memulai mengurangi rasa malu, bagi Anda yang pemalu, ada beberapa hal di bawah ini yang mungkin dapat Anda praktekan.


1. Pikirkan tentang cara Anda merasa dan bertindak di sekitar orang-orang yang telah Anda kenal, dimana Anda bisa merasa nyaman dan bersikap spontan. Alihkan perasaan itu saat Anda bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang membuat rasa percaya diri Anda memudar.


2. Hindari terlalu memperhatikan diri Anda sendiri. Tentu saja, Anda boleh sedikit memikirkan tentang bagaimana Anda akan melewatkan perbicangan dengan orang banyak, tapi jika seluruh Fokus Anda tercurah pada kata-kata sendiri dan perasaan Anda, selanjutnya Anda akan mulai merasa gugup sendiri. Ingat-ingat apa yang dikenakan oleh orang lain dan buat catatan tersendiri, dengarkan apa yang mereka perbincangkan, bayangkan dimana mereka tinggal, buat sebuah garis besar atau ingat-ingat nama mereka. Hal ini bukan hanya memberi Anda bahan perbincangan, tapi juga mencairkan ketegangan dalam bersosialisasi dan membuat perasaan Anda lebih tenang.


3. Buat pertanyaan terbuka pada semua orang. Banyak orang yang lebih senang bicara tentang diri mereka sendiri, dan temukan sebuah topik yang membuat orang lain tertarik. Apa yang membuat mereka tertarik akan membuat perbicangan berjalan menyenangkan bagi semua orang. Selalu Ajukan pertanyaan yang memungkinkan jawaban lebih dari ya/tidak.


4. Berhentilah percaya pada imajinasi Anda. Mungkin Anda pernah membuat gambaran tentang sebuah liburan yang menyenangkan dan pada kenyataanya jauh berbeda dari yang Anda bayangkan. Itu menunjukan beatapa tak dapat dipercayanya bayangan kita sendiri. Berhentilah memikirkan apa yang dipikirkan orang lain, karena apa yang dipikiran orang lain tentang Anda, belum tentu sama persis seperti bayangan Anda.


5. Berhentilah memikirkan ’segalanya atau bukan apa-apa.’ Pemikiran ‘pasti begini/pasti begitu’ tertuang saat Anda mengalami emosi. Orang-orang yang sedang depresi, marah dan gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dengan perbedaan yang ektrim. Bagi orang yang sedang marah ‘Anda salah’ dan ‘mereka benar,’ orang yang marah akan melihat dirinya ‘gagal’, sedang yang lain ‘berhasil.’ Jadi berhentilah berpikir kalau Anda mungkin telah mengatakan hal yang salah, atau orang lain akan membenci Anda. Saat Anda merasa rileks dalam pergaulan sosial, Anda juga akan mendapat lebih sedikit peringatan dari diri sendiri, karena dalam keadaan gugup, biasanya Anda akan mulai berpikir tentang segalanya atau bukan apa-apa.


6. Nikmati waktu Anda. Hindari mengatakan hal-hal tanpa berpikir terlebih dulu. Ajukan pertanyaan, dan jika mendapat pertanyaa. Anda dapat mempertimbangkan jawaban terlebih dahulu sebagai tanggapan Anda, jangan asal menjawab tanpa berpikir. Jawaban yang diluncurkan dengan perlahan merupakan cara bersikap santai.


7. Akhirnya, gunakan latihan hipnotis. Hipnotis merupakan cara tercepat untuk mengubah tanggapan instink/emosi Anda dalam setiap situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran dan tubuh Anda dalam keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru. Sebenarnya, sewaktu Anda merasa santai seringkali Anda akan menemukan saat yang tepat untuk menerapkan hipnotis agar merasa lebih percaya dirisaat berhadapan dengan orang-orang baru, dan tentu saja pada titik ini rasa malu akan tersingkir dengan sendirinya.


Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rasa malu saat bertemu dengan kenalan baru, dapat Anda mencoba tujuh tips yang kami sampaikan di atas. Dan semoga setelah itu Anda akan lebih percaya diri saat bertemu orang-orang baru dalam pergaulan sosial.



Sumber : Bluefame.com

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ebben on Fri 30 Mar 2012, 13:16

Apa ada cara lain selain yg ditulis bang CAY diatas......
atau sesuai dengan pengalaman pribadi yg sudah terbukti manjur .....???
Ayo rekan - rekan papaji share dunk pengalaman jika perna punya masalah seperti ini.......
tengkyu

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  jaghana on Fri 30 Mar 2012, 13:34

ebben wrote:Apa ada cara lain selain yg ditulis bang CAY diatas......
atau sesuai dengan pengalaman pribadi yg sudah terbukti manjur .....???
Ayo rekan - rekan papaji share dunk pengalaman jika perna punya masalah seperti ini.......
tengkyu
makanya sering2 main ke perguruan awan matraman..ke ke ek eke ke ekee...
pirat pirat pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  hamas on Fri 30 Mar 2012, 13:47

[/quote]

coba urat malunya tiap pagi ditarik tarik gitu..HAHAHA...
kirain pertanyaan apaan..Uasemm..

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ebben on Fri 30 Mar 2012, 15:17

jaghana wrote:
ebben wrote:Apa ada cara lain selain yg ditulis bang CAY diatas......
atau sesuai dengan pengalaman pribadi yg sudah terbukti manjur .....???
Ayo rekan - rekan papaji share dunk pengalaman jika perna punya masalah seperti ini.......
tengkyu
makanya sering2 main ke perguruan awan matraman..ke ke ek eke ke ekee...
pirat pirat pirat

pingine nggeh ngoten kang, tapi jauhnya tu lho. trus ongkose juga akeh. berharap ada tugas ke jakrta biar bisa men kstu gratis. hehehehehehe..........

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ebben on Fri 30 Mar 2012, 15:18

hamas wrote:

coba urat malunya tiap pagi ditarik tarik gitu..HAHAHA...
kirain pertanyaan apaan..Uasemm..[/quote]

Hehehehehe..... Embarassed

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ¤Di@n-M@gelang¤ on Fri 30 Mar 2012, 16:04

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy
Berdasarkan pengalaman pribadi(sy jg orge pemalu)percaya diri saja kang Ebben,prcy klo diri kita pnya potensi dan sejajar dgn org lain,percya diri kalo Aym kita tdk jelek'sifat malu jgn di buang tp di tempatkan pd posisi yg Pas,yg psti hrs bnyk bergaul dan bersosialisasi dgn masyarakat sekitar!!

¤Di@n-M@gelang¤
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1902
Join date : 30.05.11
Age : 33
Lokasi : ¤B@nTul-JogjA/M@g€lAng-G€milAng¤

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Rizki on Fri 30 Mar 2012, 18:44

Lha.,ini yang pemalu orangnya apa ayamnya.,ayo jangan malu2in mas.,bilang aja ayamnya yg pemalu wkwkwkwkwk... Laughing Laughing Laughing

Rizki
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 460
Join date : 14.11.11
Age : 36
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Hendro on Fri 30 Mar 2012, 18:47

Rasa malu adalah manusiawi dan harus dimiliki oleh setiap orang karena dengan adanya rasa malu maka kita bisa introspeksi dan mengontrol diri sendiri, tetapi rasa malu yang berlebihan alias pemalu tanpa alasan yang jelas memang lebih sering mengganggu...............

Saya termasuk orang yang dulunya juga sangat pemalu, ketika masih SD - SMA kalo disuruh maju didepan kelas oleh guru pasti muka merah pucat dan badan gemetar sambil keringatan, bencana ini sangat menyiksa dan menjadikan saya rendah diri dihadapan orang lain..............

Perubahan besar terjadi ketika saya masuk PT dimana harus menjalani orientasi sebelum masa perkuliahan dari proses orientasi tersebut mampu merubah saya yang sebelumnya sangat pemalu menjadi lebih percaya diri dan berani tampil................

Awal kuliah saya memberanikan diri ikut penyisihan lomba nyanyi "bintang radio & televisi" tingkat kota, mulai menjadi lebih percaya diri ketika mampu menguasai materi perkuliahan dan banyak membantu menyelesaikan tugas2 teman2 seangkatan maupun kakak kelas kemudian dipercaya menjadi wakil komting...............

Ketika masa KKN didesa maju mengajukan diri jadi kordes (koordinator desa) memimpin rekan2 dari berbagai fakultas lain, ketika sudah bekerja di Jakarta saya juga memberanikan diri mengikuti test calon peserta kuis "Tak Tik Boom" yang dipandu Dede Yusuf dan sempat rekaman, siaran dan ditayangkan 2 minggu berturut2 di RCTI................

Bagaimana mengatasi rasa malu yang berlebihan adalah dengan kita melawan rasa malu tersebut dan berusaha "tampil didepan" dalam hal2 yang selama ini kita takutkan atau khawatirkan, tumbuhkan rasa percaya diri dengan memantapkan hati "bahwa kita sanggup dan harus bisa", mungkin tidak bisa instan tapi harus secara perlahan dan bertahap, tetapi kalo tidak kita mulai dari sekarang maka akan terus ketinggalan dan semakin tenggelam dalam perasaan malu tersebut...........

Dengan banyak berteman dan belajar mendengarkan orang lain juga akan menumbuhkan empati yang berujung pada peningkatan rasa percaya diri dan rasa syukur kita, sehingga secara perlahan mampu memupus rasa minder atau malu dalam diri kita..............

Salam Syukur........ Very Happy I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  tumini on Fri 30 Mar 2012, 20:54

Kenali dulu rasa malu-nya. Baru bisa dicari teraphy-nya.
Orang hebat adalah orang yg bisa me-manage kelemahannya.

Saya juga pemalu, dan belum bisa mengenalinya.
Jadi senasib.... Razz Razz Razz


tumini
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 207
Join date : 18.08.11
Lokasi : Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ebben on Sat 31 Mar 2012, 16:24

Terimakasih para senior - senior semua akan saya coba saran yang diberikan......

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  coki on Sat 31 Mar 2012, 22:38

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy
caranya :
Modal Percaya Diri saja....tapi jgn sombong.
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Man-O on Sun 01 Apr 2012, 00:21

jaghana wrote:
ebben wrote:Apa ada cara lain selain yg ditulis bang CAY diatas......
atau sesuai dengan pengalaman pribadi yg sudah terbukti manjur .....???
Ayo rekan - rekan papaji share dunk pengalaman jika perna punya masalah seperti ini.......
tengkyu
makanya sering2 main ke perguruan awan matraman..ke ke ek eke ke ekee...
pirat pirat pirat

dijamin klo ke perguruan awan psti jadi gak pemalu lagi...
(nnt disuguhin ciu biar gak jadi pemalu lagi)
bounce bounce

Man-O
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1188
Join date : 01.12.10
Age : 31
Lokasi : Banggai Laut (Sul-Teng)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  ebben on Sun 01 Apr 2012, 14:10

Man-O wrote:
jaghana wrote:
ebben wrote:Apa ada cara lain selain yg ditulis bang CAY diatas......
atau sesuai dengan pengalaman pribadi yg sudah terbukti manjur .....???
Ayo rekan - rekan papaji share dunk pengalaman jika perna punya masalah seperti ini.......
tengkyu
makanya sering2 main ke perguruan awan matraman..ke ke ek eke ke ekee...
pirat pirat pirat

dijamin klo ke perguruan awan psti jadi gak pemalu lagi...
(nnt disuguhin ciu biar gak jadi pemalu lagi)
bounce bounce

Klo itu sudah pernah ditawarin bang, tapi sayang gak berani nyoba takut lupa jalan pulang. heheheheh... Very Happy Embarassed

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  coki on Fri 06 Apr 2012, 18:42

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy
waduh.....jangan-jangan GEJALA BERAK KAPUR......tuh Mas......
Very Happy Very Happy
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Amie Com on Fri 06 Apr 2012, 19:12

ebben wrote:Mohon saran para senior - senior gimana cara ngilangin sifat minder ma pemalu.....
soalnya ne yang terjadi pa da diri ku... Very Happy Very Happy

Pemalu juga bagian dari Iman mas....bersyukurlah masih punya sifat pemalu....Untuk menghilangkan rasa minder coba lah memandang semua manusia itu sama..punya rasa,punya hati....jangan pernah menghormati orang hanya karna jabatan ataupun kekayaan tapi hormatilah orang karna keimanannya dan perilaku baiknya...Insya Allah rasa minder itu berangsur akan hilang...dan berganti menjadi rasa percaya diri Smile Smile Smile

Amie Com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 183
Join date : 15.10.11
Age : 34
Lokasi : Jakabaring,Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Rozaqna-wahyu on Fri 06 Apr 2012, 19:58

dulu sy jg pemalu berat, kalau ditanya cm inggih,mboten,geleng2,manthuk2...
kalau pengalaman pribadi sering tanya2 sama orang yg gak di kenal mas.
contoh pergi ke kota lain / tempat piknik / dll yg belum pernah kita jumpai. disini akan timbul keterpaksaan untuk bertanya ke orang lain yg sudah / belum kita kenal. dari kterpaksaan ini lama2 akan timbul perasaan yg terbiasa (timbul percaya diri untuk berbicara kpd orang yg baru di kenal).
kalau sudah PD, kita akan nyaman bercengkrama dngan orang lain. smua memang ada tahapan tdk bisa instan sperti Mie Sedap Goreng... hehehehheeeee Very Happy Very Happy Very Happy Laughing Laughing Laughing

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  gugi on Fri 06 Apr 2012, 23:15

ada pepatah, malu bertanya sesat dijln.. besar ke-malu-an, susah berjalan... hihihi.. Razz

gugi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 523
Join date : 09.02.10
Lokasi : Serang-Bandung 0878 21211 432

http://gie_472@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pemalu....

Post  Sponsored content Today at 09:09


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik