AYAM DIUMBAR BEBAS

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  opik_98 on Tue 12 Jan 2010, 21:50

saya punya ayam yang dari kecil diumbar sampe sekarang umur 5 bln ayam jadi gesit susah di tangkap klo di box
maunya ngamuk trus ga bs jinak yang saya mo tanyakan bagimana cara menjinakan ayam yg diumbar bebas,kmudian ayam yg diumbar bebas biasanya pahanya jadi kecil bagiamana menurut tanggapan rekan2

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Hendro on Wed 13 Jan 2010, 07:18

Menjinakkan ayam liar/kesit harus sering2 dimandikan dan dipegang/dielus2...bisa juga dengan digebrak dengan sesama ayam muda/babon sampai bonyok dan kecapaian kemudia dimandikan dan dijemur...diusahakan ditaruh kandang/kurungan yang pintunya diatas jadi kalo kita mau ambil ayam dari atas bukan dari bawah / samping....biasanya dengan perlakuan berulang demikian ayam dalam 2 minggu sudah jinak
Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  nurkhotim on Wed 13 Jan 2010, 12:03

opik_98 wrote:saya punya ayam yang dari kecil diumbar sampe sekarang umur 5 bln ayam jadi gesit susah di tangkap klo di box
maunya ngamuk trus ga bs jinak yang saya mo tanyakan bagimana cara menjinakan ayam yg diumbar bebas,kmudian ayam yg diumbar bebas biasanya pahanya jadi kecil bagiamana menurut tanggapan rekan2

Paha kecil bukan karena diumbar atuh kang,... memang darisononya.... kecil kalee..
Yang berbeda sebenarnya bukan besar/ kecil,.. tetapi liat / berotot kuat,... daripada yang dibox.

salam

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Jhon Gultom on Wed 13 Jan 2010, 15:21

ayam yang sebagian besarnya di umbar akan mempunyai otot yang lebih baik dari pada di box pak, kalo liarnya sih tinggal sering2 di pegang juga lama nurut,...

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  ipul on Wed 13 Jan 2010, 16:14

wah mas kalo di tempat saya di umbar pagi bisa ngga ada sorenya,..
dulu ayam saya di umbar pada ilang dan para tetangga pada bawa babon kampung buat di kawinin ^^ katanya biar gede2,.. kaga di kasih para tetangga wkwkwk akhirnya ngga meliara ayam lagi,..taro di kampung semua,..cuma kalo mau berangkat sama pulang kerja jadi bengong.
nah sekarang bawa lagi ayam, cuma sekarang saya pager tuh halaman biar kaga ada yang masuk,...kandang selalu kondisi di gembok ntar banyak yang bawa babon lagi wkwkw,.. baru dateng ajah dah pada menta di kawinin bisa2 kedodoran ayam gue wkwwk..

lol! lol!

ayam bankok jarang yang ngga nurut walaupun di umbar,.. kalo di ker2 sama yang punya pasti dateng. jangan2 jarang ngasih makan sama megang ya mas,..

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  cobain on Wed 13 Jan 2010, 18:43

kalo menurut saya ayam diumabr akan lebih bagus, karena otot akan selalu terus bergerak, makanan akan lebih variatif sehingga gizi lebih tercukupi dan daya tahan tubuh lebih kuat, proporsional baik tubuh maupun mentalnya,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  PRINCE LANDO on Wed 13 Jan 2010, 20:02

cobain wrote:kalo menurut saya ayam diumabr akan lebih bagus, karena otot akan selalu terus bergerak, makanan akan lebih variatif sehingga gizi lebih tercukupi dan daya tahan tubuh lebih kuat, proporsional baik tubuh maupun mentalnya,,,,
setuju mas Smile

PRINCE LANDO
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 14.12.09
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  opik_98 on Thu 14 Jan 2010, 06:11

Hendro wrote:Menjinakkan ayam liar/kesit harus sering2 dimandikan dan dipegang/dielus2...bisa juga dengan digebrak dengan sesama ayam muda/babon sampai bonyok dan kecapaian kemudia dimandikan dan dijemur...diusahakan ditaruh kandang/kurungan yang pintunya diatas jadi kalo kita mau ambil ayam dari atas bukan dari bawah / samping....biasanya dengan perlakuan berulang demikian ayam dalam 2 minggu sudah jinak
Salam
makasih mas

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  sandri on Thu 21 Jan 2010, 18:41

seperti kata mas hendro..sering2 dimandikan aja..
kalo diumbar bebas ya baik jg buat ototnya..tp lebih baik di box lah biar gak dicuri org atau kabur..hahahaha

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  cobain on Thu 21 Jan 2010, 20:13

Razz Surprised Sad Smile Very Happy

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  D@ffa on Fri 22 Jan 2010, 05:56

semua ayam lancuran saya diumbar bebas dikebun kopi, kebetulan kandang saya ditengah-tengah kebun kopi, masuk umur 7 bulan dan dah ketahuan mainnya baru saya bawa ke rumah buat dirawat dan dilatih, klu liar biasanya saya buat lapar biar mau makan ditangan sambil dielus elus, rutin dimandikan dan begitu digebrak sdh jinak.....klu sering dipegang dan dirawat bakalan jinak. salam.

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Hendro on Fri 22 Jan 2010, 06:17

D@ffa wrote:semua ayam lancuran saya diumbar bebas dikebun kopi, kebetulan kandang saya ditengah-tengah kebun kopi, masuk umur 7 bulan dan dah ketahuan mainnya baru saya bawa ke rumah buat dirawat dan dilatih, klu liar biasanya saya buat lapar biar mau makan ditangan sambil dielus elus, rutin dimandikan dan begitu digebrak sdh jinak.....klu sering dipegang dan dirawat bakalan jinak. salam.

Wah asyik betul kandang ayam mas Dodit ditengah kebun kopi....pasti mental ayamnya juga bagus2 karena latihannya lawan musang yang suka makan biji kopi...he...he...he...
Dulu waktu masih tinggal di Batam, beberapa teman sering membeli ayam dari pulau Moro ( Tanjung Balai Karimun ) dan ayam disana ternyata diumbar bebas dikebun jeruk sampai dewasa dan jalu panjang, sehingga untuk menangkapnya harus malam hari karena sangat liar....tetapi setelah ayam dirawat dan diadu rata2 ayam ternakan bebas tersebut mempunyai kecepatan dan stamina yang unggul dibanding ayam rawatan rumahan....dan lebih banyak menang diarena ( mungkin juga karena dasar ayamnya sudah bagus )....
Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  D@ffa on Fri 22 Jan 2010, 08:02

betul sekali pak hendro....rata2 kecepatan ayam jadi bagus.....tapi musuh utamanya bukan musang pak...melainkan macan akar/pohon....secara alami insting kewaspadaan ayam jg bagus....termasuk si holland jg saya umbar bebas di kebun pak...kemaren saya bawa pulang dan diprak...hasilnya luar biasa....pukulannya keras dan cepat ditambah mentalnya yg sdh mantap....diprak gak nyampe 5 menit untulan ukuran 8 dan sdh pernah ngurak sempoyongan.

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Hendro on Mon 25 Jan 2010, 06:22

D@ffa wrote:betul sekali pak hendro....rata2 kecepatan ayam jadi bagus.....tapi musuh utamanya bukan musang pak...melainkan macan akar/pohon....secara alami insting kewaspadaan ayam jg bagus....termasuk si holland jg saya umbar bebas di kebun pak...kemaren saya bawa pulang dan diprak...hasilnya luar biasa....pukulannya keras dan cepat ditambah mentalnya yg sdh mantap....diprak gak nyampe 5 menit untulan ukuran 8 dan sdh pernah ngurak sempoyongan.

Berita yang menggembirakan.......tetapi sekaligus memilukan karena semalam m Dodit ( D@ffa ) mengabarkan bahwa si holland tiba2 kejang2 dan tewas padahal dalam kondisi yang sehat... saya menduga mungkin salah makan sesuatu yang mengandung racun atau digigit ular/binatang yang berbisa...karena jika terkena virus maka pasti ada prosesnya dan paling cepat tewas dalam 24 jam setelah terdeteksi sakit.....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  cobain on Mon 25 Jan 2010, 19:41

silent pale cyclops Neutral Embarassed

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  nurkhotim on Tue 26 Jan 2010, 15:00

Hendro wrote:
D@ffa wrote:betul sekali pak hendro....rata2 kecepatan ayam jadi bagus.....tapi musuh utamanya bukan musang pak...melainkan macan akar/pohon....secara alami insting kewaspadaan ayam jg bagus....termasuk si holland jg saya umbar bebas di kebun pak...kemaren saya bawa pulang dan diprak...hasilnya luar biasa....pukulannya keras dan cepat ditambah mentalnya yg sdh mantap....diprak gak nyampe 5 menit untulan ukuran 8 dan sdh pernah ngurak sempoyongan.

Berita yang menggembirakan.......tetapi sekaligus memilukan karena semalam m Dodit ( D@ffa ) mengabarkan bahwa si holland tiba2 kejang2 dan tewas padahal dalam kondisi yang sehat... saya menduga mungkin salah makan sesuatu yang mengandung racun atau digigit ular/binatang yang berbisa...karena jika terkena virus maka pasti ada prosesnya dan paling cepat tewas dalam 24 jam setelah terdeteksi sakit.....

Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun..... beli lagi....beli lagi...... jangan diumbar lagi.... di model sistem semi intensif saja biar aman rabbit

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  ronggo on Thu 02 Dec 2010, 15:23

kami turut berduka cita

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 119
Join date : 01.12.10
Age : 21
Lokasi : komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  jaghana on Thu 02 Dec 2010, 15:27

Jhon Gultom wrote:ayam yang sebagian besarnya di umbar akan mempunyai otot yang lebih baik dari pada di box pak, kalo liarnya sih tinggal sering2 di pegang juga lama nurut,...
kkkk....tangkep aja tuh si 'setan' john...klo kena bawa pulang gih... Razz Razz Razz Razz
pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Dimas on Fri 03 Dec 2010, 18:56

dimandiin aja pasti lama" jinak

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 151
Join date : 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  ronggo on Sun 19 Dec 2010, 13:42

klo di umbar terus lama2 liar ayam nya

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 119
Join date : 01.12.10
Age : 21
Lokasi : komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  ronggo on Sun 19 Dec 2010, 13:44

klo ayam nya dah ke tangkep kalungin piso aja kang
Very Happy Very Happy Very Happy

ronggo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 119
Join date : 01.12.10
Age : 21
Lokasi : komplek TNI AU asrama AURI jl.cesna no 20 rembiga mataram NTB

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  H. Rambo on Thu 12 Jan 2012, 23:12

todongin pistol mas, sambil bilang jangan bergerak.. nanti ayamnya pasti angkat kepak, soalnya ga punya tangan.. Rolling Eyes

H. Rambo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 91
Join date : 07.01.12
Age : 31
Lokasi : bangko - jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  YFMA on Fri 13 Jan 2012, 10:04

Sering2 di pegang mas
Very Happy

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  zhoenia on Tue 17 Jan 2012, 10:38

ronggo wrote:klo di umbar terus lama2 liar ayam nya

ane sependapat bang... hehehe...

zhoenia
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 369
Join date : 11.01.12
Age : 31
Lokasi : Yogyakarta

http://yuniasariwibowo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  LQ on Wed 18 Jan 2012, 19:45

ronggo wrote:klo di umbar terus lama2 liar ayam nya
apalagi sering dbentak2 ama tetangga gara2 jatah pakan ayam tetangga ikut disantap..

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM DIUMBAR BEBAS

Post  Sponsored content Today at 19:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik