AYAM MALES JALAN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

AYAM MALES JALAN

Post  iwan supriyanto on Mon 02 Apr 2012, 13:52

saya punya ayam umur 3 bulan
tetapi sukanya jongkok terus . seperti males untuk berjalan.

kira2 apa penyebabnya dan bagai mana cara perawatanya ,
mohon saran dari senior papaji
Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  cay on Mon 02 Apr 2012, 14:07

mohon maap kalo junior ikutan coment,
menurut saya biasanya itu terjadi kalo ayam terlalu lama di box dan gak pernah diumbar
kalo emang betul begitu , solusinya ya diumbar aja secara bertahap,
biasanya dalam waktu yang tidak terlalu lama akan sembuh,
cuman kalo bisa dihindari bertarung dgn ayam laen
bisa juga ditambahkan pemberian vitamin, kalk, ataupun suplemen yang banyak dijual di poultrishop
monggoh yang laen menanggapi , saya ijin nyimaK study

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  iwan supriyanto on Mon 02 Apr 2012, 14:20

cay wrote:mohon maap kalo junior ikutan coment,
menurut saya biasanya itu terjadi kalo ayam terlalu lama di box dan gak pernah diumbar
kalo emang betul begitu , solusinya ya diumbar aja secara bertahap,
biasanya dalam waktu yang tidak terlalu lama akan sembuh,
cuman kalo bisa dihindari bertarung dgn ayam laen
bisa juga ditambahkan pemberian vitamin, kalk, ataupun suplemen yang banyak dijual di poultrishop
monggoh yang laen menanggapi , saya ijin nyimaK study

iya mas .
masalahnya ayam sering saya umbar , dan teman satu kamarnya juga normal Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  cay on Mon 02 Apr 2012, 16:07

iwan supriyanto wrote:
iya mas .
masalahnya ayam sering saya umbar , dan teman satu kamarnya juga normal Very Happy

scratch scratch nah lho salah lagi khan diriku Mad Mad Mad
banyak komentar tapi salah mlulu Embarassed Embarassed
diriku pikir kurang diumbar, karena yang kualami seperti itu Embarassed Embarassed Embarassed
kalo dah diumbar mah scratch scratch knapa yach Very Happy Very Happy Very Happy
nyimak ajah deh study
monggo senior menambahkan Very Happy Very Happy

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  oktri on Mon 02 Apr 2012, 18:21

coba dilihat dulu ayamnya mas,,trus dicari tau penyebabnya apa,,
sapa tau ada bekas luka atau bekas memar,,biasanya didaerah tekukan,,lo iya segera di obati,,sementra ayamnya dipisahkan dlu pek sembuh,,

oktri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 53
Join date : 28.03.12
Age : 27
Lokasi : purworejo

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  Wong Im on Tue 03 Apr 2012, 12:27

Apa ada penyakit folio pada ayam ya ? He..he...soalnya paha ayam begini kecil dan otot2nya lemah. Pengalaman saya, 2 ekor ayam yg begini saya umbar. Yg seekor tarung sekitar 2 menit, dan fatal 2 hari kemudian lumpuh. Satunya saya rawat, klo sempet saya pijat2 pahanya dan dikasih 'ostelin' ( multivit n mineral ). Alhamd sekarang normal di usia 4 bln. Monggo...

Wong Im
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 349
Join date : 24.07.11
Lokasi : Karangayam, Im

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  hayam_jagau on Wed 04 Apr 2012, 10:42

sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

hayam_jagau
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 09.03.12
Age : 38
Lokasi : Barabai - Kalimantan Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  iwan supriyanto on Wed 04 Apr 2012, 11:36

hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

oo gitu ya .. mungkin juga bisa dari pengaruh makanan ..

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  hayam_jagau on Wed 04 Apr 2012, 22:29

iwan supriyanto wrote:
hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

oo gitu ya .. mungkin juga bisa dari pengaruh makanan ..
maaf klo boleh tau mas iwan suprianto pakai pakan apa namanya???
Ayam senang duduk dan jalan kayak robot akibat kelamaan ngasih voer ayam broiler ini sdh sering sy lihat...baik pada ayam sy sendiri maupun ayam teman.

hayam_jagau
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 09.03.12
Age : 38
Lokasi : Barabai - Kalimantan Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  iwan supriyanto on Thu 05 Apr 2012, 11:19

hayam_jagau wrote:
iwan supriyanto wrote:
hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

oo gitu ya .. mungkin juga bisa dari pengaruh makanan ..
maaf klo boleh tau mas iwan suprianto pakai pakan apa namanya???
Ayam senang duduk dan jalan kayak robot akibat kelamaan ngasih voer ayam broiler ini sdh sering sy lihat...baik pada ayam sy sendiri maupun ayam teman.

dari kecil pakai voer 511 mas ..

Tapi Sekarang Udah Tak ganti Pakai voer 594 + Beras Merah

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  superbudi85 on Thu 05 Apr 2012, 11:52

faktor makanan adalah salah satu faktor utamax.......solusix cukup ganti jenis pakanx sj n ayamm dibiarkan lepas bebas......
tapi kalau ayam malas jalan disebabkan karena pertumbuhan tulang kaki yg tidak normal....saya rasa akan sulit diobati............

superbudi85
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 165
Join date : 25.03.12
Age : 30
Lokasi : sorowako

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  arisaja on Fri 06 Apr 2012, 18:43

hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

nah..ijin nimbrung mas..!!he...sama tuh kejadiannya sama ayam saya skarang umurnya dah hampir 6 bulan,mngkin kelamaan di box in sendri kali ya mas.. Question Question Question trus pakannya berat-berat lagi..!! pakan buat ayam pedaging mas...dicampur ma dedak babi (yg halus) trus diremas2,kasih basah dkit..tadinya rencananya mw digemukin dulu sampe umur 7 atw 8 bulanan,baru ntar diumbar ma yang cwek2nya...kira2 gmna tuh mas??lagian tuh ayam jlannya kyak robot mas..trus nyalinya cetek lagi he...apa mulai skarang saya umbar dlu tuh ayamnya??kira2 dah mulai berani mulai kapan tuh..??mhon masukannya..monggo...

arisaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.03.12
Age : 33
Lokasi : Manggar-Belitung Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  hayam_jagau on Sun 08 Apr 2012, 15:46

arisaja wrote:
hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

nah..ijin nimbrung mas..!!he...sama tuh kejadiannya sama ayam saya skarang umurnya dah hampir 6 bulan,mngkin kelamaan di box in sendri kali ya mas.. Question Question Question trus pakannya berat-berat lagi..!! pakan buat ayam pedaging mas...dicampur ma dedak babi (yg halus) trus diremas2,kasih basah dkit..tadinya rencananya mw digemukin dulu sampe umur 7 atw 8 bulanan,baru ntar diumbar ma yang cwek2nya...kira2 gmna tuh mas??lagian tuh ayam jlannya kyak robot mas..trus nyalinya cetek lagi he...apa mulai skarang saya umbar dlu tuh ayamnya??kira2 dah mulai berani mulai kapan tuh..??mhon masukannya..monggo...
terus terang saja susah banget mengembalikan kondisinya agar normal. Pengalaman sy sampai 3 bulan kedepan setelah ganti pakan masih aja terlihat belum benar2 normal.
Tp dicoba umbar bebas dan pakan ganti total..klo perlu ga usah pake campuran voer broiler / voer babi.
Masalah nyalinya yg cetek itu besar kemungkinan berhubungan dgn kondisi kakinya yg seperti itu.

hayam_jagau
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 09.03.12
Age : 38
Lokasi : Barabai - Kalimantan Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  iwan supriyanto on Tue 10 Apr 2012, 12:17

kemarin liburan iseng2 belanja di toko pakan dan obat2 buat ungas , kemudian curhat sama penjaga tokonya mengenai kondisi ayam saya yang males jalan . disarankan untuk menggunakan obat turun urat . kemudian saya beli obat tersebut dan langsung dirumahnya saya berikan ke ayam saya tersebut . 2 hari pemakaian obat turun urat ayam begitu saya lepas dari kandang langsung lari - larian . mungkin obat itu bekerta dengan baik , karena sebelumya ayam begitu saya lepas dari kandang hanya jalan sebentar kemudian langsung duduk saja . mungkin info ini bisa membantu rekan2 sekalian yang mempunyai maslah seperti saya . Salam Papajiers ... Very Happy Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  hamas on Tue 10 Apr 2012, 12:22


Very Happy [/quote]

kena pukul kalee.. jangan di abar dulu sampai 6 bulan deh
sabar please... Smile Smile

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  arisaja on Tue 10 Apr 2012, 13:17

hayam_jagau wrote:
arisaja wrote:
hayam_jagau wrote:sering duduk, malas jalan..coba mas perhatikan waktu dia jalan pasti cara jalannya kayak robot...ga luwes kayak ayam normal.
Pengalaman sy sh itu karena kelamaan kasih voer ayam broiler (misalnya 511, BR 1, dan sejenisnya).
Idealnya maksimal sampai umur 2 bulan saja..setelah itu harus dicampur bahan pakan lain.
Kenapa temannya yg lain normal? Jawabannya otot ayam itu beda2 mas...

nah..ijin nimbrung mas..!!he...sama tuh kejadiannya sama ayam saya skarang umurnya dah hampir 6 bulan,mngkin kelamaan di box in sendri kali ya mas.. Question Question Question trus pakannya berat-berat lagi..!! pakan buat ayam pedaging mas...dicampur ma dedak babi (yg halus) trus diremas2,kasih basah dkit..tadinya rencananya mw digemukin dulu sampe umur 7 atw 8 bulanan,baru ntar diumbar ma yang cwek2nya...kira2 gmna tuh mas??lagian tuh ayam jlannya kyak robot mas..trus nyalinya cetek lagi he...apa mulai skarang saya umbar dlu tuh ayamnya??kira2 dah mulai berani mulai kapan tuh..??mhon masukannya..monggo...
terus terang saja susah banget mengembalikan kondisinya agar normal. Pengalaman sy sampai 3 bulan kedepan setelah ganti pakan masih aja terlihat belum benar2 normal.
Tp dicoba umbar bebas dan pakan ganti total..klo perlu ga usah pake campuran voer broiler / voer babi.
Masalah nyalinya yg cetek itu besar kemungkinan berhubungan dgn kondisi kakinya yg seperti itu.

pake jagung aja bisa mas..??? Question

arisaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.03.12
Age : 33
Lokasi : Manggar-Belitung Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  Ricci on Tue 10 Apr 2012, 16:07

iwan supriyanto wrote:kemarin liburan iseng2 belanja di toko pakan dan obat2 buat ungas , kemudian curhat sama penjaga tokonya mengenai kondisi ayam saya yang males jalan . disarankan untuk menggunakan obat turun urat . kemudian saya beli obat tersebut dan langsung dirumahnya saya berikan ke ayam saya tersebut . 2 hari pemakaian obat turun urat ayam begitu saya lepas dari kandang langsung lari - larian . mungkin obat itu bekerta dengan baik , karena sebelumya ayam begitu saya lepas dari kandang hanya jalan sebentar kemudian langsung duduk saja . mungkin info ini bisa membantu rekan2 sekalian yang mempunyai maslah seperti saya . Salam Papajiers ... Very Happy Very Happy

mmmaaannttaapppppppp.....

Ricci
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 31.07.11
Age : 30
Lokasi : Serang - Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: AYAM MALES JALAN

Post  Sponsored content Today at 16:59


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik