KAKI ANAK AYAM

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KAKI ANAK AYAM

Post  opik_98 on Thu 14 Jan 2010, 06:08

Mas gmana caranya agar pitik yang br netas jari kakinya ga bengkok karena awalnya tidak bengkok setelah dipindah kekandng jadi pada bengkok atau karena alasnya mohon pencerahanya

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  ilham4you on Thu 14 Jan 2010, 15:42

Coba aja landasan/alas bawahnya rata jangan pakai bambu biar kaki anak ayam nyaman dan tidak kejepit.menurut saya itu aja simple gak tau menurut mas2 dan bapak2 yang lain mohon tambahannya

ilham4you
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 15.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  arif on Thu 14 Jan 2010, 18:05

opik_98 wrote:Mas gmana caranya agar pitik yang br netas jari kakinya ga bengkok karena awalnya tidak bengkok setelah dipindah kekandng jadi pada bengkok atau karena alasnya mohon pencerahanya

Mas Opik adakah silsilah keturunannya yang berkaki bengkok? tdak harus bapak-ibu atau kakek nenek langsung.. kaki bengkok ini bisa karena kebiasaan ayam bisa juga disebabkan karena kekurangan nutrisi khusunya vit D dan mineral pembentuk tulang.

untuk menghindari ini sebenarnya mudah cukupilah vit D (kena sinar matahari pagi) dan mineral pembentuk tulang yang memadai serta gunakan alas yang rata/datar. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  cobain on Thu 14 Jan 2010, 19:42

opik_98 wrote:Mas gmana caranya agar pitik yang br netas jari kakinya ga bengkok karena awalnya tidak bengkok setelah dipindah kekandng jadi pada bengkok atau karena alasnya mohon pencerahanya

setahu saya anakan ayam boleh diturunkan dari petarangan induk minimal umur 2hari setelah menetas supaya tulangannya bener2 sempurna dulu,,,,,,,,,,,,itu biasanya bisa mengurangi jari kaki bengkok,,,,,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Administrator on Thu 14 Jan 2010, 21:35

Kebanyakan jari kaki yg bengkok disebabkan krn alas kandang yg licin.

Alas kandang yg baik menurut saya adlh kawat ram 1X1 cm. Selain tidak licin, kotoran langsung jatuh kebawah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

kaki bengkok

Post  nurkhotim on Fri 15 Jan 2010, 11:37

Kalo aku setuju dengan pendapat mas Arif,.. ada 2 hal, yang paling menentukan adalah Gen.
Untuk alas kandang,.. memang ada pengaruhnya, tapi sangat kecil.
Saya kurang setuju dengan pendapat mas Anang dan mas Ary,..
Pertimbangannya :
1. Secara alami, anak ayam di alam bebas sudah langsung berjalan / lari di sekitar induknya... dan tidak ada masalah dengan kakinya (coba amati ayam kampung...)
2. Untuk alas ram kawat 1 x 1 cm, ini juga kurang baik,... (karena saya sudah mencobanya dulu, dan tidak saya pakai lagi cara ini selamanya...!!!).
Betul memang kotoran langsung turun ke bawah... tapi kejelekannya adalah :
a. Karena terbuat dari kawat (logam),. kaki anak ayam yang notabene belum kuat, sering terkelupas terkena kawat ini.. (ya pasti menang logam lah dibanding kulit ayam)
b. Tumpahan air yang menempel di kawat bisa menyebabkan karat, yang tentu saja kurang baik bagi kaki anak ayam.
c. Untuk anak ayam umur DOC (Daily) kurang bagus, karena lebar kaki ayam bisa jadi lebih kecil dari ukuran ram kawat.

Sharing saja,.. aku biasanya pakai alas karung goni,... dengan pertimbangan : selain menyerap air (tetap kering) juga agak kasar, untuk latihan kaki anak ayam.
Dan dari pengalaman, kaki bengkok (ciker),.. itu sudah dari netas ada,... setelah beberapa minggu juga bisa.... bukan karena alasnya kok... buktinya saudara yang lain satu kandang juga nggak apa-apa... lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Administrator on Fri 15 Jan 2010, 12:39

nurkhotim wrote:Kalo aku setuju dengan pendapat mas Arif,.. ada 2 hal, yang paling menentukan adalah Gen.
Untuk alas kandang,.. memang ada pengaruhnya, tapi sangat kecil.
1. Secara alami, anak ayam di alam bebas sudah langsung berjalan / lari di sekitar induknya... dan tidak ada masalah dengan kakinya (coba amati ayam kampung...)

Alas kandang pengaruhnya besar mas... Silakan taruh DOC beralaskan kardus atau koran atau apa saja yg licin. Dalam 3 hari dijamin jari bengkok semua, dan kaki jadi pengkor (bentuk X).

Utk anak ayam yg lahir alami (ayam kampung), tentu jarinya tidak bengkok krn alas tempat ia berlari2 adlh tanah yg tdk licin.

nurkhotim wrote:Saya kurang setuju dengan pendapat mas Anang dan mas Ary,..
Pertimbangannya :
1. Secara alami, anak ayam di alam bebas sudah langsung berjalan / lari di sekitar induknya... dan tidak ada masalah dengan kakinya (coba amati ayam kampung...)
2. Untuk alas ram kawat 1 x 1 cm, ini juga kurang baik,... (karena saya sudah mencobanya dulu, dan tidak saya pakai lagi cara ini selamanya...!!!).
Betul memang kotoran langsung turun ke bawah... tapi kejelekannya adalah :
a. Karena terbuat dari kawat (logam),. kaki anak ayam yang notabene belum kuat, sering terkelupas terkena kawat ini.. (ya pasti menang logam lah dibanding kulit ayam)
b. Tumpahan air yang menempel di kawat bisa menyebabkan karat, yang tentu saja kurang baik bagi kaki anak ayam.
c. Untuk anak ayam umur DOC (Daily) kurang bagus, karena lebar kaki ayam bisa jadi lebih kecil dari ukuran ram kawat.

Pengalaman saya justru terbalik dgn mas Nur. Sudah hampir 20thn saya menaruh DOC dgn alas kawat Ram 1X1. Hasilnya bagus2 aja tuh.
Mungkin mas nur pakai kawat yg tipis, mudah putus dan mudah berkarat. Pakai yg mahalan dikit lah mas...
Razz Razz

nurkhotim wrote: Sharing saja,.. aku biasanya pakai alas karung goni,... dengan pertimbangan : selain menyerap air (tetap kering) juga agak kasar, untuk latihan kaki anak ayam.
Dan dari pengalaman, kaki bengkok (ciker),.. itu sudah dari netas ada,... setelah beberapa minggu juga bisa.... bukan karena alasnya kok... buktinya saudara yang lain satu kandang juga nggak apa-apa...

Karung goni sebenarnya bagus. Tapi harus rajin dibersihkan. Kalau kotoran sudah menumpuk, alas basah dan sering terinjak2, maka karung jadi licin. Akhirnya dalam beberapa minggu, anak ayam jadi ciker juga.
Ini yg terjadi pada anak ayam mas Nur.
Ayam yg lahir normal (dierami induk) rata2 tidak ada yg ciker. Kecuali dierami oleh mesin penetas listrik.
Jadi yg menyebabkan ciker, berani sy katakan, 90% adlh krn alas kandang yg licin.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  nurkhotim on Fri 15 Jan 2010, 12:52

Administrator wrote:
nurkhotim wrote:Kalo aku setuju dengan pendapat mas Arif,.. ada 2 hal, yang paling menentukan adalah Gen.
Untuk alas kandang,.. memang ada pengaruhnya, tapi sangat kecil.
1. Secara alami, anak ayam di alam bebas sudah langsung berjalan / lari di sekitar induknya... dan tidak ada masalah dengan kakinya (coba amati ayam kampung...)

Alas kandang pengaruhnya besar mas... Silakan taruh DOC beralaskan kardus atau koran atau apa saja yg licin. Dalam 3 hari dijamin jari bengkok semua, dan kaki jadi pengkor (bentuk X).

Utk anak ayam yg lahir alami (ayam kampung), tentu jarinya tidak bengkok krn alas tempat ia berlari2 adlh tanah yg tdk licin.

nurkhotim wrote:Saya kurang setuju dengan pendapat mas Anang dan mas Ary,..
Pertimbangannya :
1. Secara alami, anak ayam di alam bebas sudah langsung berjalan / lari di sekitar induknya... dan tidak ada masalah dengan kakinya (coba amati ayam kampung...)
2. Untuk alas ram kawat 1 x 1 cm, ini juga kurang baik,... (karena saya sudah mencobanya dulu, dan tidak saya pakai lagi cara ini selamanya...!!!).
Betul memang kotoran langsung turun ke bawah... tapi kejelekannya adalah :
a. Karena terbuat dari kawat (logam),. kaki anak ayam yang notabene belum kuat, sering terkelupas terkena kawat ini.. (ya pasti menang logam lah dibanding kulit ayam)
b. Tumpahan air yang menempel di kawat bisa menyebabkan karat, yang tentu saja kurang baik bagi kaki anak ayam.
c. Untuk anak ayam umur DOC (Daily) kurang bagus, karena lebar kaki ayam bisa jadi lebih kecil dari ukuran ram kawat.

Pengalaman saya justru terbalik dgn mas Nur. Sudah hampir 20thn saya menaruh DOC dgn alas kawat Ram 1X1. Hasilnya bagus2 aja tuh.
Mungkin mas nur pakai kawat yg tipis, mudah putus dan mudah berkarat. Pakai yg mahalan dikit lah mas...
Razz Razz

nurkhotim wrote: Sharing saja,.. aku biasanya pakai alas karung goni,... dengan pertimbangan : selain menyerap air (tetap kering) juga agak kasar, untuk latihan kaki anak ayam.
Dan dari pengalaman, kaki bengkok (ciker),.. itu sudah dari netas ada,... setelah beberapa minggu juga bisa.... bukan karena alasnya kok... buktinya saudara yang lain satu kandang juga nggak apa-apa...

Karung goni sebenarnya bagus. Tapi harus rajin dibersihkan. Kalau kotoran sudah menumpuk, alas basah dan sering terinjak2, maka karung jadi licin. Akhirnya dalam beberapa minggu, anak ayam jadi ciker juga.
Ini yg terjadi pada anak ayam mas Nur.
Ayam yg lahir normal (dierami induk) rata2 tidak ada yg ciker. Kecuali dierami oleh mesin penetas listrik.
Jadi yg menyebabkan ciker, berani sy katakan, 90% adlh krn alas kandang yg licin.

He..he.he... LAIN LADANG LAIN BELALANG,.. LAIN LUBUK LAIN IKANNYA,..LAIN AYAM LAIN ANAKNYA, LAIN KANDANG LAIN CIKERNYA....... lol! lol! lol!

Ya sudahlah... karena mas Ary juga 'keukeuh',.. karena hasilnya juga bagus,..
Silahkan mas Opik pilih... atau pakai dua-duanya... sekalian bikin percobaan gitu loch mas... biar tahu sendiri,...pengalaman khan belajar juga... (mahalan memang he.he.he)

Kita khan sekedar sharing dari pengalaman masing-masing... dengan cara yang hasilnya berbeda...

Pizzz lol! lol! lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  mas anto klaten on Sun 17 Jan 2010, 09:25

kalau saya pakai alas kertas semen bekas tempat pakan ayam, jadi sudah bersih dari semen. kaki ayam tidak masalah dan bagus. tapi setelah satu bulan diganti yang baru. karena banyak kotoran ayamnya. dan umur segitu ayam baru dipindah ke kandang alas bambu. hasilnya bagus-bagus tidak tiker. kalau pakai alas koran harus diremas-remas dulu korannya agar tidak licin. sehingga tidak berpengaruh ke kaki ayam. semua alas harus rata agar kaki tidak X atau tiker. kalau pengaruh gen dari lahir atau 1-3 hari setelah diambil kaki sudah tiker. nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Andreaz on Sun 17 Jan 2010, 16:41

Cuma ngasih alternatif lain,saya biasanya pake alas jerami atau kulit padi dg ketebalan kira2 5 cm,jd ayam jg merasakan hangat dari jerami,trus kotorannya jg mudah kering,sehingga kandang tdk lembab dan tdk terlalu berbau.mohon maap bila ada yg salah.

Andreaz
kopral
kopral

Jumlah posting : 43
Join date : 06.12.09
Age : 33
Lokasi : Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  arif on Sun 17 Jan 2010, 16:46

Andreaz wrote:Cuma ngasih alternatif lain,saya biasanya pake alas jerami atau kulit padi dg ketebalan kira2 5 cm,jd ayam jg merasakan hangat dari jerami,trus kotorannya jg mudah kering,sehingga kandang tdk lembab dan tdk terlalu berbau.mohon maap bila ada yg salah.

Bisa juga mas .. (cara ini disebut sistem litter).. boleh juga untuk dicoba.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  cobain on Sun 17 Jan 2010, 19:26

Andreaz wrote:Cuma ngasih alternatif lain,saya biasanya pake alas jerami atau kulit padi dg ketebalan kira2 5 cm,jd ayam jg merasakan hangat dari jerami,trus kotorannya jg mudah kering,sehingga kandang tdk lembab dan tdk terlalu berbau.mohon maap bila ada yg salah.


atau bisa juga dikasih sisa gergajian kayu yg sudah serbuk lembut22,,,,,,,,,,,,,sama aja gunanya mas

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  redevil on Mon 18 Jan 2010, 00:40

Untuk anak ayam yg br netas,alasnya yg paling bgs menurut sy adalah kawat ram 0,5 x 0,5cm.
Karena jika kawat ram yg 1x1 kadang2 kaki anak ayam suka masuk dan nyangkut dikawat ram,ada resikonya jg
Kalau alas licin atau kotor jgn,kan kasihan ank ayamnya(kutuan)
Kalau jari cengkrong(kayak clurit)itu karena alasnya papan
Pokoknya bgs pake kawat ram githu lo
Sekian dan terima kasih

redevil
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 17.06.09
Lokasi : riau

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  ferry bun on Mon 18 Jan 2010, 09:15

kulit padi juga bisa dibuat alas untuk anak ayam dengan ketebalan 3 s/d 4 cm sekali 1 bulan ganti .

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  mas anto klaten on Mon 18 Jan 2010, 10:37

alas dari pasir halus kering juga bagus tebal 2-3cm. kotoran bisa langsung kering dan ayam bisa bermain dengan mengais-ngais pasir serta kipu mandi pasir. untuk air minum dan pakan dibuatkan tempat agar tidak kemana-mana. nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

alas yang terbaik, biar ga bengkok ?????

Post  flury_B_goat on Fri 22 Jan 2010, 22:46

saya ada permasalahan anak ayam suka sekali makan alas kandang yang terbuat dari koran dan kardus. Mad pengaruhnya terhadap anak ayam apa??
saya mo beralih ke kawat ato ke goni yang paling bagus mana Question Question (biar kaki ngga bengkok dan kuat)
dalam perawatan ayam di kandang sebaiknya sampai ayam umur berapa Question
maaf banyak bertanya maklum newbie Very Happy

flury_B_goat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 63
Join date : 09.01.10
Lokasi : sEntOlO_wEst X-prOgO_DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Hendro on Sat 23 Jan 2010, 00:30

flury_B_goat wrote:saya ada permasalahan anak ayam suka sekali makan alas kandang yang terbuat dari koran dan kardus. pengaruhnya terhadap anak ayam apa??
saya mo beralih ke kawat ato ke goni yang paling bagus mana (biar kaki ngga bengkok dan kuat)
dalam perawatan ayam di kandang sebaiknya sampai ayam umur berapa
maaf banyak bertanya maklum newbie

Makan alas koran/kardus berarti ayamnya masih lapar mas jadi ransum harus ditambah lagi....he...he..he... tapi memang naluri ayam itu senang matukin kertas/tripleks mungkin untuk "ngasin" kalo istilah burung perkutut
Sebaiknya pakai kawat yang tebal dan berwarna hijau jadi tidak tajam dan melukai kaki anak ayam...dirawat dikandang sampai umur maksimal 3 bulan setelah itu harus dipindah dikandang umbaran yang lebih luas dan beralas pasir/sekam/tanah.....
Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Administrator on Sat 23 Jan 2010, 09:52

flury_B_goat wrote:saya mo beralih ke kawat ato ke goni yang paling bagus mana Question

Pakai karung goni, nanti malah benang karung dimakanin. Nyangkut di tembolok (ngga turun), bisa jadi masalah serius.

Sy setuju mas Hendro. Pakai kawat ram yg tebal saja.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  chochoholic on Fri 12 Jul 2013, 01:09

Administrator wrote:
flury_B_goat wrote:saya mo beralih ke kawat ato ke goni yang paling bagus mana Question

Pakai karung goni, nanti malah benang karung dimakanin. Nyangkut di tembolok (ngga turun), bisa jadi masalah serius.

Sy setuju mas Hendro. Pakai kawat ram yg tebal saja.

klo atasi ciker sendiri gmn? doc masih umur 5 hari, ciker mulai umur 3 hari?

chochoholic
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 215
Join date : 07.01.13
Age : 28
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: KAKI ANAK AYAM

Post  Sponsored content Today at 14:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik