Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Black Cemani on Thu 26 Apr 2012, 20:54

saya sekarang sedang bingung 2 hari ini,
gara2 membeli dedak ( hu'ut) dari tempat BX2 yg udah kadaluarsa, akhirya entog saya jadi tidak mau makan.( sampai ada yng mati 1)
hal sama juga terjadi pada ayam paman saya tidak mau makan banyak.
setelah saya selidiki teryata penyebaby ada di dedak ( hu'ut), yg mana di toko BX2 memang jelex
itu terlihat dr aroma baunya yang sudah berbau tengik.
berbeda dengan dedak ( hu''ut) yg saya beli dari tempat HS7 aromay tidak berbau apa2.
dah heranya baik entog maupaun ayam, 22 makanya lahap semua.

barangkali ada yng bisa mebedkan seperti pengalaman saya mengenai kualitas hu'ut tersebut.
hu'ut bagus adalah hu'ut yang tidak berbau dan butiranya halus serta butiran berasy jg banyak.
dibandingkan dengan hu'ut jelex, baunya tengik, meskipun butiran halus. tp tetap saja ayma paman saya dan etog saya tidak mau makan banyak.

barangklai ada yang mau ber komeng dengan pengalaman saya ...???


Black Cemani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 85
Join date : 11.01.12
Age : 97
Lokasi : Di Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Kuncoro on Thu 26 Apr 2012, 21:50

Ada jg dedak dari jerami yg di giling halus mas. Sy sendiri bingung cari dedak yg kualitas bagus. Menurut pengamatan saya (mohon maaf kalo salah), dedak dari jerami yang di haluskan warnanya agak kemerah-merahan, sedangkan dedak dari gilingan gabah warnanya kuning dan aromanya segar serta bnyk butiran beras kecil2. CMIIW

Kuncoro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 126
Join date : 16.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Andi Babe on Thu 26 Apr 2012, 22:15

Kuncoro wrote:Ada jg dedak dari jerami yg di giling halus mas. Sy sendiri bingung cari dedak yg kualitas bagus. Menurut pengamatan saya (mohon maaf kalo salah), dedak dari jerami yang di haluskan warnanya agak kemerah-merahan, sedangkan dedak dari gilingan gabah warnanya kuning dan aromanya segar serta bnyk butiran beras kecil2. CMIIW
Kalau saya dedak aromanya terasa wangi,beraroma ketan,dan masih banyak menirnya
Kalau di seduh air hangat akan kelihatan bagus dan jelek dedak tadi,mengumpal seperti tepung
wangi berasnya kuat sekali.......coba aja. Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  TotoAryo on Thu 26 Apr 2012, 23:04

Andi Babe wrote:
Kuncoro wrote:Ada jg dedak dari jerami yg di giling halus mas. Sy sendiri bingung cari dedak yg kualitas bagus. Menurut pengamatan saya (mohon maaf kalo salah), dedak dari jerami yang di haluskan warnanya agak kemerah-merahan, sedangkan dedak dari gilingan gabah warnanya kuning dan aromanya segar serta bnyk butiran beras kecil2. CMIIW
Kalau saya dedak aromanya terasa wangi,beraroma ketan,dan masih banyak menirnya
Kalau di seduh air hangat akan kelihatan bagus dan jelek dedak tadi,mengumpal seperti tepung
wangi berasnya kuat sekali.......coba aja. Smile Smile
betul Very Happy

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1245
Join date : 30.01.12
Age : 34
Lokasi : Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  galih silent hero on Fri 27 Apr 2012, 08:28

kriteria dedak baik itu relatif didaerah masing2 sebagai acuan :
1. dedak dari gilingan gabah yg kering dan kualitas gabah bagus (kalau bisa dedak beras merah)
2. aroma tidak tengik atau apek, biasakan beli untuk keperluan max 2-3 minggu
3. jgn memilih dedak yg berasal dari gilingan gabah ketan, atau campuran brambut
4. terdapat bayak butiran menir
5. halus, pulen bila dicampur air tdk pisah antara dedak dibawah air diatas
6. warna tdk terlalu gelap tdk terlalu terang, bila diambil pake tangan meninggalkan debu dedak ditangan
7. biasakan membeli di selep/penggilingan padi agar mengetahui masih asli atau campuran
harga juga relatif murah

galih silent hero
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 553
Join date : 11.01.12
Age : 32
Lokasi : kudus

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Andi Babe on Fri 27 Apr 2012, 18:33

Jangan sampai ketipu mas dedak apek bisa bunuh ayam,ruginya bisa jutaan
Saya baru aja ngalami,kotoran ayam jadi merah,nafsu makan hilang,kurus kakinya.
TANDA TANDA KERACUNAN MAKAN [dedak].hati hati. Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  henz on Fri 27 Apr 2012, 21:02

kalo ayam saya senengnya dedak ( huut ) jelek.....dikasih huut bagus malah ngga mau makan.....jadi gimana kebiasaan kita ngasih makan apa. huut berbau apek jg dimakan habis asal berasal dr huut jelek ( gabah bekas gilingan padi digiling halus )
kalo huut yg agak kemerahan itu berasal dari gabah beras merah. huut jelek cirinya kalo diseduh air panas ngga mengembang, ditunda sebentar air dgn huutnya misah, kalo yg bagus begitu diseduh air panas, langsungg kental dan wangi, air dan huut tdk akan misah. kalo sampe keracunan mungkin ada jamur hijau di huutnya atau mungkin dicampur serbuk gergaji.....

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Alvin on Sat 28 Apr 2012, 00:46

dedak/hu'ut bagusmah beda kerasanya juga pas di keupel2 buat ganyel/kotolan,,,,di tempat sayamah kalo langsung ke penggilingan harga dedak yg bagus 2.250/kg

Alvin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 353
Join date : 27.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Black Cemani on Sat 28 Apr 2012, 20:26

galih silent hero wrote:kriteria dedak baik itu relatif didaerah masing2 sebagai acuan :
1. dedak dari gilingan gabah yg kering dan kualitas gabah bagus (kalau bisa dedak beras merah)
2. aroma tidak tengik atau apek, biasakan beli untuk keperluan max 2-3 minggu
3. jgn memilih dedak yg berasal dari gilingan gabah ketan, atau campuran brambut
4. terdapat bayak butiran menir
5. halus, pulen bila dicampur air tdk pisah antara dedak dibawah air diatas
6. warna tdk terlalu gelap tdk terlalu terang, bila diambil pake tangan meninggalkan debu dedak ditangan
7. biasakan membeli di selep/penggilingan padi agar mengetahui masih asli atau campuran
harga juga relatif murah

setuju lah.... thxs banget infoy omm...

Black Cemani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 85
Join date : 11.01.12
Age : 97
Lokasi : Di Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Black Cemani on Sat 28 Apr 2012, 20:32

Andi Babe wrote:Jangan sampai ketipu mas dedak apek bisa bunuh ayam,ruginya bisa jutaan
Saya baru aja ngalami,kotoran ayam jadi merah,nafsu makan hilang,kurus kakinya.
TANDA TANDA KERACUNAN MAKAN [dedak].hati hati. Smile

ooo ghitu ya ommm...
btw apak berlaku juga nggak yah untuk entok/bebek...???
karena kejadian akhir2 ini entok saya sama sekali tidak ada nafsu makan, kalaupun makan hanya sedikit. sampai akhiry yg tidak mau makan sama sekali harun mati satu persatu..

saay jadi bingung neh.... apa kualitas hu'ut jelex berpengaruh jg untuk nafsu makan entok/bebek ya...??

Black Cemani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 85
Join date : 11.01.12
Age : 97
Lokasi : Di Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kualitas Dedak ( Hu'ut)

Post  Sponsored content Today at 15:03


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik