Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  gerimis on Tue 02 Feb 2010, 12:20

Mau minta masukan dari om-om senior nih. Gimana ya cara ngenalin ayam tipe gancang, kalo di lihat dari anatomi tubuh ayam. Soalnya udah lama naik turun gunung belajar dari banyak botoh tua, udah banyak masukan juga tapi ga bisa di jadiin patokan, begitu juga dengan ayam jalu jahat. Jadi saya ngambil kesimpulan baik ayam gancang atupun ayam jalu jahat, ciri2nya ga bisa dikenali dari anatomi tubuh ayam tsb, tapi melainkan bawaan sifat/ karakter dari ayam tsb. Mohon saran dari om-om senior.

Terima kasih

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  Hendro on Thu 04 Feb 2010, 19:58

Nah lo...!!?? pertanyaannya sudah dijawab sendiri...jadi nggak perlu dibahas lagi ya mas....he..he...he...

Ciri2 ayam gancang dan jalon biasanya tubuh tegap dan terkesan kokoh, ekor agak naik dan melengkung kebawah ( seperti ekor kuda lumping )...bentuk paha gepeng, kaki merit pasangan jalu yang diyakini baik adalah yang dekat/rendah dengan jari kaki belakang dan pasangan jalu juga searah dengan jari kaki serta berbentuk songket/melengkung keatas....

Demikian ciri2 ayam yang dimaksud, jika tidak cocok lagi maka berarti sudah diganti dengan ciri2 yang lain dan saya belum dapat tembusan pemberitahuan penggantiannya ...he...he...he...

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  Dobrak on Thu 04 Feb 2010, 21:00

Mas Hendro ini bisa aja ya, salut-salut-salut. Tapi sayang ketinggalan informasi perubahan ciri2 ayam gancang. Dari yg paling akhir saya terima, ciri2 ayam gancang adalah yg diakhir pertarungan berada paling depan. he he he

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  Amin on Thu 04 Feb 2010, 21:12

Kalau jalunya hitam dua2nya ini termasuk jalunya jalon gk ya?

Amin
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 20.08.09
Age : 31
Lokasi : Bangka

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  Hendro on Fri 05 Feb 2010, 05:48

Jalu warna hitam keduanya asal pasangan jalunya bagus berpotensi jalon....

Kalo belum yakin gampang saja mengujinya, coba gebrak dengan ayam lain tanpa dibungkus jalunya kalo ayam lawan dalam 5 - 10 menit sudah berdarah2 dan kabur/roboh berarti jalon...!! kalo tidak...?

Coba cek dulu jalunya tadi sudah diraut sampai tajam belum..? kalo belum diraut dulu trus digebraki lagi tapi kalo sudah berarti ya memang tidak jalon...he...he...he...mudah dan cepatkan......

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Ayam Cakut..

Post  Basugito on Sun 07 Feb 2010, 15:38

Ayam cakut yg dimaksud mungkin yg rajin mukul ya..., kalo melihat ciri2nya ya spt yg mas Hendro bilang dan kebetulan saya punya (menurut saya) termasuk Cakut..dan rajin memukul walaupun kalah dorong bisa mukul mundur, tapi ada sayangnya ..Jalunya Tidak numbuh ( termasuk renteng) cuma ada benjolan 3 susun dimasing2 kakinya dan yg tengah yg agak nongol dikit, dan ukuranya 7 badan/tulangan panjang ( tdk mbalok ) warna blorok, ekornya jg spt celengan ayam, kondisi sdng nyulam (rontok dikit), dan saat ini saya kawinkan dg salah satu babon birma saya dg harapan ada anakan yg cakut dan berjalu..(berharap2 cemas), kalo bisa diupload Videonya mungkin bisa dianalisa rekan2 apakah ayam saya termasuk cakut apa nggak ..? (up loadnya kok agak susah apa sy yg OON kalee Yee..?) ada yg bisa bantuin nggak ya...?? Embarassed Embarassed Laughing Laughing Laughing -Makaseeh.-

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

ayam JALON

Post  didik gombo on Thu 11 Feb 2010, 22:48

gini aja mas cara menentukan ayam itu jalon apa ngak mas test aja sama ayam untulan ,didaerah kami ada tempat ngetestnya mas,dari ayam yg muda smp yg mau siap tarung jadi bisa lihat ayam jalon,ayam pukul.

didik gombo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 06.02.10
Age : 37
Lokasi : sumberingin kidul ngunut t.agung

http://didikgombo.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  fakhry on Sun 14 Feb 2010, 09:14

Setuju dengan mas hendro, ayam jalon itu ayam yang mempunyai taji paling dekat jaraknya dengan jari belakang dan sejajar. Salam

fakhry
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 955
Join date : 10.01.10
Lokasi : Kota Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  kheling on Fri 03 Jan 2014, 05:49

kalo jalu kanan kirinya arah nya ber beda gmana mas@ sekalian, yang knan songket arah atas, yang kiri songket arah bawah

kheling
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 149
Join date : 20.02.13
Age : 28
Lokasi : jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  aditp on Fri 03 Jan 2014, 17:50

Ijin Nyimak ya Om, biar + wawasan.. Very Happy
karena Belum bisa memprediksi Ayam Cakut / Tempel Pukul, Jika Ayam Tanpa di Tes terlebih dahulu..
scratch scratch study study

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  rudy lepek on Sun 05 Jan 2014, 00:09

Salah satu ciri ayam gancang (menurut pengamatan ayam2 saya di kandang) kl di kasih makan cepet bener abis, pdhal ngasih nya dr 5 jago barengan. Tp dia paling cepet ngabisin makanan nya.
"Ini gancang laper atau gancang makan bos, hahahaha"

Tp jgn jadi patokan lho abang2 sekalian, tp bwt iseng2 cb perhatiin..
note: makan nya yg kering

rudy lepek
kopral
kopral

Jumlah posting : 49
Join date : 17.12.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  khaddafi on Wed 22 Jan 2014, 18:58

Ciri ayam gancang menurut saya,
kalo jalan lambat, kalo lari cepat...
Bahkan lebih cepat dari kita sendiri kalo lari...
Kalo ciri fisiknya agak susah....Smile mungkin senior2 lebih tahu

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  akaka on Wed 22 Jan 2014, 22:42

gerimis wrote:Mau minta masukan dari om-om senior nih. Gimana ya cara ngenalin ayam tipe gancang, kalo di lihat dari anatomi tubuh ayam. Soalnya udah lama naik turun gunung belajar dari banyak botoh tua, udah banyak masukan juga tapi ga bisa di jadiin patokan, begitu juga dengan ayam jalu jahat. Jadi saya ngambil kesimpulan baik ayam gancang atupun ayam jalu jahat, ciri2nya ga bisa dikenali dari anatomi tubuh ayam tsb, tapi melainkan bawaan sifat/ karakter dari ayam tsb. Mohon saran dari om-om senior.

Terima kasih

Salam kenal Om gerimis...
Jangan2 salah gunung nih... qiqiqiii dan botohnya kurang tuaaa tuhh om..piratpirat
Setelah 4 tahun lewat pluss naik turun 7 gunung dan ketemu botoh yg banget2 tuanya...qaqaqaa.., sapa tau udh kejawab...cyclopscyclops
Bagi2 elmunya ya Om Grims...kalo boleh bagi ayamnya sekalian...cheerscheerscheers

akaka
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 09.10.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  arqam on Thu 25 Feb 2016, 19:34

Gampang menilai ayam jalu jahat,, seandainya ayam masih muda kira2 umur 6 dan 7 bulan,, walaupun blum tumbuh jalu dapat dilihat setelah diabar,, bila setelah abar ada bekas darah lawan di bagian jalu sebelah kiri berarti jalu sebelah kirinya jahat dan begitu sebaliknya.

arqam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 21.02.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  ayam pemula on Fri 26 Feb 2016, 12:47

Pemula ikut nyimak ah, soalnya selama ini baru bisa menilai setelah digebrak. Silakan dilanjut senior2.... Smile Smile

ayam pemula
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 365
Join date : 06.10.15
Lokasi : solo-semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara memilih ayam cakut dan Ayam jalu jahat

Post  Sponsored content Today at 18:55


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik