silang 1 darah

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: silang 1 darah

Post  zin494 on Wed 03 Feb 2010, 20:15

marpa wrote:induk A dan B 1 tetasan. induk a kawin dengan jantan c anaknnya jantan sbut saja f, induk b kawin dengan jantan d anakannya betina (g), pertnyaannya boleh gak kalo F dan G di kawinkn?
Boleh2 aja lae

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

ngga masalah

Post  gerimis on Wed 03 Feb 2010, 23:19

Mau Sharing pengalaman nih...Ada peternak yang berpendapat bahwa mengawinkan satu tetesan, atau antara pacek dengan anak keturunanya langsung boleh, dengan alasan untuk mendapakan sifat asli dari pacekan tsbt.Tapi ada juga peternak yg berpendapat bahwa kalau hubungan darahnya masih dekat itu ngga boleh, dengan alasan bisa terjadi gangguan genetika terhadap anakan ayam yang dihasilkan nanti dan menyebabkan sistem daya tahan tubuh anakan ayam menjadi lemah.Tapi kalau pendapat saya mengenai persilangan antara F dan g ngga masalah, karena f dan g berasal dari pacek dan biang berbeda.

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Wed 03 Feb 2010, 23:45

gerimis wrote:Tapi ada juga peternak yg berpendapat bahwa kalau hubungan darahnya masih dekat itu ngga boleh, dengan alasan bisa terjadi gangguan genetika terhadap anakan ayam yang dihasilkan nanti dan menyebabkan sistem daya tahan tubuh anakan ayam menjadi lemah.

Gangguan fisik dan daya tahan tubuh pada perkawinan sedarah disebut 'inbreed depression'.
Sepanjang pengalaman saya, kalau cuma sekali inbreed, masih tidak ada masalah. Tapi kalau dua kali inbreed, masalah biasanya baru muncul.
Maksudnya begini :
A (jantan) X B (betina) --> C (betina).
C X A --> D (betina)
D X A --> E (inbreed depression mulai terlihat).

Kalau diteruskan, E X A, F X A, dst sampai beberapa kali inbreed... gen2nya akan semakin homogen. Terjadi perubahan fisik. Bahkan bisa muncul warna bulu jadi putih.

Inbreed dilakukan sebaiknya utk tujuan melestarikan karakter indukan. Hasilnya utk parental stock. Bukan utk diadu.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

silang 1 darah

Post  marpa on Thu 04 Feb 2010, 00:02

trus jwabannya apadonk?

marpa
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 213
Join date : 24.09.09
Age : 34
Lokasi : jln.kaptenmuslim medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Thu 04 Feb 2010, 00:18

marpa wrote:trus jwabannya apadonk?

Khan udah dijawab sama zin494.
Coba liat lagi...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

silang sedarah

Post  gerimis on Thu 04 Feb 2010, 00:30

Wah...kebetulan nih ada ahlinya, bang Ary aministrator (maaf kalo salah) bagi ilmunya ya...bagaimana semisalkan:
A = jantan di kawinkan ke B -= betina, turun anak = C = jantan, D = betina
Kemudian C = jantan dan D = betina dikawinkan, turun anak F = jantan
Yang mau saya tanyain apa F = jantan sudah bisa di katakan terkena inbreed depression,terus apa F = jantan bisa di jadiin parental stock. Soalnya pernah ada temen peternak, dia melakukan seperti saya jelasin diatas dan ternyata F = jantan ini dari segi kualitasnya melebihi dari A = jantan. Mohon penjelasanya bang.

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Thu 04 Feb 2010, 00:51

gerimis wrote:Wah...kebetulan nih ada ahlinya, bang Ary aministrator (maaf kalo salah) bagi ilmunya ya...bagaimana semisalkan:
A = jantan di kawinkan ke B -= betina, turun anak = C = jantan, D = betina
Kemudian C = jantan dan D = betina dikawinkan, turun anak F = jantan
Yang mau saya tanyain apa F = jantan sudah bisa di katakan terkena inbreed depression,terus apa F = jantan bisa di jadiin parental stock. Soalnya pernah ada temen peternak, dia melakukan seperti saya jelasin diatas dan ternyata F = jantan ini dari segi kualitasnya melebihi dari A = jantan. Mohon penjelasanya bang.

Sebenarnya, yg sy jelaskan tentang inbreed depresion itu adalah hal yg umum. Ada beberapa kasus, meski sudah 2-3X inbreed, gejala depression belum terlihat. Jadi, ini bergantung juga dgn masing2 individu. Ada yg cepat mengalami depression, ada yg lambat. Tapi secara umum, kalau cuma sekali inbreed, masih belum terlihat.

F adalah hasil perkawinan saudara kandung. Ini baru sekali inbreed. Jadi biasanya gejala depression itu belum terlihat.

Bisa terjadi si F ini melebihi kualitas si A. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan :
- Kualitas betina (B) lebih bagus dari jantan (A).
- Jantan (A) menyimpan sifat (gen) baik yg resesif (tidak muncul). Ketika gen tsb dipertemukan (kedua anak dikawinkan), akhirnya sifat baik itu menjadi muncul.
- faktor eksternal. Yaitu cara perawatan sejak kecil. Bisa jadi si F dirawat dgn sangat baik sejak masih pitik.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

silang sedarah

Post  gerimis on Thu 04 Feb 2010, 01:04

Kayanya masih banyak ilmu nih yang bisa di korek dari bang admin, mumpung gratis... Very Happy , makasih atas ilmunya bang.

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Jhon Gultom on Thu 04 Feb 2010, 09:00

pak admin, gimana kalo misal A (jantan) X B (betina) = C (jantan)
nah C (jantan) ini di kawinkan dengan B (betina) = D (jantan)
trus D (jantan) di kawinkan kembali dengan induknya B (betina) = E (jantan)
dan begitu selanjutnya tiap anakannya yang jantan yang dari segi kualitas bagus di kawinkan lagi dengan induknya.

apakah ada kekurangan dan kelebihan dari cara tersebut, soalnya dulu ada teman saya yang melakukan seperti ini. dia hanya punya biang 1 ekor dan pacekannya adalah anakan dari biang tersebut.


mohon pendapatnya...




salam
John Gultom

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

sifat biang

Post  Sinyo_nakano on Thu 04 Feb 2010, 12:26

Bro eh agan John... Kayaknya klo persilangan bijitu, ntar banyakan sifat biang yang muncul(lebih dominan), boleh aja seh, asal biangnya mempunyai sifat unggul yang kita inginkan...
maaf klo salah
salam Smile

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Thu 04 Feb 2010, 23:53

john wrote:pak admin, gimana kalo misal A (jantan) X B (betina) = C (jantan)
nah C (jantan) ini di kawinkan dengan B (betina) = D (jantan)
trus D (jantan) di kawinkan kembali dengan induknya B (betina) = E (jantan)
dan begitu selanjutnya tiap anakannya yang jantan yang dari segi kualitas bagus di kawinkan lagi dengan induknya.

apakah ada kekurangan dan kelebihan dari cara tersebut, soalnya dulu ada teman saya yang melakukan seperti ini. dia hanya punya biang 1 ekor dan pacekannya adalah anakan dari biang tersebut.

Kalau keterusan, pasti akan terjadi inbreed depression krn terjadi pengulangan inbreed sampai beberapa kali.
Sepertinya kurang bagus kalau tujuannya utk mencetak fighter.

Betul kata mas Sinyo.
Inbreed dgn basic blood si betina (B), artinya yg akan terus dilestarikan adlh karakter/sifat si B ini.
Kalau basic bloodnya si jantan (A), maka yg akan terus lestari adlh karakter si A.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

pemuliaan ternak

Post  fadly on Wed 10 Feb 2010, 12:32

wah seru juga nih ! Jadi pengen nanya juga ke mas admin !
Topik ini pernah mas admin bahas di masalah pemuliaan ternak !
Saya pengen nanya soal inbreed ini lho mas .............
Jadi misalkan saya punya Indukan : A (jantan) x B (betina) = C (betina). Saya ingin lebih dominannya di jantan kemudian akan saya cross untuk dapetin super fighter ! Jadi C x A = D (Betina). kemudian D x C1 (Jantan/Paman) = E (Betina). Trus E x F (Jantan Lain)= G. Nah apakah G entah itu Jantan berarti Super Fighter kemudian Betina Super Inbreednya ? Apakah begitu konsepnya pemuliaan ternak mas admin ? Makasih sebelumnya !

fadly
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 23.10.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Wed 10 Feb 2010, 13:29

fadly wrote:Jadi misalkan saya punya Indukan : A (jantan) x B (betina) = C (betina). Saya ingin lebih dominannya di jantan kemudian akan saya cross untuk dapetin super fighter ! Jadi C x A = D (Betina). kemudian D x C1 (Jantan/Paman) = E (Betina). Trus E x F (Jantan Lain)= G. Nah apakah G entah itu Jantan berarti Super Fighter kemudian Betina Super Inbreednya ? Apakah begitu konsepnya pemuliaan ternak mas admin ? Makasih sebelumnya !

Secara sederhana, konsepnya seperti itu mas... Kita berusaha agar sifat2 jantan (A) dominan berada pada anak2/cucunya, sehingga kita punya super breeder dgn karakter si A.

Tapi pada pelaksanaannya, tidak simpel begitu saja.
A X B = C.
- Sebelum memulai ternak, ada baiknya si A ini dinilai betul2 sesuai dgn kriteria kita.
- Lalu sebelum memutuskan C dikawinkan kembali dgn A (CXA), kita harus lihat dulu prosentase keberhasilan anak2nya AXB. Bila anak2 AXB tidak merata, ada yg bagus, tapi banyak yg jelek, maka sy ragu utk mengawinkan C dgn A.
Ini berarti ada ketidak-cocokan antara si A dan B.
- Untuk pemuliaan ternak, langkah awal ini (A X B) sangat krusial dan menentukan perkembangan kemajuan ternak kita. Jadi ada baiknya kita uji dan teliti dulu generasi pertama ini.

D X C1 = E
C1 = paman dari jalur jantan (A).
Kita juga harus lihat seperti apa kualitas si C1 ini. Kalau memang bagus, boleh kita pakai.
Jadi sebelumnya pilihlah C1 yg benar2 berkualitas. Hasil anaknya (E = betina), bisa kita proyeksikan sbg super breeder. Dgn basic Blood trah si A.

Akan lebih bagus lagi kalau kita memiliki lebih dari satu parental utama.
A X B, M X N, P X R, dst.
Masing2 parental terprogram dgn baik, sehingga kita punya lebih dari satu jalur super breeder, dimana masing2 bisa saling cross.
Kalau ini berhasil, wah... mantap tuh...
Smile

Jadi sesungguhnya, metode pemuliaan ternak tidak teoritis begitu saja. Pada pelaksanaannya dibutuhkan juga feeling yg kuat dan uji coba pada tiap generasi agar hasilnya bisa maksimal.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Tamu on Thu 11 Feb 2010, 21:29

waduh pusing juga ngebayangin
maklum pak ilmu pemuliaan ternak dulu saya selalu dapat jelek
mendingan langsung praktek aja

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Thu 11 Feb 2010, 22:17

mr.aan wrote:waduh pusing juga ngebayangin
maklum pak ilmu pemuliaan ternak dulu saya selalu dapat jelek
mendingan langsung praktek aja

Betul mas... mendingan langsung praktek. Ini cuma teori saja.
Kalo kata kang Azis, satu tindakan nyata akan jauh lebih berguna dibanding sejuta teori.
hehehe...

Laughing

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  jibrut_007 on Wed 17 Feb 2010, 19:50

mr.aan wrote:waduh pusing juga ngebayangin
maklum pak ilmu pemuliaan ternak dulu saya selalu dapat jelek
mendingan langsung praktek aja
teori breeding f3 kl ga salah untk inbreed yg terdekat kakek ketemu cucu ato om ketemu ponakan untuk mempertahankan sifat unggul trahnya kira2 begitu yah mas ary

jibrut_007
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 13.01.10
Age : 40
Lokasi : pdk gede - tambun

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Wed 17 Feb 2010, 20:45

jibrut_007 wrote:[ teori breeding f3 kl ga salah untk inbreed yg terdekat kakek ketemu cucu ato om ketemu ponakan untuk mempertahankan sifat unggul trahnya kira2 begitu yah mas ary

Betul mas.. Kurang lebih begitu.
Pada pelaksanaannya, mana yg harus diinbreed, apakah bapak, kakek, atau keponakan, tentu feeling kita ikut berperan disana. Silakan berimprovisasi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  cobain on Wed 17 Feb 2010, 21:04

wah saran yg jitu mas,,,,,,,,selamat mencoba teman22

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  husein on Wed 25 Aug 2010, 00:00

Numpang tanya Mas Ari, misalkan pacek kita bukan pacek yang istimewa, tapi kita tahu bahwa kakek pacek itu adalah ayam yang istimewa berkelas dan juara di jamannya.
pertanyaannya : dapatkah kita mendapatkan ayam seperti kakek pacek kita jika saudara dan keturunan diatasnya sudah tidak ada lagi? bagaimana caranya?

Trimakasih.

salam,

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Wiring on Wed 25 Aug 2010, 00:42

husein wrote:Numpang tanya Mas Ari, misalkan pacek kita bukan pacek yang istimewa, tapi kita tahu bahwa kakek pacek itu adalah ayam yang istimewa berkelas dan juara di jamannya.
pertanyaannya : dapatkah kita mendapatkan ayam seperti kakek pacek kita jika saudara dan keturunan diatasnya sudah tidak ada lagi? bagaimana caranya?

Trimakasih.

salam,
ky'a bnyak kasus yg sprti ini...gmn bang admin

Wiring
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 78
Join date : 26.06.10
Lokasi : Kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Administrator on Wed 25 Aug 2010, 11:22

husein wrote:Numpang tanya Mas Ari, misalkan pacek kita bukan pacek yang istimewa, tapi kita tahu bahwa kakek pacek itu adalah ayam yang istimewa berkelas dan juara di jamannya.
pertanyaannya : dapatkah kita mendapatkan ayam seperti kakek pacek kita jika saudara dan keturunan diatasnya sudah tidak ada lagi? bagaimana caranya?

Trimakasih.

salam,

Kalau cuma ada satu ekor keturunan kakek pacek, agak sulit mas... Apalagi keturunannya ini sudah 2 generasi dibawahnya dan keturunannya itu tidak sebaik si kakek.

Saran sy, kalau punya betina atau pacek yg bagus, segeralah membuat 'back up'nya dgn cara line breed atau inbreed agar darah keturunannya tidak pudar dan hilang.




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  jaghana on Wed 25 Aug 2010, 11:46

Administrator wrote:
husein wrote:Numpang tanya Mas Ari, misalkan pacek kita bukan pacek yang istimewa, tapi kita tahu bahwa kakek pacek itu adalah ayam yang istimewa berkelas dan juara di jamannya.
pertanyaannya : dapatkah kita mendapatkan ayam seperti kakek pacek kita jika saudara dan keturunan diatasnya sudah tidak ada lagi? bagaimana caranya?

Trimakasih.

salam,

Kalau cuma ada satu ekor keturunan kakek pacek, agak sulit mas... Apalagi keturunannya ini sudah 2 generasi dibawahnya dan keturunannya itu tidak sebaik si kakek.

Saran sy, kalau punya betina atau pacek yg bagus, segeralah membuat 'back up'nya dgn cara line breed atau inbreed agar darah keturunannya tidak pudar dan hilang.




kakek boleh bagus dijamannya...cuma...istri sikakek dan menantunya ini apakah baik kwalitasnya...??
pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  husein on Thu 26 Aug 2010, 03:56

jaghana wrote:
Administrator wrote:
husein wrote:Numpang tanya Mas Ari, misalkan pacek kita bukan pacek yang istimewa, tapi kita tahu bahwa kakek pacek itu adalah ayam yang istimewa berkelas dan juara di jamannya.
pertanyaannya : dapatkah kita mendapatkan ayam seperti kakek pacek kita jika saudara dan keturunan diatasnya sudah tidak ada lagi? bagaimana caranya?

Trimakasih.

salam,

Kalau cuma ada satu ekor keturunan kakek pacek, agak sulit mas... Apalagi keturunannya ini sudah 2 generasi dibawahnya dan keturunannya itu tidak sebaik si kakek.

Saran sy, kalau punya betina atau pacek yg bagus, segeralah membuat 'back up'nya dgn cara line breed atau inbreed agar darah keturunannya tidak pudar dan hilang.




kakek boleh bagus dijamannya...cuma...istri sikakek dan menantunya ini apakah baik kwalitasnya...??
pirat
Kalau Ayam juara dan berkelas berasal dari pacek BK dan babon BK biasa, ada yang pernah ngalami nggak?

mohon infonya.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Ipang Irfandi on Mon 22 Nov 2010, 12:43

Numpang tanya (masih satu topik soalnya) :

Salam Hormat para Sesepuh Papaji:

Saya punya anakan ayam skrg umur nya 2 bulan,. ada 2 ekor, satu Jantan "namanya si TOMBAK" satunya lagi betina namanya si "BOJO" hehehe... dua-duanya seibu sebapak...
(bapaknya itu ayam import bersertifikat Champion, ibunya BK biasa). yang mau saya tanya :
1. Kalo si TOMBAK di kawinkan sama si BOJO.. boleh ga?
2. Kalo boleh dikawinkan "nama perkawinannya" itu jenis apa? inbreeding ato apa?
3. Bagaimana kualitas anaknya Tombak dn Bojo tersebut.. ?
4. Kira2 Karakter Ayam Import & Championnya (kakeknya mksdnya) kuat/tembus ga ke anaknya
si TOMBAK dan BOJO?

Soalnya kalo si TOMBAK dan si BOJO nya kan belum keliatan Kualitas nya,....

Mohon maaf sebelumnya klo ada kesalahan. soalnya saya awam bgt..., terima kasih atas penjelasan Para Sesepuh Papaji.. Wassalam...

Ipang Irfandi
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 06.10.10
Age : 34
Lokasi : Serang - Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Modesto on Mon 22 Nov 2010, 15:39

Ipang Irfandi wrote:Numpang tanya (masih satu topik soalnya) :

Salam Hormat para Sesepuh Papaji:

Saya punya anakan ayam skrg umur nya 2 bulan,. ada 2 ekor, satu Jantan "namanya si TOMBAK" satunya lagi betina namanya si "BOJO" hehehe... dua-duanya seibu sebapak...
(bapaknya itu ayam import bersertifikat Champion, ibunya BK biasa). yang mau saya tanya :
1. Kalo si TOMBAK di kawinkan sama si BOJO.. boleh ga?
2. Kalo boleh dikawinkan "nama perkawinannya" itu jenis apa? inbreeding ato apa?
3. Bagaimana kualitas anaknya Tombak dn Bojo tersebut.. ?
4. Kira2 Karakter Ayam Import & Championnya (kakeknya mksdnya) kuat/tembus ga ke anaknya
si TOMBAK dan BOJO?

Soalnya kalo si TOMBAK dan si BOJO nya kan belum keliatan Kualitas nya,....

Mohon maaf sebelumnya klo ada kesalahan. soalnya saya awam bgt..., terima kasih atas penjelasan Para Sesepuh Papaji.. Wassalam...

Sudah di bahas dengan sangat lengkap di Thread Pemuliaan Ternak mas....
Coba sampeyan baca dulu Threadnya sampai tuntas.....pasti nanti ketemu jawabannya Wink

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: silang 1 darah

Post  Sponsored content Today at 07:55


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik