Menjawab Fenomena Babon cetak...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  benz_x_man@yahoo.com on Sun 18 Nov 2012, 12:07

Menjawab Fenomena BABON CETAK

Berbicara tentang BABON CETAK, hal ini tidak terlepas dari hasil jerih payah Gregor Johan Mendell yang telah berjasa tuk menghasilkan suatu ilmu genetik yang kita anut sampai saat ini...
Pada tahun 1866 Mendell melaporkan hasil penyelidikannya selama bertahun-tahun atas kacang ercis/kapri (Pisum sativum). Untuk mempelajari sifat menurun Mendell menggunakan kacang ercis dengan alasan:
- Memiliki pasangan sifat yang menyolok
- Bisa melakukan penyerbukan sendiri
- Segera menghasilkan keturunan atau umurnya pendek
- Mampu menghasilkan banyak keturunan, dan
- Mudah disilangkan
Dari hasil penelitiannya tersebut Mendell menemukan prinsip dasar genetika yang lebih dikenal dengan Hukum Mendell.
Nah... sekarang, apa hubunganny qt membicarakan ttg Si Mendell yg satu ini???
Qt membicarakan beliau untuk menjawab segala keraguan tentang Fenomena BABON CETAK yg selama ini kita dengar....
Mari kita “kupas” bersama...

Hukum Mendell ada 2, yaitu:

Hukum Mendell I dikenal juga dengan Hukum Segregasi menyatakan: ‘pada pembentukan gamet kedua gen yang merupakan pasangan akan dipisahkan dalam dua sel anak’. Hukum ini berlaku untuk persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).

Hukum Mendell II dikenal dengan Hukum Independent Assortment, menyatakan: ‘bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya’. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh Penggunaan masing-masing Hukum

Hukum Mendel 1 :
Persilangan Monohibrid dengan dominansi.
Persilangan dengan dominansi adalah persilangan suatu sifat beda dimana satu sifat lebih kuat daripada sifat yang lain. Sifat yang kuat disebut sifat dominan dan bersifat menutupi, sedangkan yang lemah/tertutup disebut sifat resesif.

Perhatikan contoh berikut ini:
Disilangkan antara mawar merah yang bersifat dominan dengan mawar putih yang bersifat resesif.

P1 (Parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (fenotif merah 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah), Mm (Merah), mm (Putih)
Rasio : 3 : 1

Persilangan monohibrid dengan kasus intermediet
Sifat intermediet adalah sifat yang sama kuat, jadi tidak ada yang dominan ataupun resesif.
Contoh: disilangkan antara mawar merah dengan mawar putih

P1 (parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (Fenotif merah muda 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah muda), Mm (Merah muda), mm (Putih)
Rasio : 1 : 2 : 1

Hukum Mendell II
Hukum ini dikenal dengan Hukum Independent Assortment.. Seperti ini pernyataannya: “Bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya”. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh: disilangkan ercis berbiji bulat warna kuning (dominan) dengan ercis berbiji kisut warna hijau (resesif)

P1 : Bulat Kuning x kisut hijau
BBKK x bbkk
G : BK x bk
F1 : BbKk (fenotif bulat kuning 100%)

P2 : F1 x F2
BbKk x BbKk
G : BK BK
Bk Bk
bK bK
bk bk
F2 :
BK Bk bK bk
BK BBKK BBKk BbKK BbKk
Bk BBKk BBkk BbKk Bbkk
bK BbKK BbKk bbKK bbKk
bk BbKk Bbkk bbKk bbkk

Rasio F2 : Bulat Kuning (9) : Bulat Hijau (3) : Kisut Kuning (3) : Kisut Hijau (1)

Aplikasi Hukum Mendel pada Ayam Aduan kita:

Pastinya dalam aplikasi Hukum ini pada persilanyan ayam aduan kita menggunakan Hukum Mendel II karena ayam aduan kita mimiliki 2 atau lebih sifat yang berbeda 1 dengan yang lainnya...

Contoh :
Disilangkan Ayam jantan Bangkok berpostur tinggi berbulu hitam (dominan) dengan Ayam betina Bangkok berpostur pendek berbulu klawu (resesif)

P1 : Tinggi Hitam x Pendek Klawu
TTHH x tthh
G : TH x th
F1 : TtHh (fenotif Tinggi Hitam 100%)

P2 : F1 x F2
TtHh x TtHh
G : TH TH
Th Th
tH tH
th th
F2 :
TH Th tH th
TH TTHH TTHh ThHH TtHh
Th TTHh TThh TtHh Tthh
tH TtHH TtHh ttHH ttHh
th TtHh Tthh ttHh tthh

Rasio F2 : Tinggi Hitam (9) : Tinggi Klawu (3) : Pendek Hitam (3) : Pendek Klawu (1)

Terlihat bahwa sifat dominan pejantan sangat mendominasi apabila disilangkan dengan betina resesif. Maka dapat disimpulkan bahwa, BABON CETAK yang selama ini diperbincangkan sebenarnya adalah BETINA RESESIF yaitu betina yang memiliki kualitas sifat yang tidak dapat mendominasi sifat pejantan, sehingga dominasi sifat pejantan lebih mengunguli sifat betina..

Bagaimana cara mendapatkan Babon Resesif seperti ini???
Silahkan lakukan pencarian dengan metode menyilangkan pejantan dengan sifat unggul terhadap Babon yang anda miliki, apabila dalam turunan pertama Babon tersebut sifat mendominasi seperti sifat pejantan, maka dapat hampir dipastikan. Dan untuk mendapat kepastian 99%, kawinkan kembali Babon tersebut dengan pejantan lain yang memiliki sifat unggul yang berbeda dengan pejantan awal. Bila hasilnya tetap sama, yaitu turunan Babon tersebut tetapsifat didominasi seperti sifat pejantan, maka dapat dipastikan itulah BABON RESESIF atau istilah penghobby disebut BABON CETAK...

Selamat Berkarya...

Mohon maaf kalau topik ini kurang menarik dan sudah sering diperbincangkan, tapi dlm tulisan ini, saya mencoba mngupas dari segi ilmiah...
Sekian dan terima kasih....


Terakhir diubah oleh benz_x_man@yahoo.com tanggal Sun 18 Nov 2012, 12:11, total 1 kali diubah (Reason for editing : tambahan)

benz_x_man@yahoo.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 66
Join date : 14.11.12
Age : 32
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  tito ortiz on Sun 18 Nov 2012, 20:15

siapa yg punya babon cetak?
pasti ga ada...hehehe
kalau ada, ayamnya di kandang bisa dipastikan mirip semua kaya paceknya..tinggal beli pacek yg menangan, bagus, ganteng, pukulannya mak jroott, solahnya mengagumkan.. dijamin anakannya kaya paceknya semua..
tp ada ga yha yg spt itu??
kok ga pernah lihat yha ayam sekandang menangan semua??
Razz Razz Razz Razz

tito ortiz
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 675
Join date : 13.10.11
Age : 33
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  La masia on Sun 18 Nov 2012, 20:30

info menarik
perlu riset terus menerus
layak dicoba tapi waktu dan biaya perlu diperhitungkan

La masia
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 407
Join date : 21.05.12
Lokasi : bandarlampung pp unit2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  paracetamol on Sun 18 Nov 2012, 21:04

benz_x_man@yahoo.com wrote:Menjawab Fenomena BABON CETAK

Berbicara tentang BABON CETAK, hal ini tidak terlepas dari hasil jerih payah Gregor Johan Mendell yang telah berjasa tuk menghasilkan suatu ilmu genetik yang kita anut sampai saat ini...
Pada tahun 1866 Mendell melaporkan hasil penyelidikannya selama bertahun-tahun atas kacang ercis/kapri (Pisum sativum). Untuk mempelajari sifat menurun Mendell menggunakan kacang ercis dengan alasan:
- Memiliki pasangan sifat yang menyolok
- Bisa melakukan penyerbukan sendiri
- Segera menghasilkan keturunan atau umurnya pendek
- Mampu menghasilkan banyak keturunan, dan
- Mudah disilangkan
Dari hasil penelitiannya tersebut Mendell menemukan prinsip dasar genetika yang lebih dikenal dengan Hukum Mendell.
Nah... sekarang, apa hubunganny qt membicarakan ttg Si Mendell yg satu ini???
Qt membicarakan beliau untuk menjawab segala keraguan tentang Fenomena BABON CETAK yg selama ini kita dengar....
Mari kita “kupas” bersama...

Hukum Mendell ada 2, yaitu:

Hukum Mendell I dikenal juga dengan Hukum Segregasi menyatakan: ‘pada pembentukan gamet kedua gen yang merupakan pasangan akan dipisahkan dalam dua sel anak’. Hukum ini berlaku untuk persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).

Hukum Mendell II dikenal dengan Hukum Independent Assortment, menyatakan: ‘bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya’. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh Penggunaan masing-masing Hukum

Hukum Mendel 1 :
Persilangan Monohibrid dengan dominansi.
Persilangan dengan dominansi adalah persilangan suatu sifat beda dimana satu sifat lebih kuat daripada sifat yang lain. Sifat yang kuat disebut sifat dominan dan bersifat menutupi, sedangkan yang lemah/tertutup disebut sifat resesif.

Perhatikan contoh berikut ini:
Disilangkan antara mawar merah yang bersifat dominan dengan mawar putih yang bersifat resesif.

P1 (Parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (fenotif merah 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah), Mm (Merah), mm (Putih)
Rasio : 3 : 1

Persilangan monohibrid dengan kasus intermediet
Sifat intermediet adalah sifat yang sama kuat, jadi tidak ada yang dominan ataupun resesif.
Contoh: disilangkan antara mawar merah dengan mawar putih

P1 (parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (Fenotif merah muda 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah muda), Mm (Merah muda), mm (Putih)
Rasio : 1 : 2 : 1

Hukum Mendell II
Hukum ini dikenal dengan Hukum Independent Assortment.. Seperti ini pernyataannya: “Bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya”. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh: disilangkan ercis berbiji bulat warna kuning (dominan) dengan ercis berbiji kisut warna hijau (resesif)

P1 : Bulat Kuning x kisut hijau
BBKK x bbkk
G : BK x bk
F1 : BbKk (fenotif bulat kuning 100%)

P2 : F1 x F2
BbKk x BbKk
G : BK BK
Bk Bk
bK bK
bk bk
F2 :
BK Bk bK bk
BK BBKK BBKk BbKK BbKk
Bk BBKk BBkk BbKk Bbkk
bK BbKK BbKk bbKK bbKk
bk BbKk Bbkk bbKk bbkk

Rasio F2 : Bulat Kuning (9) : Bulat Hijau (3) : Kisut Kuning (3) : Kisut Hijau (1)

Aplikasi Hukum Mendel pada Ayam Aduan kita:

Pastinya dalam aplikasi Hukum ini pada persilanyan ayam aduan kita menggunakan Hukum Mendel II karena ayam aduan kita mimiliki 2 atau lebih sifat yang berbeda 1 dengan yang lainnya...

Contoh :
Disilangkan Ayam jantan Bangkok berpostur tinggi berbulu hitam (dominan) dengan Ayam betina Bangkok berpostur pendek berbulu klawu (resesif)

P1 : Tinggi Hitam x Pendek Klawu
TTHH x tthh
G : TH x th
F1 : TtHh (fenotif Tinggi Hitam 100%)

P2 : F1 x F2
TtHh x TtHh
G : TH TH
Th Th
tH tH
th th
F2 :
TH Th tH th
TH TTHH TTHh ThHH TtHh
Th TTHh TThh TtHh Tthh
tH TtHH TtHh ttHH ttHh
th TtHh Tthh ttHh tthh

Rasio F2 : Tinggi Hitam (9) : Tinggi Klawu (3) : Pendek Hitam (3) : Pendek Klawu (1)

Terlihat bahwa sifat dominan pejantan sangat mendominasi apabila disilangkan dengan betina resesif. Maka dapat disimpulkan bahwa, BABON CETAK yang selama ini diperbincangkan sebenarnya adalah BETINA RESESIF yaitu betina yang memiliki kualitas sifat yang tidak dapat mendominasi sifat pejantan, sehingga dominasi sifat pejantan lebih mengunguli sifat betina..

Bagaimana cara mendapatkan Babon Resesif seperti ini???
Silahkan lakukan pencarian dengan metode menyilangkan pejantan dengan sifat unggul terhadap Babon yang anda miliki, apabila dalam turunan pertama Babon tersebut sifat mendominasi seperti sifat pejantan, maka dapat hampir dipastikan. Dan untuk mendapat kepastian 99%, kawinkan kembali Babon tersebut dengan pejantan lain yang memiliki sifat unggul yang berbeda dengan pejantan awal. Bila hasilnya tetap sama, yaitu turunan Babon tersebut tetapsifat didominasi seperti sifat pejantan, maka dapat dipastikan itulah BABON RESESIF atau istilah penghobby disebut BABON CETAK...

Selamat Berkarya...

Mohon maaf kalau topik ini kurang menarik dan sudah sering diperbincangkan, tapi dlm tulisan ini, saya mencoba mngupas dari segi ilmiah...
Sekian dan terima kasih....

Setuju banget, salam

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  hamas on Sun 18 Nov 2012, 21:52

saya dikasi bonus betina vietnam warna klawu ,kecil tulangan tipis, sudah periode bertelur yg kedua, ,berarti disaya mau periode ke 3 (sdg bertelur 10 biji ,pecah 4 Very Happy ) kata penjual/peternaknya, 2 periode seblumnya, semua anakan mirip paceknya. dia bilang "ini babon cetak pak..! jaga baik2 ya.." sy cuma bengong ?? sy juga baru tahu apa tuh babon cetak, setelah membaca thread ini.hehehe..thanks penjelasannya bang !

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

CEK...

Post  benz_x_man@yahoo.com on Sun 18 Nov 2012, 23:11

tito ortiz wrote:siapa yg punya babon cetak?
pasti ga ada...hehehe
kalau ada, ayamnya di kandang bisa dipastikan mirip semua kaya paceknya..tinggal beli pacek yg menangan, bagus, ganteng, pukulannya mak jroott, solahnya mengagumkan.. dijamin anakannya kaya paceknya semua..
tp ada ga yha yg spt itu??
kok ga pernah lihat yha ayam sekandang menangan semua??
Razz Razz Razz Razz

Coba di cek di FB Mas... a/n Yudha Farm.... Ayamnya rata2 menangan.... Lihat2 koleksinya mas... Maaf bukan ngiklan, tp sy pernah dengar tmpat itu bnyk mghasilkan ayam menangan...

benz_x_man@yahoo.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 66
Join date : 14.11.12
Age : 32
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  benz_x_man@yahoo.com on Sun 18 Nov 2012, 23:16

hamas wrote:saya dikasi bonus betina vietnam warna klawu ,kecil tulangan tipis, sudah periode bertelur yg kedua, ,berarti disaya mau periode ke 3 (sdg bertelur 10 biji ,pecah 4 Very Happy ) kata penjual/peternaknya, 2 periode seblumnya, semua anakan mirip paceknya. dia bilang "ini babon cetak pak..! jaga baik2 ya.." sy cuma bengong ?? sy juga baru tahu apa tuh babon cetak, setelah membaca thread ini.hehehe..thanks penjelasannya bang !

Sama-sama Pak....

benz_x_man@yahoo.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 66
Join date : 14.11.12
Age : 32
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  benz_x_man@yahoo.com on Sun 18 Nov 2012, 23:19

La masia wrote:info menarik
perlu riset terus menerus
layak dicoba tapi waktu dan biaya perlu diperhitungkan

Pakai Babon yg bpk miliki saja, sapa tau ada tuh... klo tdk, pinjam dr teman pst ada yg mau bantu... heheheheeee

benz_x_man@yahoo.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 66
Join date : 14.11.12
Age : 32
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Yang Chao-wie on Mon 19 Nov 2012, 23:16

masalah babon cetak..bisa bikin kontroversi klo belum menyamakan persepsi Very Happy
banyak orang pikir babon cetak itu kayak mesin fotokopi, serupa 100% dengan pacek yg diambil keturunannya.. Evil or Very Mad

nice share..keep posting bro! cheers

Yang Chao-wie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 143
Join date : 26.10.11
Lokasi : Citraraya, Cikupa-Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  tito ortiz on Tue 20 Nov 2012, 19:59

benz_x_man@yahoo.com wrote:
tito ortiz wrote:siapa yg punya babon cetak?
pasti ga ada...hehehe
kalau ada, ayamnya di kandang bisa dipastikan mirip semua kaya paceknya..tinggal beli pacek yg menangan, bagus, ganteng, pukulannya mak jroott, solahnya mengagumkan.. dijamin anakannya kaya paceknya semua..
tp ada ga yha yg spt itu??
kok ga pernah lihat yha ayam sekandang menangan semua??
Razz Razz Razz Razz

Coba di cek di FB Mas... a/n Yudha Farm.... Ayamnya rata2 menangan.... Lihat2 koleksinya mas... Maaf bukan ngiklan, tp sy pernah dengar tmpat itu bnyk mghasilkan ayam menangan...

rata2 menangan karena trah yg bagus, pacek dan biang cocok dikawinkan akan menghasilkan keturunan yg bagus pula.. Razz Razz Razz
dan mas juga baru mendengar kan?
punya babon cetak ga?
hehehe
Razz Razz Razz

tito ortiz
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 675
Join date : 13.10.11
Age : 33
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  NUR WAKHID on Tue 20 Nov 2012, 22:26

benz_x_man@yahoo.com wrote:Menjawab Fenomena BABON CETAK


Bagaimana cara mendapatkan Babon Resesif seperti ini???
Silahkan lakukan pencarian dengan metode menyilangkan pejantan dengan sifat unggul terhadap Babon yang anda miliki, apabila dalam turunan pertama Babon tersebut sifat mendominasi seperti sifat pejantan, maka dapat hampir dipastikan. Dan untuk mendapat kepastian 99%, kawinkan kembali Babon tersebut dengan pejantan lain yang memiliki sifat unggul yang berbeda dengan pejantan awal. Bila hasilnya tetap sama, yaitu turunan Babon tersebut tetapsifat didominasi seperti sifat pejantan, maka dapat dipastikan itulah BABON RESESIF atau istilah penghobby disebut BABON CETAK...

Selamat Berkarya...

Mohon maaf kalau topik ini kurang menarik dan sudah sering diperbincangkan, tapi dlm tulisan ini, saya mencoba mngupas dari segi ilmiah...
Sekian dan terima kasih....

halo bos benz, saya pernah nulis topik terkait dengan usaha 'menciptakan' babon cetak, yang bergen 'netral' untuk mendukung usaha pemuliaan ternak jagoan kita, saya sampaikan beberapa pengalaman budidaya babon cetak dari teman penghoby, dia juga mengacu dari 1 buku teory gen yang dia punya. rekan papaji cenderung negatif coment2nya. ada juga yang katanya pernah punya sih. bang admin juga sangsi. terkait topik anda saya rasa semua peternak serius sudah melakukannya, seleksi bibit dominan dan cari pasangan sifat sejenis atau pasangan yang tidak dominan. yang menarik adalah bagaimana budidaya babon cetak ini?

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Administrator on Wed 21 Nov 2012, 12:39

Sebelumnya definisikan dulu apa itu babon cetak?
1. Apakah babon yg mencetak sekedar warna dan penampilan paceknya sudah bisa disebut 'cetak'?
2. Ataukah sebutan babon cetak harus mencetak 100% mirip pacek baik penampilan, sifat dan karakternya? --> ini definisi yg sebagian besar dianut oleh hobiis di sini.
3. Apakah babon yg memiliki anak rata2 menang bisa disebut babon cetak?

1. Utk babon yg hanya cetak warna, ini sangat mungkin. Tapi inipun tidak bisa 100%, sesuai hukum teori mendel yg ditulis diatas.

2. Cetak 100% warna dan sifat, sepertinya tidak mungkin. Bagaimanapun tidak ada individu yg semua gen-nya 100% resesif homozigot (semua gen huruf kecil).

3. Babon yg anaknya banyak menang, ini juga mungkin saja. Tapi bukan berarti ia babon cetak seperti definisi yg kita pahami selama ini.
Menang itu banyak sekali variabel dan faktor penentunya. Bukan krn faktor internal genetik saja, bahkan sebagian besar disebabkan faktor external. Belum lagi faktor 'X' (keberuntungan).

Jadi menurut saya, yg paling mungkin itu adlh nomor 3. Yaitu babon yg rata2 menghasilkan anak bagus2. Pakai pacek manapun rata2 keluar bagus.
Ini berarti babon tsb tidak termasuk 'cetak' fisik dan sifat seperti definisi yg kita anut selama ini krn biasanya babon seperti ini pasti memberikan kontribusi sifat yg bagus pada anak2nya.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  gusta0211 on Wed 21 Nov 2012, 14:45

Wah, itu terlalu sederhana cara penyilangannya, menurut saya... (maaf kalo salah)
Mendel menyilangkan tumbuhan sehingga dia berhasil menciptakan beberapa varian ercis..
Persilangan Hewan dan Tumbuhan itu pada dasarnya sama tapi ada beberapa perbedaan hasil varian antara hewan dan tumbuhan, Hewan cara penyilangannya lebih rumit, gen lebih kompleks..
Karena di dalam hukum Mendel pun terdapat penyimpangan gen yg belum diulas disini..
Dengan cara Kloning pun, tidak 100% akan sama persis...

Tumbuhan bisa di lihat sebatas secara fisik, tapi ayam tidak bisa dilihat seperti itu saja..
sy stuju dengan bang Admin...
Salam suka2 lol! ...

gusta0211
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 931
Join date : 19.09.12
Lokasi : Mojokerto, pin BB: 51925379, Telp: 08980020421

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  fathus on Wed 21 Nov 2012, 21:47

benz_x_man@yahoo.com wrote:Menjawab Fenomena BABON CETAK

Berbicara tentang BABON CETAK, hal ini tidak terlepas dari hasil jerih payah Gregor Johan Mendell yang telah berjasa tuk menghasilkan suatu ilmu genetik yang kita anut sampai saat ini...
Pada tahun 1866 Mendell melaporkan hasil penyelidikannya selama bertahun-tahun atas kacang ercis/kapri (Pisum sativum). Untuk mempelajari sifat menurun Mendell menggunakan kacang ercis dengan alasan:
- Memiliki pasangan sifat yang menyolok
- Bisa melakukan penyerbukan sendiri
- Segera menghasilkan keturunan atau umurnya pendek
- Mampu menghasilkan banyak keturunan, dan
- Mudah disilangkan
Dari hasil penelitiannya tersebut Mendell menemukan prinsip dasar genetika yang lebih dikenal dengan Hukum Mendell.
Nah... sekarang, apa hubunganny qt membicarakan ttg Si Mendell yg satu ini???
Qt membicarakan beliau untuk menjawab segala keraguan tentang Fenomena BABON CETAK yg selama ini kita dengar....
Mari kita “kupas” bersama...

Hukum Mendell ada 2, yaitu:

Hukum Mendell I dikenal juga dengan Hukum Segregasi menyatakan: ‘pada pembentukan gamet kedua gen yang merupakan pasangan akan dipisahkan dalam dua sel anak’. Hukum ini berlaku untuk persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).

Hukum Mendell II dikenal dengan Hukum Independent Assortment, menyatakan: ‘bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya’. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh Penggunaan masing-masing Hukum

Hukum Mendel 1 :
Persilangan Monohibrid dengan dominansi.
Persilangan dengan dominansi adalah persilangan suatu sifat beda dimana satu sifat lebih kuat daripada sifat yang lain. Sifat yang kuat disebut sifat dominan dan bersifat menutupi, sedangkan yang lemah/tertutup disebut sifat resesif.

Perhatikan contoh berikut ini:
Disilangkan antara mawar merah yang bersifat dominan dengan mawar putih yang bersifat resesif.

P1 (Parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (fenotif merah 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah), Mm (Merah), mm (Putih)
Rasio : 3 : 1

Persilangan monohibrid dengan kasus intermediet
Sifat intermediet adalah sifat yang sama kuat, jadi tidak ada yang dominan ataupun resesif.
Contoh: disilangkan antara mawar merah dengan mawar putih

P1 (parental) : Mawar Merah x mawar putih
Genotif : MM mm
G (Gamet) : M m
F1 (Filial) : Mm (Fenotif merah muda 100%)

P2 : F1 x F1
Mm x Mm
G : M dan m M dan M
F2 : MM (Merah), Mm (Merah muda), Mm (Merah muda), mm (Putih)
Rasio : 1 : 2 : 1

Hukum Mendell II
Hukum ini dikenal dengan Hukum Independent Assortment.. Seperti ini pernyataannya: “Bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung pada sifat pasangan lainnya”. Hukum ini berlaku untuk persilangan dihibrid (dua sifat beda) atau lebih.

Contoh: disilangkan ercis berbiji bulat warna kuning (dominan) dengan ercis berbiji kisut warna hijau (resesif)

P1 : Bulat Kuning x kisut hijau
BBKK x bbkk
G : BK x bk
F1 : BbKk (fenotif bulat kuning 100%)

P2 : F1 x F2
BbKk x BbKk
G : BK BK
Bk Bk
bK bK
bk bk
F2 :
BK Bk bK bk
BK BBKK BBKk BbKK BbKk
Bk BBKk BBkk BbKk Bbkk
bK BbKK BbKk bbKK bbKk
bk BbKk Bbkk bbKk bbkk

Rasio F2 : Bulat Kuning (9) : Bulat Hijau (3) : Kisut Kuning (3) : Kisut Hijau (1)

Aplikasi Hukum Mendel pada Ayam Aduan kita:

Pastinya dalam aplikasi Hukum ini pada persilanyan ayam aduan kita menggunakan Hukum Mendel II karena ayam aduan kita mimiliki 2 atau lebih sifat yang berbeda 1 dengan yang lainnya...

Contoh :
Disilangkan Ayam jantan Bangkok berpostur tinggi berbulu hitam (dominan) dengan Ayam betina Bangkok berpostur pendek berbulu klawu (resesif)

P1 : Tinggi Hitam x Pendek Klawu
TTHH x tthh
G : TH x th
F1 : TtHh (fenotif Tinggi Hitam 100%)

P2 : F1 x F2
TtHh x TtHh
G : TH TH
Th Th
tH tH
th th
F2 :
TH Th tH th
TH TTHH TTHh ThHH TtHh
Th TTHh TThh TtHh Tthh
tH TtHH TtHh ttHH ttHh
th TtHh Tthh ttHh tthh

Rasio F2 : Tinggi Hitam (9) : Tinggi Klawu (3) : Pendek Hitam (3) : Pendek Klawu (1)

Terlihat bahwa sifat dominan pejantan sangat mendominasi apabila disilangkan dengan betina resesif. Maka dapat disimpulkan bahwa, BABON CETAK yang selama ini diperbincangkan sebenarnya adalah BETINA RESESIF yaitu betina yang memiliki kualitas sifat yang tidak dapat mendominasi sifat pejantan, sehingga dominasi sifat pejantan lebih mengunguli sifat betina..

Bagaimana cara mendapatkan Babon Resesif seperti ini???
Silahkan lakukan pencarian dengan metode menyilangkan pejantan dengan sifat unggul terhadap Babon yang anda miliki, apabila dalam turunan pertama Babon tersebut sifat mendominasi seperti sifat pejantan, maka dapat hampir dipastikan. Dan untuk mendapat kepastian 99%, kawinkan kembali Babon tersebut dengan pejantan lain yang memiliki sifat unggul yang berbeda dengan pejantan awal. Bila hasilnya tetap sama, yaitu turunan Babon tersebut tetapsifat didominasi seperti sifat pejantan, maka dapat dipastikan itulah BABON RESESIF atau istilah penghobby disebut BABON CETAK...

Selamat Berkarya...

Mohon maaf kalau topik ini kurang menarik dan sudah sering diperbincangkan, tapi dlm tulisan ini, saya mencoba mngupas dari segi ilmiah...
Sekian dan terima kasih....

udah coba tuh,memang bener yang resesif pasti keturunannya dominan mirip sama yang janta

fathus
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  UNYIL.tawaang on Thu 22 Nov 2012, 00:42

sungguh............the art of breeding is never end.... Cool Cool Cool

UNYIL.tawaang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 97
Join date : 10.10.12
Lokasi : Tawaang,kab.Minsel,sulut

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Rizalkuampret on Tue 31 May 2016, 17:48

Babon cetak atau babon unggul sama sajalah... kawinin yg penting jagonya yahud babonya juga yahud

Rizalkuampret

Jumlah posting : 3
Join date : 31.05.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Administrator on Tue 31 May 2016, 18:40

Saya ngga suka babon cetak.

Karena hasil ternak tidak maju2 krn anaknya mirip bapaknya saja. Tidak ada yg lebih bagus dari bapaknya krn ibunya tidak memberikan kontribusi sifat apapun (resesif).

Ternakan yg maju itu bila anaknya lebih bagus dari pacek dan babonnya.
Jadi kita perlu babon unggulan yg menambah sifat2 baik pada anaknya.
hehehe...

Wink

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Rizalkuampret on Wed 01 Jun 2016, 06:28

Babon cetak atau babon unggul sama sajalah... kawinin yg penting jagonya yahud babonya juga yahud

Rizalkuampret

Jumlah posting : 3
Join date : 31.05.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  yudisry on Wed 01 Jun 2016, 14:50

[quote="Administrator"]Saya ngga suka babon cetak.

Karena hasil ternak tidak maju2 krn anaknya mirip bapaknya saja. Tidak ada yg lebih bagus dari bapaknya krn ibunya tidak memberikan kontribusi sifat apapun (resesif).

Ternakan yg maju itu bila anaknya lebih bagus dari pacek dan babonnya.
Jadi kita perlu babon unggulan yg menambah sifat2 baik pada anaknya.
hehehe...

Setuju dgn bang admin, babon bagus bisa upgrade kualitas ayam kita n "kandang"

yudisry
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 207
Join date : 04.03.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menjawab Fenomena Babon cetak...

Post  Sponsored content Today at 23:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik