RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  YUWONOTIKO on Sun 05 Jan 2014, 23:08

Satu hal lagi kenapa ada mitos warna kelabu banyak kalah ketika tarung sore hari menjelang magrib?

penjelasan yang logis dan ilmiah,mungkin ngak suatu hari akan ditemukan jawabnya kenapa mamalia ngak suka warna merah,unggas/burung ngak suka warna putih,dst
seandainya tarung menjelang isa' mungkin lain cerita kali ya?, apalagi menjelang subuh...ngelantur.com

Bang admin ayamnya si "mamba" masih to...? naksir.dot.com I love you lha... itu kalu tarung malam jos kali ya lha wong "Black Mamba"

YUWONOTIKO
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 63
Join date : 24.11.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  dhekoko on Sun 05 Jan 2014, 23:27

Administrator wrote:
dhekoko wrote:tapi kalo ayam takut dengan warna putih itu memang benar mas...kalo nggak percaya coba kalo punya kuthukan yang umur sekira 1mingguan, lampu penghangatnya dikasih lampu led atau lampu apapun yang pancaran cahayanya warna putih kuthukan pasti nyingkir bergerombol dipojok kandang atau cari tempat untuk berlindung dari paparan cahaya putih,..... secara insting anak ayam takut pada cahaya putih...coba kalo dikasih warna lain, nggak masalah.....
 Very Happy Very Happy Very Happy 
Menyingkir krn panas kali mas...

lampu yg mati lampu pijar 60watt, lampu pengganti pake lampu tl philip tornado 5watt daylight Very Happy
coba yang masih punya kuthukan sekita umuran 1-2minggu bisa dicoba, monggo. saya masalahnya saya baru saja ngalamin kejadian ini baru saja kemarin. Very Happy 

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  lancur_madura on Mon 06 Jan 2014, 09:39

Apa mata ayam sama kaya merpati mas admin?karna saya pernah dngar rabun senja.tapi yg bilang suka adu merpati.

lancur_madura
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 486
Join date : 28.12.13
Age : 24
Lokasi : sumenep 085331850626

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Administrator on Mon 06 Jan 2014, 11:04

YUWONOTIKO wrote:Bang admin ayamnya si "mamba" masih to...? naksir.dot.com I love you lha... itu kalu tarung malam jos kali ya lha wong "Black Mamba"
Mamba sudah meninggal mas...
 Very Happy 

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Kembangsawit on Mon 06 Jan 2014, 12:06

dhekoko wrote:
Administrator wrote:
dhekoko wrote:tapi kalo ayam takut dengan warna putih itu memang benar mas...kalo nggak percaya coba kalo punya kuthukan yang umur sekira 1mingguan, lampu penghangatnya dikasih lampu led atau lampu apapun yang pancaran cahayanya warna putih kuthukan pasti nyingkir bergerombol dipojok kandang atau cari tempat untuk berlindung dari paparan cahaya putih,..... secara insting anak ayam takut pada cahaya putih...coba kalo dikasih warna lain, nggak masalah.....
 Very Happy Very Happy Very Happy 
Menyingkir krn panas kali mas...

lampu yg mati lampu pijar 60watt, lampu pengganti pake lampu tl philip tornado 5watt daylight Very Happy
coba yang masih punya kuthukan sekita umuran 1-2minggu bisa dicoba, monggo. saya masalahnya saya baru saja ngalamin kejadian ini baru saja kemarin. Very Happy 

terlalu terang dan mungkin juga terlalu panas mas, ayam mau istirahat juga kurang nyaman..milih mojok rame2 dah...


Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Menit_21 on Mon 06 Jan 2014, 12:54

Anakan ayam bergerombol bukan disebabkan cahaya putih dari lampu, melainkan karena suhu box/kandang kurang panas. Sebaiknya menggunakan lampu pijar dgn daya 5-25 watt, jumlah tergantung besar box/kandang.

Menit_21
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 81
Join date : 11.10.12
Age : 33
Lokasi : sampit - kalimantan tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  khaddafi on Mon 06 Jan 2014, 20:59

lancur_madura wrote:Apa mata ayam sama kaya merpati mas admin?karna saya pernah dngar rabun senja.tapi yg bilang suka adu merpati.
ditempat saya saat adu merpati biasanya botoh kebut merpati pake baju dominan kuning ato merah. atau kombinasi dua warna tersebut yang dominan.
hampir tidak ada botoh adu kebut merpati yg memakai warna putih , abu abu ataupun hitam...
atau blorok..Very Happy 
padahal kalo latihan adu merpati bisa sampai magrib, tp merpati tetap bisa mengenali botohnya.meskipun pelepasannya jarak hampir 1 km...

 Twisted Evil Rolling Eyes Rolling Eyes


Terakhir diubah oleh khaddafi tanggal Tue 07 Jan 2014, 14:33, total 2 kali diubah (Reason for editing : EYD)

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  dhekoko on Tue 07 Jan 2014, 15:38

Menit_21 wrote:Anakan ayam bergerombol bukan disebabkan cahaya putih dari lampu, melainkan karena suhu box/kandang kurang panas. Sebaiknya menggunakan lampu pijar dgn daya 5-25 watt, jumlah tergantung besar box/kandang.

kalo gerombolan di tengah/ deketin lampu bener kurang panas...nah ini lampu cuma tl 5 watt gerombolnya di pojok kandang,.... Very Happy Very Happy Very Happy 

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  lancuran kencur on Wed 08 Jan 2014, 03:41

maaf bapak2 om2 n senior2, boleh saya ikut corat coret y?
setelah saya baca tulisan dari pak nur n smua komentar yg ada, saya ingin coba ikut menyimpulkn tulisan dari pak nur yg mungkin berbeda dari koment senior2 smua.klo kesimpulan saya salah mohon dbenarkn krn saya gagal total di bab perawatan n pengobatan jd hrs mulai dr awal hehehe.
kesimpulan saya gini, dtulisan pak nur djelaskan bahwa ayam lebih metespon warna kuning n merah drpd warna yg laen. n ayam jg pny memori traumatik yg merekam kejadian mencekam yg dialaminya. maksudny mungkin gini. karena yg di ingat ayam hny warna kuning dan merah, maka ayam lbih responsif kpd musuh dgn wrna tsb dbanding dgn warna lain. kmudian dkaitkan dgn trauma, ktika ayam bertarung maka dia akan ingat pukulan2 yg membuatny sakit, kaget atau berada dlm keadaan yg mencekan, gerakan2 musuhny yg bisa membuat kaget dll. itu dpt membuat trauma pd ayam.
nah ktika 2 hal itu dgabungkan maka jika seekor ayam bertemu musuh yg berwarna kuning ato metah dan kebetulan itu musuh bisa membuat trauma pd tu ayam baik rasa sakit ato kaget maka memori tu ayam akan ingat trs meski dia blm kalah/pedot/keok/apalah istilahny. nah trauma tu ayam cepat masuk dlm memmory dbandingkan dgn trauma yg dtimbulkan oleh warna selain kuning dan merah. nah akibat trauma itu maka ketika ayam bertemu dgn ayam lain yg berwarna sama kuning ato merah maka trauma itu terputar kembali alhasil menurunkan respon si ayam trhadap gerakan2 musuhny. krn sdh trauma gerakanny jd melambat. nah jika trauma itu terulang trs maka lama2 ayam itu akan takut/leres/pedot pada warna kuning dan merah meskipun ayam itu blm pernah keok lwn warna kuning ato merah. dan hal ini tdk berlaku utk warna selain kuning n merah. y meski trauma yg berulang pasti bisa menyebabkan ayam leres tp jk dtambah warna yg mudah di ingat efekny jd lbih dahsyat. ibaratny 2 faktor penyebab (warna+kejadian) dibanding hny 1 faktot (kejadian). krn selain warna kuning n merah hny kejadianny saja yg membuat trauma.
itulah knp warna kuning n merah lbih dsukai mbah2 jaman dulu.krn ayam bisa tiba2 lari hny dgn melihat warna ato kepukul g sengaja yg membuatny kaget krn tu ayam sudah mengalami trauma akut.

kira2 bgitu kesimpulan saya dr tulisan pak nur. maaf jk membingungkan krn saya g pinter nulis seperti pak cimahpar/pak polpot n saya g bisa menjelaskan sejelas om admin.
kalo salah mohon koreksiny krn saya masih anak ayam yg gagal di bab perawatan n pengobatan..

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Kembangsawit on Wed 08 Jan 2014, 05:17

Jika. Keok dengan ayam selain kuning dan merah misal kelabu dan putih kesimpulannya sama atau beda?

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  khaddafi on Wed 08 Jan 2014, 07:45

tambah bingung nich?
kalo saya ambil gampangnya pada manusia aja...
kalo kita lihat perempuan sexy berbikini warna merah, kenapa kita jadi lebih agresif dibandingkan berbikini warna putih ato abu abu atau warna hitam?.
atau blorok...

jadi pada ayam mungkin agresifitas bertarung aja yang lebih dominan, namun bukan dia tidak mau bertarung pada warna yang lain.


jangan ngeres ya.... Very Happy 

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  ucing garong on Wed 08 Jan 2014, 11:35

khaddafi wrote:tambah bingung nich?
kalo saya ambil gampangnya pada manusia aja...
kalo kita lihat perempuan sexy berbikini warna merah, kenapa kita jadi lebih agresif dibandingkan berbikini warna putih ato abu abu atau warna hitam?.
atau blorok...

jadi pada ayam mungkin agresifitas bertarung aja yang lebih dominan, namun bukan dia tidak mau bertarung pada warna yang lain.


jangan ngeres ya.... Very Happy 


Nah.... ini nggak bikin bingung, soalnya sinyalnya bisa langsung dideteksi...  Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil 

ucing garong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 263
Join date : 27.03.13
Lokasi : depok

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  lancuran kencur on Wed 08 Jan 2014, 11:50

Kembangsawit wrote:Jika. Keok dengan ayam selain kuning dan merah misal kelabu dan putih kesimpulannya sama atau beda?

jika keok y udah selesai.krn dia trauma pd pertarungan dengn warna apapun.krn mentalny udah jatuh.ibaratny manusia mengalami trauma akut stadium 7 yg mengakibatkn pobia pd suatu kejadian.y itu pendapat saya pak.
dan koment saya diatas hny mnarik kesimpulan dr tulisan pak nur berikut
NUR WAKHID wrote: Sensifitas Mata Ayam Petarung Terhadap Warna

BENARKAH?
Dari sejarah babad cerita jawa.... pernah diceritakan... bahkan menjadi panduan katuragan botoh-botoh jawa dalam tulisannya.... trah...ayam juara adalah berwarna wiring kuning dan wiring galih mengapa demikian....???
Ilmu pengetahuan menjelaskannya secara detail kaitan warna terhadap memori dan daya respons penglihatan ayam terhadap agresifitasnya .
Berdasarkan penelitian ayam mempunyai penglihatan yang sangat buruk.... bahkan pada kondisi kurang cahaya/redup ayam tidak bisa menterjemahkan warna dengan baik, atau sering disebut dengan rabun ayam/rabun senja.
Mata ayam hanya mampu merespons warna-warna cerah seperti merah dan kuning, pada penelitian ini pakan dan minum diletakkan pada tempat pakan dengan warna yang berbeda, yakni : putih, hitam, merah, biru, hijau, dan kuning, ternyata dari persentase jumlah pakan yang berkurang lebih banyak di tempat pakan yang berwarna merah dan kuning.
Ayam juga memiliki memori terhadap cenkaman yang sangat kuat, seumpama ada binatang buas yang pernah menyakitinya, atau kaget oleh sesuatu, atau kelelahan dikejar-kejar, otak ayam akan mengkode kondisi tersebut menjadi traumatik akut .
kesimpulan :
1. maka sangat jelaslah bahwa ayam dapat merespons warna dengan baik hanya pada warna kuning dan merah.
2. ayam punya memori terhadap cekaman yang tinggi.
Sehingga apabila ayam merasa disakiti oleh lawan dalam pertarungan dengan musuh yang berwarna kuning atau merah maka penglihatannya sangat jelas merespons untuk mengkode traumatik akibat sakit pukulan musuh.... apabila ayam sudah trauma akut... maka secara naluriah agresifitas siayam akan turun/hilang.... ia akan cenderung menghindari atau lari, atau yang sering disebut jatuh mental/ayam leres

[img][/img]
saya hny anak ayam yg masih cetek ilmuny soal ayam.saya hny bisa menarik kesimpulan dari tulisan/postingan dr senior2.saya masih blm bisa menarik kesimpulan dr pertarungan 2 ayam.bgmn mnilai lbh bgs yg mana/solah yg lbih bgs yg mn/lngkag kaki yg lbih bgs yg mn dll dr pertarungn 2 ayam tsb.
lha wong saya blm lulus dari bab memilih ayam ideal n gagal total di bab perawatan n pengobatan kok hehehe

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Kembangsawit on Wed 08 Jan 2014, 12:28

lancuran kencur wrote:
Kembangsawit wrote:Jika. Keok dengan ayam selain kuning dan merah misal kelabu dan putih kesimpulannya sama atau beda?

jika keok y udah selesai.krn dia trauma pd pertarungan dengn warna apapun.krn mentalny udah jatuh.ibaratny manusia mengalami trauma akut stadium 7 yg mengakibatkn pobia pd suatu kejadian.y itu pendapat saya pak.
dan koment saya diatas hny mnarik kesimpulan dr tulisan pak nur berikut
NUR WAKHID wrote: Sensifitas Mata Ayam Petarung Terhadap Warna  

BENARKAH?
Dari sejarah babad cerita jawa.... pernah diceritakan... bahkan menjadi panduan katuragan botoh-botoh jawa dalam tulisannya.... trah...ayam juara adalah berwarna wiring kuning dan wiring galih mengapa demikian....???
Ilmu pengetahuan menjelaskannya secara detail kaitan warna terhadap memori dan daya respons penglihatan ayam terhadap agresifitasnya .
Berdasarkan penelitian ayam mempunyai penglihatan yang sangat buruk.... bahkan pada kondisi kurang cahaya/redup ayam tidak bisa menterjemahkan warna dengan baik, atau sering disebut dengan rabun ayam/rabun senja.
Mata ayam hanya mampu merespons warna-warna cerah seperti merah dan kuning, pada penelitian ini pakan dan minum diletakkan pada tempat pakan dengan warna yang berbeda, yakni : putih, hitam, merah, biru, hijau, dan kuning, ternyata dari persentase jumlah pakan yang berkurang lebih banyak di tempat pakan yang berwarna merah dan kuning.
Ayam juga memiliki memori terhadap cenkaman yang sangat kuat, seumpama ada binatang buas yang pernah menyakitinya, atau kaget oleh sesuatu, atau kelelahan dikejar-kejar, otak ayam akan mengkode kondisi tersebut menjadi traumatik akut .
kesimpulan :
1. maka sangat jelaslah bahwa ayam dapat merespons warna dengan baik hanya pada warna kuning dan merah.
2. ayam punya memori terhadap cekaman yang tinggi.
Sehingga apabila ayam merasa disakiti oleh lawan dalam pertarungan dengan musuh yang berwarna kuning atau merah maka penglihatannya sangat jelas merespons untuk mengkode traumatik akibat sakit pukulan musuh.... apabila ayam sudah trauma akut... maka secara naluriah agresifitas siayam akan turun/hilang.... ia akan cenderung menghindari atau lari, atau yang sering disebut jatuh mental/ayam leres

" />
saya hny anak ayam yg masih cetek ilmuny soal ayam.saya hny bisa menarik kesimpulan dari tulisan/postingan dr senior2.saya masih blm bisa menarik kesimpulan dr pertarungan 2 ayam.bgmn mnilai lbh bgs yg mana/solah yg lbih bgs yg mn/lngkag kaki yg lbih bgs yg mn dll dr pertarungn 2 ayam tsb.
lha wong saya blm lulus dari bab memilih ayam ideal n gagal total di bab perawatan n pengobatan kok hehehe

berarti kesimpulan ini sudah tepat atau masih mungkin?

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Kembangsawit on Wed 08 Jan 2014, 12:36

lalu apa yang terjadi dengan ayam kampung lokal, keok kembali lagi, keok kembali lagi...apakah ayam tersebut tidak mampu merespon adanya trauma setelah keok lari.

atau memang hanya terjadi pada ayam bangkok saja, sekali pakai istilahnya.



warna ayam sangat bermacam-macam

kemudian ada hal menarik yaitu aduan, manusia membuat aturan, menyebarkan mitos dan meyakini suatu kejadian dan disebar luaskan menjadi mitos.

lalu hubungannya dengan naluri ayam bertarung dengan warna itu dimana?

ada legenda hidup AI JAE warna yang dimiliki ayam tersebut apa saja? silahkan dilihat sendiri.
dengan pemberitaan yang spektakuler maka ayam tersebut menjadi seekor yang melegenda.

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  lancuran kencur on Wed 08 Jan 2014, 13:33

em.....gmn pak y? saya jd binggung dgn pertanyaan bpk. saya hny anak ayam yg ilmuny paling tiarap soal ayam di forum ini.
jd saya hny mencoba menarik kesimpulan dari tulisan pak nur, yg berisi warna kuning dan merah lebih diingat oleh ayam dibandingkan warna yg laen dan jg kecenderungan ayam yg mudah trauma akan kejadian2 yg mencekam. dari kedua hal itu saya menarik kesimpulan sepeti komen saya diatas. komen itu bukan berdasar dr kenyataan di lapangan.tp berdasar artikel pak nur dan sesuai kemampuan logika berfikir otak saya yg terbatas ini.
mungkin krn saya tdk pintar dlm mengutarakan maksut saya, jd tdk tersampaikan dgn baik apa yg saya maksut. shg muncul pertanyaan2 yg membuat saya binggung. dan di artikelny pak nur tdk dijelaskn lbih lanjut. utk bisa saya simpulkan lg guna menjawab pertanyaan bapak.

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  YUWONOTIKO on Wed 08 Jan 2014, 15:42

khaddafi wrote:tambah bingung nich?
kalo saya ambil gampangnya pada manusia aja...
kalo kita lihat perempuan sexy berbikini warna merah, kenapa kita jadi lebih agresif dibandingkan berbikini warna putih ato abu abu atau warna hitam?.
atau blorok...

jadi pada ayam mungkin agresifitas bertarung aja yang lebih dominan, namun bukan dia tidak mau bertarung pada warna yang lain.


jangan ngeres ya.... Very Happy 



lha sing iki aku cocok....mesti....mak Jruot..... gletak

YUWONOTIKO
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 63
Join date : 24.11.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  suprafarm on Sat 22 Mar 2014, 20:27

selaku ilmuan(ilmu siluman) saya mencoba menyampaikan fakta ada bebrapa hewan yg peka terhadap warna,contoh singa,karena singa betina akan lbh tertarik kpd singa jantan yg wrna bulu lehernya lebih gelap,sekarang jenis unggas,contoh burung merak betina lebih tertarik pada warna jantan yg mencolok,merpati juga bisa membedakan warna pasanganya, lah dari kesimpulan diatas maka ayam juga demikian dapat membedakan warna,jadi selama ayam pernah menghadapi ayam warna terang yg pukulnya berat dan sampe kalah maka dia akan ingat sewaktu menghadapi ayam yang berwana sama dengan ayam yg mengalahkanya. coba buktikan sendiri biar percaya namun untuk warna apa yg paling bagus diantara semua warna ayam saya kira tidak ada kadarnya antara warna satu dengan yg laen kecuali warna kuning mulus cewek2 cina indo yg lagi promoin mobil sewaktu ada pameran haaaaaaaaaaaaaaaaaaa mantapppp

suprafarm
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 16.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  losi on Tue 25 Mar 2014, 21:58

ikut belajar neh...

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  jawara on Sun 30 Mar 2014, 16:39

CUMA MITOS...

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: RESPON PENGLIHATAN AYAM PADA WARNA

Post  Sponsored content Today at 05:12


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik