Leher menjadi tengleng

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Leher menjadi tengleng

Post  Lan9it on Wed 12 May 2010, 12:39

Tooolooong.. Jagoku 1 thn lehernya mnjd tengleng/melintir sndiri n g fokus saat makan, apakah ini efek dr pnykit snot n crd nya walau sdh smbuh total atau ada hal lainnya??trus apakah permanen??mohon bimbingan para tetua dunia persilatan ayadu...

Lan9it
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 22.04.10
Age : 31
Lokasi : Ciputat - Jakarta Selatan

http://www.paradisme.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  masapip on Fri 14 May 2010, 06:30

Tengleng yg d maksud itu apa sama dgn telo (leher mlintir, makan juga gak fokus, jalanya mutar2). Kalau sama dgn telo itu setahuku tanda kena ND mas. Maaf kalo kliru... monggo rekan2 lain nambahi.

masapip
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 235
Join date : 25.04.10
Age : 38
Lokasi : Udanawu Blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Administrator on Fri 14 May 2010, 09:39

Betul kata masapip. Tengleng adlh krn serangan penyakit Tetelo (ND).
Sangat sedikit ayam yg bisa tetap hidup bila kena ND. Tapi, bagi yg bisa bertahan, akibatnya saraf2 jadi rusak, sehingga jadi celeng.

Berita baiknya, ayam yg celeng, biasanya menjadi kuat (imun/kebal) thdp penyakit ND. Kalau ada serangan ND lagi, ia bisa bertahan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

tengleng...

Post  ebben on Fri 14 May 2010, 10:23

maaf bang,
dlu pnya ak jg gt, kata orang - orang tua ditempat ak gni "ayam yg kena gtuan harus sering dijemur ma dikasih merica aja". trus aku coba dech, eh ternyata sembuh jg. ndak tau itu kebetulan atau emang gt obatnya.

Mohon maaf jika pendapat saya salah, monggo para senior menambahi atau ngasih resep yg lebih ampuh.

Salam Pemula.

.

ebben
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 119
Join date : 25.01.10
Age : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  cece on Fri 14 May 2010, 10:53

Saya juga pernah puny pengalman gitu.tapi katany itu gara2 over dosis obat.awalny ayam kena telo trz tak kasih bodrek.ayamny seh sembuh tp tengleng.trz ayamny jd kurus krn susah makan.dr pada ga sempat,y tak potong,jd gule.jd maaf mas ga bisa bantu...he2.kalo udah Pasrah,aman buat di konsumsi kok..he2

cece
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 13.04.10
Age : 33
Lokasi : Sumsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Administrator on Fri 14 May 2010, 10:59

Pada prinsipnya, segala penyakit yg disebabkan oleh virus, tidak ada obatnya.
Cara penanggulangan yg terbaik hanya lewat vaksinasi. Pengobatan yg diberikan hanya berfungsi utk meringankan gejalanya saja.

Akibat kena virus ND, syaraf jadi rusak. Tapi lama kelamaan, akhirnya bisa sembuh juga koq...
Tapi pada beberapa ayam, gejala celengnya suka kumat.
Apalagi kalau digebrak. Baru kena samber sayap aja udah guling2 ilang keseimbangan.

Kalau memang ayamnya bagus, bisa dijadikan pacek.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Tamu on Fri 14 May 2010, 12:03

coba periksa urat2 halus dilehernya, biasanya ada aliran darah yg tidak lancar (menggumpat dan kebiruan)...
kalo ketemu coba tusuk / lobangin sehingga darahnya keluar...
biasanya setelah darah itu keluar, lebih gampang diobatinnya.

Nb. cukup darah yg menggumpal yg dikeluarkan.... jangan semua darah ya he he he

Salam,

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Joko on Fri 14 May 2010, 17:53

Urang Lembur wrote:coba periksa urat2 halus dilehernya, biasanya ada aliran darah yg tidak lancar (menggumpat dan kebiruan)...
kalo ketemu coba tusuk / lobangin sehingga darahnya keluar...
biasanya setelah darah itu keluar, lebih gampang diobatinnya.

Nb. cukup darah yg menggumpal yg dikeluarkan.... jangan semua darah ya he he he

Salam,

Sebelum ditusuk sebaiknya disiapkan dulu bumbu2nya, arang, minyak dan penggorengan wawakwkawk

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Tamu on Mon 17 May 2010, 10:12

Joko wrote:
Urang Lembur wrote:coba periksa urat2 halus dilehernya, biasanya ada aliran darah yg tidak lancar (menggumpat dan kebiruan)...
kalo ketemu coba tusuk / lobangin sehingga darahnya keluar...
biasanya setelah darah itu keluar, lebih gampang diobatinnya.

Nb. cukup darah yg menggumpal yg dikeluarkan.... jangan semua darah ya he he he

Salam,

Sebelum ditusuk sebaiknya disiapkan dulu bumbu2nya, arang, minyak dan penggorengan wawakwkawk


Wakakakakakakak.....
Pengalaman pahitnya he he he....

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Oke..

Post  Lan9it on Mon 17 May 2010, 11:38

sebelumnya Terima kasih banyak bwt para senior .. nah seperti di atas lah perilakunya ... trus apakah walaupun hidup mungkinkah permanen n tdk bs d turunkan lagi... lalu kalau saya pacekkan apakah tidak apa-apa saya takutnya nti menurun ke anakan ??? mohon bimbingannya ..

Lan9it
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 22.04.10
Age : 31
Lokasi : Ciputat - Jakarta Selatan

http://www.paradisme.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Findra on Mon 17 May 2010, 21:21

Salam papaji,saya mau nanya jg..Ayam milik tmn saya sekitar 1 bln lalu diabar..tp sekitar 3 hari kemudian ayamnya sakit..ggk tau sakit apa.Kelihatannya berak putih,krn kotorannya cairan b'warna putih..Tp skrg stlah agak baikan..,kepalanya jd muter ggk karuan..Lehernya jd turun kebwh trus melengkung keatas n kplanya menghadap kesamping.Jd ggk karuan..
Itu krn habs diabar atau krn ND?..tp ayam yg lainnya ggk ada yang kena n shat2 aja..Kalau pengaruh abaran,bs ggk dipulihkan kmbli lehernya?Makasih..

Findra
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 05.02.10
Age : 35
Lokasi : Bangka Belitung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  opik_98 on Mon 17 May 2010, 22:26

Lan9it wrote:sebelumnya Terima kasih banyak bwt para senior .. nah seperti di atas lah perilakunya ... trus apakah walaupun hidup mungkinkah permanen n tdk bs d turunkan lagi... lalu kalau saya pacekkan apakah tidak apa-apa saya takutnya nti menurun ke anakan ??? mohon bimbingannya ..
bisa diturunkan lagi mas asal sdh sembuh total tp biasanya ga sempurna seperti dulu lg klo msalah turunan ga mungkin teler seperti paceknya ini pengalaman saya yg punya pacek kaya punya mas saya namain siteler tp anaknya bagus2 ga teler kaya bapaknya.. Very Happy

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

OBAT TENGLENG COBA DENGAN...

Post  eeng on Tue 25 May 2010, 10:04

saya punya pengalaman mas sampai-sampai hampir prustasi jadi ceritanya gini.. waktu itu babon kesayangan sy setelah sembuh lehernya melintir jadi waktu dikurung di kandang setiap jatuh mengglepar... akhirnya setiap sore saya suntik dengan B-Complek khusus utk hewan (dosis 1ml) di dada kiri dan kanan bergantian setiap hari selama 2 mgg & tidurnya dikisa makan disuapi.. sy gak tau mukjizat atau memang pengaruh vitaminnya tp alhamdulillah sampai sekarang babon saya normal kembali ngeluarin anak juga sehat2. yang penting klo kita ngobati ayam kita harus yakin bisa sembuh & tetap semangat... moga bermanfaat

eeng
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 06.05.10
Age : 40
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  ferry bun on Tue 25 May 2010, 23:24

eeng wrote:saya punya pengalaman mas sampai-sampai hampir prustasi jadi ceritanya gini.. waktu itu babon kesayangan sy setelah sembuh lehernya melintir jadi waktu dikurung di kandang setiap jatuh mengglepar... akhirnya setiap sore saya suntik dengan B-Complek khusus utk hewan (dosis 1ml) di dada kiri dan kanan bergantian setiap hari selama 2 mgg & tidurnya dikisa makan disuapi.. sy gak tau mukjizat atau memang pengaruh vitaminnya tp alhamdulillah sampai sekarang babon saya normal kembali ngeluarin anak juga sehat2. yang penting klo kita ngobati ayam kita harus yakin bisa sembuh & tetap semangat... moga bermanfaat
Virus ND sepengetahuan saya ngak ada obatnya yang tepat. Klwpun ada hanya pencegahan dan supaya tidak berdampak efek negativ yg lebih luas..dengan melalui vaksin ND.
Kejadian tengleng disebabkan oleh virus telah menjerang syaraf motorik ayam. Pengobatan dengan suntik vit.B comp. Sangatlah tepat.serta berikan pola pakan protein tinggi untuk memperbaiki syaraf motorik yang terdampak..
Bila ayam yg sudah kelihatan.normal dan sembuh jadikan pacek saja .dan tidak disarankan untuk tarung lagi.
Salam ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Leher menjadi tengleng

Post  Sponsored content Today at 22:25


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik