Memendekan taji atau jalu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Memendekan taji atau jalu

Post  Refal on Mon 27 May 2013, 13:50

Maaf para senior mohon pendapatnya, ayam saya tajinya agak panjang. Dan skrng mau saya pendekan dengan cara di kerik, nah masalahnya kan capuri taji tersebut panjang juga. Kalo capurinya kena atau berdarah itu bagaimana cara mengatasinya agar lukanya cepet sembuh. rencana mau saya pendekin sekitar 1,5cm agar pas dikalang ketemu ayam muda minimal tidak ketemu jalu panjang lagi seperti yang sudah-sudah walaupun ayam saya menang, ayam tetap aja rusak dan kepalanya sobek akibat kena taji yang panjang.

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 32
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  slammy on Mon 27 May 2013, 15:35

dr ulasan yg sebelum2nya sih ktnya pakai kentang atau singkong panas (dikukus) trus ditancapkan ke jalu, diamkan kira2 1-2 menit nanti kecabut sendiri jalu luarnya, jalu muda dioles rivanol atau antiseptik, nanti kalau udah kering bisa dikapurin biar cepat keras Very Happy

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Refal on Mon 27 May 2013, 17:42

slammy wrote:dr ulasan yg sebelum2nya sih ktnya pakai kentang atau singkong panas (dikukus) trus ditancapkan ke jalu, diamkan kira2 1-2 menit nanti kecabut sendiri jalu luarnya, jalu muda dioles rivanol atau antiseptik, nanti kalau udah kering bisa dikapurin biar cepat keras Very Happy
Mas Slammy, Kira-kira berapa lama sembuhnya sampai bisa diaduin kembali?

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 32
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  slammy on Mon 27 May 2013, 21:46

Refal wrote:
slammy wrote:dr ulasan yg sebelum2nya sih ktnya pakai kentang atau singkong panas (dikukus) trus ditancapkan ke jalu, diamkan kira2 1-2 menit nanti kecabut sendiri jalu luarnya, jalu muda dioles rivanol atau antiseptik, nanti kalau udah kering bisa dikapurin biar cepat keras Very Happy
Mas Slammy, Kira-kira berapa lama sembuhnya sampai bisa diaduin kembali?

sembuhnya sih paling seminggu udh kering mas, tp itu kan jalu muda perlu waktu biar keras lagi, ya minimal sebulan lah

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Administrator on Mon 27 May 2013, 23:29

- Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi capuri jalu pasti berdarah.

Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tsb kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori2 jalu yg berdarah.

Dgn diiris, luka pada jalu akan cepat sembuh dan jalu tetap tajam.

Trust me, it's work (L-Men mode)
hehehe....
Very Happy



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Walang Sangit on Tue 28 May 2013, 00:17

Administrator wrote:- Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi capuri jalu pasti berdarah.

Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tsb kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori2 jalu yg berdarah.

Dgn diiris, luka pada jalu akan cepat sembuh dan jalu tetap tajam.

Trust me, it's work (L-Men mode)
hehehe....
Very Happy


saya baru tahu bos, kalau serbuk lilin
bisa berfungsi menutup luka...

thx.

Walang Sangit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 26.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  naga24 on Tue 28 May 2013, 21:35

Administrator wrote:- Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi capuri jalu pasti berdarah.

Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tsb kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori2 jalu yg berdarah.

Dgn diiris, luka pada jalu akan cepat sembuh dan jalu tetap tajam.

Trust me, it's work (L-Men mode)
hehehe....
Very Happy



study study study bounce

naga24
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 15.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Cah_Erap on Wed 29 May 2013, 20:20

Administrator wrote:- Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi capuri jalu pasti berdarah.

Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tsb kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori2 jalu yg berdarah.

Dgn diiris, luka pada jalu akan cepat sembuh dan jalu tetap tajam.

Trust me, it's work (L-Men mode)
hehehe....
Very Happy



bisa dipraktekkan nih utk bogoran di kandang... Smile

Cah_Erap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 148
Join date : 19.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  naga24 on Thu 30 May 2013, 22:32

study study

naga24
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 15.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  opik_98 on Fri 31 May 2013, 10:30

Administrator wrote:- Raut dulu jalu sampai sependek mungkin.
- Iris atau seset miring menggunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, harus disetel supaya arah jalu tetap 'jahat'. Biasanya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan dan jalu tetap tajam. Tapi capuri jalu pasti berdarah.

Cara mengatasi luka pendarahan pada jalu yg diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin tsb kurang lebih seujung jari, lalu tumbuk sampai halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yg berdarah dioles serbuk lilin sambil di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori2 jalu yg berdarah.

Dgn diiris, luka pada jalu akan cepat sembuh dan jalu tetap tajam.

Trust me, it's work (L-Men mode)
hehehe....
Very Happy


apa jalunya nanti ga bolong mas bekas capuri yg tdnya berdarah biasanya klo kering bolong mas...?

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Administrator on Fri 31 May 2013, 10:40

opik_98 wrote:apa jalunya nanti ga bolong mas bekas capuri yg tdnya berdarah biasanya klo kering bolong mas...?
Bukan bolong. Tapi agak cekung krn capuri mengering dan 'ciut' ke dalam.
Lama2 akan kembali normal.

Meskipun cekung/bolong, tapi jalu tetap tajam.
Ga masalah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Refal on Sat 01 Jun 2013, 13:09

Maaf bang admin saya mau tanya nih? kalo setelah di kerik atau di seset pake cuter dan kondisi udah pendek sesuai dengan yg di inginkan, kemudian di tetesin pake lelehan lilin yang tengah di bakar. Dengan tujuannya darah yg ada dalam taji atau capurinya bisa membeku dan pertumbuhan jalu bisa terhambat. nah kalo seperti itu ada efeknya tidak bagi taji ayam semisal taji ayam ntinya jadi rapuh dan gampang ngelupas akibat darah yang membeku? sekian pertanyaan dari saya terima kasih.

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 32
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Administrator on Sat 01 Jun 2013, 17:24

Refal wrote:Maaf bang admin saya mau tanya nih? kalo setelah di kerik atau di seset pake cuter dan kondisi udah pendek sesuai dengan yg di inginkan, kemudian di tetesin pake lelehan lilin yang tengah di bakar. Dengan tujuannya darah yg ada dalam taji atau capurinya bisa membeku dan pertumbuhan jalu bisa terhambat. nah kalo seperti itu ada efeknya tidak bagi taji ayam semisal taji ayam ntinya jadi rapuh dan gampang ngelupas akibat darah yang membeku? sekian pertanyaan dari saya terima kasih.
Saya belum pernah pakai tetes lilin mas...
Tapi menurut saya, lilinnya ngga akan nempel krn terbuat dari minyak, sementara darah yg keluar adlh 'water base'.

CMIIW



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Menit_21 on Sun 02 Jun 2013, 19:52

Salam para senior2,
Sya biasanya memendekkan jalu ayam tidak mengeluarkan darah. Caranya pun mudah, sebelumnya siapkan sebatang kayu ukuran skitar 5x5 cm atau benda lain yg serupa (palu dll).
Jalu ayam dipukul2 dgn menggunakan kayu atau benda tsb selama kurang lebih 5 menit smp kaki ayam kesemutan. Setelah itu baru dipotong/dipendekkan jalunya menggunakan cutter atau pisau lipat, penggunaan rivanol atau alkohol hanya untuk mencegah infeksi.
Sekian, trim's

Menit_21
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 81
Join date : 11.10.12
Age : 33
Lokasi : sampit - kalimantan tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Administrator on Sun 02 Jun 2013, 23:56

Menit_21 wrote:Salam para senior2,
Sya biasanya memendekkan jalu ayam tidak mengeluarkan darah. Caranya pun mudah, sebelumnya siapkan sebatang kayu ukuran skitar 5x5 cm atau benda lain yg serupa (palu dll).
Jalu ayam dipukul2 dgn menggunakan kayu atau benda tsb selama kurang lebih 5 menit smp kaki ayam kesemutan. Setelah itu baru dipotong/dipendekkan jalunya menggunakan cutter atau pisau lipat, penggunaan rivanol atau alkohol hanya untuk mencegah infeksi.
Sekian, trim's
Bagaimana kita bisa tau kaki ayam sudah kesemutan atau belum?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Menit_21 on Mon 03 Jun 2013, 01:02

Salam bang admin,

Ditandai dengan aliran darah pada alur sisik kaki ayam sudah berubah agak pucat dan kaki ayam lemes (tidak berontak lg stlh 5 menit). Memukul2 jalu dgn kayu atau benda sejenis harus dilakukan dgn cepat dan ringan (tidak perlu pakai tenaga besar ntar patah jalunya). Trim's

Menit_21
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 81
Join date : 11.10.12
Age : 33
Lokasi : sampit - kalimantan tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memendekan taji atau jalu

Post  Sponsored content Today at 07:55


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik