Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Tue 25 Jun 2013, 21:59


Bang admin, hasil inbred sy sekarang sudah bisa diabar. Ada lima jantan. Hasil inbred biang ciker sama anaknya yang jantan traktor. Traktor tipe peluk.

Secara umum kelima anak jantan hasil inbred bagus penampilan dan fisik kayak ayam hasi croos. Tipe solah empat mainnya atas bawah, satu dominan kontrol aktif. Pukulan rata-rata bagus dari depan (pukul sakit). Pukul Samping dan belakang bego' semua alias tidak bisa pukul rapat.

Beberapa saya abar, sering kalah leher jika ketemu lawan tipe peluk dan ngalung. Beruntung solahnya atas bawah, ketika kalah leher langsung rapat ke bawah atau masuk sayap. Si traktor dan biang ciker memang agak pendek leher.

Sy mau tanya, gimana cara ngilangin leher pendek pada tahapan berikutnya. Linbred tak mungkin dilakukan karena mayoritas pamannya leher pendek. Apa dicrosbred saja dulu y bang admin dengan betina atau jantan yang leher ideal. Sy ad satu betina, anak dari sibotak, bapaknya traktor dengan betina lain, ukuran lehernya ideal. Msh satu tipe sm traktor, tipe peluk.

Oya bang admin, kenapa y makin sering inbred, kok malah ukuran ayam banyak yang kecil? Salam

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  wulung.ireng on Tue 25 Jun 2013, 22:31

Ikt nyimak

wulung.ireng
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 162
Join date : 13.03.13
Lokasi : Indramayu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  jagopedot on Wed 26 Jun 2013, 00:55

Menarik..ijin nyimak

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Administrator on Wed 26 Jun 2013, 01:15

Sblm sy jawab, sedikit bertanya dulu.
Kenapa pengen leher panjang?
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Wed 26 Jun 2013, 06:40

@admin: ya gk panjang-panjang amat lehernya bang admin? Heeee. Yg penting proporsional untuk bisa tengok dengan baik. Leher pendek ternyata kurang punya kuncian yang baik? Jadi sy ingin ditahap berikutnya, anakan ayam sy punya tengok yg baik dan pukulan sakitnya tidak hilang.

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  squallj on Wed 26 Jun 2013, 07:27

sundul biar cepet dijawab ijin nyimak Smile

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Administrator on Wed 26 Jun 2013, 09:20

musthofa bisri wrote:@admin: ya gk panjang-panjang amat lehernya bang admin? Heeee. Yg penting proporsional untuk bisa tengok dengan baik. Leher pendek ternyata kurang punya kuncian yang baik? Jadi sy ingin ditahap berikutnya, anakan ayam sy punya tengok yg baik dan pukulan sakitnya tidak hilang.  
Menurut saya, leher agak pendek juga bisa 'nikung' koq. Yg penting memiliki posisi yg bagus utk melakukan itu.
Bagaimana mendapatkan posisi yg bagus buat nikung? Tentunya harus punya langkah kaki yg bagus juga. Sy kira hal ini justru yg lebih penting ketimbang nikungnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Wed 26 Jun 2013, 10:00

Langkah kaki????

Si traktor emang nikungnya cepat, tapi kurang tajam, tidak langsung ngunci. Langkahnya saya akui memang gradas grudus. Meski posisi kalung suka kelewat, sehingga memberi celah musuh memukul.

Terus sy mesti gimana bang admin? Apa yg harus sy prioritaskan sekarang? Apa perbaiki langkah dulu? Kalau iya, berdasarkan penjelasan sy sebelumnya, apa yg mesti sy lakukan. Apa sy harus memulai lagi dari awal? Trims

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Administrator on Wed 26 Jun 2013, 10:48

musthofa bisri wrote:Langkah kaki????

Si traktor emang nikungnya cepat, tapi kurang tajam, tidak langsung ngunci. Langkahnya saya akui memang gradas grudus. Meski posisi kalung suka kelewat, sehingga memberi celah musuh memukul.

Terus sy mesti gimana bang admin? Apa yg harus sy prioritaskan sekarang? Apa perbaiki langkah dulu? Kalau iya, berdasarkan penjelasan sy sebelumnya, apa yg mesti sy lakukan. Apa sy harus memulai lagi dari awal? Trims
Ayam masih muda memang suka grasa grusu. Belum tenang dan masih cari2 pola main.
Ini krn pengalamannya masih kurang. Nanti lambat laun grasa grusunya akan berkurang.
Posisi kalung yg suka kelewat sementara ini tidak masalah. Yg penting kita tau niatnya memang mau kalung.

Jadi menurut saya, leher panjang bukan prioritas utama. Kita kembangkan dulu teknik dan pukulnya yg sesuai keinginan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Kadirvanhoten on Wed 26 Jun 2013, 11:15

Ijin ikut nyimak broo, sembari nunggu om admin nerangin masalah ukuran yang cenderung mengecil karena terlalu sering inbreed..punya problem yang sama juga nih di kandang emplek2 saya, hehe..Embarassed
studystudystudy

Kadirvanhoten
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 481
Join date : 09.12.11
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Sad Rizal on Wed 26 Jun 2013, 12:06

Kadirvanhoten wrote:Ijin ikut nyimak broo, sembari nunggu om admin nerangin masalah ukuran yang cenderung mengecil karena terlalu sering inbreed..punya problem yang sama juga nih di kandang emplek2 saya, hehe..Embarassed
studystudystudy
Ho'oH

Sad Rizal
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 09.01.13
Lokasi : Padang, West Sumatera

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  kubil88 on Wed 26 Jun 2013, 16:34

minta ijin gelar tiker biar enak nyimak nya sambil ngopi2

kubil88
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 62
Join date : 01.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  sigombak on Wed 26 Jun 2013, 17:31

mhn izin numpang melaporkan jg melalui tritnya mas Mustofa....

Saya sdg dlm proses pembesaran anak2 inbreed yg diambil dr galur pacek dan babon...

Saat ini umur anak inbreed sekitar 2 bulanan...
Dlm pertumbuhannya, dr kecil anak2 inbreed ini sakit2an, beberapa diantaranya mati dlm kondisi badan kurus kering.. Pd hal ayam msh dlm kandang anakan dg pemanas bola lampu...

Saat ini dr galur pacek hanya tersisa satu anakan jantan. Kondisi badan sangat kurus, lemas dan bdn bongkok dg tulang dada menonjol (anehnya mknnya selalu banyak)..

Dr galur babon, tersisa 6 ekor, 5 kondisi sehat dan 1 kurus lemas tulang dada menonjol...

Dlm pengamatan saya, sejak menetas anak2 inbreed ini seperti kesulitan bernafas. Megap2..

Walau awal menetas fisiknya normal, lama2 pertumbuhannya krg bagus.. Satu anak kakinya ciker dua2nya (yg ciker ini udah mati)...

Laporan selesai... Wekekekeke

sigombak
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 598
Join date : 13.04.12
Lokasi : Muara Tebo / Muara Bungo/ Jambi

http://www.penggilablog.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Wed 26 Jun 2013, 18:15

Silahkan yg mau curhat disini, mumpung lagi dipantau bang admin. Heeeee

@bang admin, soal inbred yg kecil-kecil gmn? Apa memang begitu.

@bang admin, ad gk ayam bang admin yg leher pendek tapi nikungnya bagus? klo di video di blognya yg mana yg leher pendek?

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  NUR WAKHID on Thu 27 Jun 2013, 07:18

musthofa bisri wrote:Silahkan yg mau curhat disini, mumpung lagi dipantau bang admin. Heeeee

@bang admin, soal inbred yg kecil-kecil gmn? Apa memang begitu.

@bang admin, ad gk ayam bang admin yg leher pendek tapi nikungnya bagus? klo di video di blognya yg mana yg leher pendek?

pernahkah teramati betuk kepala terkait kemampuan tengok jago kita? SALAM pak bisri, saya pernah menulis ke papaji yang sifatnya curah pendapat, intinya pengamatan gaya tarung dihubungkan dengan bentuk kepala, paruh, panjang leher, sikap postur, dan mungkin jenis gen. misalnya ayam kepala segi tiga dan berparuh betet mungkin lebih baik jika ia main atas.
makin pelik saja yapak?

solusinya mungkin dengan menambah materi beberapa sampel, nanti seleksi yang ingin dilanjut. sukses

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Thu 27 Jun 2013, 08:57

Sy termasuk yg percaya ciri fisik menggambarkan pola tarung dan pukulannya. Ketika sy menggandeng ayam untuk diadu, ciri fisik musuh yg saya perhatikan. Misalnya sy punya ayam kepala segitiga kecil, jengger kecil, maka musuh sy carikan kepala besar jengger besar. Saat adu ayam, sy hanya adu teknik, soal pukulan sy anggap sama-sama keras.

Bentuk ekor panjang atau pendek, juga mempengaruhi pola tarung, posisi tegapan badan juga berpengaruh. Tapi ini hanya 80 persen tingkat keberhasilannya. Soalnya dikandang ada ayam jelek banget, bulu tipis, tulangan tipis, leher agak panjang, ekor pendek kayak ayam kampung, kepala sepitiga, jengger kecil, brutu kecil, supit lebar tapi tarungnya aduhai banget, tikungannya mantab, pukulannya gancang.

Entahlah


musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Administrator on Thu 27 Jun 2013, 09:37

musthofa bisri wrote:@bang admin, ad gk ayam bang admin yg leher pendek tapi nikungnya bagus? klo di video di blognya yg mana yg leher pendek?
Menurut sy, ini termasuk leher pendek.


Leher lebih pendek dari musuhnya :

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  rayhanfz on Thu 27 Jun 2013, 10:00

Administrator wrote:
musthofa bisri wrote:@bang admin, ad gk ayam bang admin yg leher pendek tapi nikungnya bagus? klo di video di blognya yg mana yg leher pendek?
Menurut sy, ini termasuk leher pendek.


Leher lebih pendek dari musuhnya :

keren nih ayamnya bang admin:D

rayhanfz
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1568
Join date : 06.07.12
Age : 30
Lokasi : (sidoarjo-jawa timur) BBM D05492AD / 081252592555

http://karang-ayam.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Thu 27 Jun 2013, 10:31

Terima kasih bang admin, sy jd gk bingung lg soal leherpendek. Langkah kaki, langkah kaki dan langkah kaki...

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  squallj on Thu 27 Jun 2013, 10:49

Shocked Shocked Shocked

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Cah_Erap on Thu 27 Jun 2013, 12:33

Pengalaman di kandang ..

inbreed 1x masih belum nampak penurunan vitalitas,dan penurunan kesehatan yg ekstrem. Paling cuman ukurannya cenderung lebih kecil dan agak kesulitan mencapai top performance. Masih bs dipake u/ turun kalang..

Cah_Erap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 148
Join date : 19.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Thu 27 Jun 2013, 12:59

Iya bang, hasil inbred kok susah besar ayamnya?

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Administrator on Fri 28 Jun 2013, 01:51

Iya betul. Hasil inbreed memang cenderung lebih kecil ketimbang paceknya.
Ini krn inbreed depression dimana banyak gen2 yg homogen.
Nanti kalau disilang lagi, hasilnya bisa lebih besar.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  squallj on Fri 28 Jun 2013, 10:10

Cah_Erap wrote:Pengalaman di kandang ..

inbreed 1x  masih belum nampak penurunan vitalitas,dan penurunan kesehatan yg ekstrem. Paling cuman ukurannya cenderung lebih kecil dan agak kesulitan mencapai top performance. Masih bs dipake u/ turun kalang..

Shocked Rolling Eyes harus banyak belajar neh da mulai masuk tahap inbreed

Administrator wrote:Iya betul. Hasil inbreed memang cenderung lebih kecil ketimbang paceknya.
Ini krn inbreed depression dimana banyak gen2 yg homogen.
Nanti kalau disilang lagi, hasilnya bisa lebih besar.

Cool Cool wah masih ada harapan berarti Razz Razz

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  musthofa bisri on Fri 28 Jun 2013, 22:25

@bang admin: istilah ini sangat menggangu saya. "Sepurfighter belum tentu bagus buat breeder" maksudnya apa? Terus cara ngenali ayam model begini gmn selain diternak langsung untuk menghemat waktu?

Apakah, bagus tidaknya ayam untuk breeder bisa dilihat dari silsilah keturunannya?

2. Soal ayam solah atas bawah apakah bagus buat pejantan atau indukan. Bang admin sering bilang, cari jantan dan babon yang satu tipe tarung. Misalnya saya punya jantan solah atas bawah disilang sama babon tipe atas bawah. Jika berdasarkan teori genotype, apakah anakannya dominan juga solah atas bawah?

Atau malah sebaliknya acak-acakan. Misal, ada anakan yang lebih dominan mewarisi solah bawahnya saja, atau dominan solah atasnya saja. Karena menurut pemahaman saya, ketika ayam solah atas bawah, maka gennya tidak 100 persen. Artinya, 50 persen solah atas, 50 persen solah bawah. Mohon pencerahan bang admin?

musthofa bisri
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 19.08.11
Age : 31
Lokasi : Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Laporan pemuliaan ternak II untuk Pak Admin

Post  Sponsored content Today at 00:35


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik