ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  bowietata on Mon 21 Jun 2010, 23:00

Literatur mengatakan 80% gen adalah bawaan biang ,
Yang jadi pertanyaan saya , kenapa yang di jadikan symbol justru paceknya ? padahal merunut literatur tsb , jika pacek ( Icon ) ini di kawinkan dengan biang kurang bagus (misal) anaknya kan berarti kurang bagus ?? atau salahkah literatur tersebut ?? atau Icon tsb hanya di apungkan sebagai komoditi market saja ??
Mohon bimbingan dari senior2 .. terima kasih, salam hormat .

bowietata
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 30.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Modesto on Mon 21 Jun 2010, 23:12

kayaknya ga juga mas kalo pacek jadi ikon ternak.......beberapa pemain kalangan sejati yang saya kenal justru melihat babon dulu daripada pacek........ada juga yang ga peduli dengan pacek dari mana.....yang penting anak anak nya berkualitas unggul.

di tempat saya banyak yang kapok beli kuthuk pacek terkenal menangan dikalangan, soalnya setelah gede..ga taunya jelek.....jadi mereka langsung lihat kualitas anakannya...salam Smile Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  cumi_cumi on Tue 22 Jun 2010, 00:02

Yang jelas kalau biang bagus + Pacek bagus = anakan Baguss
Kemungkinan jelek cuma 25 persen Cool Cool
dan ini sudah saya buktikan dari pengalaman saya

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  ferry bun on Tue 22 Jun 2010, 00:56

cumi_cumi wrote:Yang jelas kalau biang bagus + Pacek bagus = anakan Baguss
Kemungkinan jelek cuma 25 persen Cool Cool
dan ini sudah saya buktikan dari pengalaman saya
setuju mas ...papan balik

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  gebok ambrok on Tue 22 Jun 2010, 01:12

menurut aku yang "miskin pengalaman"
pacek bagus ~ relatif
biang bagus ~ relatif
ayam bagus ~ relatif
1. pacek bagus biang bagus ~ biarpun ngak semua anaknya bagus tetap banyak yang beli.
2. peternak besar ~ biarpun anakanya sudah di "sortir" tetap banyak yang beli
3. peternak yang ngeluarin anak- anakkanya bagus dan "terbukti "di arena ~ buaaaaaanyak sekali yg ngantri . affraid

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  cumi_cumi on Tue 22 Jun 2010, 02:37

gebok ambrok wrote:menurut aku yang "miskin pengalaman"
pacek bagus ~ relatif
biang bagus ~ relatif
ayam bagus ~ relatif
1. pacek bagus biang bagus ~ biarpun ngak semua anaknya bagus tetap banyak yang beli.
2. peternak besar ~ biarpun anakanya sudah di "sortir" tetap banyak yang beli
3. peternak yang ngeluarin anak- anakkanya bagus dan "terbukti "di arena ~ buaaaaaanyak sekali yg ngantri . affraid

betul betul betul cheers

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Hendro on Tue 22 Jun 2010, 05:24

bowietata wrote:Literatur mengatakan 80% gen adalah bawaan biang ,
Yang jadi pertanyaan saya , kenapa yang di jadikan symbol justru paceknya ? padahal merunut literatur tsb , jika pacek ( Icon ) ini di kawinkan dengan biang kurang bagus (misal) anaknya kan berarti kurang bagus ?? atau salahkah literatur tersebut ?? atau Icon tsb hanya di apungkan sebagai komoditi market saja ??
Mohon bimbingan dari senior2 .. terima kasih, salam hormat .

Pendapat rekan2 diatas benar....pacek harus bagus dulu setelah itu baru cari babon hasil proses pemuliaan ternak &kalo disilangkan hasil anakannya hampir merata bagus......

Jadi babon yang paling baik untuk ternak adalah babon dari hasil pemuliaan ternak yang tentunya juga babon tersebut sudah pasti bagus & dari trah/keturunan pilihan.....maka ketika disilangkan dengan pemacek yang juga unggul akan menghasilkan anakan yang memenuhi harapan....sokur2 banyak yang ngantree kata mas Gebok Laughing Very Happy

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7285
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  bowietata on Tue 22 Jun 2010, 20:15

Terima kasih atas masukkannya ...
To the point , beberapa teman saya mengindikasikan anakkan dari pacek ( Misal , anak Caplin , anak Blarak , anak Garong , anak Antik dll ), pembuktian di lapangan 75% anakan pacek juara juga menang2 di kalangan ..
Sekedar cerita , waktu itu , ada satu jago dari daerah kami namanya KD , menang di kelas pohon bambu s/d Taman Mini ( bagi rekan2 papajiers barangkali ada yg pernah tahu ), pensiun dan coba di ternak .. anak2annya pun bagus2, sayang,oleh sebab wabah,habis semua keturunan si KD .
Sampai sekarang sy msh bertanya tanya ? benarkah 80% / dominasi dr biang menurun ke anak ?? barangkali rekan2 ada yang punya pengalaman lain .... salam hormat .

bowietata
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 30.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  cumi_cumi on Tue 22 Jun 2010, 20:32

Dulu sekitar tahun 96 atau 97 saya lupa pastinya, di daerah tamanmini ada ayam yang namanya krisdayanti punya orang kampung dukuh, top banget ayamnya apakah ini yang dimaksud. ayam warna hita merah tetapi hitamnya lebih dominan.

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  bowietata on Tue 22 Jun 2010, 20:42

cumi_cumi wrote:Dulu sekitar tahun 96 atau 97 saya lupa pastinya, di daerah tamanmini ada ayam yang namanya krisdayanti punya orang kampung dukuh, top banget ayamnya apakah ini yang dimaksud. ayam warna hita merah tetapi hitamnya lebih dominan.

Bukan pak , namanya KD ( bukan berarti krisdayanti ). sy dari tangerang , daerah Legok - Parung Panjang .. kalo yang kampung dukuh saya kurang tahu .. maaf .
Kami biasanya manggil KD aja ..
4 / 5 tahun yang lalu , bukan 96/97 .. ayam warnanya Merah kekuning2an ,kaki kuning , jalu 1 cm ,ukuran 8 .. pernah juga di KP Ambon ( sebelum rumpin buka ). salam hormat ..


Terakhir diubah oleh bowietata tanggal Tue 22 Jun 2010, 20:55, total 1 kali diubah

bowietata
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 30.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Tamu on Tue 22 Jun 2010, 20:54

gimana kl ikon peternaknya aja....mantp tuhh

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  bowietata on Tue 22 Jun 2010, 21:02

@ mr aan : hehehe .. nama pemilik nggak ada yg minat karena bukan petarung kali ya ?? Laughing Laughing Laughing

bowietata
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 30.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Tamu on Tue 22 Jun 2010, 21:08

peace om bowie..........

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Administrator on Tue 22 Jun 2010, 22:21

bowietata wrote:Literatur mengatakan 80% gen adalah bawaan biang ,

80% bawaan biang???
Menurut saya sih, ga bener tuh...
Neutral

Pada kenyataanya, gen2 diturunkan secara acak/random kepada setiap individu.
Tergantung mana yg dominan, dan mana yg resesif.

Selama ini, babon dianggap faktor yg sangat penting. Ini krn babon sulit dinilai kualitasnya. Beda dgn pacek yg bisa dites dan diadu di kalangan. Kualitas jelas nyata terlihat.

Maka ketika seekor pacek yg bagus ternyata anak2nya jelek, yg disalahkan pasti si babon.
Tapi ironisnya, ketika anak2nya bagus, pasti yg dipuji2 adlh paceknya.

Smile


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Sinyo_nakano on Wed 23 Jun 2010, 13:37

Administrator wrote:
bowietata wrote:Literatur mengatakan 80% gen adalah bawaan biang ,

80% bawaan biang???
Menurut saya sih, ga bener tuh...
Neutral

Pada kenyataanya, gen2 diturunkan secara acak/random kepada setiap individu.
Tergantung mana yg dominan, dan mana yg resesif.

Selama ini, babon dianggap faktor yg sangat penting. Ini krn babon sulit dinilai kualitasnya. Beda dgn pacek yg bisa dites dan diadu di kalangan. Kualitas jelas nyata terlihat.

Maka ketika seekor pacek yg bagus ternyata anak2nya jelek, yg disalahkan pasti si babon.
Tapi ironisnya, ketika anak2nya bagus, pasti yg dipuji2 adlh paceknya.

Smile


WAh teory segregasi gen ya Mas Arry Very Happy

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  aliem on Wed 23 Jun 2010, 14:41

Tapi bagaimanapun bagusnya biang, tetap aja kalo ada anakannya yang bagus ditanya bapaknya yang mana... brarti icon peternak tetap di Jago... karena nama jago lebih terkenal... klo biang malah disembunyikan...

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  ferry bun on Wed 23 Jun 2010, 15:24

aliem wrote:Tapi bagaimanapun bagusnya biang, tetap aja kalo ada anakannya yang bagus ditanya bapaknya yang mana... brarti icon peternak tetap di Jago... karena nama jago lebih terkenal... klo biang malah disembunyikan...
Oh gitu ya...klw anaknya bagus .trus paceknya bekas kalah atau belum pernah main. Apakah bisa dijadikan Icon.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  aliem on Wed 23 Jun 2010, 15:44

ferry bun wrote:
aliem wrote:Tapi bagaimanapun bagusnya biang, tetap aja kalo ada anakannya yang bagus ditanya bapaknya yang mana... brarti icon peternak tetap di Jago... karena nama jago lebih terkenal... klo biang malah disembunyikan...
Oh gitu ya...klw anaknya bagus .trus paceknya bekas kalah atau belum pernah main. Apakah bisa dijadikan Icon.

Pasti pacek yang tidak diadu ntu anakan ayam juara/sudah terkenal... nanti larinya entah anak/cucu dr jago mana lah ato gimana lah... Orang masih suka liat sejarah / nenek moyang ayamnya... nah ini sering diliat dr segi pacek... bukan dari biang... biang pun nantinya biang anakan jago mana...

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Administrator on Wed 23 Jun 2010, 18:38

aliem wrote:
ferry bun wrote:
aliem wrote:Tapi bagaimanapun bagusnya biang, tetap aja kalo ada anakannya yang bagus ditanya bapaknya yang mana... brarti icon peternak tetap di Jago... karena nama jago lebih terkenal... klo biang malah disembunyikan...
Oh gitu ya...klw anaknya bagus .trus paceknya bekas kalah atau belum pernah main. Apakah bisa dijadikan Icon.

Pasti pacek yang tidak diadu ntu anakan ayam juara/sudah terkenal... nanti larinya entah anak/cucu dr jago mana lah ato gimana lah... Orang masih suka liat sejarah / nenek moyang ayamnya... nah ini sering diliat dr segi pacek... bukan dari biang... biang pun nantinya biang anakan jago mana...

Inilah yg sy katakan ironis.
Kalau anak2nya bagus, paceknya yg dipuji2 setinggi langit.
Kalau anaknya jelek, biangnya yg disalahin.
Padahal seharusnya pacek dan biang harus sama2 dipuji atau sama2 disalahin krn keduanya sama2 memberikan kontribusi pada anaknya.
Minimal, kalo anaknya jelek2, yg disalahin orangnya yg ternak donk...
hehehe...
Very Happy


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  plamboyan cock on Thu 24 Jun 2010, 15:30

Contoh yg paling kongkret;'anak si petir','anak si dragon','anak si bomber',tapi anak2'y sendiri aja belom punya nama(blom dkasih nama),hehehe,yg pasti kalo udah nyebut nama dr turunan bpk'y,orng udh nyangka,ini pasti ayam bagus!,ngomong2,ibu dr anak2'y si 'petir','dragon',bomber'dll,itu nama'y siapa ya?hehehe...

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 316
Join date : 30.10.09
Lokasi : KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  erw4n8297 on Thu 24 Jun 2010, 18:20

iya,...emang yg d tanya kebanyakan adalah jago nya yg mana, kaena yg maen adalah jago nya, tapi kalau menurut hemat saya pribadi yang penting DARAH nya dari turunan itu dan kebanyakan dari INDUKNYA apalgi d dukung oleh jago nya yang bagus. dan sudah tentu kita pasti nyari jago yg bagus untuk d ternakin. makasih

erw4n8297
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 314
Join date : 09.04.10
Age : 45
Lokasi : bandung tlp. 081222278780 pin bb : 2258b0d6

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Administrator on Thu 24 Jun 2010, 20:59

Yang paling mantap, bukan nama paceknya yg dikenal. Tapi nama peternaknya.
Contoh : Hasil anakan bang Fery tuh, bagus2...
Yang jadi 'merk dagang' itu adlh peternaknya (bang Fery). Bukan ayamnya.
Kalau sudah gini, sampai kapanpun nama peternak akan harum.
Beda kalau nama pacek yg diagung2kan. Ketika si pacek mati, maka namanya-pun jadi hilang.

Satu hal lagi yg perlu diingat, bahwa seekor pejantan yg puluhan kali menang sekalipun, belom tentu cocok utk dijadikan pacek. Demikian juga dgn pacek yg bagus, kadang belom tentu layak dijadikan petarung.
Jadi, pintar2lah memilah, mana yg cocok utk tarung, mana yg cocok utk ternak.
Kalau bisa sih, cocok kedunya. Utk tarung oke, Utk ternak bagus.
hehehe...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  PRINCE LANDO on Thu 24 Jun 2010, 21:48

knp yang lebih terkenal nama pacek?
karena pacek1 bisa kawin ma beberapa babon/biang.sehingga untuk lebih mudahnya ya nama paceknya yang keluar.tapi beda lagi bagi si peternak.pasti peternak tau kombinasi pacek mana ma biang yang mana yang anakannya paling bagus.
contoh : pacek 1 dikawin ma biang A,B,C,D,E.pasti salah satu biang mengeluarkan anakan kualitas istimewa...dan peternak pasti tau itu.nah klo nama biang yang terkenal ya lama dapat uangnya peternaknya.lha orang semua tau biang mana yang anakannya bagus.klo dikasih anakan biang yang laen mana mau....
itu termasuk strategi pasar,hehehehe...
Smile

PRINCE LANDO
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 14.12.09
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  gebok ambrok on Thu 24 Jun 2010, 22:36

Maaf "PEMULA" mau komentar lagi
Kenapa yg selalu di omongin paceknya ~.karena gampang ,kalau nyebut biang susah di kenali karena banyak. lagi pula orang tidak paham dan tanpa sadar hanya ikut ikutan bahasanya. Razz
Pacek vs biang penting mana ~ dalam mencari keturunan dua duanya sama penting. Tapi ada hal lain yg lebih penting ~ sebagus bagusnya pacek orang masih mau menjualnya tapi punya biang bagus orang mikir 10 X untuk menjualnya. bahkan ada peternak yg dengan alasan tertentu tidak mau menunjukkan anakan dari biang yg mana. cyclops
pacek menangan anaknya juga menangan ~ tidak
pacek belum pernah menang anak tidak bisa menang ~ tidak

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Tamu on Fri 25 Jun 2010, 16:12

kl punya pacek banyak dengan metode cross breeding, ntah darah mana yang bercampur, tanpa pernah menang, apakah ini icon pacek / biang.....padahal hasil anakannya luar bisa.
kalau ada hal semacam icon pacek ama biang masuk....setuju om ferry.. Twisted Evil

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: ICON PETERNAK : Biang atau Pacek ??

Post  Sponsored content Today at 01:07


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik