Menaksir umur ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menaksir umur ayam

Post  Jhonoedyn on Fri 02 Jul 2010, 01:00

Ada satu yg tidak mengenakkan hati waktu kita ngabar ayam, pada saat ayam kita pada posisi unggul lantas botoh lawan bilang kalo ayamnya kalah umur, mestinya kita dah mo bangga ayam kita unggul malah jadinya ngganjel gara-gara ayam kita dibilang: "ya wajar aja unggul, lawong ayam lebih tua"
Dari fenomena diatas saya mau minta saran dari rekan-rekan, gimana cara menilai ayam dari segi umur dengan berpatokan pada tampilan fisiknya?

Jhonoedyn
kopral
kopral

Jumlah posting : 29
Join date : 09.05.10
Age : 37
Lokasi : Bojonegoro

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Hendro on Fri 02 Jul 2010, 06:42

Jhonoedyn wrote:Ada satu yg tidak mengenakkan hati waktu kita ngabar ayam, pada saat ayam kita pada posisi unggul lantas botoh lawan bilang kalo ayamnya kalah umur, mestinya kita dah mo bangga ayam kita unggul malah jadinya ngganjel gara-gara ayam kita dibilang: "ya wajar aja unggul, lawong ayam lebih tua"
Dari fenomena diatas saya mau minta saran dari rekan-rekan, gimana cara menilai ayam dari segi umur dengan berpatokan pada tampilan fisiknya?


Saran saya abaikan saja pendapat atau omongan tersebut.....karena kalo ayam sudah beradu di arena tidak ada alasan apapun untuk menggerutu....adalah suatu kesalahan tersendiri jika tidak jeli menilai karakter ataupun tipikal permainan lawan sehingga ayam kita jadi asor/kalah....sebelum ayam jadi dan diadu kita sudah diberikan waktu dan pilihan untuk berani atau mundur dari pertarungan dan tidak ada paksaan ayam harus diadu jika tandingan tidak berimbang....

Memang sering terjadi diarena jika ada ayam yang asor/kalah maka pemilik ayam akan mencari alasan untuk mengurangi rasa malu dengan mengatakan kalah tanding, kalah otot, kalah tua, kalah mempeng/sehat, kalah pintar dll. sangat jarang yang dengan jantan mengatakan memang ayamnya kalah kualitas....!!

Untuk menilai umur ayam bisa dilhat dari bulu ayam, otot dan terutama sisik kaki ayam...ayam yang lebih tua cenderung sisik kakinya kering, keras dan berkerak....

Salam Cool Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Administrator on Fri 02 Jul 2010, 10:55

Hehehe.... biasalah itu...
Setuju sama mas Hendro. Mereka yg diposisi asor pasti ngoceh banyak alasan utk menutupi malu.

Tua atau muda tidak ada hubungannya dgn kualitas. Kalo ayam jelek, mau umur setua apapun ya pasti digebukin.

Razz Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Sigit H on Fri 02 Jul 2010, 11:21

Setuju puuuoooollllll sama 2 senior kita ini, kalo memng udah tau ayam kalah umur, otot, tinggi atau apalah. Ngapain juga "dgn PDnya" melayani, konyol itu namanya. Santai aja mas, kalau kita bisa ngalahin ayamnya, itu tandanya kita lebih oke, lebih pintar, lebih jeli dan lain sebagainya di banding lawan.

Sigit H
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 12.11.09
Age : 36
Lokasi : Sitiung 1 Dharmasraya SUMBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  ferry bun on Fri 02 Jul 2010, 14:50

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .....Prinsip utama klw ayam ngak siap jangan masuk arena...
salam ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  amrogen on Fri 02 Jul 2010, 15:14

biasa itu mas..yg asor pasti ngeles...hehe,
bagaimanapun tidak ada yg tahu persis umur ayam musuh toh...coba aja liat KTP ayamnya.. Very Happy

jangan diambil hati mas..jawab aja sambil lalu...
bilang aja ayam kita dah mabung 7x... Laughing

itulah salah satu bumbu tarung ayam mas...kalo ndak begito moal rame atuh tarung ayamnya...hehe

salam.... farao

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  opik_98 on Fri 02 Jul 2010, 19:54

muka juga agak keriput... Very Happy

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

re:menaksir umur ayam

Post  lex... on Sat 03 Jul 2010, 00:28

Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing ,,,,alasan clasic to mas,,...

lex...
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.05.10
Lokasi : medannnnnnn

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  mas anto klaten on Sat 03 Jul 2010, 09:28

o....gitu ya yang terjadi di kalangan. baru tau saya, soale saya ndak pernak ke kalangan, hehehehe..........

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  ari delta on Sat 03 Jul 2010, 17:46

pak hadi klaten wrote:o....gitu ya yang terjadi di kalangan. baru tau saya, soale saya ndak pernak ke kalangan, hehehehe..........

sama Pak..

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  pak_tri on Sun 04 Jul 2010, 06:02

udah biasa mas ....... punya seribu alasan.....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  erw4n8297 on Sun 04 Jul 2010, 17:07

ikutan nyimak aja,.....hehehehe abisnya emang betul kata kang hendro, pak admin kita, kang ferry.

sundul,...ahhh!!!!!!!!



cheers cheers cheers

erw4n8297
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 314
Join date : 09.04.10
Age : 45
Lokasi : bandung tlp. 081222278780 pin bb : 2258b0d6

Kembali Ke Atas Go down

Menaksir umur ayam

Post  siQun on Sun 04 Jul 2010, 18:30

Sekedar nambain aja dr pemula sprt sy ini. @mas jhono..., bnr skl kt mas hendro dan bang ary, ayam yg ckp umur bs diliat dr sisik, muka, d bulu. Tp prl ht2 utk ayam hbs mabung, sisik,jalu muka kadang jg nipu lho mas, liat dibagian bawa sayap warna bulu2 kecil dibagian itu biasanya ms bulu tua biarpun leher ama ekor uda tuntas dan liat/buka juga bulu2 halusnya, klo ayam hbs mabung pasti ada beberapa bulu halus yg warnanya beda/tua/coklat bulu halus inilah yg gak bs nipu. Trimakasih mohon maaf jika ada yg sala.

siQun
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 23.06.10
Age : 36
Lokasi : Kendal jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  gali galih on Mon 12 Jul 2010, 01:25

kalah bulu, umur, jalu itu seh lagu lama.
Tp kmaren ayam saya 4mnt mati kena tikam kuaku dng lapang dada ayamku kalah cepat dan lawan lebih hebat


scratch scratch

gali galih
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 09.07.10
Age : 37
Lokasi : banda aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  erw4n8297 on Mon 12 Jul 2010, 14:07

gali galih wrote:kalah bulu, umur, jalu itu seh lagu lama.
Tp kmaren ayam saya 4mnt mati kena tikam kuaku dng lapang dada ayamku kalah cepat dan lawan lebih hebat


scratch scratch

nah dsitulah seni nya dalam abar ayam, tidak selamanya ayam kita itu unggul dan begitu jg sebaliknya.

salam erwan

erw4n8297
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 314
Join date : 09.04.10
Age : 45
Lokasi : bandung tlp. 081222278780 pin bb : 2258b0d6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  gali galih on Tue 20 Jul 2010, 23:39

sepakat mas erwan. Razz

gali galih
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 09.07.10
Age : 37
Lokasi : banda aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  JERRYJELEK on Wed 21 Jul 2010, 01:10

ilmu yg menarik untk disimak ni...

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  jaghana on Wed 21 Jul 2010, 10:29

siQun wrote:Sekedar nambain aja dr pemula sprt sy ini. @mas jhono..., bnr skl kt mas hendro dan bang ary, ayam yg ckp umur bs diliat dr sisik, muka, d bulu. Tp prl ht2 utk ayam hbs mabung, sisik,jalu muka kadang jg nipu lho mas, liat dibagian bawa sayap warna bulu2 kecil dibagian itu biasanya ms bulu tua biarpun leher ama ekor uda tuntas dan liat/buka juga bulu2 halusnya, klo ayam hbs mabung pasti ada beberapa bulu halus yg warnanya beda/tua/coklat bulu halus inilah yg gak bs nipu. Trimakasih mohon maaf jika ada yg sala.

tapi....ada tapinya neh.....
sekedar info ... saya punya ayam namanya gotri,type pukul berat..hampir mabung ke-2...sebenarnya punya jalu...tetapi saya cabut terus.udah gitu kepala sengaja digunduli.jalu dicabut tujuannya supaya dapat tanding ayam muda terus,andalan kita pukulnya yang berat,sudah pasti ayam muda ga akan tahan lama..karena saya punya lebih umur,batang,pengalaman n tahan pukul.

nah..yang satu lagi ayam jalu,tidak terlalu panjang...umur sudah 2 tahunan lebih ..tapi masih produktif. sisik dan jalunya saya kelupas,sehingga terlihat muda lagi. sudah pasti akan dapat lawan yg jauh dibawahnya dari segi pengalaman dan otot.

waktu nanding, kita ga mungkin pegang2 ayam orang sampe terperinci..dibukain satu2...waah..bisa marah yang punya ayam...apa lagi megang2 brutu dan pangkal paha...bisa digamparin orang kita..paling2 yg dipegang cuma pinggang dan batang aja...n dilihat2...

demikian tadi teknik nanding dikalangan yang saya tau...
ada yg lain...?? silahkan..

jadi

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Bin_Rooster on Sun 20 May 2012, 13:52

Jhonoedyn wrote:Ada satu yg tidak mengenakkan hati waktu kita ngabar ayam, pada saat ayam kita pada posisi unggul lantas botoh lawan bilang kalo ayamnya kalah umur, mestinya kita dah mo bangga ayam kita unggul malah jadinya ngganjel gara-gara ayam kita dibilang: "ya wajar aja unggul, lawong ayam lebih tua"
Dari fenomena diatas saya mau minta saran dari rekan-rekan, gimana cara menilai ayam dari segi umur dengan berpatokan pada tampilan fisiknya?
Bilang aja, dah tau kalah umur, kok mau diajak ngabar, kan bukan salah ayam kita karena netes duluan, he....he....

Bin_Rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 230
Join date : 28.04.12
Lokasi : Klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Rizki on Mon 21 May 2012, 12:34

Bner tuh slalu aja bnyak alasan apa bila ayam lawan digebukin terus, gak sehatlah, kalah otot lah, kalah tinggi lah de el el.,lha ngapain mau di temuin kl ayam kita kalah gandeng.,trus kl ga sehat jga ngapain dibawa, mendingan tinggalin aja dirumah minum obat N tidur heheheeee

Rizki
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 460
Join date : 14.11.11
Age : 36
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Andi Babe on Tue 22 May 2012, 19:53

Menurut saya sebagus apapun ayam kita,dalam cari tanding harus benar benar jeli n teliti
karena kalau sudah namanya gadu ayam pasti ada curangnya.......hehehehlanjut Question Very Happy

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menaksir umur ayam

Post  Sponsored content Today at 15:43


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik