suara kokok ayam serak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

suara kokok ayam serak

Post  opik_98 on Fri 16 Jul 2010, 20:13

sy punya ayam td nya suara kokoknya ada tp sekarang malah serak malah jd kecil suaranya kira knp ayam jd begini dan pengobatanya apa???ayam dalam kondisi sehat

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  ari delta on Sat 17 Jul 2010, 00:55

Salam Papaji..
Salam Mas Opik 98..
Saya jg pny masalah yg sama.. Tp kalo ayam saya tadinya nglokor tenggorokan, trs saya kasih tetraclor.. Dalam seminggu ini nglokornya sudah sembuh.. Tapi ya itu.. Suara kokoknya serak dan jadi kecil agak2 hilang.. Apa2 itu karna efek samping tetraclor ya.. Atw ada sebab yg lain sperti apa yg di alami ayam Mas Opik 98..
Salam..

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  Hendro on Sat 17 Jul 2010, 06:15

Kokok ayam yang berubah menandakan ada masalah pada saluran pernafasannya atau pita suaranya, mungkin terkena infeksi atau virus influensa....pasca pengobatan sekalipun ayam menunjukkan gejala sehat kadang memang pengaruh pada koko ayam masih kelihatan...kokok jadi hilang/serak/berubah...coba berikan vitamin C secara rutin biasanya dalam 1 minggu kokok ayam sudah normal kembali....salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  jaghana on Sat 17 Jul 2010, 08:55

opik_98 wrote:sy punya ayam td nya suara kokoknya ada tp sekarang malah serak malah jd kecil suaranya kira knp ayam jd begini dan pengobatanya apa???ayam dalam kondisi sehat

kalau saya biasanya saya kasih antibiotik sama jahe seujung jari...kalau ada permen woods,hehehe...bener lho....3 hari sembuh....ayamku sempet ketularan semua..gara2 ayam baru dtg dari bantul sakit ngorok....ya cuma saya kasih itu aja setiap sore abis makan dilolohkan...kalau ayamnya ga nafsu makan,sebaiknya dilolohin makannya,pake voor sama nasi...terus kasih obat sprti yg sya sbut tadi ditambah temu ireng seujung jari...

trims.

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  ari delta on Sat 17 Jul 2010, 12:15

Hendro wrote:Kokok ayam yang berubah menandakan ada masalah pada saluran pernafasannya atau pita suaranya, mungkin terkena infeksi atau virus influensa....pasca pengobatan sekalipun ayam menunjukkan gejala sehat kadang memang pengaruh pada koko ayam masih kelihatan...kokok jadi hilang/serak/berubah...coba berikan vitamin C secara rutin biasanya dalam 1 minggu kokok ayam sudah normal kembali....salam Smile
Vitamin C-nya sehari brapa kali Pak Hendro? Vitamain C ipi bisa gak?

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  masbro on Fri 26 Aug 2011, 19:59

Kalo sy jg punya mslh yg sama,bermula dari pacroh dikandang,trus pas dah sembuh paska pacroh,kokoknya jadi kecil bgt.sdh dicoba berbagai cara tetep ga sembuh,tapi tarung dan tenaganya sama skali ga masalah..bahkan akhirnya sampai mabung selama hampir 7 bulan tetep aja kokoknya kecil..mudah2han yg punya resep jitu bisa share disini..soalnya nih ayam kesayangan ganteng,dulu kokoknya jg sangar kayak orang membentak..

masbro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 366
Join date : 28.10.10
Lokasi : jombang-mojokerto

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  irrawadi on Fri 26 Aug 2011, 22:47

kemarin pengalaman saya, pas ayam malah gak berkokok sama sekali habis diabar... ngambek berkokok lbih kurang 3 minggu.. buka2 postingan papaji dpt resep jamu utk vitalitas ayam, lalu saya coba bikin dgn sdikit modifikasi.. alhasil, setelah di treatment dengan mencampur sang jago bersama dedara plus rutin diloloh jamu modifikasi, dalam jangka waktu 3 hari kokoknya pulih seperti sediakala..
resep jamu modifikasinya:
- 1/2 ruas jari jahe, 1 ruas jari kunir/ kunyit, 1 ruas jari temulawak, 1 ruas jari temu ireng, 1 ruas jari kunci, 4 ruas jari kencur (semua empon2 td diparut terus diperas, diambil airnya sekitar 1 gelas..)
- 1 sachet kukubima, 1 sachet multivitamin anak2 (lupa merknya warnanya merah muda bungkusnya).. semua sachet obat kmarin nemu d rak obat2 Alfamart..
- 1 sachet madurasa, 1 butir telor ayam
- tepung beras 1/4 kg, voor 2 genggam
- semua bahan dicampurkan dan diaduk sambil diberi air perasan empon2 sdikit demi sdikit,, aduk sampe adonan kalis (klo airnya kurang, parutan empon2 diperas dan diambil lagi airnya, klo terlalu encer tambah voor-nya) dibentuk jadi sebesar ruas jari terus dijemur.. setelah kering dilolohkan 2 biji setiap sore..
- pagi ayam dimandikan tapi tidak sampai basah kuyup, cukup di usap2 spon basah merata dan dijemur slama 30 menit kemudian diumbar bebas bersama betina2 hingga sore, biar lebih agresif en energik... insy,, 3 hari udah berkokok seperti biasa...

intinya modifikasi jamu tadi (ni rasionalisasi saya pribadi) biar tenggorokan dan badan ayam hangat sekaligus berfungsi sebagai suplemen penambah asupan gizi bagi ayam kita.. pastinya masih banyak sisa jamu, saya jadikan tambahan suplemen yang diberikan 2 hari sekali @ 1 biji.. sekarang sudah bugar ayam saya, berkokok sepanjang hari.. pemberian jamu ini sepanjang pengamatan saya tidak ada pengaruh signifikan terhadap berat badan ayam...

ini pengalaman pribadi saya,, klo perpaduan dan pembuatan resep jamu plus treatmentnya dirasa cukup ngawur sebaiknya segera urungkan niat anda mencoba.. terima kasih..

irrawadi
kopral
kopral

Jumlah posting : 49
Join date : 20.12.10
Lokasi : pasuruan

Kembali Ke Atas Go down

Re: suara kokok ayam serak

Post  Sponsored content Today at 19:28


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik