ayam indonesia

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: ayam indonesia

Post  jaghana on Wed 19 Mar 2014, 09:04

ayam TAKENGON : ayam speed jalu.
ayam MORAWA : ayam keras, pukul berat, fighter.
ayam SUKABUMI : ayam timpuk, nampar, atret, nakal, jalu.
ayam GOMBONG : ayam teknik lock.
ayam BANTUL : ayam pukul KO.
ayam MUNTILAN : ayam teknik, macul-cabut bulu.
ayam MINAHASA : ayam jumbo, fighter, pukul berat.
ayam CAWAS : ayam gundul dengan teknik aduhay.
ayam TEMBALANG : ayam utangan...(jare totok).. eekekkekekkekek...

jadi gak usah lagi sebut kata2 'koyngon, magon, pakoy, birma, matay, gontay, pektay, santay'.
wekekekkekkekekkk........
ayam endonesa lebih jrooottt n banyak type.
setuju...??!!!

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  firdaus on Wed 19 Mar 2014, 11:38

jaghana wrote:ayam TAKENGON : ayam speed jalu.
ayam MORAWA : ayam keras, pukul berat, fighter.
ayam SUKABUMI : ayam timpuk, nampar, atret, nakal, jalu.
ayam GOMBONG : ayam teknik lock.
ayam BANTUL : ayam pukul KO.
ayam MUNTILAN : ayam teknik, macul-cabut bulu.
ayam MINAHASA : ayam jumbo, fighter, pukul berat.
ayam CAWAS : ayam gundul dengan teknik aduhay.
ayam TEMBALANG : ayam utangan...(jare totok).. eekekkekekkekek...

jadi gak usah lagi sebut kata2 'koyngon, magon, pakoy, birma, matay, gontay, pektay, santay'.
wekekekkekkekekkk........
ayam endonesa lebih jrooottt n banyak type.
setuju...??!!!


Kamus apa pak...??? wkwkwkwkwkk Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked 

firdaus
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 316
Join date : 27.03.13
Lokasi : cirebon jawa barat 081312152225

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Hendro on Thu 20 Mar 2014, 06:26

firdaus wrote:
jaghana wrote:ayam TAKENGON : ayam speed jalu.
ayam MORAWA : ayam keras, pukul berat, fighter.
ayam SUKABUMI : ayam timpuk, nampar, atret, nakal, jalu.
ayam GOMBONG : ayam teknik lock.
ayam BANTUL : ayam pukul KO.
ayam MUNTILAN : ayam teknik, macul-cabut bulu.
ayam MINAHASA : ayam jumbo, fighter, pukul berat.
ayam CAWAS : ayam gundul dengan teknik aduhay.
ayam TEMBALANG : ayam utangan...(jare totok).. eekekkekekkekek...

jadi gak usah lagi sebut kata2 'koyngon, magon, pakoy, birma, matay, gontay, pektay, santay'.
wekekekkekkekekkk........
ayam endonesa lebih jrooottt n banyak type.
setuju...??!!!


Kamus apa pak...??? wkwkwkwkwkk Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked 

Deskripsi ayam2 import ala Terminal AYAM :

RATTAPONG : Layak adu dengan ciri tidak jelas indukannya
PAK HOIK : Layak adu dengan ciri semrawut dan ngawur
PEK TAY : Trah ayam putih polos alias albino
TLADUNG TONG : Tipe ayam galak dan suka matuk/mukul orang
MADON : Tipe ayam yang spesial buat kawinan
MAK COY : Trah ayam cerewet/latah dan berisik
KHOYO TAI : Tipe memalukan dan bau

Ayam Kampung Lokal versi Terminal Ayam :
- Hasil ternakan sendiri dari pacek K3 dengan betina hasil pemuliaan trah dragon, slenger, badut, burhan.................................
- Hasil seleksi dari luar kandang (pasar, peternak iseng,dll)...................................

 Cool Smile Smile Very Happy Wink I love you 

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Jagonantang on Thu 20 Mar 2014, 08:55

Hehehe,....sebetulnya ini hanya himbauan buat papajiers sebagai pengingat bahwa ayam aduan bukanlah cuma ayam bangkok semata, banyak ayam trah lain bahkan trah kokpung, ayam yang sudah turun temurun sejak datang awal tahun 60 an berasimilasi lahir dikampung. Akan lebih luas pengertianya judul sebuah tulisan menjadi 'ayam aduan'

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  bang_owl on Thu 20 Mar 2014, 10:26

saya lebih pas pake istilah ayam jago atau ayam adu lebih enak mau magon, pakoy, koyngon, cambodia, lavender, kamboja, suplir, anthurium semuanya buat diadu dan harus jago kecuali 4 nama terakhir .... Very Happy Very Happy Very Happy 

bang_owl
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 759
Join date : 16.12.11
Age : 43
Lokasi : Bogor , 085714425678

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  iwan supriyanto on Thu 20 Mar 2014, 10:42

sudah jadi kebiasaan  Very Happy Very Happy 

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  pelor on Thu 20 Mar 2014, 12:31

jawara wrote:
Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?

Iya bang...
dtmpt sy jg gt.
ko bisa sama ya? di tempat sy juga banyak yg bilang gitu ....

pelor
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 574
Join date : 12.02.10
Age : 34
Lokasi : cikampek / karawang (JABAR)

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  1c4-farm on Thu 20 Mar 2014, 21:12

Win Kastubi wrote:Pagi2.., kl sy njemur ayam dipinggir jalan..., lalu ada orang yg lewat....
Pasti tanya nya...: Ayam bangkok ya pak...?
Apakah hrs sy jawab.: Ayam Indonesia...?

jawab aja ayam aduan/ayam laga/ayam petarung
karena kebiasaan akan menjadi tradisi, tradisi akan diwarisi
sampai kapan kita menyebut ayam aduan dengan istilah bangkok

1c4-farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.01.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  1c4-farm on Thu 20 Mar 2014, 21:19

saya sangat setuju...
saya punya usul
kepada agan2 semua... silakan pilih usulan untuk sebutan ayam bangkok diganti dengan :
1. ayam aduan
2. ayam laga
3. ayam petarung
4. ayam jago
voting terbanyak akan ditetapkan sebagai pengganti sebutan ayam bangkok,,,
keputusan ditetapkan oleh organisasi papaji sendiri...
salam hormat para papajiers


Terakhir diubah oleh 1c4-farm tanggal Thu 20 Mar 2014, 22:07, total 1 kali diubah

1c4-farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.01.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  1c4-farm on Thu 20 Mar 2014, 21:47

Modesto wrote:Kalo cuma masalah ego sebagai orang Indonesia menurut saya sebaiknya tidak usah mengganti nama ayam. Kalo asalnya memang dari Thailand atau negara lain ya sebut aja ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma, ayam brazil...dsb.

Nanti malah jadi bahan tertawaan di dunia internasional atau dituduh mengklaim asal usul hewan ayam aduan kalau ada orang luar negeri yg berusaha menelusuri asal usul "ayam Indonesia" yg ternyata ujung-ujungnya berasal dari Thailand, dsb.

Negara kita, masih punya banyak sekali hewan asli yg bisa dijadikan kebanggaan di seluruh dunia.

cmiiw.

 king

salam hormat... numpang koment...
sebenernya gak harus pakai embel2 indonesia kang... asal jangan pake istilah ayam bangkok aja.
saya pernah ditanya oleh tetangga... ini ayam bangkok birma ya mas? ini ayam bangkok vietnam ya bro? ini ayam bangkok brazil ya kang? yg lucunya lagi ada yg nanya ini ayam bangkok thailand ya mas?

saya lebih setuju kalo dibilang ayam aduan jenis birma/ ayam petarung thailand/ ayam laga vietnam/ ayam aduan jawa....
klo diselidiki lg asal-usul ayam petarung thailand juga dari ayam hutan warna merah yg banyak terdapat di pulau sumatera, asal usul ayam petarung birma dan filiphina dari ayam hutan warna hijau pulau bali
dan mereka juga gak punya hak patent...
asal usul ayam birma juga hasil silang ayam petarung thailand x ayam kampung birma disebut ayam birma
terus kok ayam petarung thailand yg udah 3 generasi kelahiran indonesia x ayam kampung indonesia tetap aja dibilang ayam bangkok????

yang jadi pertanyaan kenapa pribumi yang notabenenya mewarisi budaya adu ayam dari jaman majapahit tidak memiliki jenis ayam petarung sendiri... padahal banyak penangkar ayam yg besar dan telah sukses di negara kita ini. ataukah kurangnya SDM yg membidangi ilmu peternakan?

maaf klo terlalu menggebu2... hanya karena saya cinta produk dalam negeri...

1c4-farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.01.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  1c4-farm on Thu 20 Mar 2014, 21:52

candisingo wrote:alhamdulillah kebetulan sesuai ama tread e mas jagonantang

kebetulan juga ayam indonesia paling tidak udah terdengar namanya di daerah timur tengah tepatnya uni emirat arab dan daerah sekitar gulf sana serta pakistan mas

kebetulan pula komunitas fb,udah kirim ke sana via cargo pesawat dengan diperkenalkan namanya sebagai ayam jago

kenapa kita perkenalkan sebagai ayam jago,karna dari dulu ayam aduan di nusantara ini di sebut ayam jago hanya sesederhana itu aja alasannya kemaren

keuntungan ketika mereka tanya apa itu arti ayam jago
ayam mean chicken or rosster, jago mean fighter atau petarung dan setelah dengar penjelasan sederhana ini mereka langsung manggut manggut je

salam ayam jago nusantara " from indonesia to the world"

ayam jago kayaknya boleh juga nih..

1c4-farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.01.14

Kembali Ke Atas Go down

pitik asemarang alias semarangan

Post  Makto Purwana on Fri 21 Mar 2014, 08:17

pitik asemarang alias semarangan






Makto Purwana
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 567
Join date : 18.03.11
Age : 65
Lokasi : ngisorringin............

http://www.indonesianroosterfarm.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  adit_insert on Fri 21 Mar 2014, 08:27

Makto Purwana wrote:pitik asemarang alias semarangan







sepertinya saya pernah liat ayam ini. daerah stikubank apa yaa?? eng ing engg.  bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce 

adit_insert
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 277
Join date : 19.08.12
Age : 30
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Makto Purwana on Fri 21 Mar 2014, 08:42

adit_insert wrote:
Makto Purwana wrote:pitik asemarang alias semarangan







sepertinya saya pernah liat ayam ini.  daerah stikubank apa yaa??  eng ing engg.  bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce 

anda benar, mas adit ganteng,,
mulai detik ini kita biasakan:
ayam stikubank
ayam jomblang
ayam tlogosari
ayam berok,,dlll Laughing Laughing

Makto Purwana
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 567
Join date : 18.03.11
Age : 65
Lokasi : ngisorringin............

http://www.indonesianroosterfarm.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  tebe on Fri 21 Mar 2014, 08:46

Makto Purwana wrote:
adit_insert wrote:
Makto Purwana wrote:pitik asemarang alias semarangan







sepertinya saya pernah liat ayam ini.  daerah stikubank apa yaa??  eng ing engg.  bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce 

anda benar, mas adit ganteng,,
mulai detik ini kita biasakan:
ayam stikubank
ayam jomblang
ayam tlogosari
ayam berok,,dlll Laughing Laughing

tambah stik mz,,
Ayam Bandungan...

tebe
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 209
Join date : 05.09.12
Age : 27
Lokasi : Gringsing,Batang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Makto Purwana on Fri 21 Mar 2014, 08:55

tebe wrote:
Makto Purwana wrote:
adit_insert wrote:
Makto Purwana wrote:pitik asemarang alias semarangan







sepertinya saya pernah liat ayam ini.  daerah stikubank apa yaa??  eng ing engg.  bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce 

anda benar, mas adit ganteng,,
mulai detik ini kita biasakan:
ayam stikubank
ayam jomblang
ayam tlogosari
ayam berok,,dlll Laughing Laughing

tambah stik mz,,
Ayam Bandungan...

makane GAJI entong trus mbak siva iki, sobone ngeri jbule...wakakaka

Makto Purwana
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 567
Join date : 18.03.11
Age : 65
Lokasi : ngisorringin............

http://www.indonesianroosterfarm.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  tebe on Fri 21 Mar 2014, 11:18

Makto Purwana wrote:
tebe wrote:
Makto Purwana wrote:
adit_insert wrote:
Makto Purwana wrote:pitik asemarang alias semarangan







sepertinya saya pernah liat ayam ini.  daerah stikubank apa yaa??  eng ing engg.  bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce 

anda benar, mas adit ganteng,,
mulai detik ini kita biasakan:
ayam stikubank
ayam jomblang
ayam tlogosari
ayam berok,,dlll Laughing Laughing

tambah stik mz,,
Ayam Bandungan...

makane GAJI entong trus mbak siva iki, sobone ngeri jbule...wakakaka
hahaha,,,kapan bisa kumpul" sambil sate kudaan lg,,,ckckcckckck

tebe
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 209
Join date : 05.09.12
Age : 27
Lokasi : Gringsing,Batang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  BangFaruq on Fri 21 Mar 2014, 18:51

Sebenarnya PAPAJI sendiri secara tidak langsung sudah memproklamirkan istilah sebutan ayam dari akronim PAPAJI itu sendiri, yaitu Paguyuban Penggemar Ayam Jago Indonesia.

BangFaruq
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 22.03.13
Age : 26
Lokasi : Desa Reuloh, Lambaro, Aceh Besar, Aceh.

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  candisingo on Sat 22 Mar 2014, 00:54

BangFaruq wrote:Sebenarnya PAPAJI sendiri secara tidak langsung sudah memproklamirkan istilah sebutan ayam dari akronim PAPAJI itu sendiri, yaitu Paguyuban Penggemar Ayam Jago Indonesia.

joss  Very Happy 

candisingo
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 305
Join date : 12.08.13
Age : 39
Lokasi : yogyakarta

http://candisingo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Modesto on Wed 26 Mar 2014, 02:12

1c4-farm wrote:salam hormat... numpang koment...
sebenernya gak harus pakai embel2 indonesia kang... asal jangan pake istilah ayam bangkok aja.
saya pernah ditanya oleh tetangga... ini ayam bangkok birma ya mas? ini ayam bangkok vietnam ya bro? ini ayam bangkok brazil ya kang? yg lucunya lagi ada yg nanya ini ayam bangkok thailand ya mas?

saya lebih setuju kalo dibilang ayam aduan jenis birma/ ayam petarung thailand/ ayam laga vietnam/ ayam aduan jawa....
klo diselidiki lg asal-usul ayam petarung thailand juga dari ayam hutan warna merah yg banyak terdapat di pulau sumatera, asal usul ayam petarung birma dan filiphina dari ayam hutan warna hijau pulau bali
dan mereka juga gak punya hak patent...
asal usul ayam birma juga hasil silang ayam petarung thailand x ayam kampung birma disebut ayam birma
terus kok ayam petarung thailand yg udah 3 generasi kelahiran indonesia x ayam kampung indonesia tetap aja dibilang ayam bangkok????

yang jadi pertanyaan kenapa pribumi yang notabenenya mewarisi budaya adu ayam dari jaman majapahit tidak memiliki jenis ayam petarung sendiri... padahal banyak penangkar ayam yg besar dan telah sukses di negara kita ini. ataukah kurangnya SDM yg membidangi ilmu peternakan?

maaf klo terlalu menggebu2... hanya karena saya cinta produk dalam negeri...
Sebenernya idealnya seperti yg sudah sampeyan tulis diatas. Tapi kembali ke awal lagi tentang penamaan ayam aduan.

Orang sudah terlanjur menamai jenis ayam dengan sebutan bangkok, birma, saigon, brazil... dll. Dan masing-masing jenis ayam itu punya ciri-ciri fisik dan gaya tarung sendiri. Dan ini sudah membekas kuat dibenak banyak penghobi di Indonesia, merubah nama ayam menurut saya pekerjaan sulit dan merepotkan karena pasti akan selalu muncul pertanyaan ini:

Ayam sampeyan rasnya apa mas?

Hehehe...suwun

 rendeer

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Hendro on Sun 06 Apr 2014, 06:13

BangFaruq wrote:Sebenarnya PAPAJI sendiri secara tidak langsung sudah memproklamirkan istilah sebutan ayam dari akronim PAPAJI itu sendiri, yaitu Paguyuban Penggemar Ayam Jago Indonesia.

Kata ahli teori soal nama, maka nama Indonesia kurang bagus dan berpotensi pecah seperti halnya Uni Soviet, maka nama yang cocok menurut beliau adalah NUSANTARA jadi istilah Ayam Indonesia diganti Ayam Nusantara saja, khusus PAPAJI tetap pakai Indonesia karena kalo pakai Nusantara maka bukan lagi PAPAJI tapi PAPAJN ntar JN dikira Jagonantang..ke..ke..ke..ke..ke.... Razz  Razz  Razz 

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam indonesia

Post  Sponsored content Today at 03:27


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik