Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Wed 23 Dec 2015, 14:52

Sebelumnya saya mau mengucapkan Salam rukun dan guyub untuk semua member papaji ataupun semua penghobi ayam aduan dimanapun berada , ataupun khususnya di bumi Pertiwi yang tercinta ini .

Semoga ayam aduan bisa tetap kita lestarikan , sebagai salah satu warisan budaya yang bisa kita teruskan hingga kita wariskan pula , kepada generasi penerus dibawah kita agar tidak punah dari bumi nusantara ini .

Sesuai dengan judul tema diatas , semoga saja bisa sedikit membantu wawasan kita dalam menekuni hobi ayam aduan , yang tentunya masukan atau kritikan bisa dianggap sebagai salah satu motivasi tersendiri yang sifatnya membangun , dan bukannya sesuatu hal yang dianggap meremehkan ataupun mengecilkan saran dan pendapat yang disampaikan melalui
Forum ini .

Dan tentunya pula dalam penyampaiannya pun harus menggunakan dan mengutamakan etika etika yang baik dalam bertukar fikiran dan berpendapat melalui forum di media internet ini .

Hal tersebut tentunya diharapkan tidak menimbulkan kegaduhan didalam forum itu sendiri , maupun pro dan kontra yang berkepanjangan, sehingga tidak bisa disimpulkan dengan baik ataupun menghindari cara cara yang terkesan saling menjatuhkan antara satu dengan yang lainnya .

Baiklah kalau begitu , langsung saja saya mencoba mengutarakan maksud dari tema judul diatas .

Mengapa ayam yang saat digebrak / saat latihan abaran terlihat biasa biasa saja , dan malahan ayam tersebut terkesan ayam yang tidak layak untuk ditarungkan dikalangan .

Dikarenakan untuk melihat jenis teknik permainan ataupun kwalitas jenis pukul ayam tersebut yang dibawah rata2 , akan tetapi BERBEDA sekali saat ayam tersebut di adu melawan ayam lain langsung dikalangan .

Berbeda yang saya maksudkan diatas adalah , ayam tersebut tiba tiba saja bisa mengeluarkan potensi ataupun kemampuan terbaik yang dimilikinya , baik dari segi teknik permainan maupun jenis pukul yang tidak ditunjukkannya pada saat ayam tersebut di gebrak atau latihan sparing .

Sehingga tak jarang ayam tersebut bisa memenangkan pertandingan melawan ayam lain secara langsung di kalangan dan terkesan ayam tersebut memiliki misteri tersendiri yang walaupun dicoba dijelaskan secara ilmiah ataupun secara logika yang masuk akal pun , terkadang masih dianggap tidak rasional maupun masuk di akal pikiran seorang manusia .

Walaupun pula sebetulnya manusia itu tersebut sejatinya dilahirkan ke dunia dibekali oleh akal dan pikiran . Kecuali mungkin saja orang yang tidak waras / Gila .

Walaupun begitu , tentunya sebagai pemilik ayam tersebut / seseorang yang merawat dan melatihnya , pasti akan sulit sekali untuk mengetahui kemampuan tersembunyi yang dimiliki ayam tersebut sehingga banyak pula yang langsung meragukannya untuk bisa diturunkan langsung ke kalangan .

Ataupun pula biasa nya , bisa dibilang ayam tersebut tidak layak pakai / ayam afkir .

Karena menurut saya pada umumnya , tolak ukur seseorang yang hobi dengan memelihara ayam aduan , pastinya akan merawat serta melatih ayam tersebut secara maksimal , sehingga ayam tersebut siap untuk diturunkan melawan ayam aduan yang lain di kalangan , dengan tujuan dan penuh pengharapan yang sudah pasti dan tentu nya , mengharapkan ayam tersebut bisa meraih kemenangan melawan ayam aduan lainnya .

Kecuali memang ada individu individu tertentu yang tujuannya memelihara ayam aduan misalnya , hanya untuk sebagai pengisi waktu luang mungkin , ataupun hal hal yang lainnya yang tidak ditujukan untuk membawa ayam aduan tersebut ke kalangan .

Memang terlepas dari itu semua , tentunya persiapan fisik maupun latihan latihan yang bertujuan mempersiapkan ayam tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja .

Ayam aduan yang sekira nya akan diturunkan kekalangan , sudah pasti akan melewati tahapan demi tahapan dalam proses pelatihannya .

Oleh sebab itu , pelatihan pelatihan yang diberikan kepada ayam aduan tersebut , tentu juga tidak dilakukan dengan waktu yang singkat , melainkan dilakukan melalui proses proses yang disesuaikan dengan karakter dan jenis ayam aduan tersebut secara continue yang memakan waktu yang cukup lama sekira nya .

Bukan tanpa alasan yang sekira nya hanya mengada ada saja maksud yang ingin saya sampaikan tentang keberadaan ayam tersebut , tetapi saya pribadi pun pernah melihat bahkan sempat memiliki ayam seperti yang dimaksudkan di atas .

Kalau tidak salah , flashback sekilas masih teringat kejadian saat itu .
Pada waktu itu saya memiliki ayam sekitar umur 8 bulanan , dengan harapan tidak dibutuhkan waktu yang lama lagi untuk segera merawat serta melatihnya .

Singkat cerita saja , setelah ayam tersebut memasuki usia yang lumayan ideal untuk dirawat , tiba tiba saja ayam tersebut terserang penyakit ganasss , yaitu tetelo .

Walaupun ayam tersebut akhirnya bisa terselamatkan dari serangan penyakit tersebut , tetapi penyakit tersebut menyisakan luka yang dalam bagi ayam itu .

Ayam tersebut saat digebrak dengan ayam lain selalu saja leher ayam tersebut terlihat melintir atau agak miring tidak sempurna saat sedang beradu batang leher , sehingga terkesan seperti ayam asor / ayam yang memiliki teknik "dagang kue" yang biasa disebutkan di tempat saya , dan juga tidak bisa mengeluarkan pukulan yang bagus / jarang mukul .

Oleh sebab itu pula , ayam tersebut akhirnya dijadikan teman sparing / untulan , oleh saya maupun tetangga sebelah rumah saya , yang pada saat itu sama2 memiliki ayam aduan .

Waktu berlalu dan ayam tersebut kira2 masuk usia 1 tahun setengah .

Saat itu kejadiannya saya masih ingat betul pada hari minggu pagi , saat itu saya sedang menjemur ayam tersebut didepan rumah bersama 2 ekor ayam usia 8 bulanan yang lainnya .

Tiba tiba saja , tetangga saya tersebut yang selalu memberi saya rokok sebungkus untuk meminjam ayam itu , lalu datang menghampiri saya dan berkata :

Tetangga : selamat pagi mas iwan , sedang apa nie ?

Saya : kamu buta ya , gak lihat saya sedang jemur ayam !

Tetangga : galak banget sich jawabnya mas ,, mau rokok gak !!!

Saya : " tidak langsung berkata dahulu , tetapi hanya senyum menyeringai "

Tetangga : nah , gitu donk senyum . Dengar kata2 rokok aja langsung semangat !!

Saya : meledek saja kamu , mana rokoknya ? Pasti mau minjem ayam lagi yak ..

Tetangga : nih rokoknya ,,, jangan dihabiskan langsung ,,, ntar masuk RS lagi , kebanyakan merokok .

Saya : biarin aja , saya ini yg masuk RS , bukan sampeyan ,, kenapa jadi repot ,,,

Tetangga : ya udah pasti repot lah ,,, kalau sampeyan masuk RS , yang mau bantuin ngurus ayam2 sampeyan siapa !!!

Saya : Ooººωн.. Iya .. Benar juga yak ... Udah ach bercanda nya . Memang ada apa sich ??

Tetangga : ayam untulan yang lagi di jemur sehat mas ...?

Saya : lihat sendiri donk ,, warna badannya aja merah kayak sirupp ... !! Heehehe

Tetangga : Siruuppp ,,, bukannya tadi saya liat ayam itu dilumurin pakai lipstik istrinya sampeyan ,,, maka nya semua badannya bisa jadi merah gitu ... Hahahaha

Saya : bisa saja kamu kalau bicara !!!

Saya : sudah sana ambil ayam kamu ,,, ayam untulan sudah siap tuch kalau mau buat latihan lagi ..

Tetangga : saya bukannya mau ngajak latihan ,,, bosen ngeliat ayam latihan terus ...

Saya : trus kalau gak mau ngajak latihan ,,, mau ngapain tanyain itu ayam untulan ...

Tetangga : gimana kalau ayam itu kita adu aja mas ,,,

Saya : sampeyan gila atau ngak waras ??? Ayam kayak begitu diadu ... Emang ayam sampeyan gak ada ??? Atau udah di jual ???

Tetangga : ayam saya sich masih ada ,,, cuma ayam yang lagi saya siapkan kondisinya lagi ngorok ...

Saya : nah itu ngerti ,,, ayam lagi sakit gak mau diaduin ,,, ngapain mau pakai ayam saya ,, yang udah jelas jelas jadi ayam untulan gara2 abis kena tetelo kayak gitu ... !!!

Tetangga : udah gak apa2 ,,, dari pada cuma bengong doank dirumah ,,, !!!

Saya : ndasmu peyang !!! Enak aja bengong2 doank dirumah ... Gak liat lagi repot ngurusin ayam apa !!!

Tetangga : hahaahah ,,, udah mas gak apa2 ,,, sampeyan modal ayam aja ,,, masalah uang rokok dan tengahanya pakai uang saya aja ...

Saya : masa bodoh lah ,,, mau dibayarin juga ,, tetap aja saya gak mau ,,, pokoknya titik gak pakai koma !!!

Tiba tiba saja datang lagi salah satu tetangga yang sudah lama berkecimpung didunia ayam aduan , yang sudah sering keluar masuk arena kalangan , dan juga memiliki jabatan yang agak lumayan sebagai botoh nakal .

Kemudian langsung datang tanpa mengucapkan salam terlebih dahulu dan langsung berkata :

Botoh nakal : wedeehhhh ,,, ada broo iwan dan broo rudi nie lagi meetiing ,,, lagi membahas tentang apa nie ... Apa lagi mau gebrak ayam nie .. ??? Ayolahhhh ,,,, digelar geber nya ,,, ayam udah pada siap tuch kayaknya ...!!

Tetangga : wahhhh ,,, pas banget nie ,,, ada ente broo ,,, bukannya mau gebrak ,,, tapi mau bawa ayam ke kalangan buat diadu ,,,

Botoh nakal : " pucuk dicinta ulam pun tiba " kalau rejeki emang gak kemana ... Gampang dech ,,, ntar gw yg basahin ... Ayam yg mana yg mau di bawa

Tetangga : ntuchhh ,,, ayam yang warna badannya udah hampir sama kayak siruupp .. EheheheH

Botoh nakal : kayak siruuuppp ,,, gak salah dengar gw !!! ,,, ada juga kayak abis diolesin pakai lipstik kali ,,, kalau ayam yang itu mah ... Heheheh

Tetangga : tucchh kan mas iwan ,,, benar kan apa kata saya !!! ,,, broo Doel aja sama kayak yang udah saya bilang tadi ,,, nie kayaknya udah dapet kode alam ,,, pasti peruntungan kita hari ini kayaknya bakal bagus kalau bawa ayam ke kalangan ,,,

Saya : kayak begitu dibilang kode alam ,,, dasar wong gemblung ...

Botoh nakal : owhhhh yang mau dibawa ke kalangan si komodo ..!! Yaudah ayo kita lekas bergegas ,,, mumpung masih pagi nie ,,,,

Ohya ... Lupa kasih tau nie ... Ayam tersebut saya kasih nama " komodo " .

Tetangga : ayo mass ,,, jangan kebanyakan mikir ,,,, masalah ongkos dan keperluan yang lain biar saya yang nanggung dech pokoknya ,,,

Botoh nakal : udahhhh ,,, ntar gw tambahin dech tengahanya ,,, ayok berangkat !!!

Tetangga : tuch ,,, bro doel aja mau ikut nambahin tengahanya ,,, " let's move "

Saya : dalam hati tidak di ucapkan " brengsek juga nie , dikomporin mulu nie gw , dengan perasaan yang penuh tekanan dan bujuk rayuan dari ke dua orang tersebut , akhirnya saya setuju dengan ajakan tersebut .

Saya : ok lah kalau begitu ,,, ayuk kita berangkat ,,,

Tetangga : nahh ,, gitu donk ,,, ditungguin dari tadi kok lama banget jawabnnya !!!!

Botoh nakal : udah dech ,,, mas iwan tenang aja ,,, pokoknya terima beres aja ...

Saya : kalau ngomong pada enak banget loe berdua ,,, mentang - mentang yang gak punya ayam !!!

Tetangga : emang sich ,, kita berdua bukan yang punya ayamnya ,,, tapi kan yang punya duit nya ,,, hhehehe

Akhirnya kami pun bertiga berangkat menuju kalangan terdekat yang berada di sekitar perumahan tempat kami tinggal .

Tetapi kalangan tersebut statusnya masih termasuk arena yang bisa dibilang sebatas untuk melayani partai recehan , ataupun bisa dibilang untuk kelas pinggiran .

Setelah sampai dikalangan tersebut , ternyata sudah berjalan hampir 3 ronde partai pembuka yang dilakoni oleh para penghobi ayam aduan yang lainnya .

Tanpa harus menunggu waktu yang lama , akhirnya pun rekan saya yang berprofesi sebagai botoh nakal menemukan pasangan tanding yang agak sesuai dengan ayam saya .

Bisa dibilang untuk pasang tanding tersebut adalah ; ayam saya menang pinggang , kalah tinggi , kalah umur , menang jalu satu ruas tetapi jalu nya tidak dilancipkan .

Dengan nomilal yang bisa dibilang hanya cukup buat beli beras merah sekitar 20 kg an ditambah beberapa bungkus rokok saja , akhirnya pertandingan pun berlangsung ,,,

Setelah pertandingan berjalan sekitar 5 menit ,,, dalam hati saya merasa kasihan banget , dan hanya diam tertunduk lesu tanpa mengeluarkan sepatah kata pun , atau yel ,,, yel ,, penyemangat buat ayam saya saat sedang melakoni partai tersebut ,,, ayam saya si komodo hanya buat sansak / sasaran empuk buat ayam lawannya tersebut ,,,

Tetapi berbeda dengan kedua kawan saya , yang selalu berteriak dengan penuh semangat ,, selalu terus meneriakkan kata kata buat penyemangat si komodo walapun mereka tahu dengan jelas bahwa komodo statusnya tidak diunggulkan ,,,

Akhirnya saya pun berbalik badan meninggalkan tontonan ayam tersebut dan segera menuju warung kedai yang berada tidak jauh dari lokasi pertandingan tersebut , untuk menikmati segelas kopi hitam dan sebatang rokok kretek favorit saya sambil bercengkrama ria dengan wanita penjual di warung kedai itu .

Selang hanya beberapa menit menyalakan rokok kretek dan hanya sesekali menyeruput kopi hitam yang masih panas tersebut ,,,

Tiba - tiba saja terdengar suara keras meneriakkan yel - yel yang terdengar sangat tidak asing lagi bagi saya untuk mengenali suara tersebut !!!

Saya : Dalam hati saya tidak di ucapkan " Tidak salah lagi ,,, itu suara tetangga saya dan suara botoh nakal yang seolah olah berteriak merasa kegirangan "

Tetangga ; habiskan komodoooo ,,, jangan kasih ampun lagi ,,, gantian beriiii ...

Botoh nakal : mampusin dach tuch musuh loe ,,, cabut nyawa nya aja ,,, geruss terus biar cepat selesai ,,, hahahaha

Mendengar suara dan perkataan tersebut , saya pun langsung bergegas meninggalkan warung kedai tersebut , meninggalkan wanita penjual dikedai tersebut dan kopi yang masih belum sempat saya habiskan ...

Saya pun langsung berkata kepada penjual di kedai tersebut :

Saya ; mbak ayu ,,, sebentar yach saya tinggal dulu ,,,

Wanita Penjual : mau kemana sich mas ,, kok buru - buru banget ,,, kopinya kan belum habis ...

Saya : sebentar ya mbak ,,, saya sedang dipanggil kawan saya ,,, kopi nya jangan dibuang dulu ya ,,, nanti saya kembali lagi ke sini buat bayar kopi nya ,,,

Wanita penjual : hmmmm ,,, awas lho ,,, jangan sampai lupa ,,, nanti balik lagi buat bayar kopi nya ,,,

Saya : Sippp mbak ,,, pasti saya balik lagi kok ,,, siapa sich yang gak mau minum kopi ditemenin sama penjual yang cantik dan manis senyumnya kayak mbak ini ,,, hehhehe

Sambil agak sedikit senyum tersipu malu , wanita penjual tersebut berkata !!!

Wanita penjual : mas ini bisa aja ngomong nya ,,, ya sudah sana hampiri teman mas yang lagi memanggil tadi ,,,

Saya : ok mbak ,,, sebentar yach ,,, hehhehe

Akhirnya saya pun meninggalkan kedai kopi beserta wanita penjualnya dan segera bergegas menuju tempat dimana ayam saya si komodo sedang bertarung melawan ayam aduan yang lain .

Sesampainya diarena yang kondisinya penuh dan sesak dengan para partisipan nya , akhirnya saya pun bergegas untuk menghampiri kedua rekan saya tersebut , yang mana kedua rekan saya tersebut masih meneriakkan yel yel untuk penyemangat ayam aduan saya .

Setelah berjumpa dengan kedua rekan saya , tanpa terlebih dahulu melihat ayam yang sedang bertarung , akhirnya saya pun melontarkan sebuah pertanyaan kepada mereka ...

Saya : ada apa sich ,,,, biasa aja kali ' sampai segitunya teriak2

Tetangga : gak usah banyak tanya ,,, liat sendiri tuch ayam nya sampeyan !!!

Saya : tidak diucapkan , hanya dalam hati
" bussyet dach komodo "

Alangkah terkejutnya saya !!! saat melihat ayam kesayangan si komodo seperti ayam yang sedang kesurupan ,,, kalau bisa saya katakan seperti itu .

Suatu pemandangan yang sangat mengejutkan , saat melihat si komodo ayam saya melancarkan pukulan bertubi - tubi , serta di imbangai teknik permainan yang tekap kanan tekap kiri sehingga ayam musuh pun dibuat tak berkutik dan akhirnya posisi nya pun berbalik .

Komodo ayam saya yang tadinya hanya jadi sasaran empuk dari ayam lawan nya karena terkenal dengan teknik " dagang kue nya " serta hanya memukul ala kadar nya saja , secara mendadak berubah menjadi sosok ayam yang sangat ideal baik dari segi teknik maupun jenis pukul nya .

Setelah beberapa menit komodo terus melancarkan aksinya secara bertubi - tubi tersebut , akhirnya wasit pun menghentikan pertandingan dikarenakan waktu pertandingan yang memasuki masa jeda / istirahat .

Lalu spontan saja kedua rekan saya langsung melontarkan kata - kata yang menurut saya agak lumayan angkuh dan terkesan sangat arogan .

Botoh nakal : yachh ,,, ter tolong waktu lagi !!! kalau gak mah ,,, bisa langsung diangkut pakai mobil ambulance tuch ayam ... Hahahaha

Tetangga : kalau cuma pakai mobil ambulance mah ,,, masih mending bro ,,, Coba kalau diangkut pakai keranda mayat ,,, trus langsung di kirim ke KOBER ,,, hahahhahaha

KOBER : adalah nama tempat pemakaman umum yang lokasinya tidak berada jauh dari sekitar kalangan maupun rumah tempat kami tinggal saat itu ...

Akhirnya si komodo di bawa ke dua rekan saya ke luar arena untuk segera di airi / di basahin , dan kemudian saya pun bergegas menghampiri ke dua rekan saya .

Setelah menghampiri kedua rekan saya yang sedang membasahi komodo , saya pun langsung melontarkan kata - kata sambil menunjuk - tunjuk mengunakan jari tangan :

Saya : itu tuchh ,, bang Doel ( botoh nakal ) ,,, dibagian sekitar kuping komodo agak banyak mengeluarkan darah ,, tolong agak dibersihkan ya !!!

Botoh nakal : udah diam aja loe ,,, pakai segala ngajarin lagi . Sudah sana ngopi sama ngerokok aja di warung ,,, kasian si mbak nya gak ada yang menemani ngobrol ,,,

Saya : tidak mengucapkan apa apa ." Hanya senyum menyeringai " hehehe

Tetangga : Busyyyeettt dach loe ,,, kemana aja !!! ayamnya lagi di adu malah asyik - asyikan ngopi , ngerokok , malah sambil godain mbak mbak nya lagi ,,, kebangetan banget sich ... Ngasih semangat keee ,, ke komodo !!!

Saya : iya ,,, soryyy ,,, soryyy ,,, katanya tadi pas mau berangkat , ntar kalau udah di kalangan gw cuma terima beres doank ,,, hehhehe

Tetangga : ya udah kalo cuma terima beres doank ,,, nanti misalkan kalau komodo menang !!! Langsung bawa pulang ajah tuch ayam ,,, Truss Eloe gak usah minta duit nya yakkkk .... !!!!

Saya : bercanda doank saya ,,, jangan gitu donk !!!

Tetangga : ya sudah ,,, diam saja kamu ,,, gak usah ke mana mana lagii ...

Saya : iya ,,, iya ,,,

Setelah waktu yang ditentukan untuk membasahi ayam selesai , maka si komodo maupun ayam tandingan nya segera bersiap siap menuju arena untuk kembali meneruskan pertandingan ..

Setelah pertandingan babak ke 2 di mulai , saya pun langsung berkumpul dan ikut mendekati ke dua rekan saya .

Dan kemudian pula , ayam saya si komodo kembali langsung melancarkan serangan nya secara bertubi-tubi kepada ayam lawan nya , sehingga ayam lawan si komodo tersebut , saat pertandingan baru berjalan sekitar 2 menit terkena pukulan telak dibagian kepala hingga menyebabkan ayam tersebut sempat berjalan sempoyongan .

Atau bisa dikatakan terkena pukulan jiling .

Melihat musuhnya yang sedikit tidak berdaya , akhirnya si komodo pun tidak men sia - siakan kesempatan yang baik , dan kembali melancarkan serangan dari arah depan .

Saat ayam lawan komodo tersebut masih separuh tidak sadarkan diri / sempoyongan akibat terkena pukulan jiling , dan seketika itu sambil bergerak masuk sayap lawan dan mengambil pukulan dari arah samping kiri , langsung saja Doaarrrr ,,,,,

Tiba - tiba saja musuh ayam si komodo langsung meneriakkan keok ,,, keok ,,, keok ,,, dan langsung loncat keluar dari arena pertandingan ...

Seketika itu pun , saya dan ke dua rekan saya langsung spontan mengangkat kedua tangan sambil meneriakkan yel yel kemenangan untuk si komodo , dan ke dua rekan saya sembari mengucap :

Botoh nakal : yachhh ,,, cuma segitu doank musuhnya ,,, gak ada yang berat lagi apa musuhnya ,,,, hahhahaah

Tetangga : kirain mau di kirim ke "kober" sama si komodo ,,, baru di pukul gitu doank sudah loncat geber ,,,, hahahha

Saya pun tidak mengucap apa2 yang ber arti buat kemenangan si komodo .

Hanya kata - kata horeee ,,, horeee ,,, horeee ,,,

Sambil mengucap dalam hati dan geleng geleng kepala doank : " masa iya sich ,, ayam kayak komodo yang biasanya dirumah hanya buat untulan ayam lain , tapi kok malah bisa memenangkan pertandingan melawan ayam lain di kalangan !!! "

Setelah pertandingan selesai , kami pun bertiga sejenak melepaskan lelah sebentar diwarung kedai , untuk sekedar menikmati segelas kopi dan sebatang rokok maupun bercengkrama dengan mbak ayu si penjual nya ....

Walaupun akhirnya jelang 2 bulan kemudian setelah pertandingan itu , si komodo ayam saya harus " IS DEAD " karena menjadi korban / untulan lagi buat teman sparing yang saya lakukan , dalam sesi latihan dengan ayam jalu yang saya miliki waktu itu .

Tersimpan sebuah kenangan yang tak terlupakan bagi saya waktu itu saat masih bersama dengan si komodo .

Sepenggal cerita pendek diatas adalah sebuah cerminan dari jenis ayam yang sekirannya kurang bagus saat dalam sesi pelatihan ataupun abaran , akan tetapi bisa memberikan kontribusi yang menjanjikan saat sedang di adu di kalangan .

Walaupun masih ada cerita yang lain yang saya miliki tentang jenis dan kriteria ayam aduan seperti si komodo tersebut , maupun mungkin saja di luar sana masih banyak cerita cerita yang lain seperti sepak terjang ayam saya si komodo , tetapi menurut saya dari cerita si komodo tersebut , cukup untuk mewakilkan sebuah analisa dari tema judul yang saya buat diatas .

Mungkin saja dari rangkuman tulisan yang saya buat ini , bisa dijelaskan secara ilmiah ataupun secara logika tentang kemampuan yang tersembunyi dari jenis ayam dengan kriteria seperti yang sudah di jabarkan di atas .

Akan tetapi menurut saya , keistimewaan dan mungkin ke unik kan tentang ayam aduan tersebut , bisa menjadi sedikit wawasan dan pengetahuan yang seharusnya tetap menjadi salah satu misteri , dan serta warisan budaya dari hal hal yang tetap menjadikan ayam aduan tersebut tetap bertahan sampai sekarang .

Maupun menjadi salah satu bahan pertimbangan tertentu , dalam menentukan kriteria - kriteria dari jenis ayam aduan tersebut .

Cukup sekian dari saya ,
Kalau ada kata kata yang kurang berkenan mohon di maafkan .

Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih .

Salam papaji .

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Hendro on Wed 23 Dec 2015, 17:58

Wah ceritanya pajaaang banget bahkan lebih panjang dari cersil Kho Ping Hoo..ke..ke..ke..ke.. Laughing Laughing Laughing Laughing

Inti cerita diatas semakin menegaskan bahwa ayam aduan adalah sebuah misteri, tapi banyak kok kejadian seperti yang diceritakan diatas.......................

Ada rekan mitra yang pernah cerita beli ayam dari rekan PAPAJI juga, ketika diabar dikandang bikin merinding orang2 yang nonton karena setiap digebrak lawan pasti nyungsep dibawah 10 menit, maka dengan semangat 45 mereka beramai ramai mengawal ayam tersebut pergi kearena dengan membawa serta segepok daun kelor bergambar proklamator, ketika diadu belum 10 menit lawan sudah nyaris roboh tapi dengan tiba2 tanpa pamit ayam teman langsung loncat geber dan kabur ketika ditemukan/dihadapkan lagi kembali melengos dan lompat geber lagi sambil teriak ampun eh keok sehingga dinyatakan kalah..........................

Ada cerita nyata teman mau bikin skenario untuk mempertemukan ayam sendiri di arena, ayam jagoan sengaja diaduin dengan ayam untulan, ayam untulan dibawa orang lain biar tidak dicurigai dan sengaja ditandingkan dengan jago yang dia bawa, untulan sudah sehari hari dijadikan sansak bagi jago tersebut bahkan sebelum dibawa ke arena untulan juga disiksa (jantur) dan diminumkan obat flu biar nantinya lebih cepat kalah, tapi yang terjadi sungguh diluar perkiraan dan merusak skenario karena ternyata dalam 2 air ayam untulan malah menang.............................

Jadi dalam dunia ayam aduan memang kita tidak boleh jumawa dan tidak boleh apriori negatif terhadap kualitas seekor ayam, karena ayam aduan adalah sebuah misteri.....................


Smile Very Happy Wink

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Langgeng NC on Wed 23 Dec 2015, 20:16

manteb ceritanya, berkunang2 bacanya wkwwk sukses mas bro
kalau ayam2 saya julukannya bukan komodo, tapi bunglon karena bisa byar pet dalam sekejab hahaha

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1215
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Administrator on Thu 24 Dec 2015, 10:56

Ayam yg jelek ketika digebrak, tapi jadi bagus ketika diadu, itu bukan mitos. Tapi FAKTA.
Kenapa???
Ya jelas aja, lha musuhnya beda koq... Antara gebrak dan adu, musuhnya berlainan. Ya jelas aja kerjanya juga jadi lain.

Waktu di gebrak lawan si A, ayam kita keliatan jelek. Tapi pas diadu lawan si B, ayam kita jadi terlihat hebat.
Bagaimana kalau diadu sungguhan lawan si A? Tentunya cerita akan berbeda lagi.


Ada lagi yg bilang ayam si anu ngga kuat taruhan gede. Di tarungkan dipinggiran, ayam selalu menang. Ketika taruhan besar malah kalah.
Tanya kenapa??
Smile








Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Thu 24 Dec 2015, 13:27

Administrator wrote:Ayam yg jelek ketika digebrak, tapi jadi bagus ketika diadu, itu bukan mitos. Tapi FAKTA.
Kenapa???
Ya jelas aja, lha musuhnya beda koq... Antara gebrak dan adu, musuhnya berlainan. Ya jelas aja kerjanya juga jadi lain.

Waktu di gebrak lawan si A, ayam kita keliatan jelek. Tapi pas diadu lawan si B, ayam kita jadi terlihat hebat.
Bagaimana kalau diadu sungguhan lawan si A? Tentunya cerita akan berbeda lagi.


Ada lagi yg bilang ayam si anu ngga kuat taruhan gede. Di tarungkan dipinggiran, ayam selalu menang. Ketika taruhan besar malah kalah.
Tanya kenapa??
Smile








Bang Admin tau aja maksud dari postingan yang saya buat ... Hehehhe
Sepertinya sudah pengalaman banget untuk kasus2 seperti yang diatas ...

Salut dech buat bang Admin . Very Happy

Apabila saya disuruh menjawab pertanyaan yang bang Admin sebutkan diatas ,

Rasanya untuk penjelasan secara nalar dan logis , sepertinya masih terlalu dangkal pengalaman yang saya miliki untuk menjawab pertannyaan tersebut !!!

Statement " ayam tidak bisa mengangkat duit gede " / " ayam darah menang nya kurang bagus " ,

Masih saya anggap sebagai jawaban yang masih saya pertahankan sampai sekarang , itu pun karena keterbatasan dan masih dangkal nya pengalaman saya dalam menyikapi hal tersebut .

Sekira nya bang Admin memiliki persepsi atau pandangan secara logis ataupun secara nalar atas pertanyaan tersebut !!!

Mohon tolong bantuan nya untuk dijelaskan di topik ini agar bisa menambah ilmu wawasan , pengalaman dan pengetahuan bagi saya khususnya dan bagi rekan2 papaji yang lain pada umumnya , agar sekiranya dari jawaban tersebut bisa membuka ruang hati dan pikiran yang selama ini masih terkurung oleh persepsi2 tentang ayam aduan yang terkadang masih terbawa oleh mitos2 / " konon kata nya " yang saya rasa sampai sekarang pun di sekitar ruang lingkup ayam aduan tersebut , masih banyak individu2 yang mempercayai nya tanpa didasarkan oleh modal alasan secara logis yang kuat ... !!!

Salam papaji . Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Thu 24 Dec 2015, 13:43

Buat pak hendro dan bang langgeng .

Terima kasih sudah mau baca tulisan dan koment nya ...

Maaf kalau tulisannya terlalu panjang !!!
Saya sendiri pun kalau disuruh baca ulang yang saya tuliskan diatas juga sudah tidak mau lagii !!!

Tapi bukan nya karena tulisan nya yang panjang ..!!!
Akan tetapi karena saya sudah tau isi tulisan tersebut !!!
Heheheh ...
Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  ekotepong on Thu 24 Dec 2015, 19:08

Ayam digebrak jelek,diadu bagus. Mungkin aja karena hal2 kayak gini

1. Pas diabar masih muda keliatan jelek trus dibuat untul. Karena dibuat untul pasti tambah lama tambah kuat, ototnya pun tambah jadi. Dan kemungkinannya setelah dijadikan untul yg punya lama2 jadi ada harapan ayam itu punya kelebihan alias kalok diadu ada harapan menang makanya diopeni terus. Soalnya kalo dijadikan untul kemudian tambah bobrok pasti langsung dijual atau dikeokin sekalian.
2. Pas diabar lama2 yg punya tau kelemahan2 ayamnya dan menganggap kelemahannya masih bisa ditutupi sama kelebihannya. Pas giliran diadu yg punya udah apal sama ayamnya jadi nyariin musuh yg kira2 bisa diatasi ayamnya.
3. Buat ayam asor. Pas diabar keliatan jelek soalnya 1 air udah digebukin trus diangkat. Pas diadu walopun udah digebukin 1-3 air taunya ayamnya kuat dan pukulannya bisa ngowahin musuhnya. Jadi musuhnya udah capek mukulin, baru si ayam giliran mukul. Ini baru disebut ayam jagoan...soalnya menangnya belakangan.
4. Soalnya penilaian rata2 botoh dikalangan itu suka rancu. Walopun ayam digebukin, tapi kalo di menit2 akhir bisa memenangkan pertarungan tetep aja dihati dia bisa bilang itu ayam masih (lumayan) bagus. Meskipun itu ayam punya tarung istimewa tapi tiba2 ngacir sendiri dan ngabisin duitnya bosnya...pasti tetep aja tuh ayam dimaki2 dibilang ayam jelek. Soalnya begitu kaki masuk ke kalangan,rasa puas akan kemenangan masih lbh tinggi nilainya drpd point ketangkasan bertarungnya. Kalo istilahnya...amergo pitike menang sak karepe arep ngomong piye

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Administrator on Thu 24 Dec 2015, 23:11

iwan supriyanto wrote:
Statement "  ayam tidak bisa mengangkat duit gede " / " ayam darah menang nya kurang bagus " ,

Masih saya anggap sebagai jawaban yang masih saya pertahankan sampai sekarang , itu pun karena keterbatasan dan masih dangkal nya pengalaman saya dalam menyikapi hal tersebut .

Sekira nya bang Admin memiliki persepsi atau pandangan secara logis ataupun secara nalar atas pertanyaan tersebut !!!  
Gampang koq mas... Jawabannya adlh sama : Musuhnya beda.
hehehe... Jadi kalah di arena dgn taruhan besar, penyebabnya bukanlah uang taruhannya, melainkan perbedaan kualitas musuhnya.
Taruhan gede, tentu musuhnya lebih 'berat' kualitasnya ketimbang ketika taruhan kecil.
Taruhan gede, musuhnya pasti sudah berpengalaman, dgn botoh yg hebat.

Misalnya :
Si A menang mudah lawan si B di arena pinggir (taruhan kecil). Andaikan ketika itu taruhannya besar, apakah si A bakal kalah??


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  rp0084 on Fri 25 Dec 2015, 05:26

[/quote] Gampang koq mas... Jawabannya adlh sama : Musuhnya beda.
hehehe... Jadi kalah di arena dgn taruhan besar, penyebabnya bukanlah uang taruhannya, melainkan perbedaan kualitas musuhnya.
Taruhan gede, tentu musuhnya lebih 'berat' kualitasnya ketimbang ketika taruhan kecil.
Taruhan gede, musuhnya pasti sudah berpengalaman, dgn botoh yg hebat.[/quote]

Berarti bang admin ngakui juga kalau main di kalangan kecil dan besar, beda rasanya....? Karena selama ini abg selalu bilang yg beda cuma taruhannya....

rp0084
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 18.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Administrator on Fri 25 Dec 2015, 09:57

[/quote]
Berarti bang admin ngakui juga kalau main di kalangan kecil dan besar, beda rasanya....? Karena selama ini abg selalu bilang yg beda cuma taruhannya....[/quote]
Itu saya jawab dalam konteks ayam yg menang di pinggiran, tapi kalah kalau taruhan gede.
Hal ini juga berlaku utk ayam yg menang taruhan besar, tapi kalah di kalangan pinggiran.

Penyebab kekalahan bukan krn taruhannya. Tapi krn musuhnya yg berbeda.

Wink

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Fri 25 Dec 2015, 23:08

@ekotepong : matur nuwun sudah mau mampir disini mas ..
Ulasan yang sampeyan utarakan lumayan masuk akal bagi saya .. Hehehe
@admin : abang yang satu ini memang paling pintar kalau ngasih jawaban .. Hehhehe
@rp0084 : terima kasih juga sudah berkenan mampir di postingan saya bang .
Kalau teman2 yang sering ke kalangan besar sich bilangnya " kalau ke kalangan besar nanti pulangnya bisa beli keju , tetapi kalau habis dari kalangan kecil , pulangnya cuma bisa buat beli singkong " . Begitu sich kata teman2 . Heheheh

Salam papaji Very Happy

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Jagoan Newbie on Sat 26 Dec 2015, 11:27

Duuh panjangnya.. belum selesai bacanya mas nanti dilanjutin lagi bacanya, he3..

Jagoan Newbie
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 09.09.15
Age : 32
Lokasi : di samping ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Sat 26 Dec 2015, 12:28

Jagoan Newbie wrote:Duuh panjangnya.. belum selesai bacanya mas nanti dilanjutin lagi bacanya, he3..

Kalau sudah selesai baca nya , langsung cuci muka biar segar kembali dan jangan lupa tolong rangkuman ulasan nya yach ...
Hehehhe

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  danipe on Sat 26 Dec 2015, 19:36

Byuh byuh byuh..... du......owo!!! Lum slese bcanya mata da pedes dluan.... drunken
Jian juosh!!!! queen

danipe
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 18.06.11
Age : 32
Lokasi : Ds. Mranggen-Kec.Purwoasri-Kab.Kediri

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  iwan supriyanto on Sat 26 Dec 2015, 23:08

danipe wrote:Byuh byuh byuh..... du......owo!!! Lum slese bcanya mata da pedes dluan.... drunken
Jian juosh!!!! queen

Istirahat dulu mas kalau merasa capek , jangan terlalu dipaksakan .
Sesuatu hal yang dipaksakan biasanya nanti hasil nya kurang optimal .

Besok dilanjutin lagi baca nya , tapi ingat jangan lupa , minum suplemen cap ayam jago dulu biar gak gampang capek ...

Hehhehe ....
lol!

iwan supriyanto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 29.12.11
Lokasi : watukumpul pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  DAVIDSON on Mon 28 Dec 2015, 14:31

iwan supriyanto wrote:
Baiklah kalau begitu , langsung saja saya mencoba mengutarakan maksud dari tema judul diatas .
Mengapa ayam yang saat digebrak / saat latihan abaran terlihat biasa biasa saja , dan  malahan ayam tersebut terkesan ayam yang tidak layak untuk ditarungkan dikalangan  .

Dikarenakan untuk melihat jenis teknik permainan ataupun kwalitas jenis pukul ayam tersebut yang dibawah rata2 ,  akan tetapi BERBEDA sekali saat ayam tersebut di adu melawan ayam lain langsung dikalangan .

Berbeda yang saya maksudkan diatas adalah , ayam tersebut tiba tiba saja bisa mengeluarkan potensi ataupun kemampuan terbaik yang dimilikinya ,  baik dari segi teknik permainan maupun jenis pukul yang tidak ditunjukkannya pada saat ayam tersebut di gebrak atau latihan sparing .

Salam papaji .

untuk si komodo itu kasusnya satu kali itu saja atau berkali2 begitu ?

berkali2 yg saya maksud itu, apakah si komodo tiap kali diabar kurang layak (tekniknya X) tapi tiap di tarungkan selalu mengeluarkan potensi yg luar biasa ? (tekniknya berubah jadi Z)








DAVIDSON
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 118
Join date : 13.10.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  DAVIDSON on Mon 28 Dec 2015, 15:00

iwan supriyanto wrote:Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

ini ungkapan yg umum di dunia ayam & ungkapan ini lebih sering ditujukan buat ayam jalu2 yg maennya kurang2 tapi jalunya ganas & semacam2nya

ayam A (jalu ganas) maen standar vs ayam B (jalu standar) maen baik
kalo diabar bungkus jalu ayam A bisa jadi bulan2an
kalo dikalang loss jalu, ayam B yg kemungkinan bisa jadi bulan2an

kalo bungkus jalu B yg dipukul berkali2 tetap maju dengan tenaga full & tidak berubah kekuatan teknik maennya

kalo loss jalu B karena sering kecolok jalu jadi majunya hanya dgn separoh tenaga & tekniknya tidak sekuat sebelumnya (yg awalnya kuat nekan karena sudah dicolok dimana2, ditekan dikit udah turun) ayam A jadi unggul maen


DAVIDSON
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 118
Join date : 13.10.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  bolote on Tue 29 Dec 2015, 20:19

iwan supriyanto wrote:
Jagoan Newbie wrote:Duuh panjangnya.. belum selesai bacanya mas nanti dilanjutin lagi bacanya, he3..

Kalau sudah selesai baca nya , langsung cuci muka biar segar kembali dan jangan lupa tolong rangkuman ulasan nya yach ...
Hehehhe


soal terlalu panjang barangkali rekan2 forum gak apa2 kang, namun jika punya kang iwan terlalu panjang justru yg sering sewot cuman isteri kang iwan sendiri tentunya... kekeekee Razz Razz

oya kembali ke topik,, barangkali ayamnya kang iwan kebalikan dari mitos ayam gak doyan duit itu kang n atau barangkali ayam pukul jalu jadi waktu diabar bungkus jalu gak ketahuan aslinya atau waktu abar cuman 1 airan n sebaliknya kalo adu beneran sampe beraiaran pula pemiliknya.... Smile



^

bolote
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 4186
Join date : 04.03.12
Lokasi : pekalongan,085640046203,pin :555FD204

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Aptanto WSS on Sun 03 Jan 2016, 00:02

Habis kena jiling  cerpen panjaaaaaaaaaang he he he he

cuci muka langsung  komen

sayang saya gak punya ayam kalangan

namun ada ayam muda di kandang ( dapat dari Guru Spiritual saya ) yang amit amit dah ngemut nya , bahkan latihan sama mr untul pernah dalam 1 x 15 gak mukul sama sekali . padahal si Mr Untul ayam  nya pasif jarang  mukul namun kalau mukul bisa kejang mendadak bahaya sekali pukulan nya , kapala tegak di atas kaya monas, gak masuk sayap full di atas saja  .

Tetangga kanan kiri memberi vonis ayam muda ( 8 Bulan ) ini ngemut total sebaiknya segera di eksekusi .

Namun saya pertahankan walau di caci dan  di maki orang se kampung  karena :

1. Dapat Dari Guru Spirittual saya

2. Ayam ini pukulan nya bagus kalau mau mukul ( sayang nya males mukul walau banyak kesempatan )

Saat ada Kontes di Surabaya akhirnya saya ikut daftar kontes , pikir saya biar jadi untuan gak apa apa itung itung cari urat . naas nya panitia gak buka kelas junior semua di pukul rata kelas 2 air an . sebelum tanding di mulai saya mulai lesu dan agak bimbang ngapain tadi saya ikut kontes kasian nih ayam , Pikir saya udah ayam muda , ngemut , ikut partai 2 air pula wes alamat pulang  masuk ICU di hajar ayam tua , import , Panus pula jenis nya ( jenis terbaru ) yang ter kenal senggol bacok , brakot dll

Saat pertandingan berlangsung semua tetangga saya melotot ayam yang selama ini ngemut jadi super candak , senggl bacok lawan nya mau brakot gagal total di hajar ayam muda akhirnya lawan  menyerah TKO di Ronde 1 .

se telah kontes kami semua merenung kok bisa demikian selanjutnya kami selidiki hal ini dengan ngajak ini ayam muda keliling ke kandang para senior .

ternyata ayam ini kalau lawan nya pasif  dia ikut pasif . kalau lawan nya aktif dia lebih  aktif dari lawan . kalau lawan ayam  brakot libur brakotnya , ayam ngalung libur ngalungnya , lawan masuk sayap libur masuk sayap .

sekian pengalaman kami  Smile

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jelek saat di gebrak tetapi bagus saat di adu

Post  Sponsored content Today at 20:45


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik