Pengaruh pakan pd ayam jago

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  Yons on Fri Sep 05, 2008 12:15 pm

mo tanaya nih Mas Ary ttg pengaruh pakan ,
1. dikasih padi,.......
2. jagung......
3. beras merah....
pengalaman Mas Ary gmn ? ...dan rekan 2 yang lainnya.......

ayam sy pernah coba kasih jagung ,warna kulit dan kakinya robah ya, agak kekuningan . ttp stamina belon pernah dibandingkan dgn padi atau beras merah ,...

salam
Yons

Yons
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 80
Join date: 17.08.08
Lokasi: ds Tanjung wangi Kec Cijambe Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  Administrator on Fri Sep 05, 2008 5:34 pm

Kalau menurut saya nih... padi (gabah), jagung atau beras merah, semua hampir sama deh...
Ketiganya adlh biji2an mengandung karbohidrat tinggi, terutama beras merah dan jagung.

Khusus utk gabah, menurut sy ini adlh makanan 'diet'. Kulit gabah tdk mengandung karbohidrat dan tdk membuat badan jadi gemuk meskipun makan sekenyangnya. Sebagian besar teman2 perawat sy lebih menyukai pemberian gabah utk rawat adu. Badan cepat singset, lemak berkurang, stamina bagus.

Tapi menurut saya, intinya adalah hrs ada keseimbangan antara 'pemasukan' (makanan) dan 'pengeluaran' (tenaga/aktifitas).
Apapun makanannya, voer sekalipun, tdk jadi masalah. Yang penting olah raga harus tepat porsinya (seimbang dgn makanan) supaya badan tdk gemuk atau kurus.

Hati2... Gabah tidak dianjurkan utk :
- Ayam kurus.
- Ayam habis sakit.
- Ayam habis tarung berat.
- Ayam lancur/muda --> masih masa pertumbuhan, tdk usah 'diet'.
- Kalau tdk biasa, bisa mengakibatkan 'mejen' ---> Susah buang kotoran/sembelit.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6127
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  bhozo on Sat Sep 06, 2008 9:52 am

Administrator wrote:Kalau menurut saya nih... padi (gabah), jagung atau beras merah, semua hampir sama deh...
Ketiganya adlh biji2an mengandung karbohidrat tinggi, terutama beras merah dan jagung.

Khusus utk gabah, menurut sy ini adlh makanan 'diet'. Kulit gabah tdk mengandung karbohidrat dan tdk membuat badan jadi gemuk meskipun makan sekenyangnya. Sebagian besar teman2 perawat sy lebih menyukai pemberian gabah utk rawat adu. Badan cepat singset, lemak berkurang, stamina bagus.

Tapi menurut saya, intinya adalah hrs ada keseimbangan antara 'pemasukan' (makanan) dan 'pengeluaran' (tenaga/aktifitas).
Apapun makanannya, voer sekalipun, tdk jadi masalah. Yang penting olah raga harus tepat porsinya (seimbang dgn makanan) supaya badan tdk gemuk atau kurus.

Hati2... Gabah tidak dianjurkan utk :
- Ayam kurus.
- Ayam habis sakit.
- Ayam habis tarung berat.
- Ayam lancur/muda --> masih masa pertumbuhan, tdk usah 'diet'.
- Kalau tdk biasa, bisa mengakibatkan 'mejen' ---> Susah buang kotoran/sembelit.

Mas Ari, saya mau nanya nih....
Kenapa ayam saya kalau makan gabah paginya susah buang kotoran (tp kalau terlambat ngeluarinnya/agak siangan)? trus gimana caranya biar "be-ol" yg susah tersebut jd bisa keluar (maksud saya "be-ol"nya dah keras, kan kasian tuh ayam, nah gman caranya supaya "be-ol" yg keras/susah keluar td bisa keluar dengn lancar?

thks,

bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 40
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  boby boksink on Sat Sep 06, 2008 10:20 am

Hati2... Gabah tidak dianjurkan utk :
- Ayam kurus.
- Ayam habis sakit.
- Ayam habis tarung berat.
- Ayam lancur/muda --> masih masa pertumbuhan, tdk usah 'diet'.
- Kalau tdk biasa, bisa mengakibatkan 'mejen' ---> Susah buang kotoran/sembelit.[/quote]

Mas Ari, saya mau nanya nih....
Kenapa ayam saya kalau makan gabah paginya susah buang kotoran (tp kalau terlambat ngeluarinnya/agak siangan)? trus gimana caranya biar "be-ol" yg susah tersebut jd bisa keluar (maksud saya "be-ol"nya dah keras, kan kasian tuh ayam, nah gman caranya supaya "be-ol" yg keras/susah keluar td bisa keluar dengn lancar?

thks,

bhozo[/quote]


Mas bhozo,klo ayam susah buang kotoran (mejen) biasa nya saya kasih minyak makan(minyak sayur,red plg)`sekitar "2 sendok makan dan dikasih air minum secukup nya atau dikasih buah pepaya yg udah masak(diberikan secukupnya),itu jg bisa membantu pencernaan ayam.....trus ayam tsb jangan langsung dikasih gabah doank.klo bisa dicampur sama Voer+nasi biar pencernaanya kembali normal..dan sebelum gabah tsb diberikan kepada ayam sebaiknya dicuci dan direndam terlebih dahulu agar kulit gabah tidak tajam dan keras

mungkin itu saja pengalaman dari saya,jika ada kata yg kurang dimengerti atau ada kekeliruan mohon di maafkan

saling tukar pengalaman
Boby boksink

boby boksink
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 61
Join date: 28.08.08
Age: 33
Lokasi: Bukit Besar(palembang)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  Administrator on Sat Sep 06, 2008 11:55 am

Setuju sama mas Bobby tuh...
Buat tambahan, gabah yg diberikan pada ayam (dibatok makanan) juga harus diberikan air (sedikit terendam). Jangan kering.

Kalau utk ayam muda yg baru belajar makan gabah, jangan terlalu banyak dulu mas. Biasanya memang suka mejen. Mungkin krn pencernaannya belum terbiasa. Sebaiknya dicampur beras merah dulu sedikit2.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6127
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  Yons on Sun Sep 07, 2008 1:07 pm

thanks Mas Ary

mo ...tanya lagi nih kalo badan jadi bantat pengaruh dari makanan atau apa .......

salam

Yons
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 80
Join date: 17.08.08
Lokasi: ds Tanjung wangi Kec Cijambe Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  Administrator on Sun Sep 07, 2008 2:47 pm

Yons wrote:thanks Mas Ary

mo ...tanya lagi nih kalo badan jadi bantat pengaruh dari makanan atau apa .......

salam

Yang dimaksud dgn bantat ini yg gimana kang Yons..? sebab istilah ini banyak sekali persepsinya.
Apakah badannya kaku dan keras..? Terlalu kencang..? Kaya batu..?

Kalo yg ini, bukan salah makannya. Tapi salah training.
Ayam jadi terlalu ber-otot seperti binaragawan.
Padahal badan ayam seharusnya seperti fighter macam petinju.
Kekar tapi tetap lentur.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6127
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  leo_skandal on Tue Feb 17, 2009 5:13 pm

menurut aku masalah pakan itu tergantung ayam aduannya,
gabah itu untuk makannan ayam taji supaya nanti bila terjun di gelanggan bisa gesit.
jagung itu untuk ayam yg tidak bertaji supaya otot dan bandanbisa kuat soalnya dia hanya membutuhkan tenaga yg kuat dia mengandalkan pukulannya lain dengan taji dia mengandalkan tajinya.
Tapi ayam yg tidak bertaji juga harus di campur dengan babah sedikit.
itu pengalaman saya
mohan maaf bila ada kesalahan semua itu berdasarkan pengalaman saya.

leo_skandal

Jumlah posting: 9
Join date: 16.02.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  GuitarPlayer on Tue Feb 24, 2009 10:49 am

Ayam yang bantat bisa di normalkan kembali dengan cara membiarkan ayam tsb berkipu sesering mungkin dan untuk sementara hindari ayam agar tidak mengkonsumsi makanan yang berserat seperti misalnya gabah, selama menjalani therapy ini berilah ayam makanan voer (secukupnya) yang dicampur air dan sediakan selalu minuman sepanjang hari, sehingga dengan cara ini diharapkan badan ayam yang bantat secara bertahap akan kembali normal, selamat mencoba.

Salam

GuitarPlayer
kopral
kopral

Jumlah posting: 17
Join date: 05.01.09

Kembali Ke Atas Go down

pengaruh pakan

Post  opik_98 on Wed Feb 25, 2009 6:16 am

Administrator wrote:Setuju sama mas Bobby tuh...
Buat tambahan, gabah yg diberikan pada ayam (dibatok makanan) juga harus diberikan air (sedikit terendam). Jangan kering.

Kalau utk ayam muda yg baru belajar makan gabah, jangan terlalu banyak dulu mas. Biasanya memang suka mejen. Mungkin krn pencernaannya belum terbiasa. Sebaiknya dicampur beras merah dulu sedikit2.
saya setuju dengan mas ary klo bisa memang gabah harus direndam terus biar ga terlalu keras,untuk ukuran saya
biasanya 1kg beras merah dicampur gabah 1/2kg (gabah rendeman)

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 772
Join date: 11.02.09
Lokasi: Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  rio on Wed Jun 17, 2009 10:50 pm

Setuju dengan pendapatnya mengenai ayam bantat..tapi saya punya pengalaman sendiri.
Untuk mengembalikan ayam yang bantat...saya pernah melakukan dengan memberikan nasi saja untuk makannya...trus ayam diumbar dgn biang tapi jangan dimandikan....lakukan selama seminggu.
Coba dech mungkin resep saya bisa bermanfaat.

Tks.

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 204
Join date: 16.06.09
Age: 49
Lokasi: Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pengaruh pakan pd ayam jago

Post  aan_elektro02@yahoo.com on Mon Sep 28, 2009 10:14 am

sip sip.. ntar saya cobain deh pk berah merah.. soalnya selama ini beras merah saya kasih buat ayam pelung doang..

kl saya.. karena sekalian ternak ikan.. kan pakan ikan saya dari darah.. saya coba buat ayam yg umur 2-4 bulan (skrg junior gw umur 4 bulan).. saya kasih darah yang udah dimasak+dedak+jagung.. waduh badannya jd bongsor gt.. makanya biar nggak terlalu gemuk, disuruh renang terus sama yang ngurus..
kmrn saya coba di abar sama ayam orang yang umur 5-6 bulan.. alhamdllh menang telak.. Wink

aan_elektro02@yahoo.com

Jumlah posting: 6
Join date: 15.09.09

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik