Dampak mengawinkan ayam muda..!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  kuriak on Sat 22 Jan 2011, 19:16

buat teman2 semua..! apakah mengawinkan ayam yg umurnya baru 6 bulan itu baik..?? apakah ada dampak negatifnya bagi anaknya kelak..?? terima kasih..!

kuriak
kopral
kopral

Jumlah posting : 35
Join date : 07.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  aeon on Sun 23 Jan 2011, 23:40

Saya jg pengen tau jawabannya..mohon senior2 beri pencerahannya donk.. :-)

aeon
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 02.08.10
Age : 32
Lokasi : Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  chairudin on Mon 24 Jan 2011, 09:34

kuriak wrote:buat teman2 semua..! apakah mengawinkan ayam yg umurnya baru 6 bulan itu baik..?? apakah ada dampak negatifnya bagi anaknya kelak..?? terima kasih..!
apa tdk terlalu muda bos (usia 6 bln) kalau menurut saya sisi negativenya tdk ada, karna anak ayam tetap anak ayam...kalau menurut saya minimal usia 9 bln aja bos, karna sdh melalui beberapa kali gebrak unt mengetahui kwalitas ayame itu sendiri (baik mental maupun tehnik)...cuma saran dri saya bos...

chairudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 138
Join date : 25.04.10
Age : 36
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  rio on Mon 24 Jan 2011, 11:59


Yg ditanyakan ayam jantan atau betina sih..?

Jantan utk dijadikan pemacek baiknya pada saat habis mabung atau min. usia 1 tahun.

Betina sebaiknya min. usia 8 bulan.

Kalau dikawinkan terlalu muda, biasanya anak ayam akan rentan terhadap cuaca..(mudah sakit) dan
tulangnya jika sdh remaja kurang padat.

Salam

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  boejang on Mon 24 Jan 2011, 12:27

idem ma mas rio!

boejang
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 10.08.10
Age : 35
Lokasi : Tegal - jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  Administrator on Mon 24 Jan 2011, 13:37

Tergantung dampak negatif seperti apa yg dimaksud.

Kalau secara biologis, ayam yg sudah kluruk pertanda sudah dewasa dan siap diternak. Tidak ada masalah. Tidak ada patokan umur yg pasti. Yg penting sistem reproduksi sudah bekerja dgn normal.

Tapi para peternak ayam aduan sangat jarang mengawinkan ayam usia yg relatif muda. Ini krn ayam muda belum teruji kelayakan kualitasnya.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  Tamu on Mon 24 Jan 2011, 18:11

untuk ayam betina sih gak begitu berpengaruh...mungkin bila kondisi organ reproduksi blm tumbh sempurna bisa menyebabkan sulit keluar telur...(dobolen) sebagai contoh saja
ayam umur 6 bln kondsi otot blm tumbh sempurna...begitu juga mental..apabila dikawinkan umur muda ditakutkan menyebabkan mentalnya rusak...
sy udah pernah ngalamin....

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  kuriak on Mon 24 Jan 2011, 20:44

oo gitu ya mas..! ceritanya gini, temen sy punya ayam umur 6 bulanan, mempunyai sisik kaki beracun, dan mainnya bagus bgt..! tp ayam tersebut sdh mau dilepas ke pembeli, konon ayam tersebut ditebus dgn 1 unit motor, jd buat jaga2 ayam tersebut dititip di tempat saya utk sementara..! takut ada yg nyuri..! jd sebelum dilepas sy pengen ngambil keturunan ayam tersebut..!

kuriak
kopral
kopral

Jumlah posting : 35
Join date : 07.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  Administrator on Mon 24 Jan 2011, 20:54

kuriak wrote:oo gitu ya mas..! ceritanya gini, temen sy punya ayam umur 6 bulanan, mempunyai sisik kaki beracun, dan mainnya bagus bgt..! tp ayam tersebut sdh mau dilepas ke pembeli, konon ayam tersebut ditebus dgn 1 unit motor, jd buat jaga2 ayam tersebut dititip di tempat saya utk sementara..! takut ada yg nyuri..! jd sebelum dilepas sy pengen ngambil keturunan ayam tersebut..!

Wah, hebat juga. Ayam 6 bulan dihargai 1 unit motor. Bahkan bangkok import sekalipun tidak ada yg semahal itu dgn umur yg sama.
Tapi sy ragu. Kalau sudah bisa digebrak dan keliatan main-pukulnya bagus, kemungkinan usia jauh diatas 6 bulan. Ayam umur 6 bulan, kukuruyuk aja belom lancar. Masih takut2 sama ayam jago lain. Sepertinya masih susah utk kawin.

Kalau mau diternak, ya silakan saja mas... Namanya juga ada kesempatan.
hehehe...

Ngomong2, sisik kaki beracun itu yg kaya gimana sih? Apa benar ada racunnya? Atau cuma 'kiasan' saja?


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  rere_pitkeeper on Mon 24 Jan 2011, 22:08

Ayam muda buat ternak , hasilnya LEMAS2 bang. Mudah ngedrop, klo ngedrop yak brakhir dengan keok.. Tuh pngalaman saya. Mski ada perkecualian tapi lbh bnyak yang lemas2

rere_pitkeeper
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 314
Join date : 06.12.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  kuriak on Mon 24 Jan 2011, 22:29

sy juga heran ada yg mau beli ayam dgn harga segitu, mending buat beli sapi aja, bs dpt 3 tuh..! wkwkwk..! sy nggak tau istemewanya dmana..! tp kata orang2 ayam ini banyak memiliki tuah..! yg saya tau sbagai pemula, ayam itu cm punya sisik gelang dan sisik pecah aja..!

kuriak
kopral
kopral

Jumlah posting : 35
Join date : 07.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  ivan81 on Thu 05 Feb 2015, 16:12

sebaiknya jangan om...kasihan ayamnya...

ayam muda itu harusnya senang2...banyak bergaul..dan bebas..

kalo dikawinkan nanti pusing dia masih muda udah jadi bapak.. Sad


Very Happy Very Happy Very Happy

ivan81
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 156
Join date : 15.12.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  juragan_rabay on Thu 05 Feb 2015, 16:32

Secara Takdir ayam yg siap kawin adalah umur 7 bulan.
seperti halnya manusia, jika sudah Baliqh sudah bisa memproduksi anak.
jadi tidak ada sisi negatif, yg menjadi penentu negatif atau positif adalah sang maha pencipta.
secara kalau binatang di lepas (liar) perkawinan hewan secara biologis jika sudah siap / sempurna.
jadi menurut saya, tidak ada sama sekali sisi negatif. jika dibilang lebih baik umur sekian2, itu kata ente bro. kalo kata sang maha pencipta kun faya kun, ente mau bilang apa lagi ? afro

juragan_rabay
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 360
Join date : 26.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  ivan81 on Thu 05 Feb 2015, 16:36

juragan_rabay wrote:Secara Takdir ayam yg siap kawin adalah umur 7 bulan.
seperti halnya manusia, jika sudah Baliqh sudah bisa memproduksi anak.
jadi tidak ada sisi negatif, yg menjadi penentu negatif atau positif adalah sang maha pencipta. afro

kalo di tahan2 ayamnya bisa puyeng ya kang...wkwkwkwk lol!

pernah ngawinin paling muda umur brp kang? trs hasilnya gimana?

ivan81
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 156
Join date : 15.12.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  juragan_rabay on Thu 05 Feb 2015, 16:38

ivan81 wrote:
juragan_rabay wrote:Secara Takdir ayam yg siap kawin adalah umur 7 bulan.
seperti halnya manusia, jika sudah Baliqh sudah bisa memproduksi anak.
jadi tidak ada sisi negatif, yg menjadi penentu negatif atau positif adalah sang maha pencipta. afro

kalo di tahan2 ayamnya bisa puyeng ya kang...wkwkwkwk lol!

pernah ngawinin paling muda umur brp kang? trs hasilnya gimana?

nah itu dia kang Very Happy
ibarat manusia, kalo di tahan bakal jerawatan wkwkwk lol!
klo yg muda (betina) umur 7 bulan kang, dengan sistem inseminasi buatan study
dan telurnya rata2 di goreng yg ke dua dst, yg pertama buat uka2 :p
yg dibuat hasil rata2 periode ke dua.

kalo yg jago rata2 pas setelah mabung, menimbang masa sebelum mabung dilatih dan di abar untuk siap tarung ke kalang.
jika di keluarkan spermanya, resiko mengurangi tenaga, daya, dan hal lain pada saat bertarung.

juragan_rabay
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 360
Join date : 26.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  Wishnu Handoko on Thu 05 Feb 2015, 20:25

wah klo ayam nya super gtu sih gan ya hajar aja tp klo bs biang nya yg tua & bgs dlm arti mnghasilkan ayam2 yg brkualitas.. pakan nya hrs lbh extra dr pd membesarkan anak2 ayam pada umum nya ya logikanya wlaupun pacek muda tp klo pakan yg brkualitas mgkin (mgkin lho ya) bs mnutupi kekurangannya (dlm hal kualitas fisik) tp klo dsamain sprti ya yg pnting ayam mkn entah cuma pur biasa+katul+nasi ya sm aja bo'ong, saya sih prnh punya pengalaman ya bukan ayam muda belia yg dikawinin sih,saat itu lg musim pnyakit krn ayam2 dkandang pd keserang pnyakit akibatnya krn turunan yg bgs smpai umur 2 bulan anakan ayam msh diaquarium dgn jmlh yg sesak pula (ibarat untuk selonjoran aja susah) nah untuk mngejar prtumbuhan yg trhambat itu ya mo gak mau pakan nya stlh pindah kekandang bnr2 yg brkualitas bngt,gak lupa vitamin..skrg anakan udh mo jln 6 bln & alhmdllh untuk ukuran bs 5,5 - 6,5 ya mklum akibat trhambat pertumbuhan gara2 klamaan diaquarium gtu tulangan jg bgs,wlaupun jd bnyk variasinya.. Laughing

Wishnu Handoko
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 28.04.14
Age : 34
Lokasi : Jakarta Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dampak mengawinkan ayam muda..!

Post  Sponsored content Today at 07:25


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik