Mohon Bantu Pencerahannya...

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  adin on Mon 21 Mar 2011, 17:03

salam rekan2 PAPAJI smuanya, saya punya pacekan baru aja selesai mabung, dan babon yang lagi mabung, rencana sih mau saya bibitkan, tapi babon ngga mau dikawnin sama paceknya, trus saya kawin dodokan 3x sehari, dan pacek sama babon trsbut saya kasih makan gabah+jagung+beras merah, kata temen sih makanan trsbut agar nanti anak2nya tulangannya bagus2, cara trsbut sdh 15hari sy lakukan, tapi babonnya belum jg bertelur, pertanya'an sy, salahkah cara yg saya lakukan trsbut, krn sy sangat pemula dan blm prnah membibitkan ayam aduan, mohon bantuannya rekan2 PAPAJI smuanya, gimana agar babon cepat bertelur (kualitas telur dan anakannya bagus), dan biberi pakan apa yg bagus untuk membibitkan ayam trsbut, krn pacek dan babonnya lumayan bagus, syng klo ngga dibibitkan, mohon ma'af bila topic ini pernah dibahas,,,
trmksh rekan2 PAPAJI smuanya...
wassalam...

adin
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 03.02.11
Age : 31
Lokasi : Banjarmasin

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 19:42

Yang jadi salah persepsi adlh : Dgn dikawinkan, maka babon akan bertelur. Ini adlh salah.

Babon bertelur bila siklusnya sudah tiba. Badan harus sehat, tidak kegemukan atau terlalu kurus.
Tanpa dikawinkanpun babon akan bertelur sendiri. Tapi tentu tidak akan menetas bila tidak kawin.
Babon yg lagi mabung, biasanya belum mau bertelur.

Lebih baik biarkan saja babonnya diumbar dulu biar selesai mabungnya. Nanti kalau sudah berkotek2 dan cari tempat nelor, baru rajin kawinin.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  pak_tri on Mon 21 Mar 2011, 20:09

wah siiiip deh , penjelasan dari mas admin.......
betina mabung tidak lama ,paling 1 ,smp 1,5 bln.....udah birahi lagi.....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Mon 21 Mar 2011, 20:37

Administrator wrote:Yang jadi salah persepsi adlh : Dgn dikawinkan, maka babon akan bertelur. Ini adlh salah.

Babon bertelur bila siklusnya sudah tiba. Badan harus sehat, tidak kegemukan atau terlalu kurus.
Tanpa dikawinkanpun babon akan bertelur sendiri. Tapi tentu tidak akan menetas bila tidak kawin.
Babon yg lagi mabung, biasanya belum mau bertelur.

Lebih baik biarkan saja babonnya diumbar dulu biar selesai mabungnya. Nanti kalau sudah berkotek2 dan cari tempat nelor, baru rajin kawinin.


Betul banget bang admin

BDW holla petok2 long time no see u

Tolong di jelaskan juga bang, idealnya jago d pacek
infonya gantung bang,,

hehe
VIVA PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 20:52

lost_champ wrote:Tolong di jelaskan juga bang, idealnya jago d pacek
infonya gantung bang,,

Ngga gantung koq... yg ditanya khan babonnya. Bukan paceknya.
Razz

Maksudnya, ideal apanya nih? Kondisi, umur, rekor, kualitas atau ukuran?

Btw, sy curiga...
Ini beneran nanya apa cuma ngetes doank...???
Rolling Eyes

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Ringgas Hutagaol on Mon 21 Mar 2011, 21:35

[/quote]

Ngga gantung koq... yg ditanya khan babonnya. Bukan paceknya.
Razz

Maksudnya, ideal apanya nih? Kondisi, umur, rekor, kualitas atau ukuran?

Btw, sy curiga...
Ini beneran nanya apa cuma ngetes doank...???
Rolling Eyes
[/quote]
Ditanya malah kabur (lost) ...

Ringgas Hutagaol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1055
Join date : 27.02.11
Age : 52
Lokasi : Jakarta Utara - 081398023456

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Mon 21 Mar 2011, 21:42

Administrator wrote:
lost_champ wrote:Tolong di jelaskan juga bang, idealnya jago d pacek
infonya gantung bang,,

Ngga gantung koq... yg ditanya khan babonnya. Bukan paceknya.
Razz

Maksudnya, ideal apanya nih? Kondisi, umur, rekor, kualitas atau ukuran?

Btw, sy curiga...
Ini beneran nanya apa cuma ngetes doank...???
Rolling Eyes

saya aseli gak bang

pas kondisi bagaimana n umur jago ideal d pacekin

TRIMS

VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 21:51

lost_champ wrote:pas kondisi bagaimana n umur jago ideal d pacekin

Utk umur, sebetulnya stlh usia puber (8 bulan) ayam sudah bisa dikawinkan.
Tapi masalahnya, usia 8 bulan ayam belum terlihat kualitas sebenarnya.

Jadi, kalau sy, umur paling tidak 1 thn. Alasannya, dgn usia 1 thn ayam sudah dirawat dan diuji kualitasnya.

Kondisi ayam utk pacek, tentu harus sehat dan bergairah. Mabung tidak masalah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Mon 21 Mar 2011, 21:57

Administrator wrote:
lost_champ wrote:pas kondisi bagaimana n umur jago ideal d pacekin

Utk umur, sebetulnya stlh usia puber (8 bulan) ayam sudah bisa dikawinkan.
Tapi masalahnya, usia 8 bulan ayam belum terlihat kualitas sebenarnya.

Jadi, kalau sy, umur paling tidak 1 thn. Alasannya, dgn usia 1 thn ayam sudah dirawat dan diuji kualitasnya.

Kondisi ayam utk pacek, tentu harus sehat dan bergairah. Mabung tidak masalah.

ijin nyanggah bang . . .

menurut pak de saya kondisi yang bagus buat macek
tuh pas saat mau selesai mabung

menurut Alm.
Kondisi ayam saat itu lagi fit2nya
puncak nutrisi pembentukan bulu, otot, nyali tarung cukp baik
ayam mank lagi gatel2nya ma lawan jenis

heheh

maap bang
lol!

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Mon 21 Mar 2011, 21:59

lost_champ wrote:
ijin nyanggah bang . . .

menurut pak de saya kondisi yang bagus buat macek
tuh pas saat mau selesai mabung

menurut Alm.
Kondisi ayam saat itu lagi fit2nya
puncak nutrisi pembentukan bulu, otot, nyali tarung cukp baik
ayam mank lagi gatel2nya ma lawan jenis

heheh

maap bang
lol!

Ngga salah kang...

Kalo sy umur 1 thn, kalo memang terlihat bagus dan prospek jadi pacek, pasti sy kawinkan.
Takut ngga ada umur. Ngga sempat mabung udah mati.
hehehe...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  adin on Tue 22 Mar 2011, 09:24

Administrator wrote:Yang jadi salah persepsi adlh : Dgn dikawinkan, maka babon akan bertelur. Ini adlh salah.

Babon bertelur bila siklusnya sudah tiba. Badan harus sehat, tidak kegemukan atau terlalu kurus.
Tanpa dikawinkanpun babon akan bertelur sendiri. Tapi tentu tidak akan menetas bila tidak kawin.
Babon yg lagi mabung, biasanya belum mau bertelur.

Lebih baik biarkan saja babonnya diumbar dulu biar selesai mabungnya. Nanti kalau sudah berkotek2 dan cari tempat nelor, baru rajin kawinin.

Oooo.... gitu ya MAs ARY, jd klo babon udah mau bertelur nanti bisa aja mo dikawinin sama pacek,,

tapi ada yang belum Mas ARY beri pencerahan nih, ma'af, numpang tanya lg ya,,,
Menurut pengalaman Mas ARY, Pacek sama babon dikasih pakan apa yg bagusnya agar kualitas telur dan anakannya nanti mempunyai struktur tulangan yg bagus...

trmksh Mas ARY....

adin
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 03.02.11
Age : 31
Lokasi : Banjarmasin

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Karismadi on Tue 22 Mar 2011, 12:11

salam papaji semuanya..... Smile Smile Smile
kalo dari pengalaman saya yg masih pemula ni mas... he he "kalo salah dibenerin ya senior2" Smile
untuk pacek dikasih makanan seperti biasa kita rawat ayam aduan aja kan kalo ayam mau di adu dirawat jadi stamina dan kondisinya fit sehingga baik digunakan buat pemacek...
untuk babon saya biasanya kasih pakan dedek + 521 vorbuat ayam petelur... dulu pernah kasih pakan babon dengan vor521 saja telur jadi relatif besar dan bagus sampe2 ada yg besarnya over sampe 1,5 kalo besar telur biasa akhirnya telur yg besar gak ditetesin coz kuningnya ada dua dari pada ditetesin gak jadi or jadinya cacat.. akhirnya tak campur dengan dedek... and hasilnya cukup baik...
CMIIW..
monggo ditambahin ya... Smile Smile Smile

Mas Ary kira2 yg saya lakukan ini baik ngk mas....? and share dong mas... cararawatan pacek and babon di kandang mas ary...

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Tue 22 Mar 2011, 20:41

Karismadi wrote:salam papaji semuanya..... Smile Smile Smile
kalo dari pengalaman saya yg masih pemula ni mas... he he "kalo salah dibenerin ya senior2" Smile
untuk pacek dikasih makanan seperti biasa kita rawat ayam aduan aja kan kalo ayam mau di adu dirawat jadi stamina dan kondisinya fit sehingga baik digunakan buat pemacek...
untuk babon saya biasanya kasih pakan dedek + 521 vorbuat ayam petelur... dulu pernah kasih pakan babon dengan vor521 saja telur jadi relatif besar dan bagus sampe2 ada yg besarnya over sampe 1,5 kalo besar telur biasa akhirnya telur yg besar gak ditetesin coz kuningnya ada dua dari pada ditetesin gak jadi or jadinya cacat.. akhirnya tak campur dengan dedek... and hasilnya cukup baik...
CMIIW..
monggo ditambahin ya... Smile Smile Smile

Mas Ary kira2 yg saya lakukan ini baik ngk mas....? and share dong mas... cararawatan pacek and babon di kandang mas ary...

Betul sekali mas...
Pacek harus dirawat supaya sehat, bugar dan bergairah. Idealnya dirawat seperti ayam aduan. Hanya porsi latihannya saja yg berbeda.

Utk babon sudah ada makanan khusus supaya telurnya bagus. Vitamin utk ayam bertelur juga banyak dijual (egg stimulant, ryomicyn, dsb).





Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Karismadi on Wed 23 Mar 2011, 21:54

wah ada to mas ary makanan khusus babon supaya telurnya bagus... apanamanya mas.. biar kalo aku bisa cari... supaya daya tetas dan hasil anakan lebih optimal....
trimakasih sebelumnya mas... Smile Smile Smile

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Wed 23 Mar 2011, 22:22

Karismadi wrote:wah ada to mas ary makanan khusus babon supaya telurnya bagus... apanamanya mas.. biar kalo aku bisa cari... supaya daya tetas dan hasil anakan lebih optimal....
trimakasih sebelumnya mas... Smile Smile Smile

Seperti yg mas Karismadi bilang, pakai voer petelur pokphan 521.
Atau tanya saja sama penjualnya, makanan ayam petelur.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Karismadi on Wed 23 Mar 2011, 22:34

ow saya kira ada jenis laen or memang makanan laen selain voer he he he...
wah komplit sudah tinggal dipraktekin yg pake vitamin belum coba ...
Smile Smile Smile

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Aptanto WSS on Thu 24 Mar 2011, 08:41

Beberapa hari yg lalu ada botoh tua yang emgatakan ke saya kalau Pejantan yang kita pakai terlalu muda (Baru umur 1th / blm mabung ) dan betina baru umur dibawah 1 th (8-9bulan) kata beliau jangan dikawinkan dulu alasannya walau anaknnya bagus - bagus dri segi fisik dan teknik tapi nafasnya jelek staminanya kedodoran .

Kalau saya pribadi pernyataan seperti ini masih sy anggap mitos dan bukanlah suatu teori ilmiah !

Mohon tanggapan para sesepuh dan senior , trims salam Razz

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Thu 24 Mar 2011, 15:35

APTANTO wrote:Beberapa hari yg lalu ada botoh tua yang emgatakan ke saya kalau Pejantan yang kita pakai terlalu muda (Baru umur 1th / blm mabung ) dan betina baru umur dibawah 1 th (8-9bulan) kata beliau jangan dikawinkan dulu alasannya walau anaknnya bagus - bagus dri segi fisik dan teknik tapi nafasnya jelek staminanya kedodoran .

Kalau saya pribadi pernyataan seperti ini masih sy anggap mitos dan bukanlah suatu teori ilmiah !

Mohon tanggapan para sesepuh dan senior , trims salam Razz

Betul mas Tanto,
Kalau soal napas, tergantung perlakuan sejak kecil, rawatan dan latihannya.

Tapi... Sy pernah baca sebuah artikel (lupa sumbernya), konon katanya bila indukan masih berumur muda, anak2nya lebih lincah. Sementara bila indukan sudah berumur, anakannya lebih bagus vitalitasnya.
Apakah krn lincah menyebabkan anakan jadi mudah ngos2an...???
Ini lagi sy selidiki kebenarannya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Thu 24 Mar 2011, 15:46

Administrator wrote:
APTANTO wrote:Beberapa hari yg lalu ada botoh tua yang emgatakan ke saya kalau Pejantan yang kita pakai terlalu muda (Baru umur 1th / blm mabung ) dan betina baru umur dibawah 1 th (8-9bulan) kata beliau jangan dikawinkan dulu alasannya walau anaknnya bagus - bagus dri segi fisik dan teknik tapi nafasnya jelek staminanya kedodoran .

Kalau saya pribadi pernyataan seperti ini masih sy anggap mitos dan bukanlah suatu teori ilmiah !

Mohon tanggapan para sesepuh dan senior , trims salam Razz

Betul mas Tanto,
Kalau soal napas, tergantung perlakuan sejak kecil, rawatan dan latihannya.

Tapi... Sy pernah baca sebuah artikel (lupa sumbernya), konon katanya bila indukan masih berumur muda, anak2nya lebih lincah. Sementara bila indukan sudah berumur, anakannya lebih bagus vitalitasnya.
Apakah krn lincah menyebabkan anakan jadi mudah ngos2an...???
Ini lagi sy selidiki kebenarannya.
ijin nyanggah bang

indukan muda atau tua sebenernya bukan masalah untuk di pacek, cuma kalau baru pertama kali pacek pembagian genitas masih terbagi antara induk dan jago, ini dikarenakan ke kuatan dominasi dari biang dan jago

kalau biang nya bagus, sedangkan jagonya kurang sdh pasti anaknya tergolong kurang, karena pada dasarnya biang kurang mendominasi dalam pembentukan sifat, gaya bertarung, dan kekuatan fisik

biang yang bagus hanya mereflexikan sifat dominan dari jagonya

saya ada saran kalau mw test biang, coba pake jago berwarna jalak, llihat kualitas anaknya, sama atau lebih kurang dari jagonya.

mengapa saya pilih jalak????

karena dominasi warna jalak saya nilai baik, tinggal kita melihat dari anaknya saja, gaya bertarung ukuran dan fisiknya sama atau tidak dengan jagonya

TRIMS
VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Thu 24 Mar 2011, 16:05

lost_champ wrote:
indukan muda atau tua sebenernya bukan masalah untuk di pacek, cuma kalau baru pertama kali pacek pembagian genitas masih terbagi antara induk dan jago, ini dikarenakan ke kuatan dominasi dari biang dan jago

kalau biang nya bagus, sedangkan jagonya kurang sdh pasti anaknya tergolong kurang, karena pada dasarnya biang kurang mendominasi dalam pembentukan sifat, gaya bertarung, dan kekuatan fisik

Maksudnya pembagian genitas terbagi antara induk jago, ini gimana mas...???
Secara teori genetika, seekor ayam (kalo ga salah) punya 48 kromosom. Masing2 kromosom memiliki ribuan pasang gen yg berasal dari 50% bapak, 50% ibu.
Jadi dalam setiap individu, pasti punya 50% gen bapak, 50% gen ibu. Tinggal siapa yg lebih dominan dan resesif saja. Inipun berlangsung secara acak.

Kalau babonnya bagus, jagonya kurang, tidak peduli umur, pasti anaknya memiliki kemungkinan kurang bagus krn paling tidak 50% mewarisi sifat si jantan. Demikian juga sebaliknya.
Maka supaya hasilnya anaknya bagus, pacek dan babon harus berasal dari keturunan yg bagus.

lost_champ wrote:
biang yang bagus hanya mereflexikan sifat dominan dari jagonya


Mungkin kang Champ masih fanatik dgn istilah biang cetak yaa...???
Kalau sy pribadi, ragu dgn keberadaan biang cetak. Ini hanya mitos saja.
Kalaupun ada biang cetak yg hanya mereflexikan sifat jago, ini berarti biang tersebut memiliki gen2 yg total resesif. Jumlahnya mungkin hanya 1 dari sekian juta ayam --> hampir mustahil.
Sepanjang pengalaman sy, mereka yg mengaku punya biang cetak terbukti anakannya beragam juga. Tidak bisa seragam identik sama semua.

So... Kalaupun ada biang cetak, sy ga suka dan ga mau punya. Biang cetak hanya mereflexikan sifat paceknya. Sementara yg sy inginkan adlh, anakan yg lebih bagus dari paceknya.
Jadi biang yg bagus menurut sy adlh, biang yg ikut menyumbangkan kontribusi sifat2 positif pada anaknya.

lost_champ wrote:
karena dominasi warna jalak saya nilai baik, tinggal kita melihat dari anaknya saja, gaya bertarung ukuran dan fisiknya sama atau tidak dengan jagonya


Apakah benar warna jalak selalu dominan...??
Dominan dari segi apanya nih kang...?? Warnanya kah...???
Atau sifat2nya..??





Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Thu 24 Mar 2011, 17:46

Administrator wrote:
lost_champ wrote:
indukan muda atau tua sebenernya bukan masalah untuk di pacek, cuma kalau baru pertama kali pacek pembagian genitas masih terbagi antara induk dan jago, ini dikarenakan ke kuatan dominasi dari biang dan jago

kalau biang nya bagus, sedangkan jagonya kurang sdh pasti anaknya tergolong kurang, karena pada dasarnya biang kurang mendominasi dalam pembentukan sifat, gaya bertarung, dan kekuatan fisik

Maksudnya pembagian genitas terbagi antara induk jago, ini gimana mas...???
Secara teori genetika, seekor ayam (kalo ga salah) punya 48 kromosom. Masing2 kromosom memiliki ribuan pasang gen yg berasal dari 50% bapak, 50% ibu.
Jadi dalam setiap individu, pasti punya 50% gen bapak, 50% gen ibu. Tinggal siapa yg lebih dominan dan resesif saja. Inipun berlangsung secara acak.

Kalau babonnya bagus, jagonya kurang, tidak peduli umur, pasti anaknya memiliki kemungkinan kurang bagus krn paling tidak 50% mewarisi sifat si jantan. Demikian juga sebaliknya.
Maka supaya hasilnya anaknya bagus, pacek dan babon harus berasal dari keturunan yg bagus.

lost_champ wrote:
biang yang bagus hanya mereflexikan sifat dominan dari jagonya


Mungkin kang Champ masih fanatik dgn istilah biang cetak yaa...???
Kalau sy pribadi, ragu dgn keberadaan biang cetak. Ini hanya mitos saja.
Kalaupun ada biang cetak yg hanya mereflexikan sifat jago, ini berarti biang tersebut memiliki gen2 yg total resesif. Jumlahnya mungkin hanya 1 dari sekian juta ayam --> hampir mustahil.
Sepanjang pengalaman sy, mereka yg mengaku punya biang cetak terbukti anakannya beragam juga. Tidak bisa seragam identik sama semua.

So... Kalaupun ada biang cetak, sy ga suka dan ga mau punya. Biang cetak hanya mereflexikan sifat paceknya. Sementara yg sy inginkan adlh, anakan yg lebih bagus dari paceknya.
Jadi biang yg bagus menurut sy adlh, biang yg ikut menyumbangkan kontribusi sifat2 positif pada anaknya.

lost_champ wrote:
karena dominasi warna jalak saya nilai baik, tinggal kita melihat dari anaknya saja, gaya bertarung ukuran dan fisiknya sama atau tidak dengan jagonya


Apakah benar warna jalak selalu dominan...??
Dominan dari segi apanya nih kang...?? Warnanya kah...???
Atau sifat2nya..??





Sorry counter bang

Teori abang tentang breeding berapa waktu yang lalu sedikit mengingat kan saya pada pengalaman saya yang lalu2

memang bang teori breeding yang pernah abang paparin betul, bagi yang sudah paham betul, cara dan pemilihan calonnya, teori breeding yang abang paparin udah pernah saya praktekkan, memang turunanya berbagai macam, kadang bisa menetaskan ayam sperti indukan pacek tersebut, tapi bang teori itu hanya saya pake untuk mengusut seberarapa bagus dominasi indukan dari si pemacek, dan mengeliminasi yang mewarisi sifat yang kurang bagus. maka dari itu saya menekankan untuk menyetak biang yang dapat merefleksikan sifat jagonya, karena sesungguhnya kualitas ayam tidak akan lebih bagus dari indukanya. Kecuali ayam itu bermutasi, tapi proses mutasi secara alamiah bautuh proses lama dan panjang, kalau pun anak dari pemacek lebih bagus coba di usut lagi silsilah dari pemacek, kan gak ada orang aseli indonesia yang ngelahirin anak bentuk fisik, pigmen, kulit, atau dna nya kaya orang jerman bang

kenapa saya pilih jalak bang, menurut saya jago jalak akan mewarisi sifat bulu kepada anak2nya, dan kita hanya menganalisa seberapa jauh sang jago mewarisi gaya bertarung, ketahanan fisik dan ukuran kepada sang anak

begitulah pengalaman yang sudah pernah saya dapat bang selama memelihara ayam aduan
trims

saya bukan fanatik biang cetak bang karena menrut saya biang cetak itu adalah biang yang menetaskan Ukuran, warna dan gaya bertarung dari sekian tetasannya (biang hanya menjadikan 1 dari skian telur dalam satu generasi yang dominan seperti jagonya)

VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Thu 24 Mar 2011, 18:36

lost_champ wrote:Teori abang tentang breeding berapa waktu yang lalu sedikit mengingat kan saya pada pengalaman saya yang lalu2

Kang,
Apa yg sy tulis bukan teori sy pribadi. Tapi prinsip2 dasar ilmu genetika.
Utk jadi seorang peternak unggul, menurut sy sedikit2 harus mengerti prinsip dasar teori genetika dan hereditas (penurunan sifat).
Mohon maaf, kalau boleh sy kritisi, kebanyakan peternak di Indonesia sangat tradisional. Lebih banyak mengandalkan mitos2 dan kepercayaan, atau paling banter pake feeling aja. Pacek harus menangan, biang cetak, warna bulu, dsb.
Padahal itu semua bisa dijelaskan dgn teori2 ilmiah yg bisa dijadikan pedoman.

lost_champ wrote:Maka dari itu saya menekankan untuk menyetak biang yang dapat merefleksikan sifat jagonya, karena sesungguhnya kualitas ayam tidak akan lebih bagus dari indukanya.

Sepertinya kita berbeda pendapat kang. Ngga papa tho... sekedar berbagi wawasan. Bukan menyalahkan.

Bagi sy, biang tidak harus merefleksikan sifat jagonya. Tapi harus ikut berperan memberikan sifat positifnya pada anak2nya.

Kemudian utk kalimat yg di tebalkan diatas, sy kira tidak sepenuhnya benar. Krn apa yg saya lakukan adlh, ternyata anak sangat mungkin bisa lebih bagus dari jagonya.
Ini krn biang justru menambah sifat positif yg tdk dimiliki pacek.

lost_champ wrote:
kenapa saya pilih jalak bang, menurut saya jago jalak akan mewarisi sifat bulu kepada anak2nya, dan kita hanya menganalisa seberapa jauh sang jago mewarisi gaya bertarung, ketahanan fisik dan ukuran kepada sang anak

Ooo... dominan gen warna yaa...
Tapi gen warna tidak berhubungan dgn sifat2 lainnya lho... Warna boleh saja serupa dgn bapaknya. Tapi karakter belom tentu.






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Thu 24 Mar 2011, 19:00

Administrator wrote:
Kang,
Apa yg sy tulis bukan teori sy pribadi. Tapi prinsip2 dasar ilmu genetika.
Utk jadi seorang peternak unggul, menurut sy sedikit2 harus mengerti prinsip dasar teori genetika dan hereditas (penurunan sifat).
Mohon maaf, kalau boleh sy kritisi, kebanyakan peternak di Indonesia sangat tradisional. Lebih banyak mengandalkan mitos2 dan kepercayaan, atau paling banter pake feeling aja. Pacek harus menangan, biang cetak, warna bulu, dsb.
Padahal itu semua bisa dijelaskan dgn teori2 ilmiah yg bisa dijadikan pedoman.

sepengetahuan saya cm segitu bang
lagian adu bener2 pun blm bisa d terapkan di indonesia bang, karena belum ada yang mewadahi hobby ini, lagian sistem adu di indonesia lebih mengedepankan masalah taruhan, bukan kualitas ayam

Administrator wrote:
Sepertinya kita berbeda pendapat kang. Ngga papa tho... sekedar berbagi wawasan. Bukan menyalahkan.

Bagi sy, biang tidak harus merefleksikan sifat jagonya. Tapi harus ikut berperan memberikan sifat positifnya pada anak2nya.

Kemudian utk kalimat yg di tebalkan diatas, sy kira tidak sepenuhnya benar. Krn apa yg saya lakukan adlh, ternyata anak sangat mungkin bisa lebih bagus dari jagonya.
Ini krn biang justru menambah sifat positif yg tdk dimiliki pacek.

coba usut lagi silsilah terdahulunya bang, klw saya boleh usul, pake pacekan ma ayam yang hanya punya 1 kelebihan yang berbeda, mungkin disitu akan jelas maksud saya (maaf bukan ngajarin)

Administrator wrote:
Ooo... dominan gen warna yaa...
Tapi gen warna tidak berhubungan dgn sifat2 lainnya lho... Warna boleh saja serupa dgn bapaknya. Tapi karakter belom tentu.
maka dari itu bang secara warna udah sama tinggal bagaimana kita menganalisa karakter yang diturunkan lebih dominan atau tidak, klw g mendingan di potong aja biangnya (maaf)

abang bilang biang yang bisa menambah sifat positif si pemacek, berarti secara teori ayam kate kalau kita silangkan dengan ayam kampung bisa jadi ayam unggulan donk bang??? n kenapa ukuran ayam di indonesia mayoritas kecil2??? n bagaimana dengaan hibrydasi??? sudah ada yang berhasil belum di indonesia???


maaf bang cuma sekedar sharing
ini juga demi kebaikan para pecinta papaji

TRIMS
VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Administrator on Thu 24 Mar 2011, 19:26

lost_champ wrote:coba usut lagi silsilah terdahulunya bang, klw saya boleh usul, pake pacekan ma ayam yang hanya punya 1 kelebihan yang berbeda, mungkin disitu akan jelas maksud saya (maaf bukan ngajarin)

Maksudnya gimana nih?
Sy belom ngerti.

lost_champ wrote:
maka dari itu bang secara warna udah sama tinggal bagaimana kita menganalisa karakter yang diturunkan lebih dominan atau tidak, klw g mendingan di potong aja biangnya (maaf)

Kalau misalnya, warna pacek jalak. Teknik kontrol, tengoknya kurang, tapi pukul keras sekali jadi.
Dikawinkan dan keluar anakan :
Warna merah, kontrol + tengok bagus, pukul tidak terlalu keras tapi cepat dan tepat.
Ini berarti si jalak kalah dominan sama babonnya. Warna bukan jalak. Si babon kasih aditif karakter tambahan berupa tengok dan pukulan cepat.
Masa babon gini mau dipotong sih...???
Shocked

lost_champ wrote:
abang bilang biang yang bisa menambah sifat positif si pemacek, berarti secara teori ayam kate kalau kita silangkan dengan ayam kampung bisa jadi ayam unggulan donk bang???

Unggulan utk apa nih? Utk aduan? ya ngga bisa lah... ayam kampung dan kate bukan dasar bibit yg bagus utk ayam aduan. Kita khan bicara ternak ayam aduan. Bukan ayam potong atau ayam hias.

Penambahan sifat positif dari babon maksudnya gini :
Pacek langkah bagus, tengok kurang, pukul sekedar cepat tidak keras.
Hasil anaknya :
Langkah bagus, tengok bagus, pukul bertambah keras.
Ini berarti ada penambahan sifat bagus krn ada aditif karakter yg ditambahkan oleh si babon.
Kalo kita pakai 'biang cetak' yg konon hanya menurunkan sifat pacek, maka tidak mungkin hasil anaknya jadi ada tengok dan pukul tambah keras.
Tidak ada kemajuan.

lost_champ wrote:n kenapa ukuran ayam di indonesia mayoritas kecil2??? n bagaimana dengaan hibrydasi??? sudah ada yang berhasil belum di indonesia???

Ukuran ayam tergantung dari faktor keturunan (indukan besar atau kecil) dan yg terpenting faktor nutrisi dan cara perawatan sejak kecil. Peternak2 besar yg sy kenal, ukuran hasil anakannya tidak kalah bagus dgn ayam import.
Sebaliknya, tidak semua ayam import ukurannya besar2.

lost_champ wrote:bagaimana dengaan hibrydasi??? sudah ada yang berhasil belum di indonesia???

Hybridasi di bidang apa nih? ayam aduan?
Banyak yg gagal, tapi tidak sedikit yg berhasil.
Yg jelas, hibridasi yg dilakukan dgn pola yg sembarangan, menghasilkan anakan yg sangat beragam.








Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  lost_champ on Thu 24 Mar 2011, 20:03

Administrator wrote:
Maksudnya gimana nih?
Sy belom ngerti.

sorry bang
liat bapak ma ibu, klau perlu kita tau kakek2 ma neneknya ada yang punya sifat unggul apa enggak???

Administrator wrote:
Kalau misalnya, warna pacek jalak. Teknik kontrol, tengoknya kurang, tapi pukul keras sekali jadi.
Dikawinkan dan keluar anakan :
Warna merah, kontrol + tengok bagus, pukul tidak terlalu keras tapi cepat dan tepat.
Ini berarti si jalak kalah dominan sama babonnya. Warna bukan jalak. Si babon kasih aditif karakter tambahan berupa tengok dan pukulan cepat.
Masa babon gini mau dipotong sih...???
Shocked
coba liat atas bang

Administrator wrote:
Unggulan utk apa nih? Utk aduan? ya ngga bisa lah... ayam kampung dan kate bukan dasar bibit yg bagus utk ayam aduan. Kita khan bicara ternak ayam aduan. Bukan ayam potong atau ayam hias.

Penambahan sifat positif dari babon maksudnya gini :
Pacek langkah bagus, tengok kurang, pukul sekedar cepat tidak keras.
Hasil anaknya :
Langkah bagus, tengok bagus, pukul bertambah keras.
Ini berarti ada penambahan sifat bagus krn ada aditif karakter yg ditambahkan oleh si babon.
Kalo kita pakai 'biang cetak' yg konon hanya menurunkan sifat pacek, maka tidak mungkin hasil anaknya jadi ada tengok dan pukul tambah keras.
Tidak ada kemajuan.
(maaf bang) klau saya liat postingan abang, abang nyari babon yang punya sifat dominan, (persentase kuat gen lebih cenderung di biang) jadinya ada penambahan sifat baiknya, bukan begitu bang???

mungkin pemberian nutrisi pada pemacek bisa jadi solusinya

kita kesampingin dulu masalah babon cetak bang, saya berusaha sharing untuk memperthankan sifat asli dan fisik dari pemacek.

Administrator wrote:
Ukuran ayam tergantung dari faktor keturunan (indukan besar atau kecil) dan yg terpenting faktor nutrisi dan cara perawatan sejak kecil. Peternak2 besar yg sy kenal, ukuran hasil anakannya tidak kalah bagus dgn ayam import.
Sebaliknya, tidak semua ayam import ukurannya besar2.

yah ini yang saya maksud pemberian nutrisi bang, tapi saya belum pernah liat ada ukuran ayam kecil lahir anak ukuran tambah besar. saya pingin sharing masalah biang yang menurunnkan sifat fisik (terutama ukuran kepada rekan2 papaji). memang membutuhkan waktu yang lama dan panjang

Administrator wrote:
Hybridasi di bidang apa nih? ayam aduan?
Banyak yg gagal, tapi tidak sedikit yg berhasil.
Yg jelas, hibridasi yg dilakukan dgn pola yg sembarangan, menghasilkan anakan yg sangat beragam.

ya ayam aduan lah bang, kalau memang ada kenapa mahasiswa kita belum ada yang mencoba hibridasi ayam aduan yang besar, kuat dan mempunyai teknik yang bagus. Ayam juga kan bisa ngehasilin devisa yang lumayan kan bang. seperti tanaman palawija kita yang dikembangkan oleh BATAN.

TOP DAN Salut buat admin papaji
VIVA LE PAPAJI

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mohon Bantu Pencerahannya...

Post  Sponsored content Today at 01:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik