BULU SAYAP GETAS

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

BULU SAYAP GETAS

Post  ali_husinfreon on Wed Sep 30, 2009 12:27 pm

Salam,
3 dr 4 ayam yg sedang disiapkan mengalami bulu sayap Getas /mudah patah ,.klo diabar ada aja yg patah padahal musuh/untulan tidak bongkar/masuk sayap atau nyayap langsung masuk ke pangkal sayap tidak masuk melalui celah bulu sayap.
1 ekor ayam yg getas sedang diuji coba dengan campuran makan 1 kg gabah:1kg jagung:1/4 kg gandum merah,..batang bulu tebal ,tp tetap saja getas..
yg 2 ekor kasih makan gabah saja, tapi bulu ekor getas jg.
Apakah bulu getas pengaruh dr makanan atau pola pemeliharaan yg salah atau memang ayam mempunyai bakat bulu sayap getas?
Mohon pecerahannya dari rekan2 dan senior PAPAJI.
Trims Byk

ali_husinfreon
kopral
kopral

Jumlah posting: 38
Join date: 20.05.09
Age: 37
Lokasi: Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  Administrator on Wed Sep 30, 2009 12:43 pm

Bulu yg mudah patah bisa disebabkan krn faktor keturunan, cara perawatan dan konsumsi makanannya.

Dari faktor keturunan, mungkin tidak banyak yg bisa sy jelaskan.

Kalau dari cara perawatan, penjemuran yg terlalu lama bisa membuat bulu menjadi 'kering' dan mudah patah. Juga dari cara memandikan ayamnya, sedikit banyak berpengaruh juga.

Sementara dari konsumsi makanan, terlalu banyak kalsium membuat bulu kuat tapi mudah patah. Selain kalsium dibutuhkan juga fosfor dan vitamin D utk membuat bulu menjadi kuat namun lentur.
Sebagian peternak berpendapat, dgn menambah minyak ikan, membuat bulu lebih indah dan lebih lentur.

CMIIW.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  amrogen on Wed Sep 30, 2009 2:40 pm

mas..ary, cara memandikan, maksudnya gimana ya ?

thanks

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1276
Join date: 12.09.08
Lokasi: Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  nurkhotim on Wed Sep 30, 2009 3:00 pm

setahu saya,.. terlalu sering memandikan,.. dan terlalu 'basah',.. juga pengaruh ke bulu,.. logikanya begini : itu bulu sebenarnya memiliki kandungan minyak,.. dan secara alami sebenarnya ayam tidak suka sama air,. tapi mandi tanah,.. kitanya saja yang merubah polanya,....
Semakin banyak kadar air masuk ke dalam pori-pori bulu,.. maka semakin sedikit minyak,..jadi semakin rapuh.
Sama juga terlalu sering atau terlalu lama menjemur,. itu juga akan mempengaruhi kondisi bulu,.. lha wong ayam berjemur itu saja pasti lesehan di tanah kok,... maksudnya biar nggak terlalu panas,... sedangkan kita biasanya malah dihalangin dari tanah dan dijemur,..he.he.he...

sama juga dengan plastik,.. dia basicnya adalah minyak,.. tapi kalau sering dicuci,, dan dijemur,.. pasti rapuh,... dan mudah patah,... logikanya seperti itulah... CMIIW

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  amrogen on Thu Oct 01, 2009 9:24 am

wah....clear mas Nur, maksud aku jadinya.

thanks

agun

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1276
Join date: 12.09.08
Lokasi: Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  aan_elektro02@yahoo.com on Thu Oct 01, 2009 9:42 am

Bang.. Coba ayamnya ksh mkn pepaya atau tomat..
Terus abis dimandiin dipijit pk air rebusan sirih..

aan_elektro02@yahoo.com

Jumlah posting: 6
Join date: 15.09.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  ferry bun on Thu Oct 01, 2009 10:19 am

sehelai bulu ayam kandungan proteinnya 84% s/d 85 % ... untuk mendapat kan bulu ayam yang bagus dan ada juga dipegaruhi foktor genetika ... bisa dibantu dengan anak ayam umur 1bln keatas ditambah ransum ayam dengan daging yang dicincang 1 s/d 2 x seminggu sampai anak ayam tumbuh dewasa . makanan extra juga bisa diberikan sayuran hijau . toge . kacang hijau yang sudah direndam air panas

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  aan_elektro02@yahoo.com on Thu Oct 01, 2009 7:59 pm

sip sip.. siap dicoba bang Ferry. Laughing

aan_elektro02@yahoo.com

Jumlah posting: 6
Join date: 15.09.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  sandri on Mon Nov 23, 2009 9:35 am

ali_husinfreon wrote:Salam,
3 dr 4 ayam yg sedang disiapkan mengalami bulu sayap Getas /mudah patah ,.klo diabar ada aja yg patah padahal musuh/untulan tidak bongkar/masuk sayap atau nyayap langsung masuk ke pangkal sayap tidak masuk melalui celah bulu sayap.
1 ekor ayam yg getas sedang diuji coba dengan campuran makan 1 kg gabah:1kg jagung:1/4 kg gandum merah,..batang bulu tebal ,tp tetap saja getas..
yg 2 ekor kasih makan gabah saja, tapi bulu ekor getas jg.
Apakah bulu getas pengaruh dr makanan atau pola pemeliharaan yg salah atau memang ayam mempunyai bakat bulu sayap getas?
Mohon pecerahannya dari rekan2 dan senior PAPAJI.
Trims Byk



sya jg pernah pny ayam bulu getas,,biasanya kalo perawatannya itu tk ksh telur,madu,kunir so bs kliatan lbh kilap n kuat gt..ya it skedar pngalaman aj sih.

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 140
Join date: 06.11.09
Age: 24
Lokasi: pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  opik_98 on Tue Dec 01, 2009 10:19 pm

mas ary kira2 klo bulunya getas atau lepas waktu diabar lepasnya karena faktor apa?
dan untuk penumbuhan bulu baru makan waktu lama tidak soale saya punya ayam muda yg diabar trus bulunya
pada copot sendiri.... Sad

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 772
Join date: 11.02.09
Lokasi: Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  ferry bun on Tue Dec 01, 2009 10:30 pm

opik_98 wrote:mas ary kira2 klo bulunya getas atau lepas waktu diabar lepasnya karena faktor apa?
dan untuk penumbuhan bulu baru makan waktu lama tidak soale saya punya ayam muda yg diabar trus bulunya
pada copot sendiri.... Sad

saya coba jawab mas umumnya ayam yang bulu mau copot saat abar itu biasanya ayam sudah mau mabung atau ganti bulu

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: BULU SAYAP GETAS

Post  opik_98 on Mon Dec 14, 2009 8:39 pm

ferry bun wrote:
opik_98 wrote:mas ary kira2 klo bulunya getas atau lepas waktu diabar lepasnya karena faktor apa?
dan untuk penumbuhan bulu baru makan waktu lama tidak soale saya punya ayam muda yg diabar trus bulunya
pada copot sendiri.... Sad

saya coba jawab mas umumnya ayam yang bulu mau copot saat abar itu biasanya ayam sudah mau mabung atau ganti bulu
iya mas sekarang banyak bulunya yg lepas,cara perawatanya biar cepat tumbuh bagimana ya

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 772
Join date: 11.02.09
Lokasi: Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik