Ayam Leher Tengkleng.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam Leher Tengkleng.

Post  ari kenzie on Thu 11 Aug 2011, 10:31

Senior aku mo tanya nih, aku bawa ayam yang ukuranya agak gede pake "kepek" (tempat untuk membawa ayam) padahal gak cukup aku paksain masuk, setelah sekitar 1 jam di dalam bagasi mobil, kepek saya buka ayamku hampir aja mati karena panas Sad ,untung sekarang udah baikan, tapi permasalahannya sekarang lehernya tengkleng (mirip kena tetelo). Bagaimana penanganan untuk ayam yang begitu, terima kasih untuk pencerahannya.

ari kenzie

Jumlah posting : 6
Join date : 11.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  rame2x on Thu 11 Aug 2011, 15:21

coba leherx di pijet2 dikit, umbar bebas dulu, liat besok mudah2an normal kembali...
lain kali jangan begitu lagi bawax...

rame2x
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 111
Join date : 25.06.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  harno on Thu 11 Aug 2011, 17:40

Periksa ayam tsb apakah ada gejala terkena penyakit tetelo karena kepala dan leher terpuntir (torticoles) merupakan gejala khas penyakit tetelo disertai gejala lain yaitu pernafasan seperti bersin-bersin, batuk, sukar bernafas, megap-megap dan ngorok; gejala syaraf berupa sayap terkulai, kaki lumpuh (jalan terseret), jalan mundur (sempoyongan). Kemudian gejala pencernaan meliputi diare berwarna hijau, jaringan sekitar mata dan leher bengkak.

jika tidak ada gejala2 tsb diatas berarti penyebabya adalah Kepek atau kisa kekecilan termasuk ukuran panjangnya sehingga ruang bagian depan untuk kepala sempit yg mengakibatkan leher ayam tertekuk tidak semestinya (seperti huruf S posisi tidur).
Perjalanan 1 jam dalam kondisi penempatan tidak semestinya membuat ayam tersiksa dan dapat mengakibatkan luka dalam dan luka bagian luar.

Untuk pengobatannya, segera cari teman sesama penggemar ayam yang mengerti dan pengalaman soal mengurut urat ayam.

salam



harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  Administrator on Thu 11 Aug 2011, 17:46

ari kenzie wrote:Senior aku mo tanya nih, aku bawa ayam yang ukuranya agak gede pake "kepek" (tempat untuk membawa ayam) padahal gak cukup aku paksain masuk, setelah sekitar 1 jam di dalam bagasi mobil, kepek saya buka ayamku hampir aja mati karena panas Sad ,untung sekarang udah baikan, tapi permasalahannya sekarang lehernya tengkleng (mirip kena tetelo). Bagaimana penanganan untuk ayam yang begitu, terima kasih untuk pencerahannya.

Sepertinya bukan krn kisa yg terlalu kecil. Tapi krn ditempatkan didalam bagasi mobil yg panas, pengap dan tdk ada sirkulasi udara.
Ayam kekurangan oksigen terutama suply ke otaknya.
Akibatnya, mungkin ada sel2 otak yg rusak. akhirnya celeng.

Tidak ada obatnya. Hanya mengandalkan kesembuhan dari dirinya sendiri utk mengganti sel2 yg rusak.
Yg bisa kita lakukan adlh memberinya vitamin dan nutrisi yg cukup agar bisa segera pulih.
Bisa coba kasih neurobion.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  ari kenzie on Sat 13 Aug 2011, 12:32

Terima kasih banget nih untuk saran2 yang membantu dari senior, ntar saya coba, semoga bisa berhasil.

ari kenzie

Jumlah posting : 6
Join date : 11.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  ari delta on Sat 13 Aug 2011, 12:52

Terapi dan ketelatenan... Very Happy Very Happy

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam Leher Tengkleng.

Post  Sponsored content Today at 17:43


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik