ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  santoso on Sun 18 Oct 2009, 09:48

salam kenal para senior papaji saya santoso saya punya ayam abis di adu eh selesai di gebrak mata nya yang kanan jadi merahgelap kayak di lapisi selaput darah ayam saya itu pertanyak an saya ayam saya buta atau cuma sakit biasa karna dipukul tolang di beri tahu apa obat alami nya jangan yang kimia kalo bisa tilong saran nya dari teman papaji yang lain nyamakasi sebelum nya

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  ferry bun on Sun 18 Oct 2009, 13:50

klw mata merah ( tidak pecah ) bisa dipakai rebusan air sirih 6 s/d 7 lembar direbus dengan air 500CC menjadi 150 cc . lalu diteteskan ke mata ayam yang merah , serta mata ayam ditutup dengan Plaster .selanjutnya ayam ditempatkan di tempat yang gelap selama 3 hari . ulangi pemakaian tetsan air rebusan sirih 2x sehari .

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Sun 18 Oct 2009, 22:15

Kalo saya, pake salep mata anti infeksi. Bisa beli di apotik. Lalu mata ditutup supaya mata tidak 'bekerja' berat dan tidak kena sinar matahari.
Mungkin salep ini obat kimia. Tapi kalo urusan mata, apapun obatnya pasti sy bela2in deh... yg penting jangan buta.

Anyway, kenapa harus yg alami mas? Obat mata banyak yg bagus koq...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re : Ayam saya buta karena sakit atau kena pukulan

Post  mas Joko aja ah... on Mon 19 Oct 2009, 07:11

Mata yang buta karena kena pukulan kalau belum pecah, hanya terbalik, kadang bisa dinormalkan tapi tetap ada cacat atau luka pada bagian mata, kalau saya caranya saya kasih obat tetes mata lalu, tutup dengan plester dan ditempatkan pada tempat gelap selama 2 hari - 4 hari biasanya sudah kembali, tapi pernah juga sampai satu minggu tidak kembali alias tetap buta (cacat) selamanya. Kalau pakai obat yang alami bisa pakai daun koro yang muda lalu haluskan, airnya diteteskan pada mata yang sakit. Selamat mencoba.
Salam
Jeck

mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 29.08.09
Lokasi : kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  santoso on Wed 28 Oct 2009, 16:54

thanks mas mas


semoga ayamsaya dapat sembuh kembali

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  roomee chicken on Mon 26 Dec 2011, 20:04

Kalo pake obat tetes mata visine bisa gak om admin?
Soalnya tadi saya ngabar ayam trus kena pukulan gak sengaja di mata, saya kasih obat tetes mata visine.
Thanks ea infonya...

roomee chicken
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 15.09.11
Lokasi : Pekan Baru

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Mon 26 Dec 2011, 21:59

roomee chicken wrote:Kalo pake obat tetes mata visine bisa gak om admin?
Soalnya tadi saya ngabar ayam trus kena pukulan gak sengaja di mata, saya kasih obat tetes mata visine.
Thanks ea infonya...
Setahu sy visine, rohto, insto dan obat tetes mata sejenisnya, hanya utk iritasi ringan saja (mata merah/gatal).
Kalau mata terluka, lebih baik pakai obat mata yg mengandung antibiotik. Biasanya berbentuk salep.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  roomee chicken on Tue 27 Dec 2011, 09:51

Kalo boleh tau om admin biasanya pake obat mata merk apa?
Biar saya belikan sebentar ke apotik terdekat.
Demi ayam kesayangan apapun harus dilakukan nih, supaya bisa pulih kembali...
Hehehehehe.... Very Happy

roomee chicken
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 15.09.11
Lokasi : Pekan Baru

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Tue 27 Dec 2011, 10:50

roomee chicken wrote:Kalo boleh tau om admin biasanya pake obat mata merk apa?
Biar saya belikan sebentar ke apotik terdekat.
Demi ayam kesayangan apapun harus dilakukan nih, supaya bisa pulih kembali...
Hehehehehe.... Very Happy
Sy pakai merk CENDO salep.
Merk lain juga ada koq... Tanyakan saja apotekernya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  roomee chicken on Tue 27 Dec 2011, 17:39

Ok saya udah ikutin saran om admin, tadi udah saya beli obatnya di apotek.
Saya beli yang salep ada antibotiknya, trus lansung dipakein ke ayam kesayangan.
Mudah2an gak terlambat ngasihnya soalnya ayamnya kemaren kena matanya.
Ma kasih ya om admin, bantu doanya ya semoga ayamnya gak mengalami kebutaan.
Pas dibuka tadi saya liat emang matanya agak memerah agak kehitaman.
Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad

roomee chicken
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 15.09.11
Lokasi : Pekan Baru

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  YFMA on Tue 27 Dec 2011, 23:17

Smoga cepet sembuh ya ayamnya mas Very Happy

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Wed 28 Dec 2011, 08:54

roomee chicken wrote:Ok saya udah ikutin saran om admin, tadi udah saya beli obatnya di apotek.
Saya beli yang salep ada antibotiknya, trus lansung dipakein ke ayam kesayangan.
Mudah2an gak terlambat ngasihnya soalnya ayamnya kemaren kena matanya.
Ma kasih ya om admin, bantu doanya ya semoga ayamnya gak mengalami kebutaan.
Pas dibuka tadi saya liat emang matanya agak memerah agak kehitaman.
Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad
Mata agak merah atau kehitaman, itu tanda ada cairan darah di balik selaput matanya. Dgn pengobatan yg teratur, secara alami cairan itu akan hilang. Ada kemungkinan ayam masih bisa melihat asalkan bola mata (pupil) tidak rusak parah dan selaput mata masih utuh (masih cembung).

Jangan terkena sinar matahari langsung mas... Biar mata istirahat, tidak berkontraksi (pupil mengecil dan membesar).

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  amrikhs on Wed 28 Dec 2011, 18:56

Administrator wrote:
roomee chicken wrote:Ok saya udah ikutin saran om admin, tadi udah saya beli obatnya di apotek.
Saya beli yang salep ada antibotiknya, trus lansung dipakein ke ayam kesayangan.
Mudah2an gak terlambat ngasihnya soalnya ayamnya kemaren kena matanya.
Ma kasih ya om admin, bantu doanya ya semoga ayamnya gak mengalami kebutaan.
Pas dibuka tadi saya liat emang matanya agak memerah agak kehitaman.
Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad
Mata agak merah atau kehitaman, itu tanda ada cairan darah di balik selaput matanya. Dgn pengobatan yg teratur, secara alami cairan itu akan hilang. Ada kemungkinan ayam masih bisa melihat asalkan bola mata (pupil) tidak rusak parah dan selaput mata masih utuh (masih cembung).

Jangan terkena sinar matahari langsung mas... Biar mata istirahat, tidak berkontraksi (pupil mengecil dan membesar).

mas Ary tanya kmrn ayam lancuranku tak abar sesama saudara, trus matanya agak merem, padahal paruh dah tak plester, jalu sejagung dah tak bungkus. pertanyaannya
1. yang merem tadi tak buka ada selaput putih di bola matanya, begitu buka tread lsng tak test pakai tetes mata ibu sya paska operasi katarak,tak tutup matanya pakai plester dan ikut saran tak kasih kandang tak bungkus mantel biar gak kena sinar . apa ini tanda jadi buta ? Masih bisa sembuhkah?
2. Saya abar ayam sendiri udah mengalami 5 kali pece sebelah, kata senior sekitar saya pantangan abar satu turunan/kandang, bisakah dilogikakan?
3. Salah satu pacek saya memang ada yg pece, diantara 5 ayam pece 2 diantaranya keturunannya. Apa Pece itu menurun ke anakannya?
maturnuwun

amrikhs
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 134
Join date : 03.06.11
Lokasi : Solobaru- Sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Wed 28 Dec 2011, 19:16

amrikhs wrote:mas Ary tanya kmrn ayam lancuranku tak abar sesama saudara, trus matanya agak merem, padahal paruh dah tak plester, jalu sejagung dah tak bungkus.
Bisa saja keserempet kuku mas...
Tapi bagaimanapun, pukulan yg mengarah ke mata, memiliki kemungkinan resiko mencederai mata meski sudah di plester. Coba saja, pejamkan mata mas amrikhs, lalu tepuk dgn tangan. Meskipun tangan berbentuk datar dan lunak, tapi mata tetap terasa sakit. Apalagi kena kaki ayam...
hehehe...
Jadi, jangan remehkan jalu kecil. Tetap harus dibungkus rapi. Bungkus dgn plester masih memiliki resiko besar. Sebaiknya pakai bungkus karpet atau kain tebal.

amrikhs wrote:
1. yang merem tadi tak buka ada selaput putih di bola matanya, begitu buka tread lsng tak test pakai tetes mata ibu sya paska operasi katarak,tak tutup matanya pakai plester dan ikut saran tak kasih kandang tak bungkus mantel biar gak kena sinar . apa ini tanda jadi buta ? Masih bisa sembuhkah?
Kemungkinan masih bisa sembuh mas... Sabar saja.
Utk selaput mata yg memutih, ada obat tradisionalnya.
- Ambil kunyit yg diparut.
- Taruh parutan kunyit pada kain tipis yg bersih.
- Peras, teteskan langsung ke mata ayam.

amrikhs wrote:
2. Saya abar ayam sendiri udah mengalami 5 kali pece sebelah, kata senior sekitar saya pantangan abar satu turunan/kandang, bisakah dilogikakan?
Memang ada yg bilang begitu. Tapi ini bukan yg menyebabkan mata kena pukul.
Mungkin logikanya, bila satu saudara di abar, pasti salah satu ada yg unggul dan yg lain keliatan jelek. Akhirnya yg jelek diapkir atau di anak tirikan.
Padahal kalau yg jelek ini di abar dgn ayam lain, belum tentu jelek lho...
hehehe...

amrikhs wrote:
3. Salah satu pacek saya memang ada yg pece, diantara 5 ayam pece 2 diantaranya keturunannya. Apa Pece itu menurun ke anakannya?
maturnuwun
Pece tidak menurun. Yg diturunkan adlh gaya tarungnya.
Mungkin gaya tarung si pacek inilah yg riskan kena pukulan di muka (mata). Akhirnya gaya tarung menurun pada anak dan ikutan buta krn gaya tarungnya itu.
Contoh gaya tarung yg menyebabkan mata pece :
- Masuk dgn lambat sambil kepala tanggung mengambang di depan musuh.
- Gaya tarung pasif hanya berdiri saja, kepala kurang aktif menghindar.
- dsb.






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  amrikhs on Wed 28 Dec 2011, 19:33

Kemungkinan masih bisa sembuh mas... Sabar saja.
Utk selaput mata yg memutih, ada obat tradisionalnya.
- Ambil kunyit yg diparut.
- Taruh parutan kunyit pada kain tipis yg bersih.
- Peras, teteskan langsung ke mata ayam.

Mas kalau dengan selep kimia(Selep Katarak) manjur mana nggih, maaf ini ingin yg ini sembuh biar nasibnya nggak sama dgn kakaknya yg dulu. suwun

amrikhs
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 134
Join date : 03.06.11
Lokasi : Solobaru- Sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Wed 28 Dec 2011, 21:15

amrikhs wrote:Mas kalau dengan selep kimia(Selep Katarak) manjur mana nggih, maaf ini ingin yg ini sembuh biar nasibnya nggak sama dgn kakaknya yg dulu. suwun
Sy belum pernah coba salep katarak. Kayanya bisa mas...
Dicoba saja dulu salepnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  roomee chicken on Thu 29 Dec 2011, 12:30

Alhamdulillah om admin.
Jurus yang om admin sarankan kemaren lumayan berhasil kayakna.
Hari ini udah hari ketiga, saya buka mata ayam kesayangan yang lebam tadi.
Alhasil mata masih merah agak kehitaman, cuman setelah saya gerak2kan tangan di depan mata itu ayam masih merespon menggerakkan kepala.
Mungkin masih melihat walaupun agak samar karena belum sembuh sempurna.
Mudah2an masih bisa dipake tarung, solanya ini ayam kesayangan.
Mungkin kena karma karna sering butakan mata lawan.
Wakakakakaka.... Very Happy
Ma kasih ya om admin yang baik hati dan tidak sombong,.... tongue tongue tongue

roomee chicken
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 15.09.11
Lokasi : Pekan Baru

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Thu 29 Dec 2011, 22:33

roomee chicken wrote:Alhamdulillah om admin.
Jurus yang om admin sarankan kemaren lumayan berhasil kayakna.
Hari ini udah hari ketiga, saya buka mata ayam kesayangan yang lebam tadi.
Alhasil mata masih merah agak kehitaman, cuman setelah saya gerak2kan tangan di depan mata itu ayam masih merespon menggerakkan kepala.
Mungkin masih melihat walaupun agak samar karena belum sembuh sempurna.
Mudah2an masih bisa dipake tarung, solanya ini ayam kesayangan.
Mungkin kena karma karna sering butakan mata lawan.
Wakakakakaka.... Very Happy
Ma kasih ya om admin yang baik hati dan tidak sombong,.... tongue tongue tongue
Syukurlah kalo begitu.
Obatin sampai benar2 sembuh mas...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  paul on Fri 30 Dec 2011, 14:25

ayam saya setelah diabar dan kena jalu mata sebelahnya dan jadi buta sebelah, sekarang jadi takut ayam. padahal pas abar tersebut ayam saya tidak lari, tetap tarung seperti biasa. Bagaimana cara mengembalikan mentalnya?

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  ¤Di@n-M@gelang¤ on Fri 30 Dec 2011, 19:16

roomee chicken wrote:Alhamdulillah om admin.
Jurus yang om admin sarankan kemaren lumayan berhasil kayakna.
Hari ini udah hari ketiga, saya buka mata ayam kesayangan yang lebam tadi.
Alhasil mata masih merah agak kehitaman, cuman setelah saya gerak2kan tangan di depan mata itu ayam masih merespon menggerakkan kepala.
Mungkin masih melihat walaupun agak samar karena belum sembuh sempurna.
Mudah2an masih bisa dipake tarung, solanya ini ayam kesayangan.
Mungkin kena karma karna sering butakan mata lawan.
Wakakakakaka.... Very Happy
Ma kasih ya om admin yang baik hati dan tidak sombong,.... tongue tongue tongue
Aym sy kena jalu Matanya msi bs sembuh95%,perttama mata jd sangat menakutkn,ngeri warnany Merah Buram selang 3 saya Raupi pke Aer Daun sirih hasilny mata jd Bening sedikit-demi sedikit gt!

¤Di@n-M@gelang¤
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1902
Join date : 30.05.11
Age : 33
Lokasi : ¤B@nTul-JogjA/M@g€lAng-G€milAng¤

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  H. Rambo on Thu 30 Aug 2012, 03:17

mas admin, saya mau nanya, masalah saya sama dgn mas romi. cuma masalah pd mata ayam saya, tidak saya rawat selayaknya, d karenakan akhir2 ini saya sibuk skali d kantor. skrng waktunya dah 6 hr, mata ayam saya tetap merah kehitaman. apakah kira2 msh ada harapan untuk sperti semula.

sebelumnya terima ksh atas jwabannya.. salam

H. Rambo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 91
Join date : 07.01.12
Age : 31
Lokasi : bangko - jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Administrator on Thu 30 Aug 2012, 11:54

H. Rambo wrote:mas admin, saya mau nanya, masalah saya sama dgn mas romi. cuma masalah pd mata ayam saya, tidak saya rawat selayaknya, d karenakan akhir2 ini saya sibuk skali d kantor. skrng waktunya dah 6 hr, mata ayam saya tetap merah kehitaman. apakah kira2 msh ada harapan untuk sperti semula.

sebelumnya terima ksh atas jwabannya.. salam
Merah kehitaman itu krn ada darah dibawah selaput matanya.
Harus diobati.
Beli salep mata yg mengandung antibiotik di apotik.
berikan 3x sehari.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  galihwiring on Wed 08 May 2013, 20:32

abar kmren senin..kapok kapok abar ayam sendiri jalu g dibungkus karpet atau kaen..sy bungkus pke plester hansaplast..taji lepek rentep 3..sy bungkus..lawan satu tetesan..jalu 1cm..bungkus rapat..paruh atas bawah smua sya plester..latihan 1 air..ayam jalu 1cm mata kanan kena pukul jalu lepek..mata merah dan darah mengggumpal..wadooo..langsung sy berikan tetesan aer jeruk nipis..kmudian sy plester matay.tadi sore sy buka plesterny..si ayam membuka matanya sendiri walaupun tdk full..sy liat bola mata hitamnya jadi besar..saya kasih visine dan saya tutup plester lg..apakah kmungkinan besar mata bisa smbuh kembali?dan apakah blm telat apabila sy memberikan obat cendo mulai esok..tolong tipsnya senior..

galihwiring
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 28.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  tetep.teges on Fri 10 May 2013, 13:27

nyimak berat..

nyerah kalo urusan mata..ngeri..

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saya buta atau mata nya sakit biasa karna di pukul

Post  Sponsored content Today at 09:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik