kalk, apa itu kalk??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kalk, apa itu kalk??

Post  IJAL GATSMYR on Mon Sep 19, 2011 11:54 am

Dear Para senior papaji
saya mau menanyakan sesuatu ni , kemarin saya beli kalk tp apa benar yg aku beli itu kalk?ciri2nya rasanya kyk mint gtu,warna putih, bentuk kyk bundar pipi gtu?
trs saya boleh minta fotonya donk gimana bentuk kalk itu?
apa manfaat kalk?
pemberian kalk berapa kali sekali?
ayam umur berapa mulai bs di kasih kalk?
apa minus dari pemberian kalk pd ayam?
pemberian kalk bagusnya di cekok langsung k ayam apa di campur ke mknan ayam?
trimakasih yg mau menjawab, maaf prtanyaan saya buanyak banget cyclops cyclops cyclops cyclops cyclops lol! lol! lol! lol! lol!

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 338
Join date: 07.06.11
Age: 26
Lokasi: PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  she-thok on Mon Sep 19, 2011 10:25 pm

IJAL GATSMYR wrote:Dear Para senior papaji
saya mau menanyakan sesuatu ni , kemarin saya beli kalk tp apa benar yg aku beli itu kalk?ciri2nya rasanya kyk mint gtu,warna putih, bentuk kyk bundar pipi gtu?
trs saya boleh minta fotonya donk gimana bentuk kalk itu?
apa manfaat kalk?
pemberian kalk berapa kali sekali?
ayam umur berapa mulai bs di kasih kalk?
apa minus dari pemberian kalk pd ayam?
pemberian kalk bagusnya di cekok langsung k ayam apa di campur ke mknan ayam?
trimakasih yg mau menjawab, maaf prtanyaan saya buanyak banget cyclops cyclops cyclops cyclops cyclops lol! lol! lol! lol! lol!

betul ciri2 kalk spt diatas, gunanya untuk memperkuat tulang, saya biasanya mulai umur 3bl 1mgg 2butir rutin, langsung dicekok aja nggak masalah, monggo yg lain nambahin...

she-thok
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 172
Join date: 26.01.11
Age: 36
Lokasi: semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  Malika Aulia on Mon Sep 19, 2011 11:03 pm

sudah banyak tuh postingan tentang Kalk....tinggal dicari aja om

Malika Aulia
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 56
Join date: 19.09.11
Lokasi: Kelapa Gading Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  king war on Tue Sep 20, 2011 12:09 am

waduh mas ijal pertanyaan se kandang,,,,,,bentuk pil/kapsul sama aja mas,belinya di apotik kan,bukan beli di tukang sayur kan hihihi,,,gimana mas udah banyak aym saigonya....,

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 18.06.11
Lokasi: raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  IJAL GATSMYR on Thu Sep 22, 2011 2:18 pm

king war wrote:waduh mas ijal pertanyaan se kandang,,,,,,bentuk pil/kapsul sama aja mas,belinya di apotik kan,bukan beli di tukang sayur kan hihihi,,,gimana mas udah banyak aym saigonya....,
udah bnyk anakan saigon ku mas, na kalk tu bisa gk di kasih stiap hari?

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 338
Join date: 07.06.11
Age: 26
Lokasi: PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  IJAL GATSMYR on Thu Sep 22, 2011 2:22 pm

she-thok wrote:
IJAL GATSMYR wrote:Dear Para senior papaji
saya mau menanyakan sesuatu ni , kemarin saya beli kalk tp apa benar yg aku beli itu kalk?ciri2nya rasanya kyk mint gtu,warna putih, bentuk kyk bundar pipi gtu?
trs saya boleh minta fotonya donk gimana bentuk kalk itu?
apa manfaat kalk?
pemberian kalk berapa kali sekali?
ayam umur berapa mulai bs di kasih kalk?
apa minus dari pemberian kalk pd ayam?
pemberian kalk bagusnya di cekok langsung k ayam apa di campur ke mknan ayam?
trimakasih yg mau menjawab, maaf prtanyaan saya buanyak banget cyclops cyclops cyclops cyclops cyclops lol! lol! lol! lol! lol!

betul ciri2 kalk spt diatas, gunanya untuk memperkuat tulang, saya biasanya mulai umur 3bl 1mgg 2butir rutin, langsung dicekok aja nggak masalah, monggo yg lain nambahin...

atiap hari bisa gk?apa nanti patah tulangnya?

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 338
Join date: 07.06.11
Age: 26
Lokasi: PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  arif on Thu Sep 22, 2011 3:03 pm

IJAL GATSMYR wrote:Dear Para senior papaji
saya mau menanyakan sesuatu ni , kemarin saya beli kalk tp apa benar yg aku beli itu kalk?ciri2nya rasanya kyk mint gtu,warna putih, bentuk kyk bundar pipi gtu?
trs saya boleh minta fotonya donk gimana bentuk kalk itu?
apa manfaat kalk?
pemberian kalk berapa kali sekali?
ayam umur berapa mulai bs di kasih kalk?
apa minus dari pemberian kalk pd ayam?
pemberian kalk bagusnya di cekok langsung k ayam apa di campur ke mknan ayam?
trimakasih yg mau menjawab, maaf prtanyaan saya buanyak banget cyclops cyclops cyclops cyclops cyclops lol! lol! lol! lol! lol!

kalk merupakan nama untuk pasaran untuk kalsium laktat (inggris: calcium lactate) salah satu sumber kalsium untuk mahluk hidup, yang relatif mudah diserap oleh sistem pencernaan.

pemberian kalk diusahakan tidak terlalu sering, kalsium berlebih dalam tubuh dikhawatirkan malah akan mengganggu metabolisme ayam, demikian juga ketika jumlah kalsium kurang, maka juga akan berimbas ke metabolisme ayam (penyakit-peyakit yang berkaitan dengan kekurangan kalsium). sumber kalsium sendiri, tidak harus dari kalk, tetapi ransum yang diberikan sehari-hari juga sebagian mengandung kalsium.

pemberian kalk mungkin cukup dengan 1-2 tablet tiap minggu atau menyesuaikan dengan kebutuhan.

ilustrasi: (hanya sebagai gambaran bukan angka pasti)

manusia dewasa dengan bobot badan sekitar 60 kg memerlukan kalsium 1 gram tiap hari. apabila dia atlet dengan latihan yang teratur maka kebutuhan kalsiumnya mungkin sekitar 2 x kebutuhan manusia normal.

jadi kesetaraan tiap kg berat badan atlet tersebut per hari adalah: 2 gram/60 kg = 0,03 g/kg berat badan.

jika analog dengan ayam yang sedang di latih ('atlet' ayam), maka kebutuhan kalsium harian ayam dengan bobot misal 3 kg, adalah 3 kg x 0,03 g/kg= 0,09 g= 90 mg tiap hari.

jika semisal tablet kalk mempunyai kandungan kalsium laktat 500 mg tiap tablet maka pemberian 2 tablet kalk tiap minggu telah memadai untuk kebutuhan kalsium harian ayam.

asumsi ini juga harus memperhatikan kemampuan penyerapan kalsium ke sistem pencernaan dan kebutuhan kalsium untuk disimpan sebagai cadangan kalsium bila suatu saat dibutuhkan.

jadi pemberian 2 kaplet kalk 500 mg tiap minggu dianggap telah memadai untuk menjaga kebutuhan kalsium ayam. mungkin pada kondisi berbeda jumlah juga akan berbeda.

silahkan dicoba. Smile

bravo





Terakhir diubah oleh arif tanggal Thu Sep 22, 2011 3:06 pm, total 1 kali diubah

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 447
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  IJAL GATSMYR on Thu Sep 22, 2011 3:05 pm

arif wrote:
IJAL GATSMYR wrote:Dear Para senior papaji
saya mau menanyakan sesuatu ni , kemarin saya beli kalk tp apa benar yg aku beli itu kalk?ciri2nya rasanya kyk mint gtu,warna putih, bentuk kyk bundar pipi gtu?
trs saya boleh minta fotonya donk gimana bentuk kalk itu?
apa manfaat kalk?
pemberian kalk berapa kali sekali?
ayam umur berapa mulai bs di kasih kalk?
apa minus dari pemberian kalk pd ayam?
pemberian kalk bagusnya di cekok langsung k ayam apa di campur ke mknan ayam?
trimakasih yg mau menjawab, maaf prtanyaan saya buanyak banget cyclops cyclops cyclops cyclops cyclops lol! lol! lol! lol! lol!

kalk merupakan nama untuk pasaran untuk kalsium laktat (inggris: calcium lactate) salah satu sumber kalsium untuk mahluk hidup, yang relatif mudah diserap oleh sistem pencernaan.

pemberian kalk diusahan tidak terlalu sering, kalsium berlebih dalam tubuh dikhawatirkan malah akan mengganggu metabolisme ayam, demikina juga ketika jumlah kalsium kurang, maka juga akan berimbas ke metabolisme.

pemberian kalk mungkin cukup dengan 1-2 tablet tiap minggu atau menyesuaikan dengan kebutuhan.

ilustrasi: (hanya sebagai gambaran bukan angka pasti)

manusia dewasa dengan bobot badan sekitar 60 kg memerlukan kalsium 1 gram tiap hari. apabila dia atlet dengan latihan yang teratur maka kebutuhan kalsiumnya mungkin sekitar 2 x kebutuhan manusia normal.

jadi kesetaraan tiap kg berat badan atlet tersebut per hari adalah: 2 gram/60 kg = 0,03 g/kg berat badan.

jika analog dengan ayam yang sedang di latih ('atlet' ayam), maka kebutuhan kalsium harian ayam dengan bobot misal 3 kg, adalah 3 kg x 0,03 g/kg= 0,09 g= 90 mg tiap hari.

jika semisal tablet kalk mempunyai kandungan kalsium laktat 500 mg tiap tablet maka pemberian 2 tablet kalk tiap minggu telah memadai untuk kebutuhan kalsium harian ayam.

asumsi ini juga harus memperhatikan kemampuan penyerapan kalsium ke sistem pencernaan dan kebutuhan kalsium untuk disimpan sebagai cadangan kalsium bila suatu saat dibutuhkan.

jadi pemberian 2 kaplet kalk 500 mg tiap minggu dianggap telah memadai untuk menjaga kebutuhan kalsium ayam. mungkina pada kondisi berbeda jumlah juga kan berbeda.

silahkan dicoba. Smile

bravo




owh cukup seminggu 2x y mas? trimakasih infonya . . . . . . Laughing Laughing Laughing

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 338
Join date: 07.06.11
Age: 26
Lokasi: PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  king war on Fri Sep 23, 2011 10:34 pm

nah tuh udah d jwb sjls2na olh pak arif,,,ikutan mencet ehh mencatat hehehe,info yg ckp baik...

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 18.06.11
Lokasi: raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: kalk, apa itu kalk??

Post  arlusa on Mon Jun 09, 2014 8:16 am

Saya baru beli kalk kemarin
ciri-cirinya berbentuk pil, bundar, berwarna putih, berbau mint dan ada tulisan TRIFA di pilnya.
Harganya 100rp/pil, kemarin beli 100 pil tapi gak ada bungkus atau botol gitu, jadi cuma diplastikin obat kaya kalau kita berobat di klinik2 gitu.

Nah pertanyaan saya apakah ada diantara sepuh-sepuh dimari yang sama-sama memakai kalk jenis itu?
Dan untuk anakan ayam takaran pemakaian berapa pil dan berapa ekor ayam?
Untuk 10 anakan ayam dilarutkan 2 pil dalam minuman dan dikasih 2 kali seminggu apa sudah cukup? Atau masih kurang dosisnya?
Kemudian setiap selang umur berapa dosis dinaikkan?

Maaf para sepuh terlalu banyak nanya, hanya ingin tahu saja karena bisa saja tiap kalk di merk yg berbeda mempunyai kandungan/dosis yg berbeda

arlusa

Jumlah posting: 9
Join date: 18.03.14
Age: 25
Lokasi: pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik