Indukan ukuran keci gmn?

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  didik adi on Mon 06 Feb 2012, 12:32

astrajingga wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing
iya ya bner jg,bro,..
Itu kan hanya contoh,pakan tidak bisa merubah potensi genetik ayam serama menjadi sebesar ayam kate. Contoh lainnya kalau memang pakan & suplemen mampu merubah ayam menjadi besar, tentu kita tidak harus repot2 menyilangkan ayam birma dengan dengan ayam saigon.
jadi menurut anda kalo indukan yg dipunyai ukurannya kecil jadi masalah ato gak, mas bro?.... Smile

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Tamu on Mon 06 Feb 2012, 18:14

didik adi wrote:
astrajingga wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing
iya ya bner jg,bro,..
Itu kan hanya contoh,pakan tidak bisa merubah potensi genetik ayam serama menjadi sebesar ayam kate. Contoh lainnya kalau memang pakan & suplemen mampu merubah ayam menjadi besar, tentu kita tidak harus repot2 menyilangkan ayam birma dengan dengan ayam saigon.
jadi menurut anda kalo indukan yg dipunyai ukurannya kecil jadi masalah ato gak, mas bro?.... Smile
Jelas jadi masalah kalau anda menginginkan anakannya besar2.

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  LQ on Mon 06 Feb 2012, 19:40

Administrator wrote:Buat saya, besar atau kecil itu hanyalah masalah tandingan waktu pilih gandengan musuh.
Ayam kecil ketemu yg kecil. Ayam besar ketemunya juga ayam yg besar.
Yang penting jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar. Keduanya sama2 susah cari musuh.

Hal yg penting juga diingat adlh, bukan hanya soal ukuran. Tapi juga faktor kualitas fisik.
Meskipun ukuran termasuk kecil, tapi punya tulangan yg kokoh, otot yg bagus, ini jauh lebih baik dibanding punya ayam besar tapi tulangan ringkih dan otot letoy.
Kualitas fisik bisa tercipta hanya dgn pakan yg bernutrisi dan bergizi.
satu2nya jalan mengenali pewarisan karakter indukan jantan/betina hanya bisa dilakukan dg proses breeding(bukan dugaan),dg memperhatikan penampilan anak-cucu dst...susahnya pd ayam aduan begitu bnyk hal yg hrs dimiliki seekor ayam aduan berkualitas..(diwarisi dr induk, tetua, jantan/btina) bukan sekedar,bntuk jengger,warna bulu,suara,ukuran dsb(tampilan fisik)...meski penasaran ttep jalan terus... Ngunandika.com

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  PEN Kerinci_Jambi on Sat 21 Apr 2012, 21:29

Memang semua pendapat di atas ada benarnya. Induk kecil bapakan kecil memang bisa sj anakannya agak besar dari induk dan bapakannya. Tetapi sy sangat sepakat utk ukuran ini menyangkut gen.
Jadi coba rekan2 yg punya pengalaman yg induk kecil dg mendapatkan anakan besar, tolong dipersentasekan kira2 berapa persen anakannya yg ukuran besar? Misal induk dan bapakan kecil mendapat anak 10 ekor, kira2 dalam 10 ekor ini brp ekor yg ukuran besar?
Untuk di kandang saya saat ini ada indukan ukuran kecil dan ada juga yg ukuran besar. Induk yg ukuran besar pernah saya kawinkan dg bapakan yg ukuran kecil dn hasil anaknya diatas 50% lebih besar dari ukuran bapakannya. Dan induk yg ukuran kecil memang hrs sy kawinkan dg bapakan ukuran besar dan sukur ukuran anaknya agak besar tetapi 50% dibawah ukuran bapakannya (Bapakan ukuran 6,5 dan anaknya rata antara 5,5-6, tetap dibawah ukuran bapaknya hanya sedikit dapat ukuran 6,5)

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Andi Babe on Sat 21 Apr 2012, 21:57

Di tempat saya indukan kecil anakannya rata rata kecil juga..... Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  yoga smg on Mon 23 Apr 2012, 09:11

[/quote]saya biasa memberi ikan (bisa mentah bisa matang).........
selamat mencoba...... Smile [/quote]


ikan apa mas didik????

yoga smg
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 181
Join date : 28.12.11
Lokasi : ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  dhany on Thu 03 May 2012, 10:32

ukuran badan bisa jg karena keturunan,tetapi tidak smua anaknya bakalan kecil2,menurut pengalaman saya indukan yg kecil anaknya malah bagus2,saya punya indukan kecil tetapi anakannya yg jantan rata2 ukuran 8,dan malah lbh besar dari pejantannya.

dhany
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 184
Join date : 25.04.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Andi Babe on Thu 03 May 2012, 15:06

Mungkin mas dany babonnya sekarang anakan dari pacek besar bisa jadi...... Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  PEN Kerinci_Jambi on Tue 16 Jul 2013, 15:47

PEN Kerinci_Jambi wrote:Memang semua pendapat di atas ada benarnya. Induk kecil bapakan kecil memang bisa sj anakannya agak besar dari induk dan bapakannya. Tetapi sy sangat sepakat utk ukuran ini menyangkut gen.
Jadi coba rekan2 yg punya pengalaman yg induk kecil dg mendapatkan anakan besar, tolong dipersentasekan kira2 berapa persen anakannya yg ukuran besar? Misal induk dan bapakan kecil mendapat anak 10 ekor, kira2 dalam 10 ekor ini brp ekor yg ukuran besar?
Untuk di kandang saya saat ini ada indukan ukuran kecil dan ada juga yg ukuran besar. Induk yg ukuran besar pernah saya kawinkan dg bapakan yg ukuran kecil dn hasil anaknya diatas 50% lebih besar dari ukuran bapakannya. Dan induk yg ukuran kecil memang hrs sy kawinkan dg bapakan ukuran besar dan sukur ukuran anaknya agak besar tetapi 50% dibawah ukuran bapakannya (Bapakan ukuran 6,5 dan anaknya rata antara 5,5-6, tetap dibawah ukuran bapaknya hanya sedikit dapat ukuran 6,5)

Mhn maaf rekan2 yg punya pengalaman indukan kecil dan bapakan kecil tetapi hasil anakannya besar2 dari bapakan atau indukannya.
Forum ini kan forum utk saling berbagi dan tukar fikiran serta pengalaman, tolong dong yg punya pengalaman di atas dishare sesuai dg post comment sy tsb.
Trmkasih yg telah mau men-share pengalamannya.

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  PEN Kerinci_Jambi on Thu 31 Oct 2013, 14:38

PEN Kerinci_Jambi wrote:
PEN Kerinci_Jambi wrote:Memang semua pendapat di atas ada benarnya. Induk kecil bapakan kecil memang bisa sj anakannya agak besar dari induk dan bapakannya. Tetapi sy sangat sepakat utk ukuran ini menyangkut gen.
Jadi coba rekan2 yg punya pengalaman yg induk kecil dg mendapatkan anakan besar, tolong dipersentasekan kira2 berapa persen anakannya yg ukuran besar? Misal induk dan bapakan kecil mendapat anak 10 ekor, kira2 dalam 10 ekor ini brp ekor yg ukuran besar?
Untuk di kandang saya saat ini ada indukan ukuran kecil dan ada juga yg ukuran besar. Induk yg ukuran besar pernah saya kawinkan dg bapakan yg ukuran kecil dn hasil anaknya diatas 50% lebih besar dari ukuran bapakannya. Dan induk yg ukuran kecil memang hrs sy kawinkan dg bapakan ukuran besar dan sukur ukuran anaknya agak besar tetapi 50% dibawah ukuran bapakannya (Bapakan ukuran 6,5 dan anaknya rata antara 5,5-6, tetap dibawah ukuran bapaknya hanya sedikit dapat ukuran 6,5)
Mhn maaf rekan2 yg punya pengalaman indukan kecil dan bapakan kecil tetapi hasil anakannya besar2 dari bapakan atau indukannya.
Forum ini kan forum utk saling berbagi dan tukar fikiran serta pengalaman, tolong dong yg punya pengalaman di atas dishare sesuai dg post comment sy tsb.
Trmkasih yg telah mau men-share pengalamannya.
Waddduhh..... kok gak ada yg berbagi pendapatnya ya dari comment sy ini. Karena terus terang saya sangat penasaran sekali, dari pengalaman rekan2 yg punya indukan kecil dan bapakannya jg kecil bisa dapat anakan yg lebih besar dari bapakan dan indukannya, sebenarnya berapa persentasenya.....?

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  dhekoko on Thu 31 Oct 2013, 22:16

dari yang saya baca diforum ini, anak ayam dapat dipacu pertumbuhannya dengan:
1. pemberian kalk secara teratur. seminggu 2 kali setengah potong kalk. kalo saya cenderung beli kalk curah satunya mungkin sekitar 100-150 rupiah. terus digerus kalo nggak diblender sampai halus. campurkan ke pakan. kalo anak ayam dikasih satu persatu, bisa lempoh mas. kalo nakan ayamnya 6, mungkin bisa. nah kalo anakannya ada 100, bisa gempor.
2. setelah kebutuhan akan calsium terpenuhi, coba dikasih bubuk paracetamol. beli eceran juga. kira kira satu emplek 1400 isi 10. diblender juga.
fungsi paracetamol disini, selain sebagai obat analgesik bagi ayam, ternyata paracetamol dapat merangsang hormon pertumbuhan tulang dapat meningkat secara drastis. ini pernah saya buktikan dengan percobaan anak ayam kampung. setiap ransum yang saya berikan saya tambahi bubuk paracetamol dan bubuk kalk seujung kuku, untuk 10 ekor anak ayam. efeknya sangat bagus. sampai dengan umur 2bulan bulu punggung anak ayam belum keluar. yang ada malah pertumbuhan tulangnya meningkat dengan tajam.
3. ransum dicampur dengan susu. kalo ini saya baru mencoba. tapi bebrapa senior disini juga melakukan hal yang sama.

coba cari thread, mas....
CMIIW

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  bogetpakhoefarm on Mon 16 Dec 2013, 10:36

sundul lagi nih....

bogetpakhoefarm
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 14.11.13

Kembali Ke Atas Go down

Bagaimana perkembangan thread ini di pertengahan tahun 2015 ini?

Post  PEN Kerinci_Jambi on Mon 31 Aug 2015, 15:18

Silahkan commentnya lagi....

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  esacool on Mon 31 Aug 2015, 16:22

PEN Kerinci_Jambi wrote:Silahkan commentnya lagi....

Kalo buat indukan mending minim ukuran 6. Jadi anak minim 5.5 dan kalo pakan bergizi bisa ukuran 6,5. bisa makan alakadarnya pur dedak nasi dan yang paling penting untuk tulangan dengan remis udang ato ikan Smile Kalo untuk indukan sebisa mungkin jangan kekecilan ukurannya mas. jadi kita selama beternak bisa kira2 jadi ukuran berapa anakannya nanti Smile dan ga was-was kekecilan anakannya.. Very Happy

Salam ukuran 6 Smile

esacool
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 83
Join date : 04.03.15
Age : 31
Lokasi : Cilacap

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  khaddafi on Thu 03 Sep 2015, 14:25

saya kira anakannya akan variatif tergantung dari indukannya.., kalo babon besar +pejantan kecil
maka hasilnya anaknya bisa besar sedang dan kecil....

karena itu diambil anakannya yang paling besar untuk dijadikan spek peningkatan ukuran indukan
Very Happy

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  ekotepong on Sat 05 Sep 2015, 07:36

indukan kecil bisa aja punya anak yg besar. mungkin indukan yg kecil itu dulunya berasal dari gen ayam besar tapi karena dlm masa pertumbuhannya kurang gizi ato sering sakit2an akhirnya ukurannya jadi kecil. kalo org jawa bilangnya jadi kunting karena sakit2an

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Sponsored content Today at 15:15


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik