pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  mas anto klaten on Sat Dec 19, 2009 9:20 pm

mohon penjelasannya mengenai ayam import, bk, f1, f2, f3 , dan lokal?...... serta apa kelebihan dan kekurangannya juga ciri-cirinya?...... soale saya kok masih bingung mengenai ayam tersebut. matur nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 748
Join date: 26.11.09
Age: 43
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  santoso on Sat Dec 19, 2009 9:34 pm

pak hadi klaten wrote:mohon penjelasannya mengenai ayam import, bk, f1, f2, f3 , dan lokal?...... serta apa kelebihan dan kekurangannya juga ciri-cirinya?...... soale saya kok masih bingung mengenai ayam tersebut. matur nuwun

gak tau pak kan bukan kita yang buat he he he
gw bales lo(bercanda)

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 133
Join date: 14.10.09
Age: 43
Lokasi: palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  Jhon Gultom on Sun Dec 20, 2009 8:47 am

yang saya tahu:

1. kalo F1 itu hasil kawinan BK vs BK
2. kalo F2 itu silangan antara F1 vs F1
3. kalo F2 itu hasil silangan antara F1 dan F1

silahkan di tambahkan

john

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1362
Join date: 14.10.08
Age: 31
Lokasi: jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  zin494 on Sun Dec 20, 2009 9:23 am

Yg saya tau
F1 itu BK kawin dgn lokal
F2 itu F1 kawin dgn lokal
F3 itu F2 kawin dgn lokal

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 425
Join date: 09.07.09
Age: 32
Lokasi: sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  mas anto klaten on Sun Dec 20, 2009 9:48 am

yang f1,f2,f3 sekarang saya tahu, la sedangkan yang import, bk, dan lokal gimana nih?........

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 748
Join date: 26.11.09
Age: 43
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  arif on Sun Dec 20, 2009 12:07 pm

pak hadi klaten wrote:yang f1,f2,f3 sekarang saya tahu, la sedangkan yang import, bk, dan lokal gimana nih?........

Ini sebenarnya hanya istilah saja Pak.

Ayam import adalah ayam yang didatangkan ketika sudah siap untuk di adu atau sudah dalam fase lancuran/dere/babon/pejantan (jenis bisa bermacam-macam tergantung kesukaan penghobi atau juga importir yang memasukkan ayam tersebut, bisa ayam bangkok, burma, saigon, brazillian, aseel, shamo, atau berbagai jenis lainnya..). Bisa juga untuk berbagai kepentingan hobi.

BK biasanya merujuk pada asal ayam yang berasal dari Thailand, sebenarnya di Thailand pun ayam ini juga sudah ada yang disilangkan dari berbagai ras/varian.

Lokal ini adalah istilah untuk generasi ayam bangkok yang sudah dikembang biakkan di sini (Indonesia). Walaupun asal-usul ayam tersebut adalah dari Thailand juga.

Istilah lokal ini juga kadang merujuk pada ayam-ayam aduan yang ada di indonesia jauh hari sebelum ayam aduan dari Thailand didatangkan ke Indonesia.

Silahkan ditambahkan. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 443
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  Administrator on Sun Dec 20, 2009 8:50 pm

Dalam banyak hal, masyarakat kita memang masih lebih tertarik dgn barang2 import. Barang import dirasa lebih mantap. Entah itu dari bangkok, vietnam, burma, termasuk 'ayam' uzbekistan.
huehehehe.....
Razz Razz

Khusus utk ayam aduan, dahulu (thn 60an) memang benar bahwa ayam asal thailand kualitasnya jauh lebih baik dari ayam lokal indonesia. Tapi utk sekarang, kualitas ayam2 ternakan Indonesia tidak kalah bagusnya. Ini karena seleksi alam dalam ternak dimana ayam2 yg jelek tidak digunakan lagi utk indukan. Sementara ayam2 import sudah banyak sekali menyebar keseluruh pelosok di Indonesia.

Inti masalah dalam memilih ayam bukanlah asal negaranya. Melainkan memilah2 mana yg berkualitas. Mau asal dari thailand, burma, vietnam ataupun lokal, tidak jadi masalah. Yg penting kualitas bagus.
Ayam import sendiri-pun belum tentu bagus lho... Kita harus benar2 jeli dalam memilih.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  nurkhotim on Mon Dec 21, 2009 9:57 am

pak hadi klaten wrote:mohon penjelasannya mengenai ayam import, bk, f1, f2, f3 , dan lokal?...... serta apa kelebihan dan kekurangannya juga ciri-cirinya?...... soale saya kok masih bingung mengenai ayam tersebut. matur nuwun

Baiklah pak Hadi daripada terlalu banyak versi,.. maka akan saya jelaskan sesuai dengan Hukum Genetika atau dari Pak Mendell...

Cerita punya cerita,.. istilah F1 ini sebenarnya erat kaitannya dengan Hukum Genetika.
Dimana Pak Mendel memberikan banyak istilah dalam teorinya salah satunya adalah F1.
(saya yakin banyak temen-temen belum paham... atau lupa baca topik yang lain,..karena saya sudah nulis di topik lain seingatku...)

Teorinya pak Mendel adalah Genetika yaitu ilmu keturunan, dimana yang dibuat sample atau contoh adalah burung Galapagos,...
GALUR MURNI adalah vanetas yang terdiri dari genotip yang homozigot. Simbol F (= Filium) menyatakan turunan, sedang simbol P (=Parentum) menyatakan induk.

Jadi F1 = Turunan pertama; F2 = Turunan kedua (Turunan/anak dari F1); F3 = Turunan ketiga (Turunan/anak dari F2) ini untuk istilahnya...

Untuk Import : artinya ayam yang didatangkan dari luar Indonesia...
Untuk Lokal : artinya ayam yang diternakkan / telur dan netas di Indonesia

BK = Singkatan dari BANGKOK... supaya kalo SMS-an.. nggak lama-lama kali ya..he.he.he...

Hanya saja disini terjadi salah kaprah...

Ayam Import (Darimanapun asalnya asal dari luar Indonesia) ini sebenarnya diasumsikan sebagai P (indukan) dan anakannya disebut F1,
Namun sebenarnya kita juga tidak tahu pasti.. apakah ayam Import tersebut betul-betul P !??? karena disana ayam juga sama halnya di Indonesia.... terkecuali ayam Thailand (bangkok) yang mendapatkan perhatian dari Kerajaan Bangkok,.. itu memang ada catatan silsilah dan memang diterapkan hukum mendel.. (tapi jangan berharap dapat anakan/turunan ayam ini.. he.he.he.. karena khusus untuk raja...!!!)

Dan sebenarnya juga,.. ayam import (dari manapun di luar Indonesia) juga merupakan silangan-silangan antara ayam disana.. kita nggak tahu apakah memang jagoan induknya.. ataukah asal kawin saja di peternakan...he.he....

Ada juga yang bikin keki,....
Ada yang minta ayam thailand,.. aku bilang,. ohh Bangkok ya pak,.. ehh dia nggak mau,.. mintanya Thailand..... hik..hik...
Ini sama halnya kalo dibilang ayam Saigon,. ayam Vietnam.. nggak mau.. he.eh.he..

Memangnya Saigon itu dimana.. Pulau Madura ya...!?? kwakk.kak..kak....

Itu saja pak Hadi.. semoga jelas.. dan nggak bingung,... tapi kalo ada orang bingung,. jangan ikut bingung,..ya... pizzz... cheers cheers cheers cheers

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  savvo on Mon Dec 21, 2009 10:05 am

Kalo ayam saya kliatannya F16..wong belinya di pasar prambanan,godean, bantul dan skitarnya Wink

savvo
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 320
Join date: 22.08.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  arif on Mon Dec 21, 2009 10:22 am

savvo wrote:Kalo ayam saya kliatannya F16..wong belinya di pasar prambanan,godean, bantul dan skitarnya Wink

Ayam F16.. Kalau bawa dan mampu meluncurkan pukulan "bunker buster"... Jauh lebih mantaapp... Very Happy

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 443
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  nurkhotim on Mon Dec 21, 2009 11:14 am

arif wrote:
savvo wrote:Kalo ayam saya kliatannya F16..wong belinya di pasar prambanan,godean, bantul dan skitarnya Wink

Ayam F16.. Kalau bawa dan mampu meluncurkan pukulan "bunker buster"... Jauh lebih mantaapp... Very Happy

Yahh kalo masalah itu sih lain lagi... mas Arif,..
Itu tadi khan Pak Hadi tanya istilah.... kalo masalah TEKNIK, PUKUL SPESIAL, SURO, itu sudah hal lain lagi... he.he.he... cheers clown

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  mas anto klaten on Mon Dec 21, 2009 2:38 pm

terimakasih banget atas penjelasannya. saya sekarang gak jadi bingung lagi. 1x lagi makasih

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 748
Join date: 26.11.09
Age: 43
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  ferry bun on Mon Dec 21, 2009 4:03 pm

Kalau di Medan Pakai BK . semua . klw ngak pakai Bk( Plat nomor Medan ) akan ditilang satlantas ? Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .
Jadi bagaimana Seharusnya sebutan ayam ternakan di Indonesaia . ? apakah masih ayam bangkok ..atau ayam indonesia ???
salam ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  nurkhotim on Tue Dec 22, 2009 11:57 am

ferry bun wrote:Kalau di Medan Pakai BK . semua . klw ngak pakai Bk( Plat nomor Medan ) akan ditilang satlantas ? Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .
Jadi bagaimana Seharusnya sebutan ayam ternakan di Indonesaia . ? apakah masih ayam bangkok ..atau ayam indonesia ???
salam ferry Bun

PERTANYAAN YANG SANGAT BAGUSSS....!! jempol untuk Ko Bun,... (kayak di Ko Ping Ho !??)...

Aku juga sering pusing juga kalo menjawab pertanyaan pembeli,..
- "Ayamnya Import apa F1 mas ?"
- "Ada umur 1 bulan import mas ?"
- Kok mahal amat ayam F1-nya...?"

Repotnya bukan apa-apa,... cuman 1. PEMBELI SENDIRI TIDAK TAHU/ TIDAK MENGERTI APA ITU IMPORT, APA ITU F1, APA ITU SILANGAN !! Nahh Lohh...!

pernah juga (curhat dikit),.. sudah jadi harga,... terakhir sebelum transfer,.. tanya... si A ini,.. F1 atau bukan mas...!? aku jawab Silangan (sekalian bingung dia..he.he.he...)
akhirnya bener,.. transaksi gak jadi,.... karena dia juga bingung silangan itu maksudnya apa...he.he..he...

Terakhir akhirnya minta.. :POKOKNYA F1...!!! Busyeettt,.....
Pas dikasih harga level F1,.. dia bilang,.. kok mahal !??? kwak..kak.kak....

Jadi persis kata siapa tuh.. aku lupa,.. hukum dagang berlaku... beli semurah mungkin,... dapet ayam sebagus mungkin.......!!
kwak.kak.kak.... ternak sendiri saja bro....!!


OK back to Pertanyaan ko Bun.
Jawaban dari saya, mempertimbangkan :
1. Karena komunitas ayam aduan mulai dari Aceh besar sampai ke Timika,.... (sesuai yang pernah minta ayam kepadaku...) begitu besar.
2. Riwayat ayam aduan sampai sekarang yang sudah melekat pada Image/benak penggemar ayam aduan.
3. Belum ada skala nasional untuk pertarungan / perlombaan

Maka bisa disimpulkan bahwa untuk PENAMAAN, ayam ternakan di Indonesia belum bisa diwujudkan.
Jadi tetep saja mengikuti apa yang sudah ada (yang sudah ada saja sudah amburadul... banyak yang gak ngerti,.. tahunya ayam bangkok alias BK.. titik.!)

Ini sama juga dengan jaman dulu,... karena sudah Brand Image.
Beli, naik motor,.. dulu sering disebut naik HONDA,.. (padahal yang dinaiki merk Yamaha)
Orang bule,.. seringkali disebut LONDO,.. (belanda) meskipun dari Itali, Prancis,.. Inggris,. pokok'e,.. rambut pirang,.. kulit putih,. = WALONDO.. (belanda...) he.he.he..

jadi itu sama dengan dunia per ayaman di negeri kita Indonesia tercinta...
karena sudah kadung dapet nama ayam dari negeri Jiran Thailand,..(kota Bangkok).. maka ayam aduan = ayam BANGKOK....!!
Gak peduli itu F1, F2, F13, F16, MIG,...PUMA,.. pokok'e,. MBANGKOK.... !!! Very Happy Very Happy Very Happy

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengertian ayam import, bk, f1, f2,f3, dan lokal

Post  ferry bun on Tue Dec 22, 2009 12:33 pm

Pak khotim ... Pengertian ayam produk Indonesia sudah melekat akan bangkok gitu ya .....Jadi Ekuitas merek yang masih menjadi dominan sebutan para penghobi di indonesia .
salam : Ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik